Dari Korban Bully Hingga Jadi Trending YouTube, Begini Lika-liku Perjalanan Karir Kekeyi Cantikka

Sosok Kekeyi saat ini tengah viral di tengah masyarakat luas. Beauty vlogger yang terkenal karena makeup tutorial balon air ini kembali menggegerkan publik.

Kali ini bukan karena hubungan asmaranya yang kandas dengan Rio Ramadhan. Lagu Keke Bukan Boneka yang dibawakan wanita berusia 25 tahun itu sukses jadi trending nomor satu di YouTube Indonesia.

Melampaui Lady Gaga hingga girlband asal Korea Selatan, Blackpink, lagu Keke Bukan Boneka mendongkrak popularitas dan langsung jadi sorotan. Bahkan, Kekeyi ditaksir bisa menerima keuntungan lebih dari Rp 800 juta berkat lagunya yang naik daun itu.

Namun di balik kehebohan tersebut, muncul tudingan plagiat kepada perempuan bernama lengkap Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka itu.

Makeup Tutorial Balon Air

Sumber: hot.grid.id

Nama Kekeyi mulai mencuat di tahun 2018 lalu. Saat itu, YouTuber asli Nganjuk, Jawa Timur tersebut mulai disukai karena pembawaannya yang kocak, lucu, serta sederhana.

Kendati dulu Kekeyi dilarang untuk memakai makeup oleh ibunya yang bekerja di Hong Kong, namun kreasinya telah berhasil menghibur banyak orang. Ia pun sering membuat berbagai video makeup challenge.

Yang belakangan paling dikenal ialah challenge merias wajah bermodalkan budget Rp 25 ribu, yang lengkap dengan balon air sebagai pengganti beauty blender. Aksi inilah yang lantas membuat namanya dilirik berbagai stasiun televisi.

Ia pun mulai sering diundang sejumlah program acara seperti Hitam Putih, Rans Entertainment, hingga oleh Tasya Farasya yang merupakan beauty vlogger kesukaan Kekeyi.

Baca Juga: Inspiring! Dulu Sering Dirisak, Kini Tara Basro Sukses Jadi Aktris Berprestasi

Sering Kena Bully Teman

Saat ditanya mengenai motivasi di balik kreasi tutorial riasan wajahnya, Kekeyi pun berbagi kisah. Ternyata, dulu ia sering kena bully. Kepada Nagita Slavina, ia mengadu dirinya kerap menjadi sasaran perisakan teman-temannya.

Dalam perundungannya, Kekeyi kerap dikata-katai sebagai sosok yang pendek, jelek, dan gemuk. Pengalaman yang tak mengenakkan ini membuatnya berpikir, meski fisik tak sempurna namun bukan berarti dirinya tak bisa tampil cantik.

Inilah yang kemudian menjadi inspirasi Kekeyi untuk berkarya sebagai beauty vlogger di platform YouTube. Alih-alih bersedih dan terpuruk karena perkataan jahat yang dilontarkan kepadanya, Kekeyi menggunakan hal tersebut sebagai katalisator baginya untuk menjadi lebih baik dan produktif.

Kontroversi dengan Rio Ramadhan

Sumber: dream.co.id

Pamor Kekeyi semakin meningkat setelah ia dikabarkan menjalin hubungan romantis dengan aktor ganteng Rio Ramadhan. Keduanya kerap membagikan kebersamaan mereka yang mesra di media sosial.

Dalam sekejap, popularitas Kekeyi dan Rio kian meroket secara instan hingga menimbulkan sensasi. Namun belakangan, kisah cinta mereka diwarnai konflik berkepanjangan hingga mengalami putus sambung.

Lama kelamaan publik semakin mencium adanya ketidakberesan. Sampai akhirnya Kekeyi melontarkan pengakuannya. 

Berujung perselisihan, Kekeyi lantas mengakui bahwa hubungannya dengan Rio Ramadhan hanyalah rekayasa belaka. Kontroversi kian menggegerkan saat Rio Ramadhan menuding ibu Kekeyi yang pertama mengusulkan ide settingan tersebut.

Merasa tak terima, Kekeyi menyebut Riolah yang mengajaknya berpacaran rekayasa. Hal ini diungkapkan Kekeyi, salah satunya melalui video klarifikasi di YouTube channel pribadinya.

Beralih ke Konten Mukbang

Kekeyi lantas mulai berkreasi sebagai mukbangers dengan mengunggah video kuliner dan kegiatan kulinernya. Ternyata konten mukbang Kekeyi digemari banyak orang karena konsepnya yang menghibur.

Sebagai content creator, Kekeyi dengan pembawaannya yang seru dan mengundang tawa itu berhasil meramaikan ladang bisnis yang sedang in ini. Lagi-lagi ia kembali menarik perhatian publik.

Salah satu video mukbang yang diunggahnya bahkan telah ditonton lebih dari 950 ribu kali di YouTube. Malahan, video mukbang tersebut berhasil menembus sepuluh besar trending di YouTube Indonesia.

Semakin banyak orang yang bersimpati kepada Kekeyi. Namun tak jarang juga banyak haters yang melayangkan kritikan pedas dan hujatan kepadanya.

