Cepat Serap Ilmu, Begini 5 Tips Sukses Belajar dari Orang yang Tepat

Banyak hal yang menjadi alasan untuk kembali belajar dan menguasai sesuatu dengan baik. Selain urusan sekolah atau kuliah, tuntutan pekerjaan tentu kerap menjadi alasan di balik hal tersebut. Untuk meningkatkan kreativitas kebanyakan orang harus mempelajari sesuatu yang baru, bahkan bidang-bidang yang selama ini mungkin saja belum dikenalnya sama sekali. Pada dasarnya proses ini tidaklah sulit, jika dilakukan dengan cara yang tepat.

Anda bisa menemukan orang yang tepat dan sudah kompeten di bidangnya, agar bisa belajar dari seseorang yang memang sudah ahli. Hal ini penting, untuk memastikan bahwa Anda bisa mendapatkan ilmu yang benar-benar dibutuhkan tersebut secara maksimal. 

Jangan buang-buang waktu, lebih baik fokus dan cepat serap ilmunya. Agar lebih mudah, simak beberapa tips cerdas berikut ini, yang bisa dilakukan untuk belajar maksimal dari orang yang sudah kompeten:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Siapkan dan berikan “ruang” untuk ilmu yang baru

belajar
Siapkan dan berikan ruang untuk ilmu yang baru

Proses belajar hanya akan berjalan dengan baik, jika Anda memiliki kemauan dan mood yang positif sejak awal untuk melakukannya. Meski ini bukan pelajaran formal sebagaimana pelajaran di sekolah, tetaplah siapkan diri untuk proses tersebut. Pilih waktu yang tepat sejak awal, agar benar-benar memiliki gairah positif untuk belajar.

Saat belajar, tenang dan fokus, agar Anda bisa menyerap ilmu dengan lebih mudah. Siapkan “ruang” untuk berbagai hal yang akan dipelajari. Hal ini akan memberi kesadaran bahwa Anda ingin tahu sesuatu yang baru dan perlu mempelajari hal tersebut saat itu juga. Hindari sikap sok tahu dan juga terlalu cuek, apalagi untuk hal yang tidak dikuasai dengan baik.

2. Lebih banyak mendengar dan ajukan pertanyaan di saat tepat

Ketika sedang belajar, mendengarkan dengan baik merupakan salah satu poin penting. Anda perlu fokus pada apa saja yang disampaikan, sehingga Anda lebih mudah memahami semua hal tersebut. Biasakan untuk lebih banyak mendengar dan jangan terlalu banyak bicara dan bersikap ingin selalu didengar.

Namun meski begitu, jangan sampai Anda bersikap pasif juga dalam proses belajar yang dilakukan. Sesekali ajukan pertanyaan, agar interaksi Anda bisa lebih terlihat. Ajukanlah pertanyaan-pertanyaan ini di waktu yang tepat, terutama untuk berbagai hal yang tidak dipahami dengan baik. 

Baca Juga: Tambah Kemampuan Anda dengan Belajar Online di Situs-Situs Ini

3. Biasakan terbuka terhadap masukan

Masukan merupakan hal positif yang akan membantu Anda memperbaiki diri menjadi jauh lebih baik. Jangan menganggap hal seperti ini sebagai kritik, terutama jika datang dari orang yang sudah ahli di bidang tertentu. 

Biasakan untuk selalu terbuka terhadap berbagai masukan yang datang, dan bijaklah untuk menyaring semua itu dengan baik. Berbagai masukan ini juga bisa membantu Anda untuk menyerap ilmu baru dengan lebih mudah.

4. Pilah ilmu yang didapatkan dan tetaplah jadi diri sendiri 

jadi diri sendiri
Tetap jadi diri sendiri

Hal-hal yang dipelajari tidak akan selalu sesuai dengan yang dibutuhkan, termasuk berbagai saran yang didapatkan. Namun bukan berarti Anda harus menolak semua hal tersebut secara mentah-mentah. Anda bisa menyaring berbagai hal tersebut dan mengambil yang penting dan sesuai saja.

Meski menerima saran dan juga ilmu yang baru dari orang lain, Anda tak perlu mengubah cara pandang Anda secara keseluruhan. Anda harus tetap jadi diri sendiri dan menyesuaikan semua hal tersebut dengan kondisi. Sikap seperti ini akan membuat Anda tetap nyaman dan berada dalam jalur yang tepat untuk mengaplikasikan ilmu tersebut.

Baca Juga: Mahasiswa Perlu Lakukan 5 Tips Belajar Cerdas Ini Biar Bisa Menguasai Materi Pelajaran

5. Kombinasikan skill dan ilmu baru yang dipelajari

Jangan hanya belajar dengan baik, namun tidak mengaplikasikan apa yang sudah dipelajari tersebut menjadi sesuatu. Sikap seperti ini akan membuat proses belajar menjadi sia-sia belaka. Jika sudah mendapatkan ilmu yang baru, maka segera praktekkan ilmu tersebut secara nyata.

Berikan kemampuan terbaikmu dan terapkan ilmu baru yang dipelajari, agar bisa menghasilkan sebuah karya yang baru. Karya ini juga bisa menjadi sebuah tolak ukur kesuksesan dalam belajar. Jika Anda sungguh-sungguh, maka hasil karya yang luar biasa tentu tidak sulit untuk diwujudkan, bukan?

Belajar pada orang tepat dengan proses yang cerdas

Menemukan orang yang kompeten di bidangnya dan belajar langsung darinya akan menjadi langkah tepat untuk mendapatkan ilmu baru. Hal ini bahkan akan lebih maksimal, jika sejak awal Anda memiliki cara yang tepat dalam menjalani proses belajar tersebut. Tetaplah memiliki keinginan untuk mempelajari hal yang baru, agar Anda selalu bisa memperbarui skill dan juga kemampuan dalam berbagai bidang.

Baca Juga: 7 Tips Belajar Efektif Walau Hanya di Rumah Saja