Favorit Jadi Pilihan, Yuk Kenali Apa Itu Emas Kuning dan Tips Memilihnya

Memiliki kesan mewah, elegan, dan bernilai tinggi, emas telah lama dikenal sebagai logam mulia yang memiliki banyak fungsi. Selain menjadi instrumen investasi, emas juga kerap digunakan sebagai perhiasan jenis emas kuning. Dibanding dengan jenis emas perhiasan lain, seperti emas putih atau rose gold, emas kuning bisa dibilang yang paling populer dijadikan pilihan. 

Alasannya karena jenis emas ini memiliki karakteristik yang mirip dengan emas murni, yakni warnanya kuning serta tak terlalu banyak dicampur logam lain dengan jenis atau warna berbeda. Meski begitu, sebelum memutuskan untuk membeli emas kuning, ada baiknya kamu mencari tahu dulu apa itu emas kuning, kelebihan dan kekurangan, serta tips memilihnya. 

Tanpa panjang lebar lagi, berikut segala hal penting seputar emas kuning yang perlu kamu pahami. 

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Apa Itu Emas Kuning?

loader

Emas Kuning

Sesuai namanya, emas kuning adalah jenis emas yang memiliki tampilan berwarna kuning selayaknya warna dasar dari logam mulia itu sendiri. Warna kuning tetap terjaga pada jenis emas ini karena memang diproduksi tanpa terlalu banyak mencampur jenis logam lain yang memiliki warna berlainan. 

Akan tetapi, tergantung dari kadar karat di dalamnya, emas kuning tetap membutuhkan campuran dari jenis logam lain agar bisa dibuat. Khususnya jika dijadikan sebagai emas perhiasan, emas kuning perlu campuran jenis logam lain agar daya tahannya lebih kuat dan tidak rentan rusak. 

Biasanya, jenis logam yang digunakan oleh pengrajin dalam membuat emas kuning adalah seng, tembaga, dan perak. Penggunaan jenis logam tersebut dinilai mampu mempertahankan tampilan warna kuning emas yang khas.

Kelebihan Emas Kuning

Dibandingkan dengan jenis emas lain, emas kuning memiliki beberapa kelebihan dan keunggulan yang membuatnya lebih menarik di mata para peminatnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kelebihan emas kuning yang penting untuk kamu ketahui. 

  • Pembuatan emas kuning berasal dari campuran emas murni dan beragam jenis logam lain, seperti seng dan tembaga. Karena dikombinasikan dengan logam yang tak mengandung nikel, produk emas kuning tak memiliki risiko memicu alergi saat digunakan. 
  • Tak membutuhkan campuran logam lain dengan harga yang mahal, produk emas kuning secara umum lebih terjangkau dan bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan.
  • Karena harus menjaga warna asli dari emas, emas kuning tak perlu dilapisi dengan bahan tertentu yang bisa membuat harganya lebih mahal. 
  • Masih mempertahankan warna khas emas, perhiasan dari jenis emas ini mampu memberi kesan elegan dan klasik. Karenanya, banyak orang memilih emas kuning saat ingin memiliki perhiasan yang terlihat mewah dan bernilai tinggi. 

Kekurangan Emas Kuning

Dengan beragam kelebihannya yang menarik, emas kuning tetap memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya. Berikut adalah beberapa kekurangan emas kuning yang penting untuk diperhatikan. 

  • Karena warna dan tampilannya, perhiasan yang terbuat dari emas kuning mungkin hanya cocok digunakan oleh orang yang mempunyai warna atau tone kulit tertentu. Biasanya, emas kuning cocok dikenakan oleh kamu yang memiliki tone kulit yang hangat. Sementara bagi pemilik kulit dengan tone dingin atau warna yang cerah atau putih, mengenakan perhiasan emas kuning akan membuatmu terlihat pucat dan memudarkan warnanya. 
  • Emas kuning perlu dirawat dengan cara khusus, seperti memolesnya secara lembut menggunakan bahan yang tepat. Dengan begitu, kilaunya tetap terjaga dan kondisinya tidak memburuk. 
  • Jika dibanding dengan jenis emas lain, emas kuning memiliki tekstur yang cenderung lebih lunak sehingga mudah rusak dan tergores jika tidak hati-hati, khususnya yang memiliki kadar karat tinggi. 

Tips Memilih Perhiasan Emas Kuning

loader

Perhiasan Emas Kuning

Jika tertarik untuk memiliki perhiasan emas kuning, kamu perlu memahami bagaimana tips memilihnya. Berikut penjelasannya. 

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

    Ketika membeli emas perhiasan, pahami jika tujuan utamanya adalah sebagai aset guna, bukan investasi. Hal ini berlaku pula pada produk emas kuning. Di samping itu, sesuaikan pula alasan membeli emas kuning ini dengan kebutuhan, misalnya jika untuk cincin pernikahan, pilih desain dan harga yang sesuai keinginanmu bersama pasangan. 

  2. Cari Rekomendasi Produk 

    Agar memiliki lebih banyak pilihan dan mengetahui standarnya, kamu juga perlu mencari rekomendasi produk perhiasan emas kuning di berbagai sumber. Misalnya, kamu bisa menemukan inspirasi dan rekomendasi di internet agar mampu memilih produk emas kuning sesuai selera serta kebutuhan. 

  3. Cek Budget yang Dimiliki

    Hal lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan sebelum memilih perhiasan emas kuning adalah mengecek budget. Tergantung kebutuhan dan kadar karatnya, emas kuning memiliki varian harga yang cukup fleksibel. Jadi, ada baiknya untuk mengetahui berapa anggaran yang dimiliki untuk membeli perhiasan ini agar tak overbudget hingga berisiko mengacaukan keuangan.

  4. Pilih Model yang Menarik

    Sebagai emas perhiasan, emas kuning bisa lebih mudah diolah dengan model dan desain tertentu sesuai keinginan. Jika memilih emas perhiasan yang sudah jadi, pastikan modelnya sesuai dengan selera dan kepribadian, ataupun tujuan penggunaannya. Jika memang digunakan untuk acara khusus, seperti cincin pernikahan, tidak ada salahnya untuk memilih model yang mewah demi kebahagiaanmu bersama pasangan. 

  5. Pastikan Reputasi dan Legalitas Penjual

    Dalam membeli emas perhiasan, memastikan reputasi dan legalitas penjualnya merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, jika lengah, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi korban penipuan. Karenanya, cek kredibilitas toko emas terlebih dulu dengan mengecek reputasi dan ulasan pelanggannya terdahulu. 

  6. Pantau Harga Emas Terkini

    Karena harganya yang terus berfluktuasi, membeli emas kuning perlu dilakukan dengan memantau harganya terlebih dulu. Jika harganya tengah melambung tinggi, tahan dulu rencana membeli hingga ada sedikit penurunan. Selain itu, bandingkan harga emas perhiasan ini di satu toko dengan toko lain, termasuk antar merek yang berbeda, agar bisa mendapatkan produk terbaik dengan harga terjangkau. 

  7. Perhatikan Kualitas dan Kondisi Fisik Emas

    Tips memilih perhiasan emas kuning lainnya adalah memerhatikan kualitas dan kondisi fisiknya. Hal ini penting untuk dilakukan khususnya jika kamu membeli emas dari orang lain atau produk bekas pakai agar terhindar dari risiko menerima perhiasan dengan kualitas buruk atau cacat.

  8. Lihat Kadar Karatnya

    Tips lainnya, pastikan untuk melihat tingkat kemurnian emas terlebih dulu dan cocokkan dengan sertifikatnya. Jangan sampai membeli emas dengan kadar karat rendah tapi dihargai tinggi agar tak merugi. 

  9. Jangan Sampai Kehilangan Sertifikatnya 

    Terakhir, jangan sampai kehilangan sertifikat emas karena berkas tersebut merupakan bukti legalitas dan penunjuk informasi seputar produk emas. Di samping itu, simpan pula kuitansi dan nota pembelian agar dapat menjadi bukti harganya saat hendak dijual kembali di masa depan. 

Pahami Produknya agar Tak Tertipu saat Beli Produk Emas Kuning

Sebagai jenis emas yang populer dijadikan pilihan, emas kuning memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan sebelum membelinya. Selain itu, agar terhindar dari risiko penipuan, pastikan untuk mengikuti tips di atas saat membeli emas kuning. Semoga informasi di atas dapat membantumu dalam memahami produk emas kuning, ya!