12 Daftar Film Drama Indonesia Terbaik, Siap-siap Baper!

Terdapat berbagai macam genre film Indonesia yang dapat dinikmati oleh masyarakat tanah air, salah satunya yang cukup banyak pecintanya adalah film drama. Kisah yang disuguhkan dalam karya layar lebar tersebut kebanyakan memang menyoroti mengenai percintaan, namun tidak semuanya selalu dipenuhi dengan cerita asmara.

Kendati adapula film drama Indonesia yang mengangkat tentang cerita sebuah keluarga, dan tak sedikit pula yang dibumbui dengan komedi, kisah sedih hingga berahir dengan tragis. Sehingga, film drama dapat menjadi pilihan tontonan yang paling banyak diminati untuk mendapatkan hiburan dikala senggang.

Lantas apa saja rekomendasi film drama Indonesia yang bisa dimasukan ke dalam daftar tontonan kalian? Buat kalian yang masih bingung memilihnya, berikut ini adalah rangkuman film drama Indonesia dengan berbagai tema dan cerita. Simak ulasannya di sini.

Baca Juga: 25 Film yang Wajib Ditonton untuk Nambah Motivasi

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

  1. Love For Sale (2018)

    loader

    Love For Sale layak menjadi salah satu film drama Indonesia terbaik yang bisa kalian tonton di Netflix jika ingin melihat acting dari Gading Marten yang berhasil meraih Piala Citra sebagai Aktor Terbaik lewat perannya sebagai Richard Achmad. Selain itu, film ini juga masuk ke dalam nominasi Penulis Skenario Asli Terbaik.

    Tak hanya itu, cerita yang ditawarkan oleh Love For Sale ini bisa dibilang masih baru di antara film Indonesia bergenre romansa. Jika menonton film drama ini, kalian akan disuguhkan kisah Richard Achmad yang sudah lama tidak memiliki pasangan, dan ingin menemukannya melalui sebuah aplikasi bernama Love Inc hingga akhirnya bertemu dengan Arini yang diperankan oleh Della Dartyan.

  2. Dilan 1990 (2018)

    loader

    Film drama romantis yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq dan disutradarai Fajar Bustomi ini bisa menjadi rekomendasi tontonan kalian jika menginginkan suguhan cerita cinta anak SMA. Dilan 1990 juga didukung dengan para bintang, yakni Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla.

    Dilan 1990 menceritakan tentang bagaimana perkenalan serta pendekatan antara dua anak remaja bernama Dilan dan Milea dengan suasana Bandung pada 1990. Film drama Indonesia ini pun memiliki ending yang menyenangkan, dan jika menyukainya kalian bisa melanjutkan menonton sekeul keduanya, yakni Dilan 1991.

  3. Posesif (2017)

    loader

    Dengan disutradarai oleh Gina S Noer, film drama Indonesia ini mengisahkan tentang dua orang remaja yang saling mencintai, yakni Yudhis (Adipati Dolken) dan Lala (Putri Marino). Namun kisah cinta keduanya dibumbui sebuah masalah yang cukup kompleks ketika Yudhis mulai menunjukan sikap ingin memiliki Lala secara penuh alias posesif.

    Posesif pun berhasil mendapatkan penghargaan dan masuk ke banyak nominasi pada Festival Film Indonesia 2017. Maka dari itu, film drama Indonesia ini tidak bisa kamu lewatkan begitu saja, dan dapat menjadi rekomendasi tontonan jika ingin cerita yang cukup berbeda dari film drama lainnya.

  4. Keluarga Cemara (2018)

    loader

    Film drama Indonesia ini bertemakan tentang keluarga yang sarat akan pesan moral tentang sebuah keluarga yang tinggal di Jakarta harus menghadapi kenyataan pahit ketika harta bendanya ludes akibat ditipu oleh salah satu anggota keluarga. Dikarenakan masalah tersebut, keluarga itu pun akhirnya memutuskan untuk pindah dan tinggal di sebuah desa di Kabupaten Bogor. 

    Abah beserta anggota keluarganya pun harus beradaptasi lagi dengan segala perubahan di hidup mereka, termasuk lingkungan tempat tinggal yang jauh dari sebelumnya. Keluarga Cemara ini dibuat berdasarkan kelanjutan dari sinetron dengan judul sama yang ditayangkan pada Oktober 1996 hingga Februari 2005. 

  5. Geez & Ann (2021)

    loader

    Satu lagu film drama Indonesia yang mengangkat kisah percintaan di dalamnya, yakni Geez & Ann yang menceritakan tentang Ann (Hanggini Purinda Retto) dan Geez (Junior Roberts). Mereka dipertemukan dalam sebuah acara alumni, dan perjumpaan yang tidak disengaja tersebut membuahkan hasil pada perasaan keduanya.

    Mereka pun akhirnya memutuskan untuk berpacaran, namun kisah asmara keduanya tidak berjalan mulus begitu saja. Masalah semakin bermunculan ketika Geez memutuskan melanjutkan kuliah di luar negeri dan menjalin hubungan jarak jauh atau LDR dengan Ann.

  6. #TemanTapiMenikah (2018)

    loader

    #TemanTapiMenikah merupakan salah satu film drama Indonesia yang bisa kamu masukan ke dalam daftar tontonan kalian karena ceritanya cukup ringan dan banyak terjadi di kalangan anak muda. Film ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Ditto (Adipati Dolken) yang terjebak pada hubungan friendzone dengan Ayu (Vanesha Prescilla) selama 11 tahun.

    Selama belasan tahun menjalani hubungan sebagai sahabat tersebut, akhirnya Ditto memberanikan diri untuk menyatakan perasaannya kepada Ayu. Adapun, film drama Indonesia ini diadaptasi berdasarkan novel dengan judul sama yang ditulis oleh Ditto Percussion dan Ayudia Bing Slamet.

