Dijamin Berhasil! Ini Kiat Sukses Membuat Facebook Ads

Siapa bilang Facebook cuma platform untuk chatting dan berbagi? Facebook lebih dari itu. Media sosial yang satu ini bisa memiliki fitur Facebook Ads yang pas digunakan sebagai kanal marketing untuk melancarkan bisnis online milik Anda.

Apalagi Indonesia merupakan negara penyumbang pengguna Facebook terbesar di dunia. Sekali mengiklankan produk, bisa dibayangkan berapa banyak pengguna yang akan melihat produk yang Anda jual.

loader

Pertanyaannya, bagaimana cara membuat Facebook Ads? Berikut kiat sukses membuat Facebook Ads yang bisa dipraktekkan guna menunjang perjalanan bisnis online.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Login ke Facebook Ads Manager, lalu buatkan profil

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah login ke halaman Facebook Ads Manager. Setelah masuk, cari menu “create” di bagian paling kiri halaman. Di menu inilah Anda bisa membuatkan profil terkait nama perusahaan.

Silahkan isi alamat, nomor telepon, unggah foto profil, dan foto sampul. Untuk alamat dan nomor telepon, Anda bisa sembunyikan dari halaman iklan.  

2. Tentukan tujuan iklan

Langkah selanjutnya adalah menentukan tujuan pembuatan iklan. Facebook sendiri menawarkan tujuan dengan kategori yang berbeda, seperti awareness, conversions, dan engagement

Tujuan yang dipilih akan membantu pihak Facebook Ads untuk memaksimalkan pengiklanan produk. Misalnya conversions, langkah yang diambil tentunya akan berbeda dengan awareness

3. Tentukan audiens

Iklan bisa dikatakan sukses apabila bisa meraih audiens yang banyak. Disini Anda bisa menargetkan siapa yang akan menjadi audiens menggunakan fitur Audience Definition Gauge. Adapun beberapa faktor yang menjadi pertimbangan dalam fitur ini, seperti lokasi, tempat tinggal, status, jenjang pendidikan, pekerjaan, finansial, etnis, negara, bahasa, dan perilaku.

Cara lain menentukan audiens yang bisa dicoba, yaitu menggunakan fitur custom audience. Fitur ini cocok untuk produk yang dijual secara khusus, sehingga target audiens pun hanya orang-orang tertentu saja. Sumber datanya bisa dari database konsumen atau pelanggan yang ada di perusahaan milik Anda.

Baca Juga: 7 Langkah Cerdas Menerapkan Digital Marketing dalam Bisnis

4. Tentukan format iklan

Selanjutnya adalah menentukan format iklan. Setidaknya ada lima jenis format yang bisa dijadikan pilihan, di antaranya :

  • Carousel, dimana iklan ditampilkan menggunakan dua gambar atau lebih yang dapat digeser-geser. Gambar ini bisa diganti menjadi video juga.
  • Video tunggal, tampilan iklan yang pure menggunakan sebuah video
  • Gambar tunggal, tampilan iklan pure menggunakan satu gambar saja
  • Koleksi, dimana tampilan iklan bisa berupa gabungan antara gambar dan video
  • Tayangan slide, iklan bisa ditampilkan menggunakan gambar atau video dengan jumlah maksimal 10 slide

5. Tentukan lama pengiklanan

Lama tidaknya iklan ditayangkan di Facebook Ads akan mempengaruhi total pembayaran Anda. Iklan yang tayang selama satu hari tentu berbeda bayarannya dengan iklan satu bulan. Disini Anda bisa tentukan berapa lama yang diinginkan.

Agar jumlah audiens maksimal, sebaiknya jadwalkan iklan selama satu bulan. Lewat dari satu bulan, maka iklan dipastikan hilang secara otomatis. 

6. Atur penempatan iklan

Anda dapat memilih dimana iklan produk akan ditayangkan di Facebook Ads. Apakah itu di feed, desktop feed, atau di bagian kanan Facebook. Setelah menentukan pilihan, Facebook biasanya akan menyuruh Anda untuk meninjau penempatan iklan.

Anda juga bisa memilih penempatan otomatis. Jadi, pihak Facebook sendirilah yang akan menentukan tempat iklan ditempatkan guna memaksimalkan jumlah audiens.

Tips Membuat Facebook Ads

loader

1. Ketahui siapa audiens Anda

Mau penjualan produk meningkat? Caranya tentukan siapa yang menjadi audiens-nya. Apakah itu bapak-bapak, ibu-ibu, pekerja kantoran, gitaris, mahasiswa, anak sekolah, atau siapa. 

Mengetahui audiens membantu Anda untuk menargetkan kepada siapa produk tersebut akan dijual. Misalnya, produk penyewaan alat-alat untuk seminar, maka audiens-nya adalah pekerja kantoran dan mahasiswa.

Sebaiknya lakukan riset untuk mengetahui apakah produk atau layanan yang Anda tawarkan diminati atau tidak. Anda bisa browsing dari beberapa website untuk mendalami dunia bisnis yang dijalankan.

Baca Juga: Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Efektivitas Iklan Internet

2. Buat iklan semenarik mungkin

Pastikan iklan yang ingin ditayangkan menarik. Mulai dari headline, gambar, dan teks, semuanya harus eye catching agar konsumen tertarik mengetahui produk yang Anda jual.

Untuk pemilihan warna, gunakan warna-warna ceria, tapi tidak terkesan norak dan bertabrakan dengan warna tulisan. 

Hindari teks atau kata-kata yang terlalu panjang. Hal ini membuat konsumen malas untuk membaca. Lebih baik mainkan strategi iklan melalui gambar.

3. Isi deskripsi yang informatif

Tips terakhir adalah menuliskan deskripsi yang informatif. Penulisan deskripsi ada di bagian bawah post. Jika Anda ingin menulis informasi tambahan tentang produk atau layanan, maka buatkan pada kolom deskripsi. 

Selain itu, Anda juga bisa menuliskan harga produk pada kolom ini sebagai bahan pertimbangan bagi para pembeli.

Cek Kinerja Facebook Ads Secara Berkala

Itu dia kiat sukses membuat Facebook Ads beserta tips-tipsnya. Sebaiknya monitor kinerja Facebook Ads Anda secara rutin untuk mengetahui berapa banyak audiens yang berhasil dijangkau. Jika fitur ini mampu meningkatkan angka penjualan, Anda bisa gunakan kembali untuk menunjang kinerja marketing di masa mendatang. 

Baca Juga: 3 Jenis Digital Marketing Ini Bikin Bisnis Berkembang Pesat