Emas atau Deposito, Mana yang Lebih Baik untuk Investasi? Baca Ini Dulu

Tahukah bahwa salah satu cara mudah menghasilkan uang adalah dengan berinvestasi di rekening deposito. Rekening deposito merupakan sejenis rekening tabungan dimana uang disetorkan untuk jangka waktu tertentu dan tingkat bunga tetap dibayarkan pada akhir periode tersebut.

Pilihan investasi ini lebih aman bila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya seperti saham atau pasar uang. Membuka rekening deposito cepat dan mudah untuk dilakukan dan yang harus dilakukan adalah menyetorkan uang ke rekening untuk jangka waktu tertentu, dan biarkan uang bekerja untuk Anda.

Selain investasi produk perbankan, saat ini masyarakat sudah mulai paham berbagai alternatif lain melakukan investasi di era modern seperti ini. Salah satunya adalah investasi emas yang bisa jadi alternatif pendamping deposito, yang selama ini sudah lama dikenal masyarakat. Semakin baik masyarakat menerima literasi keuangan, produk deposito dan emas bisa juga dibandingkan, mana yang lebih menguntungkan dan cocok dengan kebutuhan kita. Pelajari ulasan lengkap berikut ini:

Investasi Emas

investasi emas
Investasi Emas

Keinginan memiliki beberapa jenis emas dalam portofolio makin hari makin tumbuh pesat di kalangan investor. Ada beberapa jenis investasi emas, bisa dalam bentuk emas batangan, atau trading emas. Harga emas batangan ditentukan oleh harga pasar emas pada saat pembelian. Emas batangan datang dalam salah satu dari dua bentuk berikut:
• Emas batangan:  Ada beberapa variasi emas batangan mulai dari yang lebih kecil yang disimpan oleh investor sampai yang besar yang biasanya dititipkan dalam safe deposit box.
• Emas perhiasan yang biasanya selain untuk investasi juga digunakan untuk prestis (harga diri dan tingkat percaya diri untuk menunjukkan penampilan mereka)

1. Karakteristik Imbal Balik Investasi Emas

Berbeda dengan investasi lainnya, investasi emas tidak menghasilkan imbal balik dalam bentuk dividen atau bunga.

Investor emas hanya mendapat keuntungan dari apresiasi nilai, yaitu kenaikan harga emas. Apresiasi nilai emas bisa jadi signifikan. Jika acuannya dalam hal Dolar AS, harga emas naik dari di bawah 300 Dolar AS per ons pada tahun 2001 menjadi lebih dari 1.500 Dolar AS pada tahun 2011. Pada periode yang sama, harga emas di British Pounds juga meningkat sekitar 400% .

Ada beberapa argumen yang mendukung kenaikan harga emas lebih lanjut karena kekhawatiran inflasi atau kembalinya krisis keuangan.

Lindungi aset dengan investasi emas
Bagi banyak investor, tujuan utama berinvestasi di emas adalah cenderung untuk melestarikan uang yang diinvestasikan. Investasi emas sering berkinerja baik pada saat-saat sulit secara ekonomi atau selama krisis. Harga emas bisa turun, tapi tidak seperti saham, obligasi atau sekuritas lainnya, emas fisik tidak akan pernah kehilangan nilainya.

Investasi emas untuk diversifikasi portofolio
Rendahnya korelasi harga emas dengan harga kelas aset lainnya membuat investasi emas menjadi instrumen yang menarik untuk diversifikasi portofolio investasi. Teori investasi modern akan menyarankan agar investor menambahkan aset dengan risiko rendah atau lebih baik ke portofolio emas untuk memperbaiki profil pengembalian risiko.

2. Kepemilikan Emas Batangan sebagai Alternatif Investasi yang Menarik

Emas adalah logam mulia yang paling berharga dan banyak dilirik investor. Emas bisa diterima di seluruh dunia, terlepas dari negara dan mata uangnya apa, emas tetaplah dijadikan produk yang dapat diperdagangkan secara universal. Emas telah terbukti kuat bertahan untuk menjadi komoditas yang punya tren naik selama bertahun-tahun, bahkan ketika pasar telah mengalami penurunan besar, emas tetap stabil dan tidak terpengaruh. Inilah sebabnya mengapa emas sering dipandang sangat menarik sebagai media investasi.

