Conversion Rate Optimization Specialist: Ini Tugas Hingga Keahlian yang Wajib Dimiliki

Perkembangan teknologi dan informasi membawa banyak peluang karir yang baru selama belasan tahun belakangan ini. Conversion Rate Optimization Specialist atau yang juga dikenal dengan CRO Specialist menjadi salah satu di antaranya. 

Jika selama ini kamu hanya mengenal istilah SEO, maka CRO justru memiliki cakupan yang lebih kompleks lagi. Seorang SEO Specialist bertugas untuk mendatangkan jumlah traffic organik yang lebih banyak ke sebuah website, maka CRO Specialist justru harus mampu menciptakan konversi yang lebih tinggi di dalam sebuah website

Conversion Rate Optimization (CRO) merupakan proses pengoptimalan conversion rate atau jumlah persentase pengunjung tetap yang melakukan suatu aktivitas di dalam website. Aktivitas ini bisa dalam berbagai bentuk, seperti: pendaftaran diri untuk mendapatkan update berita terbaru, pembuatan akun baru (member), pembelian produk yang dijual di website, dan berbagai aktivitas lainnya. 

Tidak hanya sekedar mendatangkan kunjungan, namun seorang CRO specialist juga bertugas untuk memastikan setiap kunjungan yang terjadi dapat menciptakan aksi (konversi) dari pengunjung website. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tugas CRO Specialist dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

loader
CRO Specialist

Seorang CRO Specialist memiliki tugas utama untuk menciptakan peningkatan konversi dalam sebuah website. Hal ini tentu harus dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan melakukan analisa terhadap berbagai aspek yang mempengaruhi terjadinya konversi itu sendiri. 

Di dalam prakteknya, konversi yang tinggi tidak selalu bisa mendatangkan angka penjualan yang tinggi. Selalu ada kemungkinan traffic yang tinggi tidak efektif dan meningkatkan konversi secara optimal. Inilah yang akan menjadi tugas CRO Specialist di dalam sebuah website.

 CRO Specialist harus melakukan analisa dan melihat kembali peningkatan traffic yang terjadi di website. Analisa ini bisa dilakukan dengan melihat berbagai aspek yang berbeda, seperti: Berapa peningkatan traffic yang terjadi? Apakah traffic bisa meningkatkan penjualan? 

Berapa banyak pengunjung yang melakukan konversi? Dan berbagai pertanyaan lainnya. Berdasarkan analisis yang dilakukan, CRO Specialist akan membuat rencana yang baru untuk bisa meningkatkan konversi dan angka penjualan yang lebih tinggi di website. 

Hal ini biasanya harus diawali dengan cara melakukan analisis terhadap perilaku konsumen terlebih dahulu. CRO Specialist harus memahami dengan baik kebutuhan konsumen, termasuk apa saja yang akan membuat mereka melakukan pembelian. 

Selain itu, CRO juga akan mempelajari apa saja kendala dan faktor penyebab gagalnya transaksi konsumen di website. Jika seluruh faktor tersebut sudah dipahami, maka CRO Specialist akan menata dan memperbaiki berbagai hal yang diperlukan, agar bisa meningkatkan angka penjualan secara maksimal.

Di tanah air sendiri, profesi CRO Specialist ini belum begitu banyak dikenal secara luas. Padahal jika ditilik lebih dalam lagi, CRO Specialist akan memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Seorang CRO Specialist akan membantu meningkatkan angka penjualan bisnis di website secara signifikan. 

Hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara, seperti: menata kembali tampilan website agar lebih menarik, membuat website lebih nyaman dan mudah untuk diakses pengunjung, termasuk menyajikan keseluruhan bisnis menjadi lebih menarik di mata pengunjung. Semua hal ini tentu akan membuat angka penjualan bisnis perusahaan meningkat dengan tajam.

Skill yang Wajib Dimiliki CRO Specialist

loader

Jika melihat tugasnya yang cukup kompleks, seorang CRO Specialist memang harus menguasai beberapa skill yang berbeda sekaligus. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Kemampuan memahami target pasar

Untuk meningkatkan angka penjualan di website, seorang CRO specialist harus bisa memahami dengan baik target pasar yang akan dicapai di dalam bisnis, Hal ini tentu harus dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan memahami perilaku konsumen dan membuat keseluruhan elemen website bisnis menjadi tepat dan sesuai kebutuhan.

2. Kemampuan berpikir kritis dan solutif 

Di dalam prakteknya, CRO specialist tidak cukup hanya memahami berbagai kendala yang terjadi dan membuat penjualan tidak maksimal. Mereka juga harus bisa mengatasi berbagai kendala tersebut dan memperbaikinya, baik itu melalui analisa ataupun tindakan lainnya. 

CRO Specialist harus mampu berpikir kritis dan menghasilkan solusi yang tepat untuk memperbaiki keadaan dan mendatangkan angka penjualan di dalam website.

Baca Juga: Kenali Tugas, Tantangan dan Peluang Karir Jadi Talent Acquisition

3. Memiliki keinginan untuk terus belajar

Bekerja di bidang digital marketing, CRO Specialist harus memiliki kemampuan untuk terus memperbarui kemampuannya. Dunia marketing terbilang sangat dinamis dan akan selalu mengalami banyak perubahan, sehingga orang-orang yang bekerja di dalamnya harus selalu memiliki keinginan yang besar untuk belajar dan menguasai berbagai ilmu yang baru.

4. Menguasai kosakata yang baik

Copywriting merupakan salah satu poin penting yang bisa meningkatkan angka penjualan, dan keahlian ini wajib dimiliki oleh CRO Specialist. 

Untuk membuat copywriting yang baik, seorang CRO Specialist harus memiliki kosakata yang baik dan mumpuni, termasuk kemampuan yang baik untuk menata setiap kata menjadi lebih menarik. 

Karir CRO Specialist Sangat Menjanjikan

CRO Specialist menjadi salah satu profesi yang masih belum dikenal luas, meskipun sudah cukup banyak dibutuhkan. Peluang karir ini bahkan akan semakin cerah di masa yang akan datang, mengingat hampir semua perusahaan besar sudah menjalankan bisnis mereka secara online. Ini menjadi salah satu peluang karir yang menjanjikan, apalagi jika kamu termasuk orang yang senang mempelajari bidang yang baru.

Baca Juga: Raih Karir Internasional dengan Bekerja di Perusahaan Multinasional