15 Daftar Makanan Diet Murah dan Ramah di Kantong

Makanan diet murah seringkali menjadi incaran orang-orang yang ingin menurunkan berat badan, namun tanpa masalah keuangan. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat sebagian makanan diet yang populer di pasaran memang dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Hal di atas juga seringkali menjadi alasan sebagian orang membeli buku resep makanan diet murah meriah. Pada dasarnya, berbagai menu makanan diet yang mudah dan murah bisa saja disajikan sendiri, tanpa perlu harus repot-repot membeli dan menghabiskan banyak uang setiap bulannya untuk kebutuhan yang satu ini saja. 

Baca Juga: 25 Cemilan Sehat untuk Diet dan Bantu Perbaiki Pola Hidup Sehat

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Pilih Makanan Diet Murah yang Sehat 

loader

Makanan Diet Murah

Menu makanan diet murah tidak harus selalu mahal dan sulit untuk diolah dan disajikan. Berbagai resep makanan diet murah ini bahkan biasanya dibuat menggunakan bahan-bahan makanan yang terbilang mudah untuk didapatkan di pasar maupun supermarket yang ada sekitar kita. 

Berikut ini adalah beberapa makanan murah untuk diet yang bisa dijadikan sebagai pilihan: 

  1. Telur 

    Telur kaya akan vitamin dan juga lemak sehat yang dapat mendukung tubuh tetap fit selama menjalankan diet. Selain itu, menu makanan diet yang mudah dan murah ini juga mengandung protein yang cukup banyak dan bisa memberi efek kenyang yang lebih lama, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat sedang diet. Telur bisa diolah dengan cara direbus, ditim, atau bahkan ditumis dengan tambahan bumbu dapur lainnya dengan mudah.

  2. Ikan

    Ikan juga termasuk makanan murah untuk diet yang sangat mudah didapatkan di sekitar kita. Ada banyak kandungan zat baik di dalam ikan, termasuk protein, mineral dan berbagai vitamin lainnya. Ikan bisa diolah menjadi berbagai menu makanan diet murah yang lezat, seperti: sop ikan, gulai ikan, ikan bakar, ikan panggang, tim, dan yang lainnya. 

  3. Ubi

    Resep makanan diet murah meriah yang satu ini cocok untuk mereka yang ingin mengurangi konsumsi nasi putih selama menjalankan diet. Selain memiliki kandungan karbohidrat dengan gula yang rendah, ubi juga mengandung serat dan vitamin yang baik bagi tubuh. Bahan makanan ini bisa diolah menjadi berbagai panganan, seperti ubi rebus, ubi panggang, dan yang lainnya. 

  4. Gandum

    Jika menginginkan resep makanan diet murah yang praktis, maka yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain mengandung karbohidrat, gandum juga memiliki kandungan serat yang bisa membantu kelancaran pencernaan tubuh. Ada banyak makanan berbahan gandum yang bisa dijadikan pilihan, mulai dari roti, sereal, hingga kukis dan yang lainnya. 

  5. Buah-buahan

    Buah segar menjadi makanan diet murah lainnya yang bisa dijadikan pertimbangan. Namun meski begitu, tidak semua buah cocok untuk dijadikan sebagai menu diet sehat. Pastikan untuk memilih buah-buahan yang memiliki kandungan lemak serta kalori yang rendah, seperti mangga, pir, apel, dan yang lainnya. 

  6. Sayuran

    Sayuran juga termasuk makanan yang selalu masuk dalam resep makanan diet murah meriah. Selain rendah kalori, sayuran memiliki kandungan serat dan vitamin yang cukup tinggi. Jenisnya yang banyak juga akan membuat menu diet ini tidak akan pernah membosankan untuk dikonsumsi. Pilih sayuran segar dan olah dengan cara yang tepat, agar kandungan vitaminnya tetap terjaga dengan baik. 

  7. Yogurt

    Makanan yang terbuat dari hasil fermentasi susu murni ini merupakan menu makanan diet murah yang sehat. Yoghurt memiliki kandungan protein, lemak baik, dan juga vitamin yang bisa membantu tubuh tetap sehat. Selain dikonsumsi langsung, makanan sehat ini juga bisa dicampurkan dengan buah segar, sehingga rasanya lebih nikmat dan sehat. 

  8. Popcorn

    Selain lezat, popcorn juga masuk dalam daftar resep makanan diet murah yang mudah didapatkan. Terbuat dari biji jagung, camilan yang satu ini memiliki kandungan serat dan juga antioksidan yang baik untuk tubuh. Namun jika ingin menjadikannya menu diet, maka pastikan untuk memilih popcorn yang bebas gula serta garam. 

  9. Cokelat hitam

    Coklat tidak selalu membuat tubuh gemuk, makanan yang satu ini bahkan bisa dijadikan menu makanan diet yang mudah dan murah. Coklat hitam merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan lemak tidak jenuh, sehingga cocok untuk dijadikan menu diet. 

