Deretan Pebisnis Inspiratif yang Sukses dengan Modal Usaha Rp1 Jutaan

Membangun bisnis dengan modal yang memadai tentu menjadi keinginan banyak orang, apalagi jika menginginkan bisnis dalam skala yang besar. Tak jarang modal awal ini kerap dijadikan sebagai alasan menunda atau bahkan tidak pernah memulai bisnis sama sekali. 

Padahal jika dilihat lebih dalam lagi, di luar sana ada banyak bisnis yang sukses tanpa modal besar. Tidak selalu membutuhkan modal yang banyak, beberapa pebisnis bahkan mengawali bisnisnya hanya dengan modal Rp1 jutaan saja.

Siapa saja mereka? Berikut beberapa nama pebisnis tanah air menginspirasi yang sukses membangun bisnis mereka dengan modal awal sekitar Rp1 jutaan saja.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Arie Setya Yudha 

View this post on Instagram

A post shared by Arie Setya (@ariesetyayudha) on

Seragam militer menjadi bisnis pilihan pemuda kreatif ini. Lulusan UGM dalam jurusan Ilmu Komunikasi ini secara tidak sengaja mendapatkan ide bisnis dari hobinya pada permainan soft gun

Sering menyewa perlengkapan dan juga seragam untuk bermain softgun, Arie akhirnya memutuskan untuk membuat sendiri seragam soft gun yang unik dan menarik. Menggunakan modal sekitar Rp280 ribuan saja, Arie berbelanja bahan kain dan membuat seragam militer di tukang jahit.

Seragam ini dijualnya secara online dan ternyata mendapat respon positif dari para pembeli. Dalam waktu yang singkat, Arie mendapatkan banyak klien untuk produk tersebut, bahkan pesanan datang dari Polisi Republik Indonesia (POLRI) yang secara khusus memintanya membuat desain seragam untuk salah satu datasemennya. 

Usaha yang dirintis sejak tahun 2009 silam ini sudah mempekerjakan 17 orang dan bisa mendatangkan omset hingga Rp180 jutaan per bulannya. Pasar bisnisnya bahkan sudah sampai ke luar negeri.

2. Rismawati 

Permen menjadi salah satu camilan yang paling disukai banyak orang dan Rismawati menjadikan produk ini sebagai bisnis. Menggunakan gula aren sebagai bahan utama, alumni  Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Kementerian Perindustrian ini bahkan hanya memulai bisnisnya dengan modal Rp300 ribuan saja. 

Rismawati memproduksi permen yang diberi nama Gula Gait ini sejak tahun 2012 silam dan menghadirkan beberapa varian lezat, seperti: rasa wijen, rasa jahe, rasa kacang, dan juga original. Permen asli Kartanegara (Kaltim) ini berhasil mendapatkan pasar yang luas dan bisa memberinya omset hingga Rp40 jutaan per bulan.

3. Vina Kurniasih 

boneka
Bisnis boneka milik Vina Kurniasih via merdeka.com

Sejak lama boneka menjadi teman bermain anak-anak, meskipun belakangan ini minat anak pada boneka mulai tergantikan dengan berbagai permainan game berbasis digital. Kenyataan ini membuat Vina bermimpi membuat berbagai boneka unik yang bisa menarik kembali minat anak-anak pada mainan tersebut. 

Dengan modal awal Rp700 ribuan saja, banyak karakter boneka unik yang  lahir di tangan wanita berusia 46 tahun ini. Vina berhasil dalam bisnisnya dan bisa membangun kerjasama dengan 15 agen di kawasan Bogor. Kerja kerasnya dalam bidang ini bahkan bisa menghasilkan omset hingga Rp60-70 jutaan per bulannya.

Baca Juga: 10 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula

4. Martin Setiantoko 

Memiliki latar belakang pendidikan di bidang kuliner, sejak awal Martin memang sudah tertarik pada bidang yang satu ini. Pemuda ini bermimpi membangun bisnis kuliner serta memiliki restoran, hingga akhirnya memutuskan pergi ke Amerika untuk mewujudkan hal tersebut. 

Di sana Martin memulai mimpinya dengan menjadi pencuci piring selama 5 tahun, hingga akhirnya bisa menabung uang untuk membuka restoran di wilayah Virginia. 

Pasang surut bisnis sudah dilalui Martin selama 3 tahun pertama membangun bisnis. Pemuda ini akhirnya bisa mengumpulkan keuntungan dan membeli 2 unit food truck untuk memulai bisnis kuliner Indonesia, seperti: rendang, sate, mie ayam, dan yang lainnya.

5. Ating Supardi 

surabi
Surabi usaha milih Ating Supardi

Pedagang daging yang bangkrut pada masa krisis tahun 1998 ini hanya membangun bisnisnya dengan modal Rp50 ribuan saja. Ating tertarik dengan bisnis serabi yang menjadi salah satu makanan populer di kawasan Bandung. 

Awalnya pria ini berjualan serabi dengan membuat tenda di sekitar jalan Sekolah Tinggi Pariwisata NHI, Bandung dan hanya menjual varian manis dan juga rasa oncom saja. Namun di dalam perkembangannya, bisnis kuliner ini tumbuh pesat hingga memiliki 54 varian saat ini. 

Dengan jumlah pembeli yang selalu ramai sepanjang hari, Ating bisa mendapatkan omset harian sekitar Rp10-12 juta dan sudah mempekerjakan sekitar 23 karyawan saat ini.

Baca Juga: 4 Usaha dengan Modal Kecil Bisa Jualan Online

6. Riyadh Ramadhan 

Gorengan selalu menjadi camilan lezat yang disukai banyak orang, bahkan panganan ini sangat mudah ditemukan. Riyadh menjadikan ini sebagai bisnis yang menjanjikan di usianya yang masih terbilang sangat muda. 

Memulai usaha gorengan di usia 16 tahun, pemuda ini belajar menjalankan bisnis gorengan secara otodidak. Hobi memasaknya membuat proses ini berjalan mudah, apalagi Riyadh juga mendapatkan dukungan dari orangtuanya.

Menggunakan nama Go Crunz, Riyadh mengolah gorengan dengan berbagai bahan, seperti: jamur, kentang, otak-otak, dan yang lainnya. Bisnis ini sukses besar dan bisa memiliki 3 cabang di lokasi berbeda. Riyadh bahkan dapat mengantongi omset penjualan hingga Rp120 jutaan setiap bulannya.

Pilih Bisnis yang Tepat dengan Modal Terjangkau

Banyak orang yang sukses menjalankan bisnis, bahkan dengan modal yang terbatas sekalipun. Pemilihan bisnis yang tepat dan pengelolaan yang baik merupakan salah satu kunci kesuksesan dalam membangun usaha. Rencanakan dan mulai bisnismu sekarang juga, agar bisa segera mendapatkan kesuksesan dan penghasilan yang besar.

Baca Juga: Tips Sukses Kerja Sampingan di Masa Pandemi Corona