Desa Sembalun, Surga Kecil di Kaki Gunung Rinjani yang Mempesona

Siapa yang tidak mengenal gunung Rinjani? Gunung yang indah dan gagah di kawasan Lombok Timur ini memang sering disajikan sebagai tujuan pendakian. Selama ini mungkin banyak orang yang lebih mengenal wisata Gunung Rinjani.

Namun siapa sangka di bawah kaki gunung Rinjani ada surga kecil dengan keindahan yang cukup mempesona. Bahkan keindahannya cukup memikat banyak orang untuk lebih lama tinggal disana.

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Rinjani ataupun Lombok, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Desa Sembalun dan menyaksikan langsung pesona dari Desa Sembalun ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Memiliki Gunung Tertinggi Ketiga

rinjani
Gunung Rinjani

Salah satu spot wisata terpopuler yang ada di Desa Sembulan adalah Gunung Rinjani. Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi ke-tiga yang ada di Indonesia. Maka tak heran, bila banyak orang yang berkeinginan untuk mendaki dan merasakan bagaimana keindahan serta melihat langsung pulau Lombok di puncak Rinjani.

Ketinggian gunung Rinjani mencapai 3.726 mdpl. Dari ketinggian tentunya disajikan keindahan yang sangat cantik, baik di pagi atau malam hari. Tidak hanya Gunung Rinjani, Anda juga tidak boleh melewatkan Danau Segara Anak di Gunung Rinjani yang pemandangannya tidak diragukan lagi.

2. Wisata Petik Stroberi Sendiri

strawberi
Stroberi via firstlomboktour.com

Tidak hanya dapat menikmati pemandangan bukit-bukit yang menjulang, di Desa Sembalun juga bisa menikmati wisata petik kebun stroberi yang tidak boleh dilewatkan.

Buah stroberi disini sangat manis dan ranum serta boleh dipetik sendiri. Lokasi wisata petik buah ini sangat mudah ditemukan, Anda bisa melihat kebun stroberi ini di sepanjang jalan Desa Sembalun. Namun untuk menikmati manisnya buah stroberi disini harus datang pada musimnya, sekitar bulan Juli dan Agustus.

Tak hanya itu saja, ada 10 hasil buah yang menjadi andalan di Desa Sembalun mulai dari apel, jagung, kentang, jeruk, wortel, tomat, jambu, papaya, dan bawang.

3. Terdapat Bukit Selong

bukit selong
Bukit selong

Ingin melihat desa Sembalun dari ketinggian? Tak harus mendaki Gunung Rinjani. Anda bisa mencoba untuk menyaksikan pemandangan menarik dari atas Bukit Selong. Bukit ini memang cukup populer di Desa Sembalun. Ketika diatas bukit, bisa menyaksikan pemandangan yang cukup indah mulai dari sawah, bukit yang kehijauan dan langit yang indah.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Indonesia Ini Jadi Tempat Liburan Tamu IMF-Bank Dunia, Mana Saja?

4. Desa Adat Sembalun

rumah adat sembalun Rumah adat sembalun via hsh-stay.com

Ingin belajar sejarah Desa Sembalun lebih dalam? Mengapa tidak mencoba mengunjungi wisata Desa Adat Sembalun.

Rumah tradisional daerah ini menjadi objek wisata yang tidak boleh dilewatkan disini. Di desa Adat ini terdapat tujuh rumah yang usianya mungkin mencapai ratusan tahun dan menjadi cikal bakal dari masyarakat Desa Sembalun, Lombok ini.

Sama halnya dengan rumah adat lainnya yang ada di Indonesia, rumat adat Sembalun memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari bangunan rumah yang terbuat dari alam dan tradisi penyambutan dengan tarian-tarian untuk pengunjung khusus.

5. Terbang Menikmati Pemandangan Sembalun

Di desa Sembalun, bisa mencoba wisata paralayang sambil menikmati pemandangan Sembalun dari atas. Dari bukit Siswa, Anda bisa mencoba menikmati pemandangan Desa Sembalun dengan cara yang berbeda. Tidak perlu khawatir, ketika terbang nantinya akan didampingi pilot yang memang sudah berpengalaman.

Baca Juga: Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri ini Wajib Milenial Kunjungi!

6. Kain Tenun Khas untuk Oleh-Oleh

kain khas sembalun
kain tenun khas sembalun via budaya.kampung-media.com

Di desa Sembalun terdapat oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang, yakni kain tenun khas Sembalun. Kain tenun Sembalun memiliki keunikan yang berbeda jika dibandingkan kain tentu dari desa lainnya.

Kain tenunnya lebih lembut dengan corak yang sederhana. Anda juga bisa mencoba menenun langsung kain tradisional ini dengan alat yang masih sangat tradisional.

7. Harmonisasi antar Sesama

Keunikan lainnya yang dapat Anda rasakan di Desa Sembalun adalah harmonisasi yang cukup baik antara makhluk hidup satu sama lainnya. Saat di daerah lainnya terdapat jarak antara manusia dengan makhluk hidup lainnya, namun di Desa Sembalun tidak akan menemukan hal tersebut.

Hutan masih sangat dijaga ketat sebagai habitat makhluk hidup lainnya. Bahkan Anda masih bisa melihat banyaknya monyet-monyet yang berkeliaran tanpa menganggu orang lain yang sedang melintas.

Pesona Alam Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Menikmati liburan ke Gunung Rinjani tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi Desa Sembalun dengan segala pesona di dalamnya. Sempatkan diri Anda untuk mengunjungi Desa ini dan rasakan pesona alam yang mungkin tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Jangan lupa juga untuk lestarikan pesona yang ada di Indonesia.

Baca Juga: 7 Tips Liburan Hemat dan Menyenangkan