  10. Kacang-kacangan

    Jika menginginkan makanan murah untuk diet yang lezat, maka kacang-kacangan ini bisa menjadi pilihan. Kacang-kacangan memiliki kandungan protein dan serat, sehingga bisa memberi efek kenyang pada tubuh. Selain itu, panganan yang satu ini juga bisa membantu tubuh tetap fit selama menjalani diet. 

  11. Teh hijau

    Sejak lama teh hijau dikenal ampuh menurunkan berat badan, jadi cocok dijadikan sebagai menu makanan diet murah. Minuman enak ini dipercaya bisa merangsang tubuh untuk membantu proses pembakaran lemak dengan lebih maksimal. Jika dikonsumsi dengan teratur, teh hijau bisa membantu diet sehat menjadi lebih sukses. 

  12. Smoothies Buah 

    Resep makanan diet murah yang satu ini cocok untuk mereka yang tidak ingin mengkonsumsi buah dengan cara memakannya secara langsung. Smoothies bisa dibuat menggunakan beberapa jenis buah yang berbeda, sehingga rasanya semakin lezat. Namun meski begitu, pastikan buah-buahan yang digunakan untuk membuat minuman segar ini rendah gula dan kalori, agar makanan diet murah memberikan efek maksimal. 

  13. Smoothies Sayuran 

    Bagi para pecinta sayuran, menu makanan diet yang mudah dan murah ini wajib ada di dalam daftar. Campurkan beberapa jenis sayuran segar untuk mendapatkan smoothies yang lezat dan sehat. Jika ingin rasanya lebih enak, beri perasan jeruk lemon atau madu pada resep makanan diet murah meriah ini. 

  14. Tempe 

    Makanan murah untuk diet yang satu ini juga sangat mudah untuk didapatkan. Tempe memiliki kandungan protein yang tinggi dan berbagai vitamin yang baik untuk tubuh. Selain itu, rasanya yang lezat juga akan membuat berbagai resep makanan diet murah ini mudah untuk dinikmati. 

  15. Tahu 

    Ini adalah pilihan menu makanan diet murah terakhir yang wajib dicoba. Tahu akan menjadi menu makanan diet yang mudah dan murah, bahkan sangat mudah untuk diolah. Cukup tumis atau rebus tahu dengan tambahan bawang serta bumbu lainnya, maka makanan murah untuk diet yang kaya protein ini sudah sangat lezat untuk dikonsumsi. 

    Baca Jga: 25 Cara Hidup Sehat

Cara Mengatur Keuangan Selama Menjalani Diet Sehat 

loader

Diet

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatur keuangan, agar tetap bisa mengkonsumsi makanan diet murah tanpa masalah keuangan:

  1. Susun Anggaran Keuangan dengan Baik

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyusun anggaran keuangan dengan tepat. Tetaplah membuat pos-pos pengeluaran yang seimbang dan jangan melupakan pos tabungan dan pos kebutuhan pokok lainnya yang harus dipenuhi setiap bulannya. Hal ini penting, untuk memastikan kondisi keuangan tetap berjalan dengan lancar dan normal, meskipun harus membeli berbagai makanan untuk kebutuhan diet sepanjang bulan.

  2. Pilih Menu Diet yang Murah dan Tepat 

    Tidak perlu yang mahal dan merepotkan, pilihlah resep makanan diet murah meriah. Sesuaikan berbagai menu makanan diet ini dengan kondisi keuangan, agar rencana diet sepanjang bulan bisa terlaksana dengan baik. Selain itu, pilih juga berbagai menu diet yang mudah untuk disajikan dan tidak membutuhkan proses panjang. Hal ini akan memudahkan proses diet, di mana tidak perlu membuang terlalu banyak energi untuk sekedar membeli dan menyiapkan makanannya. 

  3. Alokasikan Uang Jajan untuk Makanan Diet 

    Jika selama ini memiliki sejumlah anggaran untuk jajan atau sekedar bersenang- senang, maka pangkas biaya tersebut untuk membeli makanan diet. Alokasikan biaya ngopi atau ngemil untuk memenuhi kebutuhan belanja bahan makanan yang lebih sehat dan cocok untuk diet. Hal ini akan membantu tubuh lebih cepat langsing, tanpa masalah keuangan sama sekali. 

Nikmati Makanan Diet Murah tanpa Masalah Keuangan 

Proses diet tentu akan membutuhkan waktu yang cukup panjang, apalagi jika target penurunan berat badan yang ingin dicapai cukup banyak. Namun jangan khawatir, sebab saat ini ada banyak makanan diet sehat yang bisa dibeli dengan harga yang murah. Pilih makanan diet yang tepat, sehingga penurunan berat badan bisa dilakukan tanpa masalah keuangan.

Baca Juga: Tips dan Trik Menjalani Diet Saat Puasa