  7. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) (2020)

    loader

    Rekomendasi film drama Indonesia yang satu ini bertemakan keluarga yang diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Marchella FP. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) tersebut disutradarai Angga Dwimas Sasongko, serta dibintangi oleh Rachel Amanda, Rio Dewanto. Sheila Dara, Donny Damara hingga Susan Bachtiar.

    Film drama keluarga ini mengangkat kisah kakak-beradik yang ternyata memiliki polemik, serta masalahnya masing-masing. Hal tersebut pun membuat terjadinya pemberontakan oleh ketiga kakak beradik ini yang menyebabkan terungkapnya rahasia dan trauma dalam keluarga mereka.

  8. Akhir Cerita Si Doel (2020)

    loader

    Akhir Cerita Si Doel merupakan sekuel ketiga dari kelanjutan cerita Si Doel The Movie dan Si Doel The Movie 2, yakni mengisahkan tentang cinta segi tiga antara Doel, Sarah serta Zaenab. Dalam film ini, akhirnya, penonton akan mengetahui Doel yang diperankan oleh Rano Karno akan melabuhkan hatinya kepada siapa.

    Selain disutradarai dan ditulis oleh Rano Karno, pemeran utama pada film drama Indonesia ini juga masih dibintangi oleh aktris pada sinetron terdahulunya, yakni Maudy Koesnaedi dan Cornelia Agatha. Buat yang ingin bernostalgia dari sinetronnya yang sangat populer saat itu, Akhir Cerita Si Doel bisa menjadi rekomendasi tontonan kalian.

  9. Cinta Pertama, Kedua, & Ketiga (2021)

    loader

    Film drama romantis yang satu ini menceritakan tentang dua orang anak, yakni Raja (Angga Yunanda) dan Asia (Putri Marino) yang memilih untuk merawat orang tua tunggal mereka masing-masing. Suatu waktu, ayah dan ibu mereka saling berkenalan dan mulai menyatukan hati.

    Kendati demikian, ketika saling meyakinkan kalau kedua orang tua mereka yang semakin cocok satu sama lain, Raja maupun Asia justru perlahan-lahan mulai menaruh hati satu sama lain. Film drama ini pun cocok menjadi tontonan kalian untuk ketika tengah senggang.

    Baca Juga: Bunda, Yuk Tonton 10 Film Indonesia Tema Pendidikan Ini Biar Anak Semangat Belajar

  10. Dear Nathan: Thank You Salma (2022)

    loader

    Dear Nathan: Thank You Salma (2022) merupakan film drama romantis Indonesia yang diadaptasi dari novel berjudul Thank You Salma karya Erisca Febriani. Film ini digarap oleh Kuntz Agus, dan dibintangi sejumlah aktor muda, diantaranya ada Jefri Nichol, Amanda Rawles dan Ardhito Pramono.

    Salah satu rekomendasi film drama Indonesia ini menceritakan tentang seorang wanita bernama Zanna yang menjadi korban pelecehan oleh seorang teman kampus yang kemudian meminta bantuan kepada Nathan. Namun di sisi lain, hubungan Nathan dan Salma menjadi semakin tidak jelas, apalagi ditambah hadirnya kakak tingkat Salma bernama Afkar di tengah mereka.

  11. Ali & Ratu-Ratu Queens (2021)

    loader

    Film drama komedi Indonesia yang mengangkat tema keluarga pada ceritanya mengambil latar tempat di kota Queens, New York, Amerika Serikat. Ali & Ratu-Ratu Queens menampilkan sejumlah nama-nama besar di dunia peran, seperti Iqbaal Ramadhan, Nirina Zubir, Tika Panggabean, Happy Salma, Asri Welas hingga Marissa Anita.

    Film ini menceritakan tentang perjalanan anak laki-laki berusia 17 tahun bernama Ali yang pergi ke New York untuk mencari ibu kandung yang meninggalkannya sejak kecil. Dalam perjalanannya tersebut, Ali bertemu dengan empat orang ibu yang justru menerima dan menghiburnya ketika merasa sedih dengan keadaan.

  12. Noktah Merah Perkawinan (2022)

    loader

    Film yang mengangkat polemic orang ketiga di dalam sebuah pernikahan ini bisa menjadi salah satu rekomendasi film drama yang kamu tonton. Noktah Merah Perkawinan sendiri diketahui diadaptasi dari sinetron zaman dahulu, yakni pada 1996 dengan judul yang sama dan dibintangi oleh Oka Antara, Marsha Timothy, dan Sheila Dara,

    Noktah Merah Perkawinan mengisahkan tentang rumah tangga Ambar (Marsha Timothy) dengan Gilang (Oka Antara) yang mulai memasuki fase pertengkaran secara terus-menerus dan juga adanya campur tangan dari kedua orang tua mereka. Di saat itu, hadir sosok wanita bernama Yuli (Sheila Dara) di tengah perkawinan Ambar dan Gilang.

Jangan Sampai Terlewat dan Siap-siap Terbawa Suasana

Berikut tadi adalah sederet rekomendasi film drama Indonesia terbaik yang jangan sampai kamu lewatkan untuk ditonton jika membutuhkan hiburan disaat sedang memiliki waktu senggang. Film-film tadi juga memiliki tema atau cerita yang beragam selain soal percintaan, melainkan juga mengenai keluarga, dan ada pula yang drama komedi.

Maka dari itu, jika menontonnya kalian harus siap-siap untuk terbawa perasaan atau baper melalui cerita-cerita yang disuguhkan. Kalau sudah menontonnya, film drama Indonesia mana yang menjadi kesukaan kalian?

Baca Juga: Daftar Film Religi Indonesia yang Sangat Menginspirasi