Duduk Mundur di Kereta Bikin Pusing? Ini Tips Mengantisipasinya

Kereta api merupakan salah satu pilihan transportasi yang praktis, nyaman, dan ekonomis. Bukan tanpa alasan, di sepanjang perjalanan, penumpang bisa menikmati beragam pemandangan alam yang menarik serta terbebas dari segala keruwetan jalanan kota.

Tak seperti pesawat atau bus, kereta api memiliki tempat duduk dengan posisi yang saling berhadapan. Posisi ini akan berubah seiring arah laju kereta.

Sayangnya, tidak sedikit penumpang yang kecewa ketika mendapatkan tempat duduk yang menghadap ke arah belakang karena seolah berjalan mundur.

Bagi beberapa orang yang belum terbiasa, posisi tersebut tentunya akan membuat kepala pusing. Nah, sebagai langkah antisipatif berikut ini ada beberapa tips supaya tidak pusing saat dapat tempat duduk kereta yang menghadap belakang.

Baca Juga: Beda Kelas Kereta Api, Yuk Cari Tahu Supaya Tidak Salah Pilih Kelas!

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Tips Mencegah Pusing saat Duduk Mundur di Kereta Api

loader

Duduk Mundur di Kereta Api

1. Selalu Berpikir Positif

Tips pertama adalah selalu berpikir positif. Jangan selalu berpikir negatif, jengkel, atau tegang karena hal ini justru akan membuat kepala semakin terasa pusing, bahkan bikin mual.

Ingat, pikiran akan sangat memengaruhi alam bawah sadar, jadi supaya perjalanan terasa lebih nyaman dan menyenangkan cobalah berpikir lebih positif. Bayangkan saja perjalanan yang indah dan menyenangkan supaya tubuh lebih rileks.

2. Pastikan Perut Terisi

Jangan biarkan perut merasa lapar ya, apalagi perjalanan dalam kereta biasanya memakan waktu berjam-jam. Perut yang kosong akan membuat seseorang jadi lebih rentan mengalami sakit kepala, mual, dan bahkan memicu kambuhnya maag yang akan semakin memperparah kondisi.

Di beberapa jenis kereta, utamanya kereta jarak jauh tersedia kantin yang menawarkan makanan dan minuman. Kamu bisa membeli camilan, makanan berat, atau minuman secukupnya untuk dimakan dalam perjalanan.

3. Perhatikan Posisi Tubuh

Tips selanjutnya adalah pastikan posisi tubuh sudah nyaman ketika duduk di kursi. Sebaiknya duduklah tegak dan jangan terlalu condong ke depan atau belakang.

Pastikan juga kepala dalam posisi yang nyaman, jangan terlalu menunduk atau bahkan menengadah. Supaya leher tidak kaku pakailah bantal leher yang empuk dan nyaman.

Kalau bisa, jangan duduk terlalu dekat dengan jendela atau jika perlu tutup tirainya. Tujuannya supaya kamu tidak terlalu sensitif dengan pergerakan kereta yang seolah terlihat mundur.

4. Dengarkan Musik

Supaya pikiran dan tubuh lebih rileks, cobalah untuk mendengarkan musik dengan volume sedang menggunakan earphone atau headphone. Selain untuk mengalihkan pikiran dan mengurangi munculnya rasa pusing, cara ini bisa jadi alternatif untuk hiburan supaya tidak bosan. Kalau kamu justru merasa tidak nyaman, skip tips yang satu ini ya dan coba terapkan tips lainnya.

5. Coba Pijatan-pijatan Sederhana

Ketika duduk lama di kereta api, tubuh mungkin akan terasa pegal dan kaku. Terutama di area leher dan bahu. Hal ini pula yang menjadi salah satu pemicu rasa pusing muncul.

Oleh karena itu, coba lakukan gerakan-gerakan peregangan sederhana dari tempat duduk atau berikan pijatan yang lembut di bagian leher dan bahu, agar tubuh menjadi lebih rileks dan gak pusing lagi. 

6. Hindari Membaca Buku atau Menatap Layar Ponsel Terlalu Lama

Ketika duduk mundur, membaca buku atau menatap layar smartphone dalam waktu lama justru bikin tambah pusing dan mual. Ini karena kegiatan tersebut dapat membuat mata dan otak bekerja terlalu keras.

Cobalah untuk menikmati pemandangan atau melakukan kegiatan lain yang tidak terlalu membebani otak dan mata.

7. Tidur dengan Pulas

Cara satu ini mungkin cocok untuk kamu yang gampang tidur di kondisi apapun. Agar perjalanan terasa semakin singkat dan tidak perlu khawatir akan mengalami pusing, cobalah tidur dengan posisi yang nyaman.

Kalau perlu pakai alat penutup mata agar kualitas tidur semakin baik.

8. Mengobrol Santai dengan Teman Satu Tempat Duduk

Jika sedang berpergian bersama teman-teman atau keluarga, kamu bisa mengobrol dengan mereka selama di perjalanan. Topiknya bisa beragam, mulai dari membicarakan pemandangan, rencana liburan setelah sampai di kota tujuan, maupun topik ringan lainnya.

Jika kebetulan pergi sendiri, coba ajak ngobrol penumpang yang duduk di samping atau depan dengan santai. Tapi pastikan orang yang diajak bicara berkenan, ya. Jangan sampai hal tersebut ternyata justru membuat mereka merasa terganggu.

9. Gunakan Minyak Aromaterapi

Jika sudah merasa pusing dan tidak nyaman, coba gunakan minyak angin, minyak kayu putih, atau minyak aromaterapi lainnya untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Pastikan juga orang di sekitar tidak terganggu dengan aroma minyak yang kamu gunakan.

Jika memang diperlukan, kamu bisa minum vitamin atau obat anti mabuk.

Baca Juga: Anti Ribet, Deretan Aplikasi Traveling Ini Membuat Perjalanan Mudikmu Lebih Mudah

Lakukan Antisipasi agar Perjalanan dengan Kereta Api Terasa Lebih Nyaman

Duduk mundur di kereta tak akan jadi masalah besar jika kamu bisa mengantisipasinya sejak awal. Mulai dari berpikir positif, duduk dengan posisi tubuh yang tepat, hingga menggunakan minyak aromaterapi.

Lakukan langkah antisipasi sesuai kebutuhan tubuh dan pastikan untuk membuatnya nyaman. Semoga perjalanan kamu semakin menyenangkan, ya!

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Penginapan Ketika Liburan