Baca Juga: Berkenalan dengan Istri Chef Arnold, Tiffany Soetanto Si Cantik Pemilik Bebini Gelati di Surabaya

Menjadi Selebgram dan Terima Endorsement

Seiring dengan mencuatnya nama Kekeyi ke ranah publik, baik kanal YouTube maupun akun Instagram pribadinya pun jadi semakin dibanjiri banyak pengikut.

Kini akun Instagram pribadinya, @rahmawatikekeyiputricantikka23 telah diikuti oleh lebih dari 700 ribu followers. Tak hanya kerap membagikan foto dan video kegiatannya sehari-hari. Ia juga tampak menerima jasa endorsement serta promosi iklan berbagai produk kecantikan, fashion, dan lainnya. 

Sedangkan untuk kanal YouTube pribadinya kini telah diikuti oleh lebih dari 950 ribu subscribers

Keke Bukan Boneka yang Menghebohkan

Di akhir Mei lalu, Kekeyi merambah dunia tarik suara dengan mengunggah video musik lagu perdananya, Keke Bukan Boneka. Tak perlu waktu lama, lagu yang diperkenalkan lewat kanal YouTube itu langsung melejit jadi sorotan.

Betapa tidak, video klip yang berdurasi sekitar tiga menitan itu sukses bertengger di peringkat nomor satu trending YouTube Indonesia. Bahkan saat ini video viral tersebut telah ditonton lebih dari 3 juta kali.

Namun meroketnya lagu Keke Bukan Boneka kemudian berujung menjadi tuduhan plagiasi dari lagu Rinni Wulandari (Rini Idol) yakni Aku Bukan Boneka. Jika disimak, lagu ciptaan Novi Umar ini memang memiliki kesamaan di bagian tertentu dengan lagunya Kekeyi.

Tersandung Plagiarisme dan Hak Cipta Intelektual

Alhasil tudingan pelanggaran hak cipta pun dilontarkan. Bahkan video tersebut sempat dihapus oleh pihak YouTube, namun muncul kembali dan tetap bertengger di peringkat pertama trending YouTube Indonesia.

Terkait hal ini, Anji mantan vokalis band Drive ikut menganalisa persoalan hak cipta intelektual yang tengah menyandung Kekeyi. Menurutnya, meski mempunyai kesamaan dan kemiripan unsur, namun itu bukan substansi utama yang hendak disampaikan Kekeyi.

Anji juga memberikan imbauan kepada seluruh pihak terkait agar tak saling menyerang melainkan memberi edukasi soal copyright bagi para pelaku industri kreatif. Kepada masyarakat, Anji mengimbau agar tidak berasumsi yang tak relevan menyangkut persoalan ini. 

Anji mengatakan, untuk sekarang, Kekeyi memang belum punya kemampuan vokal yang mumpuni. Namun ia optimis Kekeyi berpotensi menjadi pencipta lagu yang lebih kreatif lagi di kemudian hari.

Beda Plagiat dengan Mengutip Sebagian

Berdasarkan penilaian dari pakar LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional), Irfan Aulia Irsal, lagu Kekeyi tersebut tidak termasuk menjiplak atau plagiat, melainkan hanya mengutip sebagian konteksnya saja. Ini dikarenakan dua lagu terkait tidak sama secara keseluruhannya.

Meski demikian, Irfan menyebut bahwa pengutipan sebagian itu hanya dapat dilakukan dengan sepengetahuan si pembuat lagu. Yang artinya, hal ini akan menjadi masalah jika pencipta lagu terkait tidak memberikan izin karyanya dikutip sebagian.

Di lain pihak, Kekeyi mengaku dirinya tak pernah terpikirkan untuk menjiplak lagu. Dalam klarifikasinya, ia meminta maaf dan mengatakan lagu itu dibuat untuk mengungkapkan kekesalannya terhadap sang mantan.

Kekeyi juga mengimbuhkan, sama sekali tak ada unsur kesengajaan yang mendasari kemiripan antaranya lagu buatannya dengan Aku Bukan Boneka ciptaan Novi Umar. Ia mempublikasikan lagunya itu hanya sekadar untuk menghibur publik semata.

Pentingnya Punya Mental yang Kuat

Terlepas dari konflik yang menyertainya, kini lagu Kekeyi sudah dapat ditonton kembali di YouTube. Ke depannya ia ingin lebih fokus kerja agar dapat membelikan rumah untuk ibunya. Ia ingin agar ibunya tak perlu terpisah jauh darinya.

Kekeyi sendiri kini tinggal di rumah sederhana dengan halaman yang luas. Meski ujaran kebencian kerap ditujukan netizen kepadanya, namun Kekeyi punya mental yang kuat. Alih-alih tersungkur, ia menghadapi permasalahan yang menderanya dengan berani.

Selain itu, ia juga mau belajar. Dengan kerendahan hati ia bersedia menerima masukan yang membangun dan tak membiarkan bully para haters menjatuhkannya. Itulah sisi positif yang bisa dicontoh dari seorang Kekeyi, setuju?

Baca Juga: 7 Alasan Orang Sederhana Kelihatan Lebih Bahagia Daripada yang Lain