Mulai dari Pengertian Hingga Manfaat, Ini Segala Hal Penting Seputar Faucet Crypto

Saat membicarakan tentang mata uang crypto, sepertinya memang akan selalu ada topik menarik untuk dibahas. Selain mengulik manfaatnya yang terus berkembang dan inovatif, terdapat banyak produk atau proyek crypto baru yang terus bