Dikejar Deadline? Lakukan 5 Tips ini Agar Tugas Selesai dengan Baik

Deadline tugas selalu menjadi hal yang ditakutkan oleh kebanyakan orang, khususnya mahasiswa dan pegawai kantoran. Bagaimana tidak, dengan banyaknya pekerjaan yang deadline, tentu membuat kita menjadi stres

Diwaktu yang terbatas, kita harus mampu menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang baik. Tapi pada kenyataannya, justru hasil pekerjaan menjadi berantakan, banyak yang salah dan lainnya karena terburu-buru. Alhasil dosen atau atasan di kantor marah dan membuat penilaian diri menjadi jelek.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada kehidupan Anda, lakukan beberapa tips cerdas menyelesaikan tugas dengan baik meski dikejar deadline berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

deadline

1. Pengelompokan Tugas dalam Kategori

Seringkali tugas yang menumpuk pada deadline yang tak jauh berbeda atau bahkan di hari yang sama. Oleh karena itu banyaknya tugas yang ada, perlu dikelola dengan baik agar tidak pusing mengerjakannya dengan pengelompokan tugas berdasarkan kategori atau prioritas tugasnya. 

Pengelompokan tersebut bisa terbagi menjadi beberapa bagian, misalnya saja berdasarkan sulit atau mudahnya tugas, waktu pengerjaan tugas, dan sebagainya. Dengan begitu, selain memudahkan, juga bisa mengurangi kepanikan dalam mengerjakan tugasnya, sehingga hasil tugas bisa lebih baik.

2. Fokus dan Konsentrasi Pada Tugas

Banyaknya tugas yang deadline juga membuat kita kurang fokus. Apalagi  ada kegiatan lain juga yang harus dilakukan. Jika ini dibiarkan, tentunya hanya akan membuat pekerjaan menjadi berantakan. 

Alangkah baiknya, segera fokuskan diri dan pikiran Anda terhadap tugas hingga selesai ketimbang memikirkan hal lainnya. Bila perlu menyendiri dari teman, keluarga, hiruk pikuk serta hiburan sementara waktu untuk mengerjakan tugas bisa menjadi pilihan yang tepat.  

Baca Juga: 5 Tanda-Tanda Pekerjaan Anda Sudah Tidak Sehat Lagi

3. Tetap Istirahat dan Makan Sehat

Meski dikejar deadline dan tugas menumpuk terlalu banyak, bukan berarti mengabaikan waktu istirahat atau sampai lupa waktu makan. Ini hanya akan membuat tubuh menjadi lelah yang bisa berujung sakit. Akhirnya, tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya karena harus beristirahat total hingga sakitnya sembuh.

Anda harus sempatkan waktu untuk istirahat dalam waktu yang cukup dan makan tepat pada waktunya, misalnya setengah hingga satu jam lamanya. Sementara asupan makanan atau minuman, pastikan yang dikonsumsi sehat dan mengandung gizi agar nutrisi tubuh seimbang, sehingga mengerjakan tugas bisa lebih fokus dan konsentrasi tinggi.

4. Tetap Rileks dan Tenang

Jangan panik, walau banyak tugas menumpuk dan dikejar deadline Anda harus tetap mencoba rileks dan tenang. Panik dalam mengerjakan banyak tugas hanya akan membuat pikiran kacau dan justru membuat pekerjaan tidak selesai karena banyak kesalahan yang dilakukan. Temukan kenyamanan dalam menyelesaikan tugas. Misalnya saja dengan mendengarkan lagu atau iringan instrumen musik atau juga bisa sesekali menghirup udara segar di luar. 

5. Meminta Bantuan Bila Sudah Terlalu Mepet

Terkadang sudah melakukan segala cara untuk mengerjakan berbagai tugas, tapi tetap saja tidak tertolong dan deadline semakin mendekat. Dalam situasi seperti ini hilangkan rasa gengsi Anda yang tinggi dan saatnya untuk meminta bantuan kepada teman atau rekan kerja. Init tentunya menjadi pilihan yang tepat daripada tugas tak terselesaikan. Untuk itu, Anda harus berani meminta tolong kepada mereka yang sedang senggang dan mau membantu mengerjakan tugas Anda.

Baca Juga: 10 Cara Berpikir Positif di Kantor Agar Pekerjaan Selesai dengan Lancar

Berusaha Menyelesaikan Tugas dengan Baik

Apapun cara yang dipilih dalam menyelesaikan tugas yang menumpuk dan dikejar oleh deadline, tetaplah harus dengan berusaha sebaik mungkin. Tanpa adanya usaha segala sesuatu pekerjaan tidak akan selesai. Lakukanlah agar tugas bukan hanya sekedar selesai tepat waktu tapi juga memberikan hasil yang baik.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Pekerjaan Pertama, Ini 6 Pelajaran Berharga yang Fresh Graduate Dapatkan