7 Desa Wisata Dunia Terbaik yang Menarik untuk Dijelajahi!

Suasana perkotaan penuh dengan keramaian dan aktivitas yang padat. Terlalu lama beraktivitas di perkotaan tentu saja membuatmu merasa jenuh bukan? 

Kini saatnya menepi sejenak dari segala aktivitas di perkotaan. Cobalah pengalaman menakjubkan dengan berwisata ke perkampungan atau pedesaan. Suasana kampung tentu saja jauh dari perkotaan, lebih tenang dan bisa memberikan suasana yang lebih damai. 

Indonesia sendiri memiliki banyak destinasi wisata berkonsep desa yang juga cukup populer hingga mancanegara. Sebut saja seperti Kampung Wisata Wae Rebo yang ada di Flores, kampung Wisata Penglipuran yang ada di Bali, dan Kampung Wisata Pujon Kidul yang ada di Jawa Timur.

Selain menikmati suasana alam, berkunjung ke desa wisata juga menghadirkan banyak pengalaman seru. Bahkan kamu juga bisa mempelajari dan mengenal budaya warga setempat. 

Bukan hanya di Indonesia saja, ada banyak desa wisata menarik yang ada di dunia. Berikut ini deretan daftarnya yang menawarkan pengalaman menarik dan berbeda!

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Rekomendasi Desa Wisata Dunia Terbaik yang Menarik untuk Dijelajahi Lebih Dekat

1. Zell am See di Austria

loader
Zell am See via placesofjuma.com

Eropa dikenal sebagai benua yang penuh dengan keindahan. Banyak sekali desa-desa yang cantik dan asri yang ada di benua ini. Salah satunya ada Zell am See yang berada di negara Austria, tepatnya daerah Salzburg yang masih dikelilingi pegunungan Alpen. 

Waktu terbaik datang ke desa Zell am See ini adalah di musim dingin. Pasalnya di musim dingin kamu bisa mencoba ski yang menyenangkan. Meskipun begitu, musim panas tak kalah menyenangkan karena kamu bisa hiking atau mountain biking

2. Thai Hai di Vietnam

loader
Thai Hai via tripadvisor.com

Rekomendasi selanjutnya ini masih berada di daratan Asia Tenggara, yakni desa Thai Hai yang berada di wilayah Vietnam. Desa wisata satu ini cukup direkomendasikan karena keunikan adat budaya dan keindahan alamnya, lho. 

Bahkan masuk ke dalam deretan warisan dunia dari UNESCO. Kawasan desanya sangat luas hingga mencapai dua puluh hektar. Berisi kawasan hutan masih asri, 30 rumah model panggung, dan lain sebagainya. 

Di desa ini kamu bisa melihat kebudayaan lokal, Bahasa pribumi, ritual, upacara adat, pakaian tradisional, dan lain-lain. Jangan lupa mencicipi kulinernya yang terkenal lezat dan khas.

Baca Juga:  Tips Memilih Tempat Penginapan Ketika Liburan

3. El Fuerte di Meksiko

loader
El Fuerte via mexicodesconocido.com.mx

Kampung wisata El Fuerte berada di jalur ekspres Chepe yang populer di Meksiko. Kamu tidak akan pernah menyesal datang ke desa ini karena keindahannya. Apalagi desa wisata ini mendapatkan gelar sebagai “Magic Village” atau Pueblo Magico di tahun 2019. 

Selain menikmati pemandangan yang sangat indah, ada banyak aktivitas seru dan menyenangkan yang bisa dilakukan di kampung ini. Seperti melihat kegiatan pertanian dan juga kerajinan yang dilakukan etnis Mei-Yore. 

Selain itu, kamu juga bisa melihat perayaan unik yang dikenal dengan sebutan Pekan Suci. Biasanya perayaan tersebut dilakukan di tujuh pusat upacara adat.

4. Sauris atau Zahre di Italia

loader
Sauris via intrieste.com

Selanjutnya ada Sauris atau juga dikenal dengan sebutan Zahre dalam dialek Jerman Kuno yang tak kalah recommended. Berada di lembah hijau yang asri membuat desa ini begitu nyaman dan menenangkan. 

Banyak keindahan alam yang dapat kamu nikmati disini, mulai dari hutan rimbun, padang rumput, hingga danau dengan airnya yang jernih. Destinasi ini bisa dibilang sebagai kampung atau desa yang semi-terisolasi. 

Semua adat dan tradisinya tetap terjaga meskipun terjadi perubahan di luar sana. Selain memakai bahasa Italia, masyarakatnya juga masih banyak yang memakai bahasa daerah mereka sendiri, termasuk dialek Jerman Kuno. 

Menarik bukan? Ada begitu banyak hal yang bisa kamu pelajari jika liburan ke destinasi  ini, lho.

Baca Juga:  8 Tips Memilih Resort untuk Liburan

5. Pyeongsa-ri di Korea Selatan

loader
Pyeongsan ri via unwto.org

Berencana liburan ke Korea Selatan? Kamu harus mampir ke destinasi wisata yang berkonsep desa bernama Pyeongsa-ri. Desa satu ini dikelilingi oleh alam seperti Sungai Seomjingang dan Gunung Jirisan yang populer di drama-drama. 

Sebenarnya Pyeongsa-ri adalah replikasi latar novel berjudul “Toji” atau “Land”. Destinasi ini memang dibuat untuk menghidupkan latar di novel tersebut, salah satunya rumah tradisional yang sangat populer. 

Cukup banyak spot menarik yang wajib kamu kunjungi ketika disini. Seperti Starway Hadong, Kuil Hansan, Taman Pyeongsan-ri, dan masih banyak lagi destinasi menarik lain yang tak kalah menarik

6. Dazhai di China

loader
Dazhai via globaltime.cn

China merupakan salah satu negara terluas di dunia. Tidak heran jika banyak destinasi wisata tersembunyi yang sangat menakjubkan. 

Salah satunya yaitu desa wisata bernama Dazhai. Berdasarkan data, sebanyak 75% dari desa ini berupa sungai, pegunungan, dan hutan.

Masyarakat yang tinggal di desa Dazhai kebanyakan berprofesi sebagai petani. Jika beruntung, kamu mungkin bisa melihat Sun Clothes Festival yaitu perayaan khusus yang diadakan secara rutin.

7. Puqueldon di Chili

loader
Puqueldon via conociendochile.com

Tidak hanya Asia dan Eropa saja, Amerika Latin juga memiliki destinasi wisata berkonsep desa yang menakjubkan. Desa yang juga dikenal dengan Pulau Lemuy ini memiliki beberapa gereja yang bersejarah. Setidaknya ada tiga gereja yang masuk ke deretan warisan dunia dari UNESCO. 

Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan alam yang indah. Jika ingin bermalam, banyak homestay sederhana warga asli. Jangan lupa mencicipi kuliner dengan bahan-bahan khas daerah setempat.

Sudah Siap Traveling ke Desa Wisata Dunia?

Itulah tadi beberapa destinasi wisata desa di dunia yang menarik untuk dikunjungi. Cocok buat kamu, para traveler sejati. Ternyata, pilihannya cukup banyak bukan? 

Mulailah menyiapkan budget dan waktu traveling yang tepat. Supaya bisa datang ke desa wisata dunia terbaik dan menikmati waktu liburan yang menyenangkan. Jangan lupa, siapkan itinerary dan membeli asuransi perjalanan terbaik agar perjalanan semakin aman dan nyaman!

Baca Juga: 9 Tips Cerdas Menikmati Liburan dengan Budget Minim