Daftar Libur Nasional 2023 serta Rekomendasi Destinasi Wisata Terbaik untuk Disambangi

Sejak Rabu (12/10/2022) lalu, Menko PMK (Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), Muhadjir Effendy telah mengeluarkan pengumuman terkait daftar libur nasional di tahun depan lewat SKB 3 Menteri.

Surat Keputusan Bersama (SKB) tersebut berisi Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. Adapun sejumlah pihak yang berwenang telah menyetujuinya. 

Mereka adalah Abdullah Azwar Anas (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi/ MenPAN-RB), Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Daftar hari libur nasional ini digunakan untuk memperingati sejumlah momentum penting sepanjang tahun 2023 nanti. Totalnya, pemerintah menetapkan 8 hari Cuti Bersama Nasional dan 16 Hari Libur Nasional 2023 (dijumlahkan menjadi 24 hari). Berikut daftar libur nasional 2023 selengkapnya.

Baca Juga: Cara Mengatur Gaji di Tahun Baru agar Tidak Kere

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Daftar Libur Nasional 2023 beserta Cuti Bersama Nasional

loader

Daftar Libur Nasional 2023

Januari

  • Minggu, 1 Januari 2023: Tahun Baru Masehi
  • Minggu, 22 Januari 2023: Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili (Kelinci Air)
  • Senin, 23 Januari 2023: Cuti Bersama Tahun Baru Imlek

Februari

  • Sabtu, 18 Februari 2023: Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah

Maret

  • Rabu, 22 Maret 2023: Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945
  • Kamis, 23 Maret 2023: Cuti Bersama Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1945

April

  • Jumat, 7 April 2023: Peringatan Wafat Isa Almasih
  • Jumat, 21 April 2023: Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah
  • Sabtu, 22 April 2023: Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah
  • Minggu, 23 April 2023: Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah
  • Senin, 24 April 2023: Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah
  • Selasa, 25 April 2023: Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah
  • Rabu, 26 April 2023: Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah

Mei

  • Senin, 1 Mei 2023: Hari Buruh Sedunia
  • Kamis, 18 Mei 2023: Peringatan Kenaikan Isa Almasih

Juni

  • Kamis, 1 Juni 2023: Hari Lahir Pancasila
  • Jumat, 2 Juni 2023: Cuti Bersama Hari Raya Waisak 2567 BE
  • Minggu, 4 Juni 2023: Hari Raya Waisak 2567 BE
  • Kamis, 29 Juni 2023: Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah

Juli

  • Rabu, 19 Juli 2023: Tahun Baru Islam 1445 Hijriah

Agustus

  • Kamis, 17 Agustus 2023: Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

September

  • Kamis, 28 September 2023: Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Desember

  • Senin, 25 Desember 2023: Hari Raya Natal
  • Selasa, 26 Desember 2023: Cuti Bersama Hari Raya Natal

Baca Juga: 8 Ide Resolusi Mengembangkan Diri di Tahun Baru

Rekomendasi Destinasi Wisata 2023

Berikut rekomendasi destinasi liburan yang bisa dijadikan referensi untuk mengisi hari libur dan cuti bersama di tahun 2023. 

  1. Raja Ampat, Papua Barat Daya

    Rilisan daftar destinasi wisata terbaik 2023 telah dikeluarkan oleh Lonely Planet. Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat Daya, Indonesia, masuk dalam daftar Best in Travel 2023 versi Lonely Planet dalam kategori Perjalanan dan cocok untuk dikunjungi di musim panas.

    Raja Ampat dinilai sebagai destinasi wisata terbaik karena keindahannya yang kerap dipuji sebagai “surga terakhir di bumi”. Banyak pihak yang mengklaim spot satu ini sangat cocok untuk healing. Media CNN juga mengungkapkan, Raja Ampat ialah rumah untuk 75 persen spesies karang dunia dan juga 1.600 spesies ikan.

  2. Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

    Danau Kelimutu menjadi tujuan wisata favorit banyak orang lantaran keunikannya yang bisa berubah warna. Destinasi wisata yang berada di Desa Pemo, Kelimutu, Ende, NTT ini juga cocok bagi para pecinta hiking. Buka 24 jam, turis domestik bisa mendapat akses ke sini dengan membayar tiket mulai dari Rp5.000 dan Rp15.000 bagi turis asing.

  3. Mahaloka Paradise, Yogyakarta

    Spot ini cocok bagi penyuka lanskap sawah hijau yang menyegarkan penglihatan. Mahaloka Paradise juga dapat dipesan untuk berbagai momen istimewa. Lokasinya beralamatkan di Pronosutan, Kembang, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

  4. Ngarai Sianok, Sumatera Barat

    Keindahan Ngarai Sianok di Sumatera Barat telah menggaung hingga ke seluruh dunia. Panjang ngarainya terbentang mencapai 15 kilometer, sedangkan kedalamannya ialah 100 meter. Terdapat patahan yang mengalir ke Sungai Batang Sianok di tengah ngarai. 

    Dengan harga tiket Rp15.000 untuk orang dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak, destinasi wisata ini cocok untuk liburan bersama keluarga tercinta bahkan di musim penghujan sekalipun.

  5. WOW Sarae Hills, Bandung

    Destinasi wisata yang mempunyai lahan seluas 2,5 hektar ini terdiri dari beragam replika landmark populer dunia, termasuk Santorini, Colosseum, Menara Eiffel, Patung Liberty, dan lainnya. Beralamat di Jalan Pagermaneuh, Pagerwangi, Lembang, Bandung, Jawa Barat, WOW Sarae Hills buka setiap hari dengan harga tiket Rp50.000.

  6. Gili Iyang (Pulau Oksigen), Jawa Timur

    Pulau yang memikat ini tak kalah indahnya dengan Gili Trawangan. Bertempat di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Gili Iyang ialah tempat dengan kadar oksigen terbaik paling besar kedua di dunia setelah Laut Mati, Yordania. 

    Di tempat yang sangat sejuk dan memesona ini, para wisatawan dapat rehat beristirahat dan santai sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan di Gili Iyang. Akses masuknya gratis dan dibuka 24 jam. 

  7. Pura Penataran Agung Lempuyang, Bali

    Berlokasi di Bunutan, Abang, Kabupaten Karangasem, Gunung Agung yang indah akan menjadi latar untuk berfoto di Pura Lempuyang dengan ketinggian mencapai 1.175 mdpl. Kamu bisa berpose di gerbangnya yang terkenal dan dijuluki The Gate of Heaven

    Selain itu, keindahan matahari saat subuh dan menjelang senja tampak memukau di tempat ini. Banyak wisatawan yang terpikat untuk menikmati keindahan golden hour sambil berkunjung ke destinasi favorit yang satu ini.

  8. Ko Lanta, Thailand

    Culture Trip menuturkan, pulau terpencil ini merupakan spot rahasia bagi para backpacker. Namun kini, destinasi wisata ini sudah menjadi tempat favorit keluarga untuk berlibur. 

    Bagi kamu yang pecinta pantai, Ko Lanta akan menjadi tempat healing yang tenang dan damai dan jauh dari hingar-bingar dunia. Di pulau dengan panjang 30 kilometer ini, kamu bisa menjelajahi gua misterius dan hutan-hutan lebat, atau berkeliling naik sepeda dan mengikuti tur. 

  9. Gardens by The Bay, Singapura

    Kamu bisa liburan seru dengan berkunjung ke Garden by The Bay di Singapura. Kawasan ini dikenal sebagai lokasi pembibitan beragam tanaman dan juga pusat riset. Di area Cloud Forest & Flower Dome, suhu ruangannya selalu terjaga. Selain itu, destinasi wisata ini juga tetap menjamin kenyamanan turis meski disambangi sewaktu musim hujan.

  10. Aquaria KLCC, Malaysia

    Nikmati sensasi petualangan di bawah laut dengan bertandang ke Aquaria KLCC di Negeri Jiran. Akuarium kelas dunia ini merupakan rumah bagi sekitar 150 spesies makhluk hidup laut dan cocok untuk dijadikan destinasi wisata liburan keluarga. 

    Dilengkapi dengan travelator hingga terowongan akuarium yang panjangnya mencapai 90 meter, pengunjung bisa melihat keindahan view bawah laut yang menawan. Harga tiket masuk untuk pengunjung dewasa berkisar 69 RM (Rp200 ribu), sementara untuk anak-anak 59 RM.

Agar liburanmu semakin aman dan menyenangkan, disarankan untuk mengunjungi tempat wisata outdoor saat musim kemarau (Februari-Agustus), dan indoor ketika musim penghujan (September-Januari). 

Utamakan Proteksi Diri untuk Liburan Aman Nyaman

Cermati.com kini menyediakan asuransi perjalanan Covid-19 terbaik untuk menjamin liburan bebas hambatan dan menyenangkan. Bekerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia, nikmati beragam manfaat travel insurance yang dihadirkan Cermati.com.

Dengan mengetahui daftar tanggal merah 2023, kamu pun bisa leluasa mengatur rencana apa saja yang dapat dilakukan untuk tahun depan. Alhasil, persiapan agenda kegiatan baik pekerjaan maupun liburan di tahun 2023 pun akan menjadi lebih matang, aman, dan nyaman.

Liburan yang Terencana Semakin Mengesankan untuk Dikenang

Demikianlah rangkaian informasi terkait daftar libur nasional 2023 dan rekomendasi destinasi liburan yang menarik di setiap bulannya. Manfaatkanlah waktu luang yang ada dan rencanakan liburan secepatnya dari sekarang.

Bagi kamu yang hendak bepergian atau melakukan sejumlah perjalanan, jangan lupa juga untuk memprioritaskan proteksi diri sebagai bagian dari perencanaan. Salah satunya yakni dengan mendapatkan asuransi perjalanan agar liburanmu bisa berjalan dengan tenang dan akan semakin mengesankan untuk dikenang.

Baca Juga: 15 Tips Keluarga Harmonis dan Bahagia di Tahun Baru