Picu Obsesi Ekstrim dengan Crypto, Sadari Bahaya Gejala Cryptosis dan Cara Obatinya

Tidak terasa mata uang crypto atau cryptocurrency sudah hadir selama lebih dari 1 dekade. Dalam kurun waktu tersebut, aset digital ini telah berhasil menjadi salah satu instrumen investasi popular dan kerap dijadikan pilihan oleh banyak orang dari berbagai kalangan. Wajar saja, investasi dan trading di aset crypto telah menghasilkan banyak cerita kesuksesan, tidak hanya di skala dunia, tapi di Indonesia sekalipun.

Hanya saja, kondisi tersebut mendorong seseorang untuk bersikap ekstrim atau berlebihan terhadap jenis aset digital tersebut. Sehingga, di kalangan pegiat mata uang crypto ini, muncul sebutan pada orang yang sangat terobsesi pada crypto yaitu Cryptosis atau Obsessive Crypto Disorder alias OCD. 

Sebagai salah satu pertanda seseorang sudah terlalu terobsesi dengan dunia crypto, tentu istilah cryptosis ini penting untuk dipahami, termasuk terkait tanda, efek gangguan, hingga cara mengobati serta tips menghindarinya. Nah, jika kamu ingin tahu sederet hal penting seputar cryptosis tersebut, simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Pengertian Cryptosis atau Obsessive Crypto Disorder (OCD)

loader

Pada dasarnya, istilah cryptosis bisa dipahami pula sebagai Obsessive Crypto Disorder atau OCD. Walaupun tergolong sebagai sebuah gangguan mental, tapi istilah cryptosis ini masih belum termasuk sebagai salah satu kondisi medis resmi dan diakui. Melainkan, istilah ini sekadar digunakan untuk menggambarkan obsesi atau ketertarikan seseorang yang ekstrim terhadap aset crypto. 

Istilah ini juga merupakan permainan kata yang mengacu terhadap kondisi OCD yang sudah lebih dulu dikenal di dunia medis, yaitu Obsessive Compulsive Disorder, yang merupakan gangguan kondisi mental dengan tanda pikiran, perilaku, maupun perasaan yang tak diinginkan serta berulang yang memicu rasa kecemasan berlebihan. 

Pada konteks crypto, OCD mengacu terhadap kebutuhan kompulsif penderitanya untuk secara terus menerus mengecek dan memeriksa harga crypto. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki kecenderungan untuk tak bisa lepas dengan berita tentang aset tersebut, tak terkecuali hal kecil seputarnya seperti volume perdagangan dan apa pun yang mampu mempengaruhi situasi pasar crypto. 

Orang yang mengidap gangguan cryptosis bisa sangat terobsesi dengan kegiatan investasi atau trading asetnya sehingga mereka bisa tak memikirkan hal lain apa pun. Bahkan, dalam kondisi ekstrem dan kronis, orang dengan kondisi ini akan mengabaikan tanggung jawabnya di kehidupan sehari-harinya, termasuk terkait hubungan pribadi, keluarga, hingga aspek dasar yang penting dibutuhkan dalam kehidupannya. 

Gejala dan Tanda Gangguan Cryptosis

Sebagai sebuah gangguan atau penyakit dengan kondisi yang bisa mengacaukan keseharian, paling tidak kamu perlu memahami apa saja gejala atau tanda dari cryptosis. Tidak sulit sebenarnya mencermati apa saja gejala seseorang terkena gangguan obsesi berlebihan pada dunia crypto ini, antara lain:

  • Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk mengecek atau memeriksa harga, pergerakan nilai, berita, serta forum mengenai mata uang crypto.
  • Tak pernah berhenti dan ingin terus memeriksa pergerakan harga crypto pada portofolionya. Jika fluktuasinya cenderung menurun, orang dengan gangguan ini akan langsung merasakan cemas dan stres yang berlebihan.
  • Dengan kondisi obsesi yang terlalu parah, orang dengan gangguan cryptosis sering kali mengabaikan situasi kehidupannya di dunia nyata, termasuk hubungan pribadi maupun tanggung jawab yang dimilikinya. Hal tersebut disebabkan karena mereka terpaku pada kondisi investasi dan perdagangan kripto. 
  • Menjadi amat defensif serta argumentatif saat orang lain mengingatkan atau mengkritik pilihan investasinya.
  • Abai dengan perawatan diri mendasar untuk menjadi manusia yang sehat, seperti olahraga, makan teratur, diet dengan tepat, maupun tidur yang cukup. 
  • Gangguan cryptosis juga membuat seseorang merasa cemas, stres, serta kegelisahan yang berkelanjutan dan bisa dipicu oleh situasi investasi kripto miliknya. 

Efek dari Gangguan Cryptosis

Bagi penderitanya, cryptosis tentu mampu memberi sejumlah efek buruk di kehidupan sehari-harinya. Seperti yang telah diketahui oleh para pemainnya, salah satu hal buruk dan risiko paling besar dalam investasi crypto adalah terkait volatilitas pasarnya. Dengan volatilitas yang begitu tinggi, risiko mengalami kerugian finansial secara signifikan dan dalam waktu singkat bukan hal yang mustahil dalam dunia crypto. 

Yang membahayakan, orang dengan gejala cryptosis malah lebih cenderung untuk melakukan aktivitas investasi dengan tingkat risiko tinggi. Sehingga, risiko kerugian yang ditanggungnya bisa sangat signifikan dan dapat seketika mengacaukan kondisi keuangannya. 