Anda bisa melihat emas dengan dua cara. Melihatnya sebagai investasi tambahan di pasar yang hanya menambah portofolio dengan jenis investasi lainnya. Atau bisa melihat emas sebagai salah satu komoditas untuk diperdagangkan di pasaran seperti banyak komoditas lainnya, karena harga emas cukup stabil

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

3. Investasi Emas dalam Bentuk Trading Emas

Emas diterima secara luas sebagai pilihan perdagangan yang menguntungkan, dan merupakan komoditas favorit para pedagang karena berbagai alasan. Emas punya tradisi kuat dan berkinerja bagus untuk jangka panjang, dengan permintaan tumbuh dari hari ke hari. Jadi perdagangan emas online telah muncul sebagai platform yang bagus sebagai alternatif investasi untuk meningkatkan kekayaan. Anda bisa memilih beberapa situs web terpercaya yang menawarkan banyak alternatif untuk perdagangan emas secara online/trading.

4. Perdagangan Emas Online

Perdagangan emas secara online memberi kesempatan trader untuk berinvestasi di pasar yang luas. Pasar emas sering berubah dan harganya berfluktuasi, melalui perdagangan online Anda bisa beralih ke harga emas real time. Perdagangan online juga berfungsi agar terhindar dari risiko inflasi. Jika bisnis lain membebani Anda, menuntut waktu dan kehadiran, dengan melakukan perdagangan emas secara online tidak akan ada hal seperti itu.

Perdagangan emas telah dianggap relatif aman untuk investasi jangka pendek maupun jangka panjang. Semua manfaat ini membuat banyak orang beralih ke perdagangan emas secara online.

Baca Juga: Cara Investasi Emas yang Lagi Tren Saat Ini

Investasi Deposito

deposito
Deposito

Jika ingin melakukan investasi deposito, bisa dilakukan dengan deposito berjangka atau deposito on call. Sesuaikan ketentuan yang berlaku pada kedua jenis deposito tersebut dengan kebutuhan.

Emas dan deposito memiliki karakteristisk yang berbeda dari sisi imbal balik investasi. Berikut ini beberapa karakteristik imbal balik kedua jenis investasi tersebut.

1. Karakteristik Imbal Balik Investasi Deposito

Deposito tetap adalah salah satu investasi yang paling populer dan bebas risiko. Ini tidak seperti instrumen investasi lainnya yang didorong pasar. Tidak ada risiko yang terkait yang berarti Anda dapat menarik uang kapan pun. Jika tidak, Anda akan mendapatkan jumlah yang pasti pada tanggal jatuh tempo.

2. Tingkat Bunga yang Terbaik dan Jumlah yang Pasti!

Dibandingkan dengan skema simpanan, setoran deposito memiliki suku bunga tetap. Bagi masyarakat yang melek akan investasi,  akan menemukan suku bunga deposito lebih tinggi dari pada rekening tabungan.

3. Cukup Fleksibel dan Tetap Memberi Imbal Balik yang Menarik

Investasi dalam bentuk deposito memiliki fleksibilitas dari sisi periode investasi. Ini berarti Anda dapat mengambil keuntungan dari deposito selama periode pilihan yang diinginkan. Pilih periode yang tepat sesuai dengan rencana keuangan sehingga tidak perlu melakukan penarikan dini untuk mendapatkan imbal balik yang menarik.

4. Bisa Digunakan sebagai Dana Darurat

Depsoito bisa sangat membantu, terutama dalam kebutuhan mendesak akan uang. Ada banyak organisasi keuangan yang juga menawarkan fasilitas di mana Anda juga dapat memanfaatkan pinjaman dengann jaminan deposito. Sebagian besar bank bahkan bisa memberikan pinjaman sebesar 60-90% dari simpanan.

Bandingkan Tingkat Likuiditas

Salah satu alasan utama investasi adalah faktor mudahnya aset investasi tersebut dicairkan atau lebih dikenal dengan istilah likuiditas. Mari kita bandingkan beberapa jenis investasi tersebut untuk melihat plus minusnya.

Emas dalam bentuk fisik batangan butuh toko emas yang mau membeli emas kita dengan harga yang menarik. Jika Anda punya langganan berarti likuiditasnya akan bagus

Trading emas karena diperdagangkan setiap hari maka secara otomatis mudah dijual maupun dibeli kembali

Deposito punya ketentuan tersendiri terkait jadwal penarikan dana atau dikenal dengan istilah jatuh tempo. Di luar itu deposito tidak bisa dicairkan atau ada biaya tambahan jika dicairkan

Bandingkan Risikonya

Jika dilihat dari risikonya, berikut ini perbandingan beberapa jenis investasi seperti ulasan di atas:

  • Investasi Emas Fisik

Investai emas fisik memiliki kelebihan relatif aman dan tidak ekstrim dari sisi risiko, namun imbal balik yang diberikan juga tidak secepat jika dilakukan dengan sistem trading emas. Prinsipnya imbal balik akan didapatkan jika emas dijual dan harganya pas naik.

  • Investasi Trading Emas

Trading emas adalah salah satu cara investasi emas yang menarik. Emas bisa diperdagangkan dengan mudah seperti saham. Ada sejumlah cara untuk berdagang emas secara online. Anda bisa memperdagangkan secara mudah di pasar trading emas. Keuntungan dan kerugian bisa cepat silih berganti di trading emas ini.

  • Investasi Deposito

Deposito ini adalah pilihan investasi yang lebih aman bila dibandingkan dengan jenis investasi lainnya seperti saham atau pasar uang. Membuka rekening deposito itu mudah dan yang harus dilakukan adalah menyetorkan uang ke rekening untuk jangka waktu tertentu, untuk mendapatkan imbal balik dalam periode tertentu yang biasanya dalam bentuk bunga deposito.

Berikut adalah alasan mengapa harus membuka rekening deposito:

  1. Mendorong kebiasaan menabung karena uang yang Anda depositokan harus ada dalam rekening untuk jangka waktu tertentu tanpa penarikan.
  2. Berinvestasi dalam rekening deposito menghasilkan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada menyetor uang ke rekening tabungan biasa.
  3. Bisa membantu bisnis untuk perputaran arus kas atau dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan uang masa depan.
  4. Anda bisa memilih berapa lama ingin menginvestasikan uang di rekening deposito mulai dari 30 hari sampai beberapa tahun.

Deposito menjadi salah satu alternatif yang menarik untuk dijadikan investasi dalam mengembangkan uang dan aset.

Baca Juga: Tips Memilih dan Menghitung Deposito Supaya Menguntungkan

Pahami Karakteristik Produk Investasi, Pilih Sesuai dengan Profil Risiko

Pada prinsipnya jika ditelaah lebih lanjut, ada tiga jenis utama Investor Emas

Investor high risk:  investor ini termasuk yang paling berani ambil risiko. Biasanya suka akan sistem trading emas dan tidak suka investasi emas batangan

Investor tipe pedagang: Investor ini mencoba untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan jangka pendek dari harga emas dalam kerangka waktu satu hari sampai 12 bulan, sama seperti jenis investasi lainnya. Mereka akan melakukan perdagangan berdasarkan penawaran dan permintaan yang dia monitor harian dalam pergerakan naik turunnya harga emas.

Investor jangka panjang: Investor ini sabar menyimpan emas selama beberapa tahun dan percaya bahwa harga emas akan meningkat dalam jangka panjang. Ada berbagai alasan yang diyakini jenis investor ini yaitu riwayat kurs rupiah terhadap Dolar atau meningkatnya rasio populasi dunia terhadap pasokan emas. Anda bisa menyesuaikan tipe investor Anda seperti apa agar bisa mendapatkan imbal balik yang maksimal dalam berinvestasi.

Baca Juga: 5 Produk Bank yang Sering Digunakan dan Manfaatnya