Manfaat Mengajukan Kredit Multiguna yang Anda Rasakan

Segala sesuatunya butuh uang, setuju? Jangankan untuk makan, memarkirkan kendaraan dalam beberapa menit pun harus bayar walaupun nominalnya kecil. Namun, ada kalanya Anda membutuhkan uang dalam nominal yang besar. 

Menariknya, kurangnya finansial bukan hal yang perlu ditakutkan lagi. Sekarang ada banyak jenis pinjaman yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi semua kebutuhan. Salah satu pinjaman yang bisa dicoba adalah kredit multiguna.

Kredit multiguna sendiri menawarkan keuntungan yang tidak dimiliki oleh jenis kredit lainnya, Berikut beberapa manfaat mengajukan kredit multiguna yang bisa Anda rasakan selaku peminjam.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

1. Memiliki fleksibilitas yang tinggi

fleksibilitas

Jika dibandingkan dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA), maka kredit multiguna jauh lebih fleksibel. Maksudnya adalah penggunaan dananya dapat digunakan untuk banyak hal. Mulai dari memenuhi kebutuhan konsumtif, seperti belanja, beli rumah, hingga non konsumtif, seperti membayar pendidikan anak.

Fleksibilitas ini membuat Anda dapat memaksimalkan jumlah pinjaman sesuai dengan kebutuhan. Dananya mau digunakan untuk berbagai kebutuhan pun, maka sah-sah saja.

Apakah ada agunannya? Ada, tapi agunan ini akan dikembalikan saat Anda berhasil melunasi cicilan sesuai tenor yang sudah ditentukan. Jadi, tidak perlu khawatir kehilangan aset asal pembayaran cicilan dilakukan secara tertib.

Baca Juga:  Berbagai Jenis Pinjaman di Pegadaian dan Syarat Pengajuannya

2. Limit pinjaman cukup besar

limit pinjaman cukup besar

Mengingat fleksibilitasnya tinggi, maka hal yang wajar apabila limit pinjaman kredit multiguna lebih besar. Rata-rata limit berada di kisaran angka Rp 2 juta – Rp 2 miliar per orang. Berbeda dengan KTA yang limitnya cuma ratusan juta rupiah saja.

Limit yang besar memungkinkan Anda untuk menggunakan atau mendiversifikasi dana sesuai kebutuhan. Namun, ingat, cicilan yang dibayar tentunya menjadi lebih besar juga apabila plafon pinjamannya besar. Begitu pula dengan agunan atau jaminan yang diserahkan kepada bank atau lembaga peminjam.

Besarnya pinjaman yang diberikan biasanya disesuaikan dengan nilai jaminannya. Sebagai contoh, menjaminkan motor atau mobil. Jelas plafon dengan menjaminkan mobil lebih besar daripada motor karena harganya lebih mahal.

3. Bunga pinjaman cukup ringan

bunga pinjaman

Manfaat mengajukan kredit multiguna selanjutnya adalah bunga pinjamannya lebih ringan daripada KTA. Ini disebabkan karena adanya jaminan sebelum akhirnya pinjaman cair dan diberikan kepada debitur. Jadi, kreditur atau pihak bank sendiri tidak takut kalau sewaktu-waktu debitur gagal bayar.

Setidaknya kalau debitur gagal bayar, kreditur sudah mendapatkan jaminan yang nilai jualnya hampir sama dengan jumlah pinjaman. Atau mungkin lebih mahal kalau itu berupa aset, seperti rumah.

Meminjam dengan bunga yang ringan tentunya menjadi satu hal yang menguntungkan. Sebab, jumlah cicilannya menjadi lebih ringan juga yang pastinya tidak akan memberatkan secara finansial. Coba tolong lunasi pinjaman agar aset yang dijadikan jaminan tidak disita atau menjadi milik bank, ya!

Baca Juga: 10 Produk Kredit Multiguna Bunga Rendah yang Cocok Buat Pengusaha

4. Proses pencairan sangat cepat

proses pencairan

Jika Anda membutuhkan dana besar yang proses pencairannya cepat, maka kredit multiguna bisa menjadi salah satu solusi. Ada bank yang proses pencairannya kurang dari 24 jam. Dengan kata lain, dalam hitungan jam kalau semua dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak. Seperti membayar biaya pendidikan anak, anggota keluarga jatuh sakit atau kecelakaan. Anda bisa mengajukan permohonan pinjaman kredit multiguna kepada bank terdekat.

Meski begitu, coba pahami ketentuan meminjam yang bank tetapkan. Jika ada yang belum dimengerti, misalnya tentang rate suku bunga, maka tanyakan. Pemahaman yang jelas akan menjauhkan Anda dari miskomunikasi yang merugikan diri sendiri. 

5. Masa pembayaran cicilan cukup panjang

tenor

Dari segi tenor cicilan, kredit multiguna juga lebih menguntungkan daripada kredit tanpa agunan. Tenornya bisa 15 sampai dengan 20 tahun, sedangkan KTA hanya dalam waktu 3 tahun saja. Idealnya, pembayarannya tidak harus terburu-buru dan bisa disesuaikan dengan kondisi finansial.

Satu lagi yang tak kalah menguntungkan adalah semakin lama tenor cicilan, maka semakin kecil pula bunga yang dibayarkan. Jika pinjaman pokok diakumulasikan dengan bunga, maka totalnya tidak semencekik pinjaman pada umumnya.

Meski begitu, jumlah yang dipinjam sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membayar. Jangan karena tenor cicilannya lama, bunganya kecil, dan punya agunan bernilai mahal, Anda asal mengajukan pinjaman. Pikirkan juga dampaknya terhadap finansial ke depannya, ya!

Ajukan Kredit dalam Jumlah yang Tepat

Mau mengajukan kredit, tapi bingung jenis kreditnya apa? Jadikan kredit multiguna sebagai solusi. Lima manfaat kredit multiguna di atas akan membuat pengalaman meminjam menjadi menguntungkan.

Pinjamlah dalam jumlah yang tepat agar pembayarannya tidak memberatkan finansial. Pembayaran cicilan menjadi lancar, riwayat kredit  bersih, begitu pula dengan aset yang dijaminkan pastinya juga aman. Aset pun akan dikembalikan kepada Anda saat pinjaman lunas. 

Baca Juga: Butuh Uang? Emak-Emak Kini Bisa Gadai Tupperware di Pegadaian