Dear Milenial, Begini Cara Memilih Pinjaman Online yang Aman Agar Tak Tertipu

Pinjam uang zaman now semakin mudah semenjak kehadiran perusahaan finansial teknologi (fintech) pinjaman online (pinjol). Sebelum ada pinjol, opsi meminjam uang hanya bisa dilakukan melalui bank, kerabat atau rentenir. Kini, berkat pesatnya perkembangan teknologi dan hadirnya pinjol, pinjam duit enggak pakai ribet lagi karena cukup dari smartphone.

Alhasil kemudahan layanan fintech pinjaman via aplikasi pinjol menjadi poluler dikalangan milenial. Fintech pinjol memberikan dampak positif dalam membantu keuangan masyarakat. Khususnya, bagi mereka yang membutuhkan uang guna membiayai kebutuhan darurat seperti biaya berobat, biaya sekolah anak hingga biaya hidup sehari-hari.

Sebagai milenial, kita perlu untuk melek informasi sepertihalnya perlu mengetahui perkembangan fintech di Tanah Air. Adapun jumlah fintech dengan bisnis berbasis pinjaman online terus bertambah dari tahun ke tahun. Data terbaru dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per Februari 2020 mencatat sebanyak 161 pinjaman online terdaftar dan berizin OJK. Diluar daftar tersebut, tentu ada ratusan aplikasi pinjol illegal alias tak berizin OJK yang berkeliaran dan harus kita waspadai biar tak merugi.  

Lalu ditengah maraknya platform pinjaman online saat ini, tentu kamu harus tahu bagaimana cara aman pinjam uang agar tak tertipu? Ini ulasan tips praktis aman memilih pinjol dari Cermati.com.

1. Pilih Fintech Pinjol Terpercaya

fintech

Kunci pertama ialah selalu memilih platform pinjaman online terpercaya yakni fintech pinjol yang namanya telah terdaftar di OJK. Ingat, jangan mudah tergiur dengan iming-iming pinjaman cepat dari aplikasi pinjol illegal yang nama aplikasinya tak ada dalam daftar OJK. Hal itu akan membuat kamu merugi di kemudian hari.

Sebelum pinjam uang, pastikan kamu cek dulu nama platform aplikasi atau perusahaan fintech tersebut di kanal direktori fintech di situs web ojk.go.id. Sebagai contoh, salah satu aplikasi pinjaman online yang aman digunakan ialah JULO.

Ketika kamu cek di website OJK, kamu akan menemukan nama platform fintech JULO dengan nama perusahaan PT JULO Teknologi Finansial. Artinya, platform JULO telah terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga kamu tak perlu khawatir mengunduh aplikasi JULO dari Google Play Store (Android) dan menggunakan layanan JULO.

2. Pilih Platform Pinjaman dengan Banyak Kemudahan

pinjaman online

Tak perlu malu ketika kamu harus pinjam uang. Semua orang memiliki masa dimana dirinya memerlukan bantuan finansial. Pastikan ketika kamu meminjam uang online, pilih platform pinjol yang memerikan banyak kemudahan dalam genggaman. Artinya, pilih pinjaman online terpercaya dan tidak menyulitkan dalam berbagai hal, seperti syarat pinjam hingga pembayaran cicilan.

Salah satu platform yang memberikan kenyamanan dalam pinjam uang online ialah JULO. Untuk berbagai kebutuhan, termasuk kebutuhan darurat, JULO dapat menjadi pilihan tepat karena hanya melalui smartphone dan waktu yang singkat, kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp15 juta dengan tenor cicilan hingga 9 bulan.

Makin nyaman dan bikin kamu tenang karena bunga pinjaman yang ditawarkan JULO rendah dibandingkan dengan pinjaman-pinjaman online lainnya, yaitu mulai 0,1% per hari. Khusus pengguna baru, kamu bisa makin untung pas pinjam uang di JULO di bulan Maret ini sebab JULO bagi-bagi promo menarik yakni bunga pinjaman 0% untuk calon nasabah baru dan untuk cicilan di bulan pertama. Caranya sangat mudah, cukup masukkan kode promo CERMATIJULO di kolom kode referral aplikasi JULO. Menarik bukan?

3. Pilih Pinjaman Online dengan Beragam Keuntungan

pinjol

Sebelum pinjam uang, kamu perlu cek benefit dari platform pinjol tersebut. Biar kamu makin untung, kuncinya ialah memilih platform pinjol yang menawarkan beragam keuntungan seperti dari sisi suku bunga rendah dan bonus yang bisa kamu dapatkan ketika disiplin bayar cicilan.

Sebagai contoh, tengok saja aplikasi JULO. Ada beragam keuntungan seperti cashback buat nasabah JULO yang membayar cicilannya lebih awal tiap bulan, lalu ada undian berhadiah total jutaan rupiah, hingga program referral untuk nasabah yang mengajak teman/kerabat untuk meminjam di JULO yakni reward sebesar Rp150.000/orang yang menggunakan kode referral-nya. So, JULO benar-benar menguntungkan buat milenial.

Disiplin Membayar Utang

Sadari bahwa membayar utang tepat waktu akan membuat hati lebih tenang, terhindari dari bayar denda dan track record data kredit skor pinjaman kamu juga jadi bagus. Di JULO, jika nasabah membayar cicilan lebih awal, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk megikuti undian berhadiah total jutaan rupiah. Makin untung bukan?

Jadi, setelah kamu mendapatkan uang dari pinjaman online, hal penting yang perlu dilakukan ialah belajar mengatur keuangan dengan baik agar lancar membayar cicilan plus bisa mencapai tujuan keuangan yang diinginkan.

Namun, apabila dalam perjalanan pencapaian tujuan keuangan tersebut kamu terhambat karena kekurangan dana, tak pelu khawatir. Apapun masalah keuanganmu, tak perlu galau lebih baik kamu ajukan saja pinjaman uang online, ingat #UntungAdaJULO siap membantu keuanganmu setiap saat.