Punya Daya Tariknya Tersendiri, Yuk Kenali Jenis Emas Perhiasan yang Cocok Untukmu

Banyak orang menganggap jika emas adalah logam mulia bernilai tinggi dan kerap diidam-idamkan untuk dimiliki. Selain dijadikan sebagai instrumen investasi, emas juga bisa sekaligus menjadi perhiasan dan aksesoris yang mampu menjadi penunjuk strata sosial seseorang. 

Bukan tanpa alasan, emas sebagai instrumen investasi dikenal sebagai produk yang memiliki harga stabil, likuiditas tinggi, dan ideal melindungi nilai kekayaan dalam jangka panjang. Sementara sebagai perhiasan, emas memiliki beragam jenis dengan warna yang berbeda dan bisa dengan mudah diolah sesuai dengan keinginan maupun selera penggunanya. 

Ya, selain emas kuning, logam mulia ini juga bisa ditemui dengan jenis warna lain yang tak kalah menarik untuk dimiliki. Setiap jenis emas perhiasan pun mempunyai daya tariknya tersendiri dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Nah, untuk kamu yang ingin tahu tentang beragam jenis emas perhiasan yang laris manis untuk dibeli, tapi juga menarik dijadikan instrumen investasi, simak penjelasannya berikut ini. 

Mulai Berinvestasi Emas Sekarang!

Jenis-Jenis Emas Perhiasan

loader

Jenis-Jenis Emas Perhiasan

1. Emas Kuning

Jenis emas perhiasan pertama yang paling banyak dikenal masyarakat adalah emas kuning. Warna kuning emas ini memang menjadi warna asli dari logam mulia tersebut yang masih belum banyak dicampur dengan logam lain saat dijadikan sebagai produk perhiasan atau aksesoris. 

Dengan warnanya yang tampak mewah dan glamor, emas kuning populer dijadikan sebagai produk perhiasan karena lebih natural dan kilapnya kerap memanjakan mata para pecinta logam mulia tersebut. Karena kandungan atau kadar emasnya yang masih tinggi dan belum banyak tercampur logam lain, produk perhiasan emas kuning juga mampu menjaga nilai jualnya agar tetap tinggi. 

Oleh karena itu, tak mengherankan jika para pecinta produk perhiasan ini kerap memandang jika pemilik emas kuning mempunyai kondisi keuangan yang baik. Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa jenis emas perhiasan ini tak pernah sepi peminat, terlepas dari fluktuasi harganya di pasaran sebagai instrumen investasi. 

Jika dibandingkan dengan jenis emas perhiasan lainnya, emas kuning mempunyai kelebihan mudah dicermati dan tak pernah gagal untuk terlihat menawan ketika dikenakan. Selain itu, ketika diolah menjadi produk perhiasan apa pun, emas kuning juga senantiasa mampu menjaga kualitas dan kecantikannya.

Sebagai logam mulia, emas yang mempunyai warna kuning dapat dibilang merupakan logam mulia paling murni apabila dibandingkan dengan jenis emas perhiasan lain. Hal ini dikarenakan pembuatan emas kuning memiliki campuran logam lain, seperti tembaga, perak, dan seng, dalam jumlah yang masih sedikit. 

Umumnya, semakin tinggi tingkat kemurnian emas ketika dijadikan sebagai perhiasan, warnanya akan tampak semakin terang. Sebagai contoh, produk emas perhiasan dengan kadar 20 karat pasti mempunyai warna lebih terang ketimbang produk emas perhiasan dengan kadar 16 karat, atau bahkan 14 karat. Sehingga, jenis emas perhiasan ini seakan tak pernah sepi peminat karena keunggulan dan karakteristik yang dimilikinya tersebut. 

2. Emas Putih

Tidak hanya emas kuning, ada pula jenis emas perhiasan yang disebut emas putih. Sesuai namanya, emas putih memiliki warna cenderung putih dan memiliki kalangan peminatnya tersendiri. Sama halnya dengan emas kuning, perhiasan emas putih juga tidak sulit dijumpai pada toko perhiasan karena memang banyak orang tertarik untuk membeli jenis emas perhiasan ini. 

