Dapat Promosi Jabatan? Lakukan Hal Ini Biar Rasa Kecewa pada Rekan Kerja Hilang

Persaingan dalam dunia kerja untuk mendapatkan promosi jabatan merupakan hal biasa. Terkadang akan timbul ketegangan saat ingin menyeimbangkan antara ambisi karir serta persahabatan.

Teman dekat merupakan salah satu orang yang akan mendukung dengan tulus, tapi jika dia adalah rekan kerja maka terdapat batasan pada dukungan yang diberikan. Pasalnya, rekan kerja pasti juga mendambakan posisi yang juga Anda inginkan tersebut.

Namun, ketika Anda yang justru mendapatkan promosi jabatan, tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada hal berbeda antara Anda dengan rekan kerja. Mungkin rekan kerja akan muncul rasa kecewa, kesal, bahkan ada yang sampai bermusuhan.

Jika ini memang terjadi pada Anda, tak perlu khawatir. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi munculnya rasa kecewa pada rekan kerja ketika Anda mendapatkan promosi jabatan. Simak beberapa tips pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Terima Jika Mungkin Hubungan Akan Terasa Berbeda

rekan kerja
Terima jika hubungan terasa berbeda

Anda mungkin akan mengharapkan bahwa hubungan dengan rekan kerja akan berjalan seperti biasa. Dimana rekan kerja akan ikut semangat dan bahagia dengan promosi jabatan yang Anda terima. Namun Anda harus tahu bahwa pertemanan atau persahabatan bahkan dalam hubungan terbaik tetap membutuhkan usaha dan waktu untuk kembali seperti biasa setelah merasa kecewa.

Terkadang akan muncul sedikit situasi yang canggung bahkan dingin antara Anda dan rekan kerja. Hal ini situasi yang wajar karena dia pasti merasa kecewa tidak bisa mendapatkan jabatan yang telah diimpikan. Anda harus menerima situasi tersebut dan mencoba menunggu hingga semua kembali baik-baik saja.

Bicara Terkait Masa Depan dengan Rekan Kerja

Saat Anda akhirnya mendapatkan promosi jabatan yang diinginkan, Anda perlu untuk mengetahui dan memahami bagaimana keadaan teman kerja atau sahabat saat itu. Biasanya atasan akan bertanya mengenai hal tersebut sebagai bekal ketika menerima jabatan baru. 

Anda perlu untuk melakukan introspeksi diri dan bertanya apa harapan dan keinginan di masa depan dengan jabatan yang telah didapatkan. Jika perlu, Anda bisa mendiskusikannya dengan teman yang terpercaya sehingga pertimbangan-pertimbangan yang didapatkan bisa lebih bijak.

Baca Juga: 7 Hal yang Membuat Karir Anda Cemerlang

Akui Perasaan Kecewa Rekan Kerja

rekan kerja
Akui perasaan kecewa rekan kerja

Promosi jabatan merupakan salah satu hal yang diimpikan oleh semua karyawan. Pasalnya, promosi jabatan ini menjadi bukti bahwa usaha dan kerja keras yang dilakukan telah membuahkan hasil. Selain itu, mendapatkan promosi jabatan itu artinya karir meningkat dan tidak berhenti di satu tempat saja.

Hal tersebut tidak hanya berlaku pada Anda saja, tapi juga berlaku pada teman yang memiliki impian jabatan yang sama. Dia pasti juga berusaha dan bekerja keras untuk mendapatkan promosi jabatan yang diinginkan. Ketika kerja keras dan usahanya tidak membuahkan hasil, wajar jika dia merasa kecewa. Apalagi jika yang mendapatkan pekerjaan impiannya adalah teman baiknya.

Pastikan Anda paham dan sadar bahwa hatinya kecewa dan terluka. Jangan malah membuat rasa kecewanya bertambah dengan menampakkan kebahagiaan berlebihan. Hormati perasaan teman dan akui bahwa perasaannya tidak dalam kondisi baik-baik saja. Ketika waktunya sudah tepat, Anda bisa mengajak teman berbicara dengan baik-baik agar tidak ada perselisihan yang terjadi.

Perbaiki Perasaan Rekan Kerja

Sahabat di kantor merupakan tempat berkeluh kesah ketika ada masalah pekerjaan yang mengganggu. Berbagai kegiatan pasti sering kalian lakukan bersama misalnya lembur bersama, berangkat dan pulang bersama, makan siang bersama, dan lain sebagainya.

Ketika hubungan dalam keadaan terbaik seperti itu, Anda pasti mengharapkan reaksi bagus dari teman. Namun, perlu diingat bahwa teman adalah saingan saat mendapatkan promosi tersebut. Pahami jika Anda tidak akan bisa mengendalikan reaksi apa yang akan dia berikan.

Jika reaksi yang diberikan teman tidak antusias seperti harapan, maka jangan pernah mencoba untuk merubahnya. Hargai apa yang dia rasakan dan bicaralah kembali jika situasi dan keadaan sudah kondusif. Biasanya teman butuh waktu untuk meredakan kekecewaannya jadi hargai perasaannya dengan tidak berusaha membuat dia bahagia dan antusias terhadap promosi.

Baca Juga: Rahasia Sukses Agar Karir Melesat, Ini 10 Keahlian Dasar yang Wajib Dimiliki di 2020

Perhatikan Bahasa yang Digunakan

diskusi dengan rekan kerja
Perhatikan bahasa yang digunakan

Jika sembarangan dalam berkata, maka bisa saja menambah rasa kecewa rekan kerja. Untuk itu, Anda perlu perhatikan bahasa yang digunakan. Rasa kecewa yang mereka miliki karena gagal mendapatkan promosi yang diinginkan terkadang membuatnya lebih sensitif.

Meskipun Anda sebenarnya tidak ingin menambah rasa kecewa dan sakit hatinya, namun ketika kondisi teman sedang sensitif maka bisa saja ucapan disalah artikan olehnya. Usahakan jangan bersikap sombong, terlalu bangga, maupun jumawa. Gunakan kata-kata yang bijak saat berucap agar tidak ada yang semakin sakit hati.

Baca Juga: 5 Resolusi yang Paling Banyak Diminati di 2020. Ada Resolusimu?

Jadilah yang Terbaik Dimanapun

Fokuslah pada karir terlebih dahulu saat baru mendapat promosi jabatan baru. Sebab, pastinya Anda akan membutuhkan waktu untuk penyesuaian tugas-tugas, jam kerja dan sebagainya. Jika mulai terbiasa dengan posisi yang baru, jangan lupakan rekan kerja yang sudah dianggap sebagai teman atau sahabat. Lakukan yang terbaik dimanapun, baik di lingkungan kerja ataupun di lingkungan teman. Dengan begitu, hidup akan seimbang, karir dan pertemanan akan lancar tidak terjadi masalah.

Baca Juga: Diganti Robot, Ini Kementerian yang Jabatan Eselon III, IV, dan V Dihapus