Profesi Lulusan Hukum Bukan Hanya Pengacara

Semua orang tahu bahwa kuliah di jurusan hukum tak jauh – jauh dari profesi pengacara dan menjadi pengawal dari persidangan. Banyak dari pengacara terkenal di Indonesia juga memiliki prospek cerah, bahkan cenderung terkenal seperti contohnya Hotman Paris. Namun jangan sangka profesi dari lulusan anak hukum tak melulu soal pengacara saja.

Memang tidak salah bahwa lulusan hukum kemudian profesinya adalah pengacara. Padahal di luar sana banyak profesi menjanjikan yang bisa diambil dari lulusan hukum. Dengan profesi ini dan prospeknya bahkan melebihi pengacara yang sudah menjadi profesi mainstream bagi setiap lulusan ilmu hukum. 

Tentu jika anda lulusan hukum dan tidak mau jadi pengacara karena ketatnya persaingan bisa mencoba profesi ini. Apa saja profesinya? Silahkan simak ulasan kami berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Hukum di Luar Pengacara Yang Ada Saat ini?

belajar hukum

Kami sudah merangkum beberapa profesi yang layak untuk diambil dan memiliki prospek baik bagi lulusan hukum. Bisa jadi anda berminat dengan profesi yang ada berikut ini.

1. Jaksa atau Hakim

Menjadi Jaksa atau Hakim di pengadilan adalah profesi idaman dan nomor satu bagi lulusan hukum selain pengacara. Biasanya menjadi jaksa atau hakim adalah impian besar bagi para lulusan hukum. Baik jaksa atau hakim berperan penting dalam perkara pengadilan dari awal pemeriksaan hingga mengadili. 

Jaksa di pengadilan biasanya bertugas menyampaikan dakwaan juga tuntutan dalam pengadilan. Sementara hakim memiliki fungsi dan tanggung jawab besar karena bertugas menentukan keadilan bagi terdakwa di pengadilan. Tentu dengan semua tugas dan tanggungjawab ini, prospek besar dan gaji tinggi bukan tidak mungkin bisa didapat oleh jaksa atau hakim.

2. Konsultan

Kantor konsultan hukum atau lembaga LBH biasanya menerima mahasiswa hukum untuk bekerja di kantornya sebagai seorang konsultan. Seperti pekerjaan konsultan lainnya, konsultan hukum juga diperlukan untuk mengurus keperluan hukum dari perseorangan atau perusahaan. Mahasiswa lulusan hukum terbaik tentu sangat dibutuhkan oleh lembaga ini untuk menjadi konsultan hukum dalam mengurus dokumen atau urusan lain yang berkaitan dengan lembaga tersebut.

3. Notaris 

Profesi ini merupakan salah satu yang cukup populer mengingat keberadaannya yang sangat dibutuhkan masyarakat. Biasanya alumni dari Hukum banyak yang ingin menjadi notaris karena dianggap menjanjikan. Notaris adalah salah satu orang di bidang hukum yang memiliki kemampuan dan wewenang untuk menulis dan membuat Akta atau dokumen tentang perjanjian atau ketetapan sesuai dengan peraturan atau undang – undang yang berlaku. 

Biasanya notaris berhubungan langsung pada beberapa dokumen bersifat hukum mulai dari akta tanah, sertifitkat, surat pendirian yayasan atau organisasi, dan lainnya. Karena perannya yang sangat penting tentu tidak main – main untuk menjadi seorang notaris. Paling tidak kamu wajib mengambil pendidikan Magister Kenotariatan terlebih dahulu sebelum bisa menjadi notaris.

Baca Juga:  Tips Melamar Kerja dan Wawancara Posisi Telemarketing untuk fresh graduate

4. Legal Officer

Legal officer atau staf legal juga salah satu profesi hukum lain yang cukup menjanjikan. Menjadi staff legal membuatmu bisa bekerja di sebuah perusahaan swasta bahkan startup dan mengurus soal hukum di kantor tersebut. 

Seorang staf legal biasanya dibutuhkan untuk mengurus dokumen berkaitan dengan hukum mulai dari surat perjanjian kerja, kontrak kerja, surat aset, dan lainnya. Maka dari itu dengan adanya lulusan hukum maka bisnis yang berjalan bisa sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku dan tanpa kendala.

5. Staf Bidang HRD

HRD selain membutuhkan orang Psikologi, juga membutuhkan orang hukum untuk mengelola SDM di kantor tersebut. lulusan ilmu hukum dibutuhkan untuk mengatur regulasi dan relasi dari perusahaan kepada karyawan. Adanya orang hukum di HRD juga bisa memberi ketegasan kepada mereka tentang apa hak dan kewajiban yang harus ditaati rekrutmen sesuai dengan peraturan perundang -  undangan yang sudah ada.

6. Staf di Kementerian / BUMN

Selain menjadi staf di beberapa bidang di atas, kementerian dan BUMN juga banyak memerlukan lulusan ilmu hukum dalam perusahaannya. Mulai dari staf hingga jenjang lebih tinggi semua bisa dicapai dari seorang lulusan hukum.

7. Diplomat Luar Negeri

Siapa bilang diplomat hanya diisi oleh orang dari Hubungan Internasional? Lulusan dari Hukum juga dapat bekerja di bidang diplomat. Biasanya jika kamu kuliah pada bidang Hukum Internasional memungkinkan untuk bisa menjadi diplomat luar negeri. 

Jika diterima tentu kamu akan ditempatkan di luar negeri untuk mengurus hukum dan hal lain yang berkenaan dengan keamanan di luar sana, bisa dibilang tanggungjawabnya lebih besar dari yang lainnya.

8. Dosen Ilmu Hukum

Jadi dosen Hukum juga merupakan salah satu pekerjaan penting seorang lulusan hukum. Pastinya mengajar Hukum kepada generasi baru cukup penting dan memiliki prospek yang baik. Untuk bisa menjadi dosen, tentu kamu harus lulus S2 terlebih dahulu lalu mengikuti seleksi dosen sesuai peraturan yang berlaku.

Baca Juga:  Tertarik dengan Akuntansi? Ini Peluang Karirnya

Lulusan Hukum, Tidak Perlu Takut Tidak Dapat Pekerjaan Selain Pengacara

Dar berbagai profesi di atas sudah sewajarnya kamu tidak perlu takut lagi untuk kuliah di jurusan Hukum karena banyak profesi menjanjikan yang tersebar luas. Kamu harus terus semangat dan terus belajar menjadi lulusan ilmu hukum terbaik atau mempersiapkan diri menjadi mahasiswa hukum jika kamu belum kuliah saat ini. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:  Ingin Berkecimpung di Bidang Teknologi Informasi, ini Jenis Pekerjaan yang Menjanjikan