Cepat Sukses di Tempat Kerja dengan 4 Tips Komunikasi Efektif Berikut

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kita sebagai manusia adalah makhluk sosial. Berkomunikasi antar sesama menjadi hal dasar yang dilakukan manusia setiap saat tanpa sadar. 

Sebagai pribadi yang hidup di dalam lapisan masyarakat kita dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik selagi melakukan interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari. 

Komunikasi yang Efektif dalam Dunia Kerja

office meeting

Kemampuan komunikasi yang baik ini juga tentu dibutuhkan oleh kita sebagai pribadi dewasa yang sudah berkecimpung di dunia kerja. Selain baik, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan efektif setiap saat di lingkungan kerja. 

Pentingnya memiliki kemampuan berkomunikasi yang efektif juga bisa membantu mempercepat kesuksesan.

Ada dua hal penting yang bisa menjadi tolak ukur sebuah komunikasi yang efektif. Pertama, kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan baik dan jelas kepada lawan bicara. Yang kedua adalah kemampuan untuk mendengarkan dengan seksama apa yang orang lain sampaikan saat berbicara kepada kita.

Agar bisa melakukan kedua hal tersebut dengan baik, berikut 4 tips untuk mempertajam kemampuan komunikasi kita di dunia kerja.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Penyampaian yang Ringkas dan Jelas

Menyampaikan sebuah pesan atau maksud dengan singkat dan sederhana adalah salah satu ciri komunikasi yang efektif. Sebisa mungkin berikan informasi secara langsung sesuai dengan inti dari maksud yang akan disampaikan. Hindari penyampaian informasi yang tidak sesuai atau bertele-tele saat melakukan diskusi atau berbicara. Hal ini justru akan membingungkan dan membuat orang bosan. 

Namun tetap usahakan agar tetap sopan dan tidak terburu-buru supaya bisa didengar dengan baik. Hal ini juga berlaku saat kita ingin mengirimkan e-mail ke rekan kerja atau atasan. Tuliskan judul e-mail dengan jelas dan pastikan isinya ringkas dan jelas.

2. Beritahu Secara Detail

Selalu biasakan menyampaikan informasi secara rinci untuk menghindari pertanyaan lebih lanjut. Menyampaikan informasi dengan lebih spesifik akan membantu lawan bicara lebih mengerti apa yang dimaksud oleh kita. Tidak semua orang bisa mengerti apa isi pikiran kita bukan? Ungkapkan hal yang ingin disampaikan beserta detail-detail kecilnya apabila diperlukan. 

Hal ini tentu akan sangat membantu untuk mereka yang menginginkan informasi yang lebih jelas terutama soal pekerjaan. Pastikan informasi tersebut lengkap dan juga mudah dimengerti. 

3. Perhatikan Bahasa Tubuh

Saat berkomunikasi di tempat kerja, pastikan kita menunjukkan bahasa tubuh yang terbuka dan tidak membuat orang lain menjauh.

Bahasa tubuh adalah salah satu hal yang penting diperhatikan saat berkomunikasi. Hal-hal kecil seperti kontak mata, senyuman, dan postur tubuh  menggambarkan kita sebagai lawan bicara yang lebih responsif serta terpercaya. Bahasa tubuh yang positif juga bisa membuat orang lain lebih nyaman saat berkomunikasi dengan kita.

Pastikan kita menatap mata lawan bicara ketika berkomunikasi. Lakukan gestur-gestur positif seperti senyuman atau tangan yang terbuka agar suasana bisa lebih rileks saat mereka berada di dekat kita. Jangan lupa untuk mempertahankan postur tubuh yang baik supaya bisa lebih nyaman ketika harus berkomunikasi di waktu yang lama.

Baca Juga:  Dapat Undangan Interview Kerja Online? Lakukan 8 Tips Ini Biar Wawancara Lancar!

4. Berikan Perhatian Penuh

Dalam berkomunikasi, kita sebagai pendengar juga perlu fokus mendengarkan lawan bicara ketika mereka memulai percakapan.

Jadilah pendengar yang baik. Berikan perhatian atau fokus penuh kepada lawan bicara ketika mereka menyampaikan sesuatu. Jangan memotong perkataan atau bersikap acuh ketika lawan bicara kita sedang berbicara. Berikan isyarat seperti menganggukkan kepala agar mereka bisa melihat respon positif yang kita keluarkan.

Bicaralah ketika mereka sudah selesai agar kita bisa belajar menghargai pendapat mereka terlebih dahulu. Bila perlu, coba lakukan klarifikasi dan ulangi kembali apa yang mereka sampaikan sebagai tanda bahwa kita sudah memperhatikan dengan baik.

Baca Juga: Karyawan Jangan Hanya Fokus Soal Gaji. Perhatikan Hal Penting ini! 

Kembangkan Sikap Positif saat Berkomunikasi Setiap Hari

Menjadi seseorang yang mampu berkomunikasi yang baik bukanlah sebuah hal yang mudah. Kita perlu terus berlatih dan mengembangkan skill komunikasi setiap saat agar bisa lebih luwes saat berbicara. Lakukan berbagai tips di atas secara rutin agar kita lebih terbiasa.

Bila perlu, ambil contoh dari orang lain yang sudah pandai membawa diri saat berkomunikasi dengan kita. Jadikan itu sebagai pedoman agar kita mampu mengasah kemampuan berbicara dengan lebih efektif. Selamat mencoba!

Baca Juga: Sudah Mau Lulus Kuliah? Ini 4 Realita yang Harus Kamu Hadapi Ketika Lulus Nanti