Sayangi Tubuh dan Kantong, Yuk Lakukan Diet Hemat dengan Cara Berikut

Seiring waktu berjalan, banyak keputusan yang dilakukan untuk membuat kualitas hidup menjadi lebih baik. Salah satunya adalah menjaga asupan pola makan sehat dengan melakukan diet. Selain dikenal untuk menurunkan berat badan, diet juga merupakan langkah untuk mencapai kondisi tubuh tertentu. 

Diet sendiri merupakan kegiatan menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Saat melakukan diet, menu makanan yang dikonsumsi cenderung berbeda dengan makanan yang biasa dimakan sebelum diet. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa diet akan memakan lebih banyak biaya ketimbang makan makanan biasa. 

Padahal, apabila memahami cara diet yang baik dan benar, diet tak akan membuat biaya makan jadi membengkak. Lantas, apa kunci diet hemat yang bisa membuat kondisi finansial tetap stabil? Yuk, simak penjelasan berikut. 

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

10 Tips Diet Hemat yang Bisa Dilakukan 

loader

Setelah mengetahui esensi dari diet yang berarti defisit kalori, mari rencanakan diet hemat yang tak mengganggu kantong. Berikut adalah 10 tips diet hemat yang bisa dilakukan untuk membangun pola hidup sehat yang juga menyehatkan kondisi finansial. 

1. Konsumsi Makanan Homemade

Salah satu makanan yang memiliki banyak kalori adalah makanan siap saji, seperti junk food, frozen food, dan makanan olahan. Oleh karena itu, makanan rumahan atau homemade justru merupakan pilihan yang baik untuk menu diet. Selain lebih murah, makanan homemade juga rendah kalori. 

Perlu diketahui, dengan memutuskan membuat makanan homemade secara mandiri di rumah, kondisi finansial juga terbantu. Pasalnya, jatah sekali makan di luar bisa sama besarannya dengan biaya belanja bahan baku makanan rumahan untuk sehari. Jauh lebih hemat, bukan?

2. Rencanakan Menu Makanan Harian

Setelah mengetahui dahsyatnya khasiat makanan homemade bagi diet hemat, mari rencanakan menu makanan harian. Pasalnya, memasak makanan secara mandiri membutuhkan banyak waktu. Agar tetap praktis dan efisien, buatlah rencana menu makanan harian yang bisa dikonsumsi saat diet. 

Caranya, carilah menu makanan yang kalorinya rendah beserta resepnya. Kalori setiap makanan bisa dilihat di aplikasi diet. Kemudian, buatlah food preparation untuk setiap menu agar proses memasak bisa lebih cepat. 

3. Pilih Sumber Protein yang Ekonomis

Tak dimungkiri, sumber protein merupakan makanan esensial yang harus dipenuhi saat diet. Pasalnya, penurunan berat badan saat diet berlangsung bisa mengendurkan massa otot. Nah, protein lah yang menjaga massa otot tersebut agar metabolisme tubuh tetap terjaga. 

Saat melakukan diet hemat, pastikan sumber protein didapatkan dari makanan yang ekonomis. Sebut saja, produk kacang-kacangan seperti tempe dan tahu, dan telur. Menu protein juga bisa didapatkan dari daging tanpa lemak dan ikan air tawar. 

Baca Juga: 25 Cemilan Sehat untuk Diet dan Bantu Perbaiki Pola Hidup Sehat

4. Selalu Pakai Diskon dan Promo

Diet hemat erat kaitannya dengan mengatur anggaran belanja. Agar belanja bahan makanan bisa tetap sesuai bujet, pertimbangkanlah opsi diskon dan promo. Diskon dan promo biasanya didapatkan saat payday, tanggal kembar, atau musim tertentu, seperti hari raya. 

Agar selalu up to date dengan informasi diskon dan promo, unduhlah aplikasi-aplikasi minimarket dan supermarket, lalu nyalakan notifikasinya. Biasanya, aplikasi tersebut memberikan pemberitahuan mengenai diskon dan promo. 

5. Beli Buah dan Sayur Musiman

Saat diet, pola makan tak lepas dari asupan buah dan sayur. Pasalnya, buah dan sayur memiliki serat yang tinggi sehingga menjaga rasa kenyang lebih lama. Buah dan sayur juga berperan dalam membantu metabolisme yang berperan penting dalam pembakaran lemak. 

Agar diet hemat bisa dijalankan dengan lancar, belilah buah dan sayur musiman. Pasalnya, buah dan sayur musiman memiliki harga yang lebih murah ketimbang buah impor. 

6. Konsumsi Bahan Lokal

Diet hemat bisa dimaksimalkan dengan memilih bahan makanan yang harganya lebih murah. Solusi dari makanan dengan harga murah adalah dengan membeli produk lokal. Sebut saja, bahan makanan yang ada di pasar atau kedai sayur terdekat. 

Produk lokal memiliki harga yang relatif terjangkau karena diproduksi oleh produsen lokal sehingga biaya transportasinya cukup murah. Selain murah, membeli produk lokal juga merupakan salah satu upaya mendukung UMKM, lho

7. Pilih Produk Tahan Lama

Metode belanja lain yang perlu diperhatikan saat diet hemat adalah membeli produk yang tahan lama. Sebut saja, oatmeal, beras merah, pasta, dan kacang-kacangan kering. Produk ini biasanya tersedia dalam jumlah besar, harga murah, dan jangka kedaluwarsa yang lama. 

Selain hemat, produk ini bisa distok dalam waktu yang lama untuk menu yang berbeda-beda. Jadi, menu diet variatif bisa dibuat tanpa menghabiskan biaya yang banyak. 

Baca Juga: 15 Daftar Makanan Diet Murah dan Ramah di Kantong

8. Selalu Bawa Botol Minum

Salah satu keberhasilan diet juga didukung dengan menjaga asupan air mineral selalu cukup setiap harinya. Hal ini bisa dimulai dengan mengurangi konsumsi minuman manis dan beralih ke air mineral. 

Agar diet hemat tetap berjalan, pastikanlah untuk selalu membawa botol minum atau tumblr berisi air mineral ke manapun pergi. Jika memungkinkan, bawalah botol minum berukuran 2 liter agar asupan air bisa terkontrol. Dengan membawa botol minum, biaya yang dikeluarkan jadi lebih hemat karena tak perlu membeli air minum kemasan saat di luar. 

9. Jadilah Pejalan Kaki

Menjadi pejalan kaki merupakan salah satu kunci diet hemat. Pasalnya, olahraga juga merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan diet. Hal sederhana yang bisa dilakukan untuk berolahraga adalah berjalan kaki. 

Dengan mengutamakan jalan kaki, olahraga bisa dilakukan sambil melaksanakan aktivitas sehari-hari. Sebut saja, berjalan saat perjalanan ke kantor. Berjalan kaki juga memaksa seseorang untuk mengutamakan perjalanan dengan menaiki transportasi umum.

Selain baik untuk kesehatan dan diet, hal tersebut juga berdampak baik bagi lingkungan. 

10. Olahraga Workout From Home

Olahraga lain yang bisa dilakukan saat diet adalah dengan membentuk otot atau workout. Sebenarnya, olahraga bisa dilakukan di mana saja. Akan tetapi, banyak orang berpikir bahwa olahraga hanya bisa dilakukan di gym yang menghabiskan biaya langganan yang tidak sedikit. 

Berolahraga di gym merupakan pilihan baik. Namun, ada alternatif lain yang lebih murah, bahkan gratis: workout di rumah. Adapun workout bisa dilakukan dengan menonton tayangan ahli olahraga di YouTube dan Netflix. 

Tips Diet Hemat Membuat Kantong Tebal

Nah, itulah penjelasan mengenai diet hemat yang bisa dilakukan tanpa menguras finansial. Yuk, ketahui lagi alasan diet, bentuk diet yang diinginkan, dan asupan nutrisi apa yang harus dipenuhi saat diet. Barengi juga informasi tersebut dengan pengetahuan tentang kadar kalori makanan. 

Setelah cukup pengetahuan, mulailah berkreasi dengan menu-menu yang telah disiapkan untuk diet. Jangan lupa curi-curi kesempatan untuk berolahraga sambil berhemat dengan dalih diet. Selain baik untuk tubuh dan kantong, diet hemat juga baik untuk kesejahteraan lingkungan, kan? 

Baca Juga: Cara Diet DEBM yang Benar dan Deretan Menu yang Cocok Dikonsumsi untuk Pemula