Panduan dan Tips Menyusun CV Bahasa Inggris yang Menarik

CV bahasa Inggris sudah bukan lagi hal yang asing di dunia kerja. Belakangan ini, sebagian pekerja memilih untuk mengirimkan CV lamaran kerja bahasa Inggris ketika akan melamar pekerjaan. Hal ini juga sekaligus membuat para pelamar kerap mencari contoh CV dalam bahasa Inggris sebagai acuan. 

Ada banyak alasan mengapa pelamar mengirimkan CV dalam bahasa Inggris saat melamar, salah satunya karena perusahaan yang dilamar menginginkan kandidat yang memiliki kemampuan bahasa Inggris mumpuni. Kriteria seperti ini sudah termasuk hal yang biasa, terutama ketika melamar di perusahaan-perusahaan yang besar. 

Mengirimkan CV bahasa Inggris yang benar tentu menjadi kebutuhan tersendiri, sebab melalui CV ini secara tidak langsung kandidat bisa menunjukkan kemampuan dasarnya dalam berbahasa Inggris itu sendiri. Jika melihat kenyataan ini, maka sangat penting untuk melihat contoh CV bahasa Inggris dan membuat CV yang tepat ketika melamar.

Ingin bayar BPJS Ketenagakerjaan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Ketenagakerjaan Sekarang!  

Panduan Menyusun CV Bahasa Inggris 

loader

Sama seperti pembuatan CV pada umumnya, pembuatan CV bahasa Inggris yang benar juga tentu harus dilakukan dengan langkah yang tepat. CV adalah komponen penting saat melamar pekerjaan, sebab ini akan memuat banyak informasi tentang pelamar itu sendiri. 

Jangan sampai berbagai informasi tersebut acak-acakan atau bahkan dibuat secara berlebihan, sebab hal ini justru bisa membuat recruiter tidak menemukan “nilai jual” yang bisa membuat peluang pelamar mendapatkan pekerjaan menjadi lebih besar. 

Penting untuk membuat semua komponen CV dalam bahasa Inggris seimbang dan relevan dengan pekerjaan yang sedang dilamar. Jika perlu, cari dan lihatlah contoh CV bahasa Inggris yang tepat sebagai rujukan. Namun meski begitu, buatlah CV yang relevan dan benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah beberapa panduan dalam menulis CV bahasa Inggris yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

1. Gunakan Tata Bahasa yang Tepat 

Tata bahasa yang benar merupakan poin penting yang wajib diperhatikan ketika membuat CV dalam bahasa Inggris. Jika merasa bingung dan kesulitan untuk urusan yang satu ini, maka tetaplah fokus pada penggunaan pola kalimat yang biasanya digunakan dalam bahasa Inggris, yakni:  past tense, present tense, dan future tense.

Jika menceritakan tentang pengalaman kerja atau pekerjaan yang sudah ditinggalkan, maka gunakan past tense. Sedangkan untuk menceritakan tentang pekerjaan yang sedang atau masih dijalankan, gunakan saja present tense. Selain menggunakan CV lamaran kerja bahasa Inggris, pelamar juga bisa memanfaatkan berbagai tools gratis yang bisa dimanfaatkan untuk pengecekan tata bahasa ini. 

2. Cermati Ejaan serta Tanda Baca

Sama dengan CV pada umumnya, CV bahasa Inggris yang benar tentu harus menggunakan ejaan yang benar pada setiap kata yang digunakan. Jika kurang yakin, maka lakukan pengecekan ejaan ini dengan membuka kamus atau melakukan pemeriksaan online dengan menggunakan tools yang tepat.

Penggunaan tanda baca juga harus menjadi perhatian tersendiri saat membuat CV bahasa Inggris. Jangan sampai terjadi kesalahan penulisan atau penempatan tanda baca, sebab hal ini beresiko menimbulkan kesalahpahaman. Pastikan untuk melakukan proofread dengan teliti, agar kesalahan penulisan dan yang lainnya bisa dihindari. 

3. Pilih Layout serta Struktur yang Menarik dan Mudah Dibaca

Saat membuat CV, pastikan untuk menggunakan layout serta struktur yang menarik, namun tidak berlebihan. Pilihan layout yang tepat akan membuat CV lebih menarik dan mudah untuk dibaca oleh recruiter. Hal ini tentu akan membuat peluang pelamar mendapatkan respon positif menjadi lebih besar. 

Lihat contoh CV dalam bahasa Inggris yang tepat dan simpel sebagai acuan, sehingga lebih mudah untuk membuat CV dengan layout yang menarik ini. Hindari terlalu banyak detail atau bahkan jenis font tulisan yang tidak familiar, sebab ini justru bisa membuat recruiter kesulitan untuk membaca CV tersebut.

Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru Agar Sukses Dibaca oleh HRD

4. Cantumkan Data Diri serta Skill yang Relevan 

CV lamaran kerja bahasa Inggris juga harus memuat data diri pelamar dengan jelas. Cantumkan data diri dengan cara yang benar seperti dalam contoh CV bahasa Inggris, yakni hanya poin yang penting-penting saja. Hindari informasi pribadi yang tidak begitu dibutuhkan, seperti: tinggi dan berat badan, riwayat pendidikan dari SD hingga kuliah, dan yang lainnya. 

