5 Fashion Item yang Harus Dibawa saat Liburan Agar Tidak Mengganggu Ibadah

Liburan saat menjalankan ibadah puasa ramadhan terdengar cukup berat bagi sebagian orang. Padahal nyatanya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Kamu masih bisa menjalankan aktivitas favorit ini meskipun sedang berpuasa.

Dilarang mengonsumsi makanan maupun minuman bukan menjadi penghalang untuk melakukan berbagai aktivitas menyenangkan selama berpuasa.

Kamu tetap bisa menjalankan aktivitas liburan tanpa perlu khawatir ibadah yang dijalankan akan terganggu. Apalagi jika Kamu mampu mempersiapkan diri dengan baik, termasuk dalam hal memilih pakaian atau fashion item. Pasalnya, ada beberapa fashion item yang bisa mendukung aktivitas ibadahmu jika digunakan.

Penasaran apa saja fashion item yang wajib Kamu gunakan saat traveling di bulan ramadhan? Langsung saja, berikut ini 5 diantaranya:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jilbab Instan yang Praktis

loader
Jilbab yang Praktis

Fashion item pertama yang wajib Kamu bawa saat traveling di bulan ramadhan adalah jilbab instan yang praktis. Penggunaannya yang tanpa peniti membuatmu bisa lebih mudah dalam mengatur dan memakainya. Selain itu, jilbab instan juga lebih nyaman digunakan untuk bergerak dibandingkan jilbab yang harus menggunakan peniti.

Jika Kamu memilih liburan di tempat yang terbilang panas, maka pilih jilbab instan yang menggunakan bahan kaos. Pasalnya, jilbab berbahan kos dapat membuat area kepalamu lebih dingin karena bisa menyerap keringat dengan lebih baik.

Disamping itu, Kamu juga perlu memperhatikan warna dari jilbab instan yang dipilih. Pilihlah warna yang soft atau lembut sehingga tidak akan terasa panas ketika terkena matahari. Sebaliknya, warna gelap seperti hitam akan menyerap sinar matahari sehingga membuatmu kegerahan dan dehidrasi.

2. Long Dress atau Maxi Dress

loader
Maxi Dress

Pakaian yang kamu kenakan sangat penting untuk mendukung ruang gerak yang akan dilakukan selama liburan. Pilih pakaian ringkas yang dapat memudahkanmu dalam bergerak dan beraktivitas. Contohnya yaitu maxi dress atau long dress yang bisa digunakan sebagai pengganti mukena sekaligus karena sudah menutupi seluruh bagian tubuh.

Pilihlah long dress yang menggunakan bahan dasar berupa kaos atau katun. Sama seperti jilbab instan, long dress berbahan katun atau kaos akan membuatmu lebih nyaman karena lebih dingin saat dipakai.

Pastikan bahwa long dress yang dipilih memiliki potongan yang sedikit besar serta tidak ketat atau membentuk tubuh. Jadi ketika masuk waktunya shalat, Kamu hanya perlu memakai legging wudhu ataupun kaos kaki.

Baca Juga: Mau Fashionable Tapi dengan Modal Minim? Baca Tips Berikut Ini

3. Legging Wudhu

loader
Legging Wudhu

Bagi muslimah yang berhijab, legging wudhu bisa digunakan sebagai dalaman long dress yang dipakai. Penggunaan fashion item ini dapat membuatmu lebih nyaman serta lebih praktis. Ketika liburan di bulan puasa dengan cuaca yang panas, Kamu pasti ingin segala sesuatunya serba praktis sehingga tidak melelahkan. 

Menggunakan legging wudhu yang memang didesain untuk memudahkan aktivitas ibadah muslimah tentu saja akan jauh lebih menguntungkan. Legging wudhu sendiri merupakan legging yang memiliki potongan di sekitar kaki. Hal tersebut bertujuan agar muslimah mudah melepaskannya saat akan berwudhu.

Jadi saat menggunakan legging wudhu, Kamu tidak perlu lagi menggunakan kaos kaki yang bertujuan untuk menutupi kaki maupun telapak kaki saat akan melaksanakan ibadah shalat. Legging wudhu dapat digunakan secara praktis dan ringkas karena lubang pada kaki yang mudah dipasang maupun dilepas.

4. Kacamata Hitam

loader
Kacamata Hitam

Kacamata hitam sangat penting ketika liburan di cuaca yang panas dan sinar matahari yang menyengat. Fashion item ini bisa membantumu untuk menghalangi sinar matahari yang sampai ke mata sehingga pandangan lebih nyaman. Selain itu, kacamata hitam juga mampu membuat penampilanmu lebih modis dan juga stylish.

Namun Kamu tidak bisa memilih kacamata hitam sembarangan. Agar fungsinya untuk menghalau matahari berjalan dengan baik, Kamu harus memilih kacamata hitam dengan bingkai normal.

Jangan memilih kacamata berbingkai kecil karena tidak mampu melindungi mata dengan baik dari sinar matahari. Meski warna kacanya harus gelap atau hitam, namun untuk bingkainya bisa menggunakan warna apapun yang Kamu sukai.

Baca Juga: 5 Warna Hijab yang Mudah Dipadukan, Hijabers Wajib Punya!

5. Tas Ransel

loader
Tas Ransel

Fashion item terakhir yang wajib dibawa saat liburan di bulan ramadhan adalah tas ransel. Tidak hanya liburan disaat puasa saja, tas ransel sepertinya sudah menjadi barang wajib untuk dibawa liburan kapan saja. Penggunaan tas ransel ini dinilai lebih praktis sehingga tidak akan membuatmu lelah selama liburan.

Pakailah tas ransel yang memiliki ukuran sedang sehingga barang yang Kamu bawa tidak terlalu sedikit namun juga tidak berlebihan. Pemilihan model dari tas ransel ini juga bisa Kamu sesuaikan dengan selera agar penampilanmu tambah menarik.

Model yang direkomendasikan adalah yang berbahan kulit atau embroidery ala bohemian karena bisa membuatmu lebih stylish dan terlihat kece.

Lakukan Persiapan dengan Baik Agar Liburanmu Lancar

Itulah 5 fashion item yang wajib Kamu bawa ketika akan melakukan liburan di bulan puasa. Dengan menggunakan barang-barang tersebut maka aktivitas ibadahmu tidak akan terganggu, termasuk dengan puasa yang sedang dijalankan. Lakukan persiapan dengan baik sebelum liburan agar perjalanan bisa terlaksana dengan lancar.

Baca Juga: Tampil Beda Saat Lebaran dengan 7 Outfit Pilihan ini!