Cicilan Mobil Anda Jadi Murah dengan 5 Cara Ini

Mobil murah tidaklah selalu identik dengan sesuatu yang tidak berkualitas atau barang yang sudah dalam kondisi buruk. Banyak orang yang memerlukan sebuah mobil untuk mendukung segala aktivitas dan beragam kegiatan lain yang dilakukan di luar rumah, namun terbentur pada biaya dan kemampuan mencicil yang terbatas.

Hal seperti ini bukan lagi menjadi sebuah masalah, karena ada banyak jenis pilihan kredit yang bisa kita ambil untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan memiliki cicilan mobil murah.

Sebagian besar orang akan selalu mengaitkan kata murah dengan sesuatu yang memiliki kualitas rendah dan tidak cukup mumpuni, namun pandangan tersebut tidaklah selalu benar. Di mana saat ini ada banyak mobil murah dengan harga terjangkau yang bisa kita jadikan sebagai pilihan.

Bukan sebuah perkara mudah bila ternyata kita berniat untuk membeli sebuah mobil, hal ini harus dilakukan dengan hati-hati dan penuh pertimbangan yang matang karena akan mempengaruhi keuangan kita secara keseluruhan. Kita juga tentu tidak ingin mengalami masalah keuangan hanya karena memiliki sebuah mobil, bukan?

Setiap orang tentu akan memiliki kebutuhan dan kemampuan yang berbeda-beda dalam membeli sebuah mobil, namun sebagaimana aturan yang dianjurkan oleh para ahli keuangan, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah menyesuaikan kebutuhan tersebut dengan kemampuan keuangan yang kita miliki.

Banyak orang yang memaksakan diri untuk membeli sebuah mobil idaman di luar kemampuan keuangannya dan sudah bisa dipastikan bila ternyata hal tersebut justru membawa dampak negatif serta berbagai masalah di dalam keuangan mereka di hari yang akan datang.

Untuk itu, kita patut memikirkan dan melakukan perhitungan yang cermat sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil.

1. Mobil Murah; Bekas atau Baru?

loader

Kredit Mobil via dealer.com

Meski dikatakan mobil murah, bukan berarti harganya bisa kita tebus dengan satu kali gaji, terutama bila kita hanya berstatus sebagai karyawan level menengah saja. Kategori murah dalam mobil tetap saja akan bernilai puluhan juta atau bahkan ratusan juta juga, di mana harganya akan disesuaikan dengan jenis dan kondisi mobil yang kita inginkan.

Hal pertama yang harus kita pikirkan adalah jenis mobil yang akan kita beli, di mana kita perlu memilih antara mobil bekas dengan mobil baru namun yang harganya terjangkau dan tidak masuk dalam kategori mobil mewah.

Bila ternyata pilihan kita adalah membeli mobil bekas, maka ada banyak hal yang patut kita cermati sebelum melakukannya, antara lain:

  • Mengetahui dengan pasti nilai atau harga pasaran mobil tersebut, hal ini akan sangat penting untuk mencegah kita membeli sebuah mobil dengan harga yang terlalu tinggi. Lakukan survei pada beberapa dealer mobil bekas atau kita juga dapat mengetahui hal ini melalui informasi yang banyak beredar di internet. Tidak ada salahnya untuk menanyakan teman atau kerabat yang juga memiliki mobil dan pengetahuan mumpuni dalam hal ini.
  • Cek kondisi terakhir mobil tersebut. Ini adalah salah satu hal yang paling penting untuk kita lakukan, karena pada saat akan membeli sesuatu, maka kita harus mengetahui dengan jelas kondisi dan segala risiko yang terdapat di dalam barang yang akan dibeli. Jangan sampai kita membeli sebuah mobil dalam kondisi buruk dan tidak terawat, hal ini akan sangat beresiko membuat berbagai macam kerugian di hari yang akan datang.

Namun bila ternyata kita memutuskan untuk membeli sebuah mobil dalam kondisi yang masih baru, maka ada baiknya kita mengetahui kebutuhan dan jenis mobil yang sesuai dengan keuangan. Saat ini di pasaran ada banyak mobil baru dengan harga terjangkau, di mana kita bisa dengan mudah memilih dan menyesuaikan kebutuhan kita dengan jenis-jenis mobil tersebut.

Membeli sebuah mobil baru yang sederhana, bisa menjadi pertimbangan jangka panjang, di mana mobil seperti ini tidak akan membutuhkan beragam biaya pemeliharaan atau kerusakan yang berlebihan karena kondisi mesinnya masih bagus. Pertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil bekas atau mobil baru.

2. Uang Muka

loader

Pembayaran Uang Muka via autobytel.com

Hal selanjutnya yang perlu kita pikirkan adalah jumlah uang muka, ini berlaku bila kita akan membeli sebuah mobil secara kredit melalui leasing, baik itu mobil bekas maupun mobil dalam kondisi baru.

Pastikan kita memiliki sejumlah dana yang cukup sebagai uang muka, jumlah ini akan sangat berpengaruh pada jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Meskipun ketentuannya hanya sebesar 25% saja, namun tidak ada salahnya untuk mengusahakan membayar uang muka yang lebih besar dari ketentuan tersebut, agar nilai hutang kredit yang kita miliki semakin kecil.

Utang kredit yang kecil tentu saja akan berbanding lurus dengan jumlah cicilan bulanan yang kecil juga, hal ini juga akan mempengaruhi bunga cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas

3. Nego Diskon

loader

Negosiasikan Diskon Pembelian via weakyourbiz.com

Sebagai seorang pembeli, kita tentu saja ingin mendapatkan penawaran harga terbaik di pasaran. Miliki pengetahuan yang cukup mengenai fitur yang terdapat pada mobil dan harga mobil di pasaran, hal ini akan membantu kita untuk melakukan negosiasi dan mendapatkan penawaran yang paling menguntungkan pada saat melakukan pembelian.

Ada banyak dealer yang menawarkan sejumlah potongan harga pembelian dan kita bisa memilih satu yang terbaik di antara mereka. Jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan, lakukan perbandingan terhadap beberapa dealer sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih satu penawaran terbaik dan menguntungkan.

4. Lakukan Survei

loader

Jangan Langsung Beli, Lakukan Survei Dulu via normreeveshondacerritos.com

Saat akan membeli sebuah barang, maka survei adalah sebuah hal wajib yang harus dilakukan, terutama bila kita akan membeli sebuah barang yang bernilai cukup besar. Melakukan survei akan memberi kita peluang untuk mendapatkan harga terbaik dan mencegah kita mengalami kerugian atas pembelian yang sudah dilakukan.

Survei pertama yang patut kita lakukan adalah ke sejumlah dealer yang cukup terpercaya dan memiliki kredibilitas baik, bila tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai mobil, maka tidak ada salahnya kita mengajak serta saudara atau teman yang memiliki pemahaman yang cukup dalam hal ini.

Biasanya pihak dealer akan memberikan referensi mengenai leasing yang bisa kita gunakan sebagai lembaga pembiayaan kredit yang akan kita ajukan. Pahami dengan benar aturan dan ketentuan yang mereka terapkan dalam kerja sama tersebut. Kita juga bisa memilih dan menentukan sendiri jasa leasing tertentu yang memang kita anggap paling baik dan layak untuk digunakan.

Lakukan survei ini pada beberapa dealer dan leasing sekaligus, ini akan membantu kita dalam menemukan leasing dan dealer dengan layanan dan penawaran terbaik.

Baca Juga: Kredit Mobil Macet? Ini Dia Solusinya!

5. Lakukan Simulasi

loader

Simulasi Kredit via comparateur-credit-auto.com

Setelah mendapatkan sejumlah informasi dari dealer dan leasing, maka hal terakhir yang wajib kita lakukan sebelum akhirnya mengambil keputusan adalah melakukan sebuah simulasi kredit. Hal ini akan membantu kita dalam menentukan pilihan akhir dan menyesuaikan kemampuan bayar kita terhadap pembelian yang akan kita lakukan.

Contoh: Saat kita berniat untuk membeli sebuah mobil bekas seharga Rp80 juta, dengan beban bunga sebesar 7% per tahun dan masa kredit selama 2 tahun, maka perhitungannya sebagai berikut:

Harga mobil : Rp80 juta

Uang muka : Rp80 juta x 25% = Rp20 juta

Jumlah kredit ke bank : Rp80 juta – Rp20 juta = Rp60 juta

Beban bunga selama 2 tahun : 7% x 2 (tahun) x Rp60 juta = Rp8.400.000,-

Total hutang plus bunga : Rp60.000.000,- + Rp8.400.000,- = Rp68.400.000,-

Jumlah cicilan per bulan : Rp68.400.000,- / 24 (bulan) = Rp2.850.000,-

Total cicilan pertama yang harus dibayarkan :

Uang muka : Rp20.000.000,-

Cicilan pertama : Rp2.850.000,-

Biaya asuransi (dengan asumsi 1,8% / tahun) : 1,8% x 2 x Rp60 juta = Rp2.160.000,-

Biaya administrasi : Rp800.000,-

Maka total uang muka yang harus dibayarkan = Rp25.810.000,-

6. Murah dan Berkualitas

Meski pada akhirnya kita hanya memiliki kemampuan untuk membeli sebuah mobil bekas yang murah, namun bukan berarti kita tidak bisa mendapatkan sebuah mobil yang berkualitas baik.

Perhatikan kondisi mesin dan semua komponen mobil yang akan kita beli, agar tidak dibutuhkan banyak biaya dalam perawatannya kelak. Pilih dan sesuaikan jenis mobil dengan kebutuhan kita, serta pastikan keuangan kita tidak terganggu dengan adanya cicilan mobil setiap bulan.

Cicil Mobil Juga Bisa Dihemat

Pada dasarnya, semua hal yang berhubungan dengan keuangan itu bisa dihemat. Tapi, berhasil atau tidaknya semuanya kembali lagi kepada Anda sebagai orang yang melakukannya.

Dalam kaitannya dengan kredit mobil, dengan melakukan hal-hal di atas, pengeluaran membeli mobil juga bisa ditekan dan Anda pun juga bisa mendapat mobil bekas yang kondisinya masih bagus.

Baca Juga: Mau Kredit Mobil Bekas? Ini Cara Memilih yang Terbaik