Tidak hanya itu, kondisi ini juga dapat memberi dampak buruk untuk kesehatan mental penderitanya. Beberapa contoh masalah mental yang sering kali dialami oleh orang dengan gangguan ini adalah kecemasan berlebihan, beban stres, serta kurang tidur dalam jangka waktu yang lama. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, kondisi mental tersebut bisa semakin serius dan memicu gangguan kecemasan, depresi, hingga masalah pada kondisi kesehatan fisiknya. 

Baca Juga:  Mengenal Metode Staking, Solusi Dapatkan Passive Income dari Dunia Crypto

Cara Obati Gangguan Cryptosis

loader

Apabila mengetahui seseorang yang memiliki gejala cryptosis, atau bahkan kamu sendiri yang mengalaminya, tentunya penting mengetahui cara mengobati diri dari kondisi tersebut. Utamanya, segerakan periksakan diri ke ahli atau dokter kondisi mental agar bisa melakukan diagnosis secara akurat. 

CBT atau Terapi Perilaku Kognitif dan jenis terapi lain diketahui bisa mengobati kondisi cryptosis secara efektif. Selain itu, pemeriksaan dengan dokter ahli kesehatan mental juga bisa membantu seseorang untuk memperoleh kendali terhadap perilaku atau pikirannya dengan lebih baik. 

Tidak hanya itu, menentukan batasan dan juga praktik yang positif pada konteks investasi mata uang crypto juga bisa menjadi cara untuk meredakan gangguan ini. Contoh pemberian batasan tersebut meliputi mengurangi waktu yang digunakan atau dihabiskan untuk mengecek harga serta berita seputar crypto. 

Metode pengobatan juga bisa dilakukan dengan menentukan tujuan investasi dengan jelas agar mengerti kapan waktu untuk berhenti saat untung, dan exit strategy ketika buntung. Dengan cara tersebut, kondisi cryptosis yang sampai mengambil alih kehidupan penderitanya bisa dicegah. 

Baca Juga:  Apa Itu Pig Butchering Scam? Modus Penipuan yang Tengah Mengancam Investor Crypto

Tips Terhindar Gangguan Cryptosis

Selain cara mengobati, mencegah dan berusaha terhindar dari gangguan cryptosis juga sangat penting untuk dilakukan. Agar terhindar dari risiko mengidap gangguan tersebut, ada beberapa tips yang penting untuk diketahui, berikut di antaranya.

  • Menyusun rencana investasi secara jelas dan juga realistis mampu membuatmu terarah dalam menanam modal. Setidaknya, tentukan tujuan investasi, apakah itu jangka pendek atau jangka panjang, serta sesuaikan strategi dengan tujuan tersebut.
  • Tetapkan batasan waktu dalam mengecek harga serta berita crypto, dan lakukan hanya saat dibutuhkan saja. Terlalu sering mengecek kondisi dunia crypto mampu memicu kecemasan dan beban pikiran yang berlebihan. 
  • Tips lainnya, hindari terlalu banyak menanam modal tanpa menentukan batasan risiko kerugian yang mampu ditanggung. Guna meminimalkan risiko, lakukan diversifikasi dengan menyebar modal investasi di sejumlah instrumen dengan tingkat risiko beragam dan dengan persentase tertentu. 
  • Hindari membandingkan diri dengan orang lain dengan intensi buruk. Lebih baik fokus pada rencana investasi yang sudah dibuat dan jangan terobsesi berlebihan dengan cerita kesuksesan orang lain. 
  • Tentukan batasan finansial serta pegang teguh prinsip tersebut agar terhindar dari menanggung risiko yang tidak penting. 
  • Ingat jika crypto hanya salah satu pilihan instrumen untuk investasi. Jika lebih baik berinvestasi di instrumen rendah risiko, hindari menanam modal di crypto dan pilih produk yang memiliki fluktuasi lebih stabil.
  • Jangan pernah mengambil keputusan investasi dengan mengandalkan emosi karena meningkatkan risiko salah melangkah.
  • Hanya tanam modal dari uang yang tak akan digunakan dalam waktu dekat dan tidak masalah jika merugi, apalagi sampai berutang untuk investasi crypto. 
  • Tetap jaga kondisi kehidupan pribadi dan seimbangkan dengan aktivitas investasi. Jangan sampai kamu melupakan kondisi kehidupan dunia nyata dan mengabaikan tanggung jawab karena terlalu fokus dengan dunia crypto. 

Situasi Dunia Crypto yang Begitu Sulit Ditebak Sangat Mungkin Memicu Kondisi Cryptosis

Dengan kondisi dunia crypto yang bisa berubah secara ekstrim dan sulit ditebak sangat mungkin memicu seseorang mengidap gangguan cryptosis. Bahkan, kebangkitan industri aset digital tersebut malah diketahui banyak memberi peluang para pemainnya untuk terkena gangguan ini. Oleh karena itu, penting bagi investor guna menjalani aktivitasnya di dunia crypto dengan wajar dan berimbang antara kehidupan sehari-harinya agar terhindar dari risiko mengidap cryptosis. 

Baca Juga:  Jadi Biaya Transaksi Jaringan Crypto, Ini Maksud Gas Fee, Kisaran Tarif, Hingga Cara Hitungnya