Fokuslah pada poin-poin data diri yang penting saja, seperti yang sering dibuat dalam contoh CV dalam bahasa Inggris. Selain itu, cantumkan juga skill yang dikuasai dan relevan dengan pekerjaan/ posisi yang sedang dilamar. Tidak perlu mencantumkan semua keterampilan yang dimiliki, apalagi yang tidak relevan sama sekali, termasuk keterampilan yang tidak dikuasai dengan baik.

5. Cantumkan Pengalaman Kerja serta Organisasi yang Relevan

Hampir sama dengan poin sebelumnya, hindari juga untuk mencantumkan semua pengalaman organisasi yang dimiliki. Fokuslah pada pengalaman organisasi yang relevan dan sekiranya bisa memberi nilai lebih untuk mendapatkan pekerjaan yang sedang dilamar. Hal yang sama juga berlaku untuk pengalaman kerja yang sudah dimiliki. 

Pelamar hanya perlu mencantumkan pengalaman kerja yang terakhir dan juga yang berkaitan dengan posisi yang sedang dilamar saja. Hal ini akan lebih mudah untuk dipahami, apalagi jika ternyata pelamar sudah memiliki banyak sekali pengalaman kerja sebelumnya dalam berbagai bidang yang berbeda. Jika merasa kurang yakin, lihatlah beberapa contoh CV dalam bahasa Inggris. 

Tips Membuat CV Bahasa Inggris yang Menarik 

loader

CV bahasa Inggris yang benar tentu tidak bisa dibuat dengan asal-asalan. Selain mengikuti panduan membuat CV dalam bahasa Inggris di atas, tidak ada salahnya untuk menjadikan contoh CV bahasa Inggris sebagai rujukan. Hindari berbagai kesalahan dalam membuat CV lamaran kerja bahasa Inggris, agar peluang diterima kerja menjadi lebih besar.

Ikuti beberapa tips membuat CV bahasa Inggris berikut ini untuk membuat CV yang menarik: 

1. Cermati Semua Syarat yang Diberikan Perusahaan 

Sebagian perusahaan kerap menyertakan persyaratan tertentu bagi para pelamar, jadi jangan abaikan hal ini. Cek dan pahami semua syarat ini dengan baik, agar peluang mendapatkan pekerjaan menjadi lebih besar. Ada beberapa persyaratan spesifik yang kerap ditentukan perusahaan, seperti: 

  • Usia dan domisili pelamar.
  • Kemampuan bahasa Inggris.
  • Durasi kontrak yang ditawarkan, dan yang lainnya.

2. Format Penulisan CV 

Secara umum, CV bahasa Inggris memuat format dasar penulisan seperti berikut ini: 

  • Who are you?

Jelaskan data diri dengan lengkap, termasuk alamat dan juga kontak yang bisa dihubungi pada bagian ini.

  • Brief Bio and Personal Details

Ini bisa diisi dengan penjelasan singkat tentang diri pelamar, termasuk keunggulannya jika dibandingkan dengan kandidat lainnya. 

  • What have you done?

Pelamar bisa mencantumkan riwayat pendidikan, kursus, dan yang lainnya, termasuk tahun kelulusan sekaligus pada bagian ini.

  • What do you like?

Pada bagian ini pelamar bisa menjelaskan hobi maupun passion yang dimilikinya. 

3. Tekankan Pengalaman Kerja yang Dimiliki 

Seperti yang banyak ditemukan dalam contoh CV dalam bahasa Inggris, pelamar juga perlu fokus pada poin yang satu ini. Tekankan CV untuk menjelaskan pengalaman kerja yang dimiliki, terutama yang berkaitan dengan posisi yang sedang dilamar. 

4. Cantumkan Skill dengan Spesifik

CV bahasa Inggris yang benar harus memuat skill pelamar dengan jelas. Cantumkan hal ini secara spesifik, agar recruiter bisa melihat kemampuan pelamar dengan sejelas mungkin sebagai pertimbangan.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja yang Tepat

5. Cantumkan Rekomendasi Terpercaya

Jangan ragu untuk mencantumkan poin yang satu ini pada CV dalam bahasa Inggris. Referensi ataupun rekomendasi dari seseorang yang terpercaya dan berpengaruh merupakan salah satu nilai lebih yang akan membuat recruiter lebih yakin untuk menerima lamaran tersebut. 

6. Hindari Penulisan yang Salah

Lakukan proofread secara berulang dan pastikan CV sudah menggunakan penulisan dan juga tanda baca yang tepat. Jika perlu, lihatlah CV lamaran kerja bahasa Inggris yang bagus dan tepat sebagai acuan. 

7. Gunakan Layout yang Tepat dan Menarik

Jangan lupa untuk membuat layout CV yang menarik, agar lebih mudah untuk dibaca oleh recruiter. Ada banyak contoh CV bahasa Inggris yang menggunakan layout menarik, jadi tidak ada salahnya untuk mencontoh salah satunya. 

Buat CV Bahasa Inggris yang Tepat dan Menarik 

Menggunakan CV bahasa Inggris ketika melamar pekerjaan merupakan hal yang sudah lazim dilakukan. Ini tidak ada salahnya, terutama jika melamar pekerjaan di perusahaan besar atau posisi dengan syarat kemampuan bahasa Inggris yang baik. Pahami dan buat CV yang tepat sejak awal, agar peluang mendapatkan pekerjaan menjadi lebih besar.

Baca Juga:  Wahai Fresh Graduate, Kamu Wajib Tahu Beda CV dan Resume Lamaran Kerja