Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Efektivitas Iklan Internet

Menggunakan layanan internet untuk memasarkan bisnis merupakan langkah yang sudah banyak dijalankan oleh kalangan pebisnis. Bukan hanya pebisnis kelas atas saja yang melakukan aktivitas ini, namun sebagian pebisnis pemula juga sudah banyak yang meliriknya.

Jika Anda termasuk pebisnis online yang cukup aktif dalam melakukan pemasaran bisnis, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan berbagai iklan internet yang banyak digunakan selama beberapa tahun belakangan ini.

Sama seperti iklan pada umumnya, iklan internet juga tidak selalu berhasil dengan baik. Pemilihan metode dan juga media yang digunakan merupakan beberapa hal yang bisa menyebabkan kegagalan sebuah iklan bisnis seperti ini. Semua ini patut menjadi perhatian bagi Anda, sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk menerapkan iklan di dalam bisnis yang Anda jalankan.

Di dalam prakteknya, penerapan iklan bisnis bisa saja tidak efektif dan sesuai dengan tujuan, bahkan meski Anda sudah merencanakan segala sesuatunya dengan baik sejak awal.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi efektivitas iklan melalui internet:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Tingkat kejenuhan para pengunjung iklan

tingkat kejenuhan para pengunjung iklan

Tidak semua orang senang melihat iklan, apalagi jika sepanjang waktu mereka harus menemukan iklan yang sangat banyak di media yang mereka akses. Tingginya aktivitas promosi yang ditangani oleh penyedia layanan iklan, akan membuat berbagai iklan internet terpampang sepanjang waktu melalui berbagai media, seperti: email, banner iklan, pop-up windows, media sosial, dan yang lainnya. Semua ini akan membuat pengguna internet yang Anda sasar sebagai konsumen menjadi jenuh.

2. Waktu yang terbatas

waktu yang terbatas

Sebagian pengguna aktif akan menggunakan layanan internet untuk bekerja dan melakukan berbagai aktivitas penting lainnya. Kesibukan yang padat seperti ini akan membuat mereka hanya memiliki waktu yang terbatas untuk melihat atau bahkan membaca berbagai hal lainnya di luar pekerjaan mereka. Hal ini juga akan membuat iklan internet tidak efektif dan cenderung terabaikan, terutama oleh kalangan orang-orang sibuk seperti ini.

3. Biaya internet yang terbatas

biaya internet yang terbatas  

Akses internet yang terbatas tentu akan menjadi salah satu alasan mengapa sebagian besar orang mengabaikan iklan. Tarif internet yang cukup mahal dan penggunaan layanan internet di waktu-waktu tertentu saja, akan membuat pengguna internet lebih selektif dalam mengakses berbagai konten. Mereka tidak akan memiliki waktu dan budget untuk hal-hal yang tidak perlu, termasuk untuk iklan yang mereka temukan melalui internet.

4. Perhitungan tarif iklan internet yang kurang adil

tarik iklan internet

Penetapan tarif dengan CPM (Cost Per Thousands Impression) atau tarif untuk per seribu kali tayang di dalam iklan internet terbilang kurang adil. Pada dasarnya, tidak semua pengguna internet yang melihat tayangan iklan akan melakukan klik pada iklan tersebut. Jika pengguna internet tidak meng-klik iklan tersebut, maka tujuan pemasangan iklan ini tentu akan jauh dari harapan.

Baca Juga: 7 Strategi Praktis Digital Marketing Bagi Pebisnis Pemula

Pilih jenis iklan dan media yang tepat untuk bisnis Anda

Saat Anda akan menggunakan iklan internet untuk memasarkan produk Anda, pastikan Anda memilih jenis iklan yang tepat sejak awal. Selain itu, pertimbangkan juga media iklan yang paling sesuai dan bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli yang potensial di dalam bisnis tersebut. Hal ini akan membantu Anda mencapai tujuan pemasaran dengan lebih maksimal.

Berikut ini adalah beberapa poin penting yang wajib Anda pertimbangkan saat memilih media iklan di dalam bisnis Anda:

1. Karakteristik produk 

Karakteristik produk Anda akan menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih media iklan bisnis Anda. Anda perlu menyesuaikan karakteristik produk Anda ini dengan jenis iklan yang Anda pilih, termasuk media yang akan anda gunakan untuk menampilkan iklan tersebut kepada para calon konsumen bisnis Anda. Misalnya: penggunaan iklan dalam bentuk video melalui YouTube akan cocok untuk iklan produk otomotif seperti sepeda motor dan juga mobil.

2. Karakteristik target konsumen 

Siapa yang Anda sasar dalam bisnis Anda dan bagaimana sifat mereka? Kedua pertanyaan ini menjadi poin penting dalam menentukan media promosi di dalam bisnis Anda. Misalnya: jika Anda memproduksi pakaian kerja formal, maka memilih majalah bisnis atau bahkan situs kerja sebagai media promosi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis Anda tersebut.

3. Karakteristik informasi yang disampaikan 

Karakteristik informasi yang akan Anda sampaikan di dalam iklan juga akan menjadi penentu pemilihan media yang tepat untuk iklan tersebut. Misalnya: saat Anda beriklan tentang berbagai informasi diskon mingguan, maka menggunakan media yang tayang atau terbit harian tentu akan menjadi keputusan yang tepat.

Baca Juga: 3 Jenis Digital Marketing Ini Bikin Bisnis Berkembang Pesat

Media dan Konten Iklan Internet yang Tepat

Penggunaan iklan internet dalam memasarkan bisnis bisa menjadi pilihan untuk Anda. Pahami berbagai faktor yang mempengaruhi iklan internet ini, sehingga Anda bisa mengupayakan langkah yang tepat untuk membuatmu lebih maksimal. Pilih media yang tepat dan jenis iklan yang paling efektif, sehingga Anda bisa mendapatkan angka penjualan maksimal dari iklan yang Anda pasang.

Baca Juga: Mengenal Email Marketing dan Tips Sukses Menerapkannya di Dalam Bisnis