Dokter Urologi Terdekat: Temukan Spesialis Urologi di Sekitarmu

Apakah kamu mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem kemih atau reproduksi? Jika iya, kamu mungkin membutuhkan bantuan dari seorang dokter urologi. Dokter urologi adalah spesialis medis yang mengkhususkan diri dalam diagnosis, pengobatan, dan pencegahan masalah kesehatan yang terkait dengan saluran kemih dan organ reproduksi pada pria dan wanita.

Namun, menemukan dokter urologi terdekat yang tepat bisa menjadi tugas yang sulit. Artikel ini akan memberikan tips dan panduan tentang cara mencari dokter urologi terdekat dan bagaimana memilih yang tepat untuk kebutuhan kesehatan kamu.

Baca Juga: 6 Tips Sehat dan Puasa Lancar Buat Penderita Maag

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Mengapa kamu Membutuhkan Dokter Urologi

Sebelum kita membahas tentang cara mencari dokter urologi terdekat, mari kita bahas tentang mengapa kamu membutuhkan dokter urologi. Urologi sendiri adalah bidang penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih. Oleh karena itu, jika kamu mengalami keluhan yang berhubungan dengan saluran kemih, sebaiknya Anda langsung menghubungi dokter urologi. 

Beberapa alasan umum mengapa kamu mungkin perlu berkonsultasi dengan seorang dokter urologi termasuk:

  • Masalah saluran kemih seperti infeksi saluran kemih atau batu ginjal.
  • Masalah prostat seperti pembesaran prostat atau kanker prostat.
  • Masalah pada sistem reproduksi seperti kemandulan, disfungsi ereksi, atau kelainan pada organ reproduksi.
  • Masalah inkontinensia atau tidak dapat mengendalikan kandung kemih.
  • Masalah pada ginjal seperti penyakit ginjal atau kanker ginjal.

Tidak hanya terfokus pada pasien pria, wanita juga bisa mengalami keluhan di saluran kemih. Oleh karena itu, pastikan kamu mendapatkan dokter yang tepat, ya. 

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Jenis-Jenis Layanan dan Alamat Kimia Farma Terdekat

Cara Memilih Dokter Urologi yang Tepat

Terkadang, banyaknya pilihan dokter urologi membuat kamu bingung untuk menentukan pilihan. Terlebih jika kamu juga tidak memiliki cukup banyak informasi tentang dokter urologi. Memilih dokter urologi yang tepat ini sangat penting supaya penyakit kamu bisa teratasi dengan baik. 

Jika kamu memilih dokter urologi secara asal-asalan, bukan tidak mungkin kamu justru akan tertipu dengan layanan pengobatannya. Oleh karena itu, berikut ini beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih dokter urologi terdekat:

  1. Pastikan Dokter Berpengalaman 

    Pastikan dokter urologi yang kamu pilih memiliki pengalaman dalam menangani masalah kesehatan yang kamu alami. kamu dapat mencari informasi tentang pengalaman dokter urologi tersebut di situs web mereka atau melalui penilaian pasien sebelumnya.

  2. Pilih Lokasi Praktik yang Mudah Diakses

    Pilih dokter urologi terdekat agar mudah diakses dan tidak memakan waktu yang banyak dalam perjalanan menuju klinik atau rumah sakit. Hal ini juga penting dalam menghadapi situasi darurat.

  3. Pastikan Biaya Praktik Masuk Akal

    Pastikan biaya yang dikenakan dokter urologi tidak terlalu mahal dan sesuai dengan budget kamu. Pastikan juga untuk memeriksa apakah dokter urologi tersebut menerima asuransi kesehatan atau tidak.

    Akan tetapi, jika layanan yang diberikan juga dibandrol dengan harga sangat murah, ada baiknya kamu juga memastikannya, ya. Hal ini dilakukan untuk menghindari praktik dokter yang asal-asalan atau ilegal. 

  4. Kualitas Pelayanan

    Pastikan dokter urologi yang kamu pilih memberikan pelayanan yang ramah dan profesional. kamu dapat membaca ulasan dan testimoni dari pasien sebelumnya untuk mengetahui kualitas pelayanan yang mereka berikan.

    Kualitas pelayanan juga bisa kamu cari tahu melalui situs resmi rumah sakit atau klinik tempat dokter tersebut bekerja. Biasanya, dalam situs tersebut juga memuat riwayat pengalaman dan juga jadwal praktiknya sehingga kamu bisa lebih terinformasi. 

Daftar Dokter Urologi Terdekat di Jakarta

Bagi kamu yang membutuhkan layanan dokter urologi di Jakarta, penting untuk menemukan dokter yang terpercaya dan berpengalaman. Nah, berikut adalah 10 daftar dokter urologi terdekat yang membuka praktik di Jakarta, lengkap dengan spesialisasi dan juga jadwal praktiknya. Silakan simak daftar dokter urologi berikut ini. 

  1. Dr. Arry Rodjani, Sp. U, Subsp. Ped.(K)

    Dr. Arry Rodjani, Sp. U, Subsp. Ped.(K) adalah seorang dokter urologi yang berpraktik di RS Pondok Indah. Beliau memiliki pengalaman yang cukup dalam bidang urologi dan merupakan Spesialis Urologi Sub Spesialis Urologi Pediatrik. Jam praktik Dr. Arry adalah hari Senin dan Rabu pukul 15.00–17.00 WIB. 

  2. Dr. Doddy Hami Seno, Sp.U,Subsp.And (K)

    Masih dari RS Pondok Indah, ada juga Dr. Doddy Hami Seno, Sp.U,Subsp.And (K) yang merupakan spesialis di bidang urologi. Beliau memiliki pengalaman yang cukup panjang dalam menangani berbagai masalah urologi, seperti kanker prostat, batu ginjal, dan disfungsi ereksi.

    Kamu bisa mengunjungi Dr. Doddy Hami Seno, Sp.U,Subsp.And (K) di RS Pondok Indah - Pondok Indah pada hari Senin sampai Sabtu dan RS Pondok Indah - Bintaro Jaya pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. 

  3. Dr. Nugroho Purnomo, Sp.U

    Dokter urologi terdekat di Jakarta selanjutnya adalah Dr. Nugroho Purnomo, Sp.U. Dr. Nugroho berpraktik di RS Mitra Keluarga Bekasi. Adapun, beliau merupakan seorang spesialis di bidang Bedah Saluran Kemih (Urology). 

  4. Dr. Entjeng Hidayat, Sp.U

    Sama seperti Dr. Nugroho, Dr. Entjeng Hidayat, Sp.U juga merupakan seorang spesialis di bidang urologi dan membuka praktik di RS Mitra Keluarga Bekasi. Jika kamu ingin membuat janji dengan beliau, silakan menghubungi RS Mitra Keluarga Bekasi untuk informasi jadwal praktik, biaya, dan sebagainya. 

  5. Dr. Akbari Wahyudi Kusumah, Sp.U

    Berpindah ke RS Mayapada Hospital Jakarta, kamu bisa berkonsultasi dengan Dr. Akbari Wahyudi Kusumah, Sp.U selaku dokter urologi. Beliau membuka jadwal konsultasi di hari Senin sampai Jumat mulai pukul 15.00–17.00 dan hari Sabtu pukul 10.00–12.00. 

  6. Prof.dr. Harrina Erlianti Rahardjo, Sp.U(K), PhD

    Dokter urologi terdekat di Jakarta selanjutnya adalah Prof.dr. Harrina Erlianti Rahardjo, Sp.U(K), PhD. Beliau membuka praktik konsultasi urologi di RS Mayapada Hospital Jakarta. Akan tetapi, Dr. Harrina hanya membuka praktik pada hari Sabtu pukul 09.00–11.00 WIB. Jadi, pastikan kamu sudah reservasi terlebih dahulu, ya. 

  7. Dr. dr. Iwan Nurachman, Sp.U

    Dr. dr. Iwan Nurachman, Sp.U adalah seorang dokter urologi yang berpraktik di RS Puri Cinere. Beliau memiliki pengalaman yang cukup dalam menangani berbagai masalah urologi, seperti pembesaran prostat, kanker prostat, dan infeksi saluran kemih.

  8. Dr. Michael A. Susilo, Sp.U.

    Dokter urologi ini memiliki praktik di Rumah Sakit Jakarta Medical Center dan Rumah Sakit Pondok Indah. Beliau juga merupakan anggota dari Perhimpunan Urologi Indonesia.

  9. Dr. Gerhard Reinaldi Situmorang, Sp.U, 

    Dr. Gerhard Reinaldi Situmorang, Sp.U, merupakan dokter urologi yang membuka praktik di RS Cipto Mangunkusumo. Gr. Gerhard sudah memiliki banyak pengalaman di bidang urologi sehingga keahliannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Jadwal praktik Dr. Gerhard ada di hari Selasa. 

  10. Dr. Sigit Sholichin, SpU, dr.

    Dr. Sigit Sholichin, SpU, merupakan dokter urologi yang membuka prakter di RS Metropolitan Medical Center (RS MMC). Beliau merupakan spesialis di bidang bedah saluran kencing. kamu bisa melihat jadwal praktik Dr. Sigit di website resmi RS MMC. 

Reservasi Dokter Urologi Terdekat di Jakarta

Itulah 10 dokter urologi terdekat di Jakarta yang dapat kamu kunjungi. Mencari dokter urologi terdekat bisa menjadi tugas yang menantang, tetapi dengan beberapa tips yang telah dijelaskan di atas, kamu bisa menemukan dokter urologi terdekat dengan mudah. 

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter urologi tertentu, pastikan spesialis dan pelayanan yang diberikan sesuai dengan keluhan kamu, ya. Selain itu, pastikan kamu telah melakukan reservasi atau janji temu terlebih dahulu dengan dokter urologi kamu. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan ketersediaan konsultasi, sehingga kunjunganmu ke rumah sakit menjadi lebih efektif. 

Terakhir, selalu ingat untuk mengutamakan kesehatan kamu dan melakukan pemeriksaan secara rutin agar masalah kesehatan yang lebih serius dapat dicegah sejak dini. Ingat, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dalam mencari dokter urologi terdekat dan menjaga kesehatanmu dengan baik. Salam sehat! 

Baca Juga: Daftar Bidan Terdekat di Sekitaran Jakarta