Cari Pinjaman dengan Jaminan SK Kerja? Ini Daftar Produknya

Bagi sebagian orang, mencari sejumlah pinjaman bukanlah perkara yang sulit untuk dilakukan, pinjaman bisa dengan cepat didapatkan dari kerabat atau teman yang mempercayai kita dan mengerti keadaan kesulitan uang yang sedang kita alami. Namun, terkadang pinjaman yang dibutuhkan sangat besar dan sulit mendapatkannya.    

Ada banyak sumber pinjaman yang bisa dimanfaatkan, salah satunya yaitu kredit multiguna dari perbankan. Kredit multiguna (KMG) atau kredit dengan agunan menjadi salah satu produk bank yang banyak dilirik masyarakat ketika membutuhkan sejumlah pinjaman dengan limit pinjaman tertentu. Selain itu, persyaratannya pengajuan kredit multiguna juga mudah. Syarat umum yakni identitas diri dan jaminan kredit. Bentuk jaminan kredit yang sering diajukan dalam proses pengajuan ke bank berupa sertifikat tanah atau properti, BPKB kendaraan, dan aset lainnya yang bernilai tinggi.

Faktanya, tidak semua orang memiliki aset jaminan atau selembar sertifikat atas aset tersebut. Namun Ia tetap membutuhkan pinjaman. Lantas apa lagi yang bisa Anda dijaminkan untuk pengajuan kredit multiguna di bank? Solusinya, Anda bisa menggunakan surat keputusan (SK) kerja pegawai tetap sebagai agunan kredit.

SK Pegawai Tetap untuk Agunan Kredit

Surat keputusan pegawai bisa dijadikan jaminan kredit via wisegeek.com

 

Anda harus mengetahui bukan hanya sertifikat tanah, BPKB kendaraan saja yang bisa dijadikan sebagai jaminan pengajuan kredit multiguna ke bank. Anda juga bisa menjaminkan SK kerja untuk mendapatkan sejumlah pinjaman dari bank. Hal ini hanya berlaku untuk karyawan, dan Anda bisa memanfaatkan fasilitas kredit dari bank untuk pengajuan kredit multiguna dengan SK kerja saja.  

Jenis SK yang bisa digunakan sebagai jaminan bukan hanya SK Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja, cakupannya telah diperluas untuk untuk karyawan BUMN/BUMD, anggota TNI/Polri dan pegawai perusahaan swasta nasional. Khusus SK karyawan swasta, bank memiliki kategori tersendiri guna menilai perusahaan tersebut, apakah SK kerjanya layak untuk dijadikan jaminan kredit. Penilaian ini disesuaikan dengan kebijakan dan aturan yang berlaku pada masing-masing bank.

Bank memperbolehkan penjaminan SK kerja dalam pengajuan kredit multiguna sebagai suatu bentuk kemudahan yang bertanggungjawab, di mana SK Kerja akan berfungsi sebagai agunan dalam perjanjian kredit tersebut. Peminjam akan lebih bertanggung jawab mengenai pengembalian sejumlah dana yang telah dipinjamnya dari bank, sehingga perjanjian kredit bisa berlangsung dan berakhir dengan baik.

Proses peminjaman kredit dengan menggunakan SK kerja akan lebih mudah. Dari sisi pembayaran cicilan sebab pihak bank akan langsung melakukan pemotongan sejumlah cicilan hutang kredit tersebut melalui gaji bulanan karyawan yang bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses pembayaran dan mengurangi resiko nasabah yang nakal atau telat melakukan pembayaran.

Baca Juga: Kenali Manfaat KMG Dan KTA Agar Tidak Salah Pilih

Daftar Produk

Mengajukan Pinjaman di Bank via findcarinformation.com

 

Tidak semua bank di Indonesia memiliki produk KMG yang bisa diajukan dengan jaminan SK Kerja. Berikut daftar beberapa bank yang melayani pinjaman kredit dengan Agunan SK Kerja yang bisa Anda cermati:

1. BRI

BRI menawarkan produk kredit multiguna bernama BRIguna. Kredit ini bisa diakses dengan menjaminkan SK kerja pegawai dengan masa kerja 2 tahun, sudah menjadi pegawai tetap, dan memiliki pendapatan minimum Rp3 juta per bulan. Dengan masa pencairan pinjaman dalam 7 hari, plafon pinjaman yang ditawarkan mulai dari Rp50 juta hingga Rp1 miliar, ragam tenor pinjaman mulai 1 tahun hingga 15 tahun dengan suku bunga kompetitif. Selain itu, nasabah pengaju juga diikutsertakan dalam asuransi jiwa.

Khusus untuk PNS, Bank BRI mengeluarkan 2 produk sekaligus, yaity: BRIguna Karya untuk PNS yang masih aktif bekerja dan BRIguna Purna untuk PNS yang telah menjalani masa pensiun. Selain SK PNS, Bank BRI juga menerima penjaminan SK dari berbagai perusahaan swasta yang telah memiliki kerja sama dengan bank BRI.

2. BTN

BTN menghadirkan produk Kredit Ringan Batara BTN Payroll. Cukup dengan jaminkan SK pegawai, Anda bisa dengan mudah mengajukan pinjaman mulai dari Rp5 juta hingga Rp100 juta dengan tenor mulai 1 hingga 5 tahun dan suku bunga flat yang kompetitif. Prosesnya cepat dalam waktu 7 hari, syaratnya ringan yakni dengan jaminan SK kerja pegawai dengan masa kerja 2 tahun, sudah menjadi pegawai tetap, dan memiliki pendapatan minimum Rp3 juta per bulan.

3. Bank DKI

Bank DKI menawarkan sebuah produk pembiayaan yang bernama Bank DKI Kredit Multiguna bagi pegawai Pemerintah Pusat, Pemprov DKI Jakarta, BUMD dan BUMN, Perusahaan Swasta Nasional, dan Pemprov DKI Jakarta. Kredit Multiguna ini menawarkan fasilitas pembiayaan berbentuk pinjaman dengan agunan yang menggunakan jaminan berupa SK pegawai tetap dengan masa kerja 2 tahun dan memiliki pendapatan minimum Rp3 juta per bulan. Dana tunai yang bisa dipinjam mulai dari Rp5 juta hingga Rp300 juta, dengan tenor pinjaman hingga 5 tahun dan masa pencairan kredit dalam 14 hari.

Baca Juga: Dapatkan Pinjaman Hingga Miliaran Rupiah dengan Kredit Multiguna

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Manfaatkan pinjaman sesuai kebutuhan

Pengajuan kredit multiguna dengan penjaminan SK kerja bisa Anda manfaatkan sebagai solusi keuangan Anda. Tetap bijak saat meminjam uang dari bank sebab semua bentuk pinjaman memiliki tanggung jawab yang harus dibayarkan. Sebelum mengajukan pinjaman, ada baiknya lakukan hitungan sederhana kebutuhan bulanan dan keperluan lainnya yang harus dibayarkan per bulannya. Lakukan simulasi sebelum mengajukan kredit, agar cicilan pinjaman tersebut tidak sampai mengganggu berbagai kebutuhan hidup lainnya.

Baca Juga: Ketahui Syarat Gadai BPKB Motor Di Bank, Apa yang Mesti Diperhatikan?