Dibandingkan dengan emas kuning, emas putih banyak diminati karena warnanya yang tak terlalu mencolok. Karena warnanya yang cenderung netral, perhiasan yang terbuat dari jenis emas ini juga mudah dikenakan dengan berbagai tema fashion atau untuk menghadiri acara tertentu. Bahkan, perhiasan dari emas putih juga cocok dijadikan sebagai aksesoris harian karena karakteristiknya yang tak terlalu mewah dan mencolok. 

Pada pembuatannya, emas putih sebenarnya membutuhkan kadar emas yang tidak jauh berbeda dengan emas kuning. Campuran yang digunakan juga hampir sama, yaitu emas serta platinum, maupun paladium, seng, atau nikel.

Meski begitu, dari segi harga, emas putih memiliki harga yang lebih terjangkau dibanding emas kuning. Hal ini membuat peminat dari jenis emas perhiasan ini bisa datang dari hampir semua kalangan masyarakat. Meski begitu, tergantung dari tingkat kerumitan desain dan bahan logam yang dicampurkan, perhiasan emas putih bisa saja lebih mahal dan mampu menunjukkan pamornya. 

Selain itu, jika dibandingkan dengan emas kuning, emas putih memiliki daya tahan yang lebih kuat dan tak mudah tergores. Oleh karena itu, jika kamu menginginkan produk perhiasan emas yang ideal untuk digunakan di aktivitas sehari-hari, emas putih ini bisa kamu jadikan pilihan dibanding jenis emas lain. 

Ketika dijadikan sebagai perhiasan, emas putih sering kali diminati oleh perempuan dan banyak dibuat sebagai cincin. Dengan desain yang memukau dan unik serta disempurnakan dengan mahkota cincin dari batu permata, produk perhiasan dari jenis emas ini tentu tak akan pernah sepi peminat. 

3. Rose Gold

Jenis emas perhiasan terakhir yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan adalah rose gold. Jenis emas perhiasan ini memiliki keunikan tersendiri, khususnya dari segi warna yang sekilas mungkin tidak tampak seperti produk emas pada umumnya. 

Pasalnya, perhiasan dari jenis rose gold mempunyai warna cenderung merah muda atau pink. Warna pink atau merah muda pada produk rose gold ini berasal dari logam yang tercampur di dalamnya, yaitu perak dan tembaga, dengan kadar tembaga yang cenderung lebih banyak. Sehingga, warna merah pada jenis emas ini lebih dominan dan memberikan keunikan tersendiri. 

Dengan warnanya yang tergolong gelap dan tak mencolok seperti emas kuning, rose gold dianggap cocok digunakan oleh kamu yang mempunyai warna kulit putih ataupun sedikit gelap. Pasalnya, warna yang terpancar pada jenis emas perhiasan ini akan lebih terang dan memukau.

Tembaga yang dipakai pada jenis rose gold merupakan jenis logam yang tak terlalu mahal. Hal ini membuat harga dari produk emas sini relatif lebih murah dibanding dengan jenis emas lain dan memberikannya nilai lebih bagi para pecintanya. 

Meski tergolong sebagai jenis perhiasan dengan harga yang terjangkau, tapi rose gold bisa didesain secara unik dan mudah ditambahkan aksesoris lain. Alasannya karena daya tahan dari jenis emas ini terbilang tinggi karena memiliki campuran tembaga yang cukup banyak. 

Sehingga, kamu pun bisa dengan mudah menyesuaikan jenis perhiasan yang ingin dibuat menggunakan rose gold, seperti gelang, kalung, atau cincin. Pun jika mencari perhiasan emas yang ideal digunakan di rutinitas sehari-hari, emas jenis rose gold ini juga bisa menjadi pilihan karena daya tahannya yang kokoh. 

Banyak Varian, Kamu Bisa Memilih Jenis Emas Perhiasan sesuai Selera

Ketika membeli jenis emas perhiasan, banyak orang mungkin hanya tertarik untuk membeli emas kuning. Padahal, selain itu, ada beragam jenis perhiasan emas lain yang juga tak kalah menarik untuk dibeli dengan daya tarik dan pesonanya yang berbeda, seperti emas putih dan rose gold. Nah, setelah mengetahui beragam varian dari logam mulia tersebut, kamu jadi bisa lebih mudah memilih jenis emas perhiasan yang sesuai dengan selera, bukan?