25 Cemilan Sehat untuk Diet dan Bantu Perbaiki Pola Hidup Sehat

Memang menjalani pola hidup sehat itu tidak selalu mudah, apalagi jika kondisi tubuh dan mood kita sedang tidak baik-baik saja. Terkadang keinginan untuk cheating dengan mengonsumsi makanan tidak sehat sesering mungkin tidak bisa ditolak, terutama jika itu berkaitan dengan cemilan.

Selain sebagai penunda lapar dan membantu mengurangi berat badan, cemilan juga sering dimanfaatkan untuk meningkatkan mood dimana mood yang baik dibutuhkan untuk menunjang kegiatan sehari-hari sampai menjaga kesehatan mental.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

25 Cemilan Sehat untuk Bantu Turunkan Berat Badan

loader

Nah, untuk kamu yang hobinya ngemil tapi takut merusak diet atau pola hidup sehat. Bisa banget untuk mengganti cemilan mu dengan cemilan sehat yang rendah kalori tapi rasanya tetap enak dan tentunya bisa menjaga bahkan meningkatkan mood baik kamu.

Berikut 25 cemilan sehat rendah kalori dan kaya vitamin juga protein yang bagus untuk tubuh:

1. Kacang Almond

Segenggam almond memiliki banyak nutrisi yang baik, mulai dari vitamin, serat, protein, dan magnesium. Karena kandungannya itu, almond bisa membantu tubuh mengontrol gula darah, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan berat badan juga.

Kamu bisa menikmatinya dengan langsung dimakan atau dicampurkan ke minuman atau menikmatinya seperti sereal dengan campuran susu atau yogurt rendah lemak.

2. Granola

Granola terdiri dari oat, kacang-kacangan, dan buah-buahan yang telah dikeringkan. Cemilan ini menjadi sehat karena memiliki kandungan kalori dan serat yang tinggi. Jadi gak cuma bisa jadi cemilan saja, buat sarapan pagi juga sehat banget kok. Cara makannya bisa dijadikan sebagai campuran kue, atau dimakan langsung dengan campuran susu dan madu.

3. Edamame

Edamame merupakan kacang kedelai muda yang berwarna hijau. Makanan ini sering kita jumpai di restoran-restoran Jepang terutama restaurant dengan spesialis Sushi.

Edamame memiliki tinggi protein nabati, antioksidan, rendah kalori, dan bebas gula. Manfaatnya jika kamu rutin mengonsumsinya, bisa mencegah risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, bisa bikin berat badan turun, dan masih banyak lagi.

4. Multigrain Bar

Multigrain bar cukup populer di kalangan mereka yang sedang menjalankan diet. Kamu bisa mencoba Fitbar, Multigrain Bar yang mengandung Australian oat, quinoa, dan whole wheat hanya 90 kalori, yang bebas lemak trans.

Selain itu, sekarang multigrain bar sudah bisa dengan mudah di dapatkan di berbagai minimarket dengan berbagai varian rasa agar tidak cepat bosan.

5. Buah Naga

Buah naga mengandung 7 gram serat dan hanya 136 kalori saja! Beberapa antioksidan seperti vitamin C, betalains, dan senyawa karotenoid yang bisa bantu mencegah penyakit-penyakit kronis juga terkandung didalamnya.

Buah naga cocok dikonsumsi untuk menjaga berat badan, menurunkan kolesterol yang terserap ke dalam tubuh, menjaga kesehatan saluran cerna karena sebagai prebiotik atau makanan untuk bakteri baik di dalam usus.

6. Kacang-Kacangan

Mengonsumsi berbagai kacang-kacangan sebagai camilan memberikan banyak manfaat. Mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan mencegah beberapa jenis kanker, depresi serta penyakit lainnya.

Meskipun, tentu kandungan lemaknya tergolong tinggi, kacang-kacangan sangat amat mengenyangkan! Jadi cocok banget untuk kamu yang ingin diet.

7. Plain Yogurt dengan Berbagai Buah-buahan

Bosan mengonsumsi plain yogurt begitu-begitu saja? Kalau begitu bisa coba mengonsumsi plain yogurt dengan aneka toping buah favorit. Contohnya dengan memakan plain yogurt dengan buah berry.

Yoghurt adalah sumber kalsium, kalium dan protein. Sedangkan buah berry adalah sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Campurkan 100 gram yoghurt dengan 50 gram buah berry setara dengan 10 gram protein dan 150 kalori saja.

8. Dark Chocolate

Dark Chocholate adalah jenis cokelat paling sering dipilih untuk menjalankan diet. Dengan kandungan kepetakatan setidaknya 70%, camilan ini bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan polyphenols, flavanols, dan catechins.

Tapi karena mengandung kalori dan lemak yang cukup tinggi, cukup konsumsi dark chocolate hingga 28 gram saja sehari sebagai cemilan sehat.

Baca Juga: Apa Itu Superfood dan 10 Contoh Makanan Super yang Patut Dikonsumsi

9. Chia Seed

Kandungan serat, tinggi antioksidan yang bersifat anti inflamasi dan menyehatkan jantung, membuat camilan sehat satu ini menjadi favorit untuk banyak orang.

Meskipun memiliki rasa yang tawar, chia seed memiliki efek yang mengenyangkan karena teksturnya setelah direndam berubah menjadi seperti agar-agar lembut.

10. Alpukat

Alpukat sangat kaya akan asam oleat (jenis asam lemak tidak jenuh yang biasanya juga ditemukan pada minyak zaitun).

Lemak sehat inilah yang bisa membantu meningkatkan penyerapan antioksidan jenis carotenoid yang ada dalam sayur, ini sebabnya alpukat banyak digunakan dalam campuran salad. Cocok banget kan untuk jadi cemilan sehat harian kamu?

11. Apel dengan Olesan Peanut Butter

Jika mengonsumsi buah apelnya saja sudah bosan, cara baru ini bisa dicoba. Yaitu dengan mengoleskan selain peanut butter di atas potongannya.

Apel tinggi akan serat pangan dan antioksidan polyphenol yang membantu menyehatkan saluran cerna serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Peanut butter atau selai kacang juga memiliki manfaat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Tapi karena peanut butter memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, dianjurkan mengonsumsinya hanya sebanyak 1 sendok atau setara 15 gram saja yang sehari.

12. Tomat Cherry

tomat cherry memiliki rasa yang relatif lebih manis dan ukurannya juga lebih kecil. Meskipun ukurannya lebih kecil, tomat cherry sangat kaya akan Vitamin C, kalium, dan likopen sebuah antioksidan yang mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung.

Kamu bisa memakannnya secara langsung atau mencampurkannya ke salad sayur atau salad buah agar lebih mengenyangkan.

13. Telur Rebus

Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang sangat mudah diolah dan sangat baik untuk kamu yang sedang menjalani diet.

Tidak hanya sebagai lauk di makanan utama, telur juga bisa digunakanan untuk makanan di waktu snacking. Telur sudah terkenal dengan kandungan proteinnya, ternyata juga dilengkapi dengan vitamin K dan B12, serta punya efek sangat mengenyangkan.

Karena telur mengandung kolestrol yang cukup tinggi. Batasi konsumsinya maksimal 2 butir sehari. Tapi jika ingin mengonsumsi lebih banyak protein, bisa lebih dari 2 butir tapi perbanyak bagian putihnya saja.

14. Pisang

Rasanya yang creamy, manis,  dan mengenyangkan membuat pisang sangat digemari berbagai kalangan dan usia membuat pisang jadi pilihan favorit sebagai cemilan sehat terutama untuk mereka yang sedang menjalani program diet.

15. Kurma

Kurma memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Di dalam satu bijinya, mengandung lebih banyak Vitamin B kompleks, magnesium, zat besi, polifenol, dan karbohidrat.

Dengan kandungan itu, kurma sangat baik untuk mencegah risiko kanker usus, mengatasi wasir, menambah energi, dan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

16. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari biji gandum utuh. Gandum utuh memiliki banyak kandungan serat, magnesium, dan potasium. Kandungan tersebut bisa berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol berat badan, mengurangi kolesterol, dan masih banyak lagi.

Oatmeal sangat pas untuk dijadikan pengganti nasi saat sarapan, atau cemilan sehat di tengah jeda waktu makan siang dan sore.

17. Ubi

Kalori yang terdapat di ubi rebus sekitar 74 kkal, bisa kamu konsumsi sebagai penghilang rasa lapar juga. Selain kalori, ubi juga mengandung lemak, kalsium, Vitamin A,B, dan C. Cocok banget untuk yang sedang cari cemilan diet yang bisa bikin kenyang lebih lama.

18. Sushi Sayuran

Kamu bisa mengkombinasikan berbagai sayur yang kamu sukai seperti wortel, tomat, daun selada, bayam, kangkong, tomat dan membalutnya dengan rumput laut untuk sushi yang bisa ditemukan di banyak supermarket dan minimarket.

Dengan membuat sushi sayuran, kamu bisa mengonsumsi cemilan diet yang sehat, rendah kalori, kaya vitamin dan tentunya rendah lemak tapi mengeyangkan.

19. Keju dan Crackers

Jika ngemil keju begitu saja kurang atau bosan, kamu bisa memakannya dengan crackers atau biskuit dengan rasa plain. Dua potong keju cukup untuk mengisi kekosongan atau rasa lapar sementara sebelum makan berat. Cocok untuk jadi cemilan diet disela-sela kesibukan kerja.

20. Seledri Krim Keju

Resep cemilan sehat satu ini cukup popular untuk orang-orang yang sedang menjalankan diet, terutama diet ketat. Seledri dikenal sebagai sayuran yang kaya akan serat dan dengan kombinasi krim keju, cemilan diet favorit ini juga bisa memberikan kandungan lemak dan kalori yang dibutuhkan tubuh yang bisa menunda lapar sementara sebelum makan berat.

Baca Juga: 8 Makanan Sehat yang Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

21. Smoothies Buah dan Yogurt

Jika ingin memakan buah dan yogurt dengan cara lebih asik, mudah dan cepat. Bisa mengonsumsinya dengan menjadikannya minuman smoothies. Cukup campurkan berbagai potongan buah dan yogurt ke blender, jika ingin lebih manis bisa campurkan madu atau sedikit air gula (1 sdt saja).

22. Jus Buah atau Sayur

Jus sudah menjadi jenis minuman sehat yang bisa jadi cemilan diet baik dengan buah atau sayur. Jika ingin lebih bervariasi kamu bisa mengombinasikan beberapa buah atau sayur sekaligus. Mencampurkannya dengan madu agar lebih manis atau pemanis alami lainnya yang rendah kalori.

23. Rujak Buah

Rujak buah merupakan makanan lokal yang cocok juga jadi cemilan sehat. Biasanya rujak buah dinikmati dengan sambal kacang dan garam pedas. Jika kamu ingin lebih sehat, bisa mengonsumsinya tanpa sala satunya, baik itu tanpa garamnya atau sambal kacangnya.

24. Rock Melon

Buah ini mengandung vitamin C, asam folat, air, serat pangan, kalium, dan banyak vitamin dan mineral lainnya. Selain itu, rock melon juga memiliki kandungan beta-karotennya bahkan lebih tinggi dibandingkan anggur, mangga, dan beberapa buah lainnya. Sangat cocok untuk dimasukan ke daftar menu cemilan sehat mu.

25. Stroberi dan Coklat

 Sekitar 150 gram buah stroberi mengandung sekitar 3 gram serat dan 50 kalori saja. Serat yang dikandungnya, adalah serat larut air yang akan berubah tekstur menjadi seperti jelly di saluran pencernaan. Serat jenis inilah yang membantu kamu merasakan kenyang lebih lama dan bantu menekan nafsu makan.

Namun jika bosan hanya memakan stroberi dengan versi langsung, jus, smoothies dan salad buah. Kamu bisa coba mengonsumsi stroberi dengan lelehan coklat susu. Tapi, hati-hati karena coklat susu mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Cukup cocol bagian atas stroberi ke coklat, dan batasi konsumsi coklatnya hanya 2 sendok makan saja sehari.

Sehat itu Mahal

Mencegah lebih baik dari mengobati. Jadi, bina dirimu sendiri untuk selalu menjaga pola hidup sehat sedini mungkin. Bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti olahraga ringan rutin sampai mengganti cemilan dengan cemilan sehat. Dengan menjaga pola hidup sehat, kamu tidak hanya sehat secara fisik tapi juga kesehatan mental yang nantinya bisa menunjang berbagai aktivitas sehari-hari mu dengan baik.

Baca Juga: Bikin Mood Kembali Tinggi, 12 Snack Sehat Ini Juga Mampu Jaga Kesehatanmu, Lho!