Dapat Bonus Akhir Tahun? Jangan Cuma Foya-foya, Pakai Buat Ini Juga Ya

Tahun 2020 tinggal menghitung hari. Menjelang akhir tahun beberapa perusahaan umumnya memberikan bonus akhir tahun kepada pegawainya. Walaupun banyak juga yang tidak. Tapi biasanya ada bonus tahunan dengan pembagian sesuai kebijakan perusahaan, misalnya di awal tahun.

Sebetulnya bonus akhir tahun atau bonus tahunan sama saja. Diberikan berdasarkan evaluasi kerja selama setahun. Besaran bonus akhir tahun ini lumayan besar. Minimal satu kali gaji. Jika performa kerjamu sangat bagus, disesuaikan level atau jabatan, bonus yang diterima bisa mencapai 2 atau 3 kali lipat dari gaji bulanan.

Berapapun jumlah bonus akhir tahun yang bakal kamu dapatkan, berbahagialah. Tidak semua orang memperolehnya. Jadi kalau kamu menerima bonus akhir tahun, sebaiknya digunakan untuk hal yang bermanfaat.

Bonus akhir tahun juga harus dikelola dengan tepat supaya tidak habis begitu saja. Numpang lewat doang tanpa bekas. Boleh sih menggunakan bonus untuk sesuatu yang sudah lama kamu butuhkan atau inginkan. Katakanlah sebagai bentuk apresiasi kepada diri sendiri karena sudah bekerja keras selama setahun.

Tapi uang jangan langsung dihambur-hamburkan, apalagi buat foya-foya. Jika ingin memanfaatkan bonus akhir tahun, berikut pengelolaannya dengan tepat.

Baca Juga: Gak Perlu Repot Bekerja, Begini Rahasianya Menghasilkan Uang Saat Liburan

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

  • Bayar Utang-utangmu

loader
Bayar utang-utangmu

Masih punya utang yang belum lunas? Langsung bayar ketika kamu menerima bonus akhir tahun. Jangan tunda lagi untuk melunasinya. Utang lunas, beban keuangan akan berkurang. Hidup jadi lebih tenang, tidur bisa nyenyak.

Jika punya beberapa tagihan utang, sementara uang bonus tidak cukup untuk melunasinya, maka bayar utang sesuai kondisi keuanganmu. Yang penting utang dibayar untuk tagihan bulan ini, atau bulan depan, beserta bunganya.

Utang merupakan prioritas penggunaan uang bonusmu. Jadi jangan beratkan bonus akhir tahunmu untuk hal lain, sebelum membayar utang. Kalau utang terbayar, kondisi keuanganmu akan lebih sehat di tahun baru nanti.

  • Memanjakan Diri

loader
Memanjakan Diri

Setelah membayar atau melunasi utang, pasti ada perasaan lega. Bila uang bonus masih ada, kamu dapat menggunakannya sekitar 10-20% untuk memanjakan diri. Misalnya sudah lama ingin beli sepatu incaran dan mentraktir orangtua atau keluarga makan bersama. Sah-sah saja.

Ingat belanjanya jangan kebablasan. Komitmen terhadap diri sendiri penting untuk mengerem pengeluaran. Ada loh kebutuhan lain yang juga perlu alokasi dana dari uang bonusmu.

Baca Juga: Anda Butuh Uang Cepat? Enaknya Jual atau Gadai Emas Ya?

  • Alokasikan untuk Dana Darurat

loader
Alokasikan untuk dana darurat

Cek dana daruratmu? Apakah sudah memadai? Jika ternyata butuh suntikan dana, segera sisihkan uang bonus akhir tahunmu untuk dana darurat. Pun kalau ternyata sudah dirasa cukup, tak ada salahnya tetap mengalirkan bonusmu ke pos tersebut.

Untuk berjaga-jaga kalau kamu berada dalam situasi keuangan yang sulit atau untuk memenuhi kebutuhan mendesak, seperti membiayai pengobatan atau perawatan rumah sakit, dan sebagainya. Daripada buat belanja barang-barang yang tidak penting, lebih baik manfaatkan sebagai dana darurat.

  • Jangan Lupa Investasi

loader
Jangan lupa investasi

Uang bonus akhir tahun juga dapat digunakan untuk kegiatan investasi. Investasi merupakan salah satu cara tepat untuk ‘menggandakan uang.’ Kamu dapat berinvestasi dengan membeli emas, rumah, atau tanah.

Jika mau di portofolio lain, bisa kok. Misalnya di reksadana, obligasi negara, menjadi lender di fintech peer to peer (p2p) lending, saham, dan produk investasi lain. Pemilihan produk investasi yang tepat akan membawamu mencetak untung banyak.

Tapi ingat ya, menanamkan modal di perusahaan yang sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun regulator lain, seperti Bursa Efek Indonesia (BEI), Kementerian Perdagangan, Bappebti agar kamu tak menjadi korban investasi bodong.

Baca Juga: Reksadana Pendapatan Tetap: Pengertian, Cara Hitung Untung, dan Produk yang Paling Cuan

Dapat Bonus Akhir Tahun? Yuk, Bersyukur dan Berbagi

Bonus akhir tahun cair, rekening menggendut. Nikmati uang bonus ini dengan penuh manfaat, bukan untuk bersenang-senang saja. Tentu saja kamu harus bersyukur dan berbagi kepada sesama yang membutuhkan. Ketika bisa berbagi dari hasil kerja kerasmu, pasti ada perasaan bahagia yang menyelimuti dirimu.

Baca Juga: Mau Uangmu Tetap Aman? Simpan dengan Cara Berikut!