Profil CIMB Sekuritas, Wadah Mudah Berinvestasi dengan Aman dan Nyaman

Agar bisa melakukan aktivitas investasi saham dengan lebih mudah dan praktis, investor umumnya menggunakan layanan yang ditawarkan perusahaan sekuritas. Di Indonesia, ada cukup banyak perusahaan sekuritas yang bisa dipilih oleh para investor. Salah satu contohnya adalah CIMB Sekuritas yang pernah termasuk sebagai 10 besar perusahaan sekuritas yang memiliki frekuensi perdagangan terbanyak di tahun 2019.

Perusahaan sekuritas dengan kode YU tersebut berhasil mencatatkan hampir 500 ribu transaksi jual beli pada pasar reguler ataupun non reguler. Jumlah transaksi tersebut dikabarkan mencapai nilai 13,73 triliun Rupiah dengan total 9.211 lot. Hal ini wajar saja karena CIMB adalah nama yang tidak asing lagi di telinga masyarakat sebagai perusahaan yang menggeluti dunia finansial dan perbankan.

Tentunya, dengan reputasi yang tak perlu diragukan lagi tersebut, CIMB Niaga Sekuritas bisa menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang ingin mencoba berinvestasi saham dengan lebih mudah dan aman. Tapi, sebelum itu, cek dulu sekilas tentang profil CIMB Sekuritas, ragam layanan, cara menjadi nasabah, hingga keunggulannya berikut ini.

Baca juga: Perbedaan Reksa Dana Saham dan Jual Beli Saham

Profil CIMB Sekuritas

loader

CIMB  Sekuritas

CGS CIMB Sekuritas atau bisa juga disebut sebagai CIMB Sekuritas adalah bagian dari CIMB Group yang dikenal sebagai konglomerasi finansial terbesar kedua asal Malaysia dan bergerak di sektor layanan keuangan. CIMB Sekuritas sendiri digadang-gadang sebagai salah satu perusahaan sekuritas terbesar di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan pencapaian perusahaan sekuritas tersebut yang termasuk dalam 10 perusahaan sekuritas yang memiliki frekuensi transaksi paling tinggi di tahun 2019. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, CGS CIMB Sekuritas berhasil mencatatkan sekitar 499 ribu perdagangan saham, baik itu penjualan atau pembelian pada pasar reguler dan juga non reguler. Berdasarkan total transaksi tersebut, dikabarkan nilai perdagangan mencapai 13.73 triliun Rupiah dan melibatkan hingga 9.211 lot.

Bisa dibilang bahwa jaringan dari layanan CIMB ini sangat luas. Selain melebarkan sayap bisnisnya di Indonesia dan Malaysia, perusahaan finansial ini juga menyediakan layanannya di Singapura, China, Bahrain, Vietnam, Britania Raya, hingga Amerika Serikat. Karenanya, tidak mengherankan banyak pihak percaya dan tak ragu untuk turut memanfaatkan layanan keuangan yang disediakan oleh perusahaan ini, termasuk dalam sektor sekuritas melalui CIMB Sekuritas.

Terkait profilnya sendiri, CIMB Sekuritas atau CIMB Securities dikuasai oleh 2 perusahaan finansial ternama dunia, yaitu CIMB Group Holdings serta China Galaxy Securities atau CGS. Kedua perusahaan tersebut memiliki sekitar 50% saham dari keseluruhan saham dari CIMB Niaga Sekuritas. Karena itu, tidak mengherankan jika nama dari perusahaan sekuritas tersebut menjadi CGS CIMB Sekuritas Internasional.

Sejumlah 85% saham CGS CIMB Sekuritas di Indonesia dikuasai oleh CGS CIMB Securities International, sekitar 10 persen lainnya dimiliki oleh CGS Konsultan Manajemen, dan 5 persen sisanya dipegang oleh CGS CIMB Securities Singapore.

Sebagai perusahaan sekuritas asing yang beroperasi di Indonesia, CIMB Sekuritas sudah mengantongi izin sebagai perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek. Tentunya, masyarakat tidak perlu khawatir lagi dengan keamanan dan kenyamanan menggunakan layanan sekuritas ini karena telah terjamin.

Cara Daftar CIMB Sekuritas

Jika tertarik untuk menjadi nasabah CIMB Sekuritas, kamu bisa melakukan pendaftaran secara online ataupun offline. Berikut adalah rincian langkah mendaftarnya.

  1. Cara Membuka Rekening CIMB Sekuritas secara Online

    • Pertama-tama, buka situs resmi CIMB Niaga Sekuritas dan klik menu registrasi.
    • Setelah itu, tuliskan e-mail dan password, lalu cek e-mail untuk mendapatkan link aktivasi.
    • Kemudian, kamu akan diarahkan menuju halaman login untuk masuk ke akun dan mengisi formulir pendaftaran.
    • Terdapat 4 langkah dalam pengisian formulir pendaftaran tersebut. Pastinya, isi seluruh data secara valid dan jelas, termasuk ketika mengunggah foto KTP, tanda tangan basah, serta NPWP.
    • Jika mempunyai rekening dari Bank BCA, proses permohonan RDN bisa selesai dalam sehari dan butuh waktu sedikit lebih lama jika menggunakan rekening dari perbankan lain.
  2. Cara Membuka Rekening CIMB Sekuritas secara Offline

    • Kunjungi kantor cabang CIMB Sekuritas terdekat dan minta formulir pengajuan atau hubungi pihak customer service di nomor 021 2996 1800 agar dokumen tersebut bisa dikirimkan ke alamat tujuan.
    • Isi dokumen sesuai informasi diri terbaru dan sertakan pula 2 lembar meterai 6 ribu.
    • Siapkan sejumlah dokumen persyaratan yang diminta, seperti FC KTP, NPWP, halaman depan dari buku tabungan, serta kartu pegawai jika memiliki.
    • Kirimkan seluruh dokumen tersebut ke alamat kantor cabang CIMB Sekuritas dan permohonan rekening akan langsung diproses.
    • Selama seluruh dokumen telah dilengkapi, tidak butuh waktu lama kamu akan mendapatkan notifikasi dari pihak CIMB Sekuritas terkait used ID serta password untuk login di aplikasi trading sekuritas.

Baca juga: Saham Preferen: Arti, Contoh, dan Bedanya dengan Saham Biasa

Ragam Layanan Aplikasi Trading CIMB Sekuritas

Sama halnya dengan aplikasi trading dari perusahaan sekuritas lain, CIMB Sekuritas juga menawarkan sederet spesifikasi serta fitur menarik yang mampu memanjakan penggunanya. Berikut adalah 3 fitur utama yang dimiliki oleh aplikasi trading sekuritas ini.

  1. Advanced Chart

    Fitur ini memudahkan pengguna untuk bisa melihat dengan lebih detail sejumlah jenis chart atau grafik saham, seperti Bars, Haikin Ashi, Area, Baseline, Area, Candles, hingga Hollow Candles. Kamu juga bisa mengakses Historical Chart dan Chart Intraday, serta beragam indikator, seperti Ichimoku Cloud, EMA Cross, Stochastic RSI, MACD, dan lain sebagainya.

  2. Stock Screener

    Fitur ini membantu pengguna untuk memilah saham di pasar sesuai dengan indikator serta analisis teknikal. Dengan begitu, investor mampu menentukan pilihan emiten yang paling menjanjikan.

  3. Heat Map

    Heat Map adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk memantau kondisi pasar dengan lebih menyeluruh. Saham yang ditunjukkan pada fitur ini dikategorikan berdasarkan sektor, dengan perbedaan warna area emiten mengindikasikan perubahan harga di hari berjalan, serta luas dari area saham bisa dibandingkan berdasarkan dari kapitalisasi pasar, frekuensi, volume, hingga value.

Keunggulan CIMB Sekuritas

Menjadi salah satu perusahaan sekuritas favorit investor, CIMB Sekuritas tentu menawarkan beragam fitur dan fasilitas unggulan yang menarik. Apa saja?

  1. Proses Pendaftaran Akun Bisa Memerlukan Waktu Sehari Saja

    Proses pendaftaran akun pada layanan ini bisa dilakukan secara online, mulai dari tahap registrasi, pengumpulan data pribadi, hingga verifikasi. Karena itu, proses membuka akun pada sekuritas tersebut mampu memakan waktu sehari saja.

    Hanya saja, jika melakukan registrasi secara online, calon nasabah hanya bisa memilih Bank BCA sebagai platform Rekening Dana Nasabah atau RDN. Padahal, jika melakukan pendaftaran secara offline, nasabah bisa memilih di antara 3 perbankan sebagai RDN.

  2. Aplikasi Trading Tersedia di Banyak Platform

    Kelebihan lain dari sekuritas ini adalah aplikasi trading yang dapat diakses di sejumlah platform, seperti smartphone, desktop, ataupun situs resmi. Di samping itu, aplikasi trading tersebut juga dapat digunakan melalui sistem operasi Windows, iOS, dan juga Android sehingga lebih praktis digunakan.

  3. Terdapat 3 Pilihan Rekening Dana Nasabah

    Seperti yang sempat disinggung sedikit sebelumnya, nasabah CIMB Sekuritas bisa memilih hingga 3 layanan perbankan sebagai wadah RDN atau Rekening Dana Nasabah. Ketiga pilihan wadah pembuatan RDN tersebut, antara lain, BCA, CIMB Niaga, dan juga Bank Mandiri. Dengan pilihan yang bervariasi tersebut, nasabah jadi lebih mudah dalam melakukan pendaftaran akun di sekuritas ini.

  4. Tersedia Fitur Smart Order

    Terakhir, keunggulan yang ditawarkan oleh perusahaan sekuritas ini adalah adanya fitur Smart Order. Secara umum, fasilitas tersebut berguna untuk memudahkan investor agar mampu mengoptimalkan aktivitas investasi melalui 2 layanan utamanya, yaitu Stop Loss dan Take Profit.

    Dengan fitur Stop Loss, pengguna dapat menjaga order atau pesanan yang sudah pas di hari itu sehingga dapat dijual dengan loss atau kerugian yang telah ditentukan serta berlaku dalam jangka waktu sehari. Sementara untuk Take Profit, mampu menjaga order atau pesanan yang sudah pas di hari itu sehingga dapat dijual untuk mendapatkan keuntungan yang telah ditentukan dan berlaku dalam jangka waktu sehari.

Baca juga: Investasi Saham Aktif vs Saham Pasif, Ini Bedanya

Selalu Sesuaikan Aktivitas Investasi dengan Tujuan Keuangan dan Profil Risiko

Itulah ulasan mengenai CIMB Sekuritas, termasuk cara daftar, ragam layanan, hingga keunggulan yang ditawarkan untuk berinvestasi di pasar modal. Namun, terlepas dari itu semua, selalu sesuaikan aktivitas investasi ini dengan tujuan keuangan dan profil risiko. Dengan begitu, kamu bisa terjamin untuk mendapatkan keuntungan lebih menjanjikan dan mampu menanam modal sampai tujuan tercapai.