Mengenal Coding: Manfaat, Jenis Bahasa Pemrograman, dan Cara Belajarnya

Coding adalah istilah yang belakangan ini sangat populer, bahkan di kalangan anak sekolahan. Minat masyarakat untuk mempelajari coding ini terbilang begitu besar, terutama sejak akses internet menjadi semakin mudah dan merata di berbagai wilayah di tanah air.

Bukan hanya belajar secara mandiri, namun sejumlah sekolah juga memberikan kesempatan bagi siswanya untuk belajar coding. Hal ini sekaligus menjadi salah satu bukti bagaimana dunia pemrograman masih akan memiliki prospek yang sangat cerah kedepannya. 

Baca Juga: Ingin Punya Laptop Baru? Yuk, Intip Tips dan Trik Atur Keuangan untuk Membelinya Ini

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian Coding

loader

Pemograman (Coding)

Jika ingin belajar coding pemula, maka sangat penting untuk memahami dengan baik apa sebenarnya yang dimaksud dengan coding dan apa saja yang bisa dilakukan dengan hal yang satu ini, bukan? 

Jika didefinisikan dengan bahasa yang sederhana, maka Coding adalah aktivitas yang dilakukan oleh para programmer, agar bisa berkomunikasi dengan sebuah komputer. Coding akan menghubungkan programmer kepada komputer, sehingga perangkat tersebut bisa melakukan berbagai “perintah” atau instruksi yang disampaikan kepadanya. 

Pada dasarnya, komputer memiliki cara komunikasi tertentu, sebagaimana layaknya manusia. Namun di dalam pratiknya, tentu saja bahasa yang digunakan komputer bukanlah bahasa yang kita gunakan sehari-sehari. Komputer akan menggunakan bahasa mesin berupa kode yang bisa dipahaminya dengan mudah.

Untuk menguasai bahasa mesin ini, seseorang perlu belajar bahasa pemrograman secara mendalam. Hal ini bisa dilakukan dengan mulai belajar coding pemula terlebih dahulu. Saat ini, ada banyak kelas belajar coding dan juga belajar bahasa pemrograman yang bisa diikuti, bahkan secara online

Awalnya coding adalah seperti sesuatu yang rumit dan sulit untuk dipahami, namun pada kenyataannya hal tersebut tidaklah benar. Pada dasarnya, bahasa mesin menggunakan struktur yang terbilang sederhana, bahkan hanya berupa dua angka saja, yakni digit 0 dan juga 1, di mana keduanya lazim disebut dengan istilah bentuk biner. 

Pemberian instruksi dalam bahasa mesin pada perangkat komputer merupakan hal yang mungkin dilakukan. Namun di dalam praktiknya, hal seperti ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan tentu saja sangat tidak praktis sama sekali. 

Bahasa pemrograman merupakan sarana yang tepat untuk melakukan komunikasi komputer yang lebih efektif dan mudah. Coding merupakan solusi yang tepat untuk menguasai hal tersebut dengan baik, termasuk mengaplikasikannya. 

Namun meski begitu, belajar coding pemula bukanlah sebuah proses instan yang bisa diselesaikan dalam waktu singkat saja. Belajar coding dan juga belajar bahasa pemrograman ini membutuhkan banyak latihan dan dukungan sumber materi yang bisa memperluas wawasan. 

Baca Juga: Jangan Disamakan, Simak Perbedaan SSD dan Hardisk yang Wajib Diketahui

Apa saja Manfaat Belajar Coding

Sebagaimana bidang lainnya, belajar coding pemula dan juga tahap lanjutannya tentu akan memberikan manfaat tertentu. Proses belajar coding yang tepat dan efektif diharapkan bisa memberi manfaat yang lebih besar, sehingga tujuan untuk menguasai bahasa pemrograman bisa tercapai dengan baik. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan setelah mempelajari coding: 

  1. Mendapatkan Prospek Karir yang Cerah 

    Jika dibandingkan dengan bidang lainnya, permintaan pasar akan tenaga yang menguasai coding adalah salah satu yang paling tinggi. Keahlian dalam bidang programming menjadi keahlian yang banyak diminati oleh perusahaan-perusahaan di dunia. 

    Kenyataan di atas jelas menjadi peluang menjanjikan bagi yang menekuni dunia coding itu sendiri. Prospek karir di bidang ini sangat cerah. Begitu juga dengan peluang untuk mendapatkan gaji yang tinggi, sebab rata-rata gaji untuk pekerja IT memang sangat menjanjikan. 

  2. Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

    Seperti telah dijabarkan di atas, coding adalah sebuah proses yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan dengan menggunakan komputer dan juga logika. Hal tersebut akan membuat seseorang lebih terlatih dalam memilih pendekatan untuk membentuk sebuah solusi penyelesaian masalah tersebut. 

    Coding juga akan membiasakan penggunanya untuk mengatur skala prioritas, sehingga yang bersangkutan bisa memilih solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah-masalah yang paling penting terlebih dahulu. Hal ini akan memungkinkan pekerjaan selesai sesuai dengan jadwal yang diharapkan. 

  3. Karier yang Fleksibel

    Belajar bahasa pemrograman tidak hanya sekedar memberikan peluang karir yang sedikit saja. Namun sebaliknya, ada banyak pilihan karir yang bisa digeluti ketika sudah menguasai coding dengan baik. Hal ini akan sangat menguntungkan, terutama di era digital seperti sekarang. 

    Berikut ini adalah beberapa pilihan karir yang bisa digeluti saat sudah menguasai coding dengan baik: 

    • Computer Programmer.
    • Web Developer.
    • Front-End Developer.
    • Back-End Developer.
    • Computer System Analyst.
    • Database Administrator.
    • Network System Administrator.
  4. Networking yang Luas

    Sama seperti bidang lainnya, programmer juga tentu akan memiliki networking sendiri. Sistem kerja yang fleksibel dan seringkali dilakukan secara online membuat pekerja di bidang ini bisa memiliki networking yang luas, bahkan tanpa perlu keluar rumah sama sekali. 

    Selain itu, tingginya jumlah pekerjaan di bidang ini juga memungkinkan para programmer untuk bepergian ke mana saja dalam rangka menyelesaikan pekerjaan mereka. Semua ini tentu akan menjadi kesempatan yang baik untuk membangun networking yang lebih luas dan berguna lagi. 

Jenis-Jenis Bahasa Pemrograman

Jika ingin belajar bahasa pemrograman, maka ada baiknya untuk belajar coding terlebih dahulu. Belajar coding pemula ini bisa dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan mengambil kelas online maupun belajar otodidak melalui berbagai sumber seperti buku dan website yang berkaitan.

Namun sebelumnya, tidak ada salahnya untuk memahami apa saja jenis bahasa pemrograman yang lazim digunakan. Hal ini akan mempermudah untuk memilih bidang tertentu terlebih dahulu, sehingga proses belajar ini bisa fokus dan menguasai satu per satu bidang dengan cara yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa jenis bahasa pemrograman yang bisa dijadikan sebagai pilihan: 

  1. Phyton

    Bahasa pemrograman yang telah berkembang dari tahun 1980-an ini menjadi salah satu yang paling tua. Proses coding dengan dinamis sangat mungkin dilakukan dengan Python, sebab bahasa pemrograman ini mendukung gaya fungsional dan juga prosedural. 

  2. Ruby

    Ruby akan cocok untuk dijadikan sebagai pilihan pertama ketika ingin belajar bahasa pemrograman, sebab yang satu ini sangat cocok untuk pemula. Yukihiro Matsumoto selaku karakternya memang mendesain Ruby agar lebih mudah untuk dipahami, pemula bahkan bisa memahaminya dalam waktu sekitar 20 menit saja. 

  3. Java

    Java dikenal sebagai bahasa pemrograman object oriented yang berbasis kelas. Bahasa pemrograman yang satu ini sangat populer dan bisa ditemui di berbagai platform yang berbeda, seperti: video game, aplikasi android, dan bahkan desktop. 

  4. CSS

    Ini merupakan bahasa pemrograman yang lazim dipakai untuk pembuatan struktur website. CSS bisa digunakan untuk membantu mengontrol berbagai elemen HTML serta website design yang akan digunakan, sehingga tampilannya lebih variatif dan menarik. 

  5. Swift

    Swift merupakan bahasa pemrograman resmi milik Apple yang diperuntukkan bagi iOS, macOS, watchOS, hingga iPadOS. Ini akan menjadi poin yang wajib dipelajari, terutama bagi yang ingin terjun sebagai iOS developer.

Bagaimana Cara Belajar Coding untuk Pemula? 

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan para pemula untuk mempelajari coding

  1. Pilih Bahasa Pemrograman yang akan Dipelajari

    Pahami dengan baik tujuan untuk mempelajari coding terlebih dahulu, sehingga proses tersebut bisa terarah ke depannya. Jika sudah memiliki tujuan yang jelas, maka pilih dan tentukan bahasa pemograman apa saja yang akan dipelajari. Pada umumnya, pemula akan belajar tentang HTML atau CSS terlebih dahulu. Namun jika ingin langsung mempelajari Java dan juga Python juga tak ada salahnya. 

  2. Ambil Kursus

    Belajar secara otodidak melalui buku atau internet bisa menjadi pertimbangan, namun ini tentu membutuhkan proses yang cukup lama. Jika ingin lebih cepat dan fokus, pertimbangkan untuk mengambil kursus. Saat ini, ada banyak kursus coding yang bisa ditemukan dengan mudah, baik itu secara offline maupun online

  3. Pelajari Cara Coding Orang Lain

    Ada banyak cara untuk belajar coding, salah satunya dengan melihat dan mempelajari coding yang sudah ada. Mulailah membangun koneksi dan menemukan teman yang masih pemula juga, sehingga bisa berdiskusi dan belajar bersama. Di saat bersamaan, kesempatan untuk belajar cara coding orang lain juga lebih terbuka lebar. Namun pastikan untuk minta izin kepada yang bersangkutan terlebih dahulu. 

Coding Membuka Peluang Karir yang Bagus 

Coding adalah salah satu kemampuan yang paling banyak dibutuhkan selama belasan tahun belakangan ini. Perkembangan internet dan dunia digital membuka peluang karir yang luas di bidang ini. Pelajari dan kuasai bahasa pemrograman yang baik, sehingga kedepannya karir dan penghasilan bisa lebih menjanjikan.

Baca Juga: Teller Bank: Pengertian, Tugas, dan Kemampuan yang Harus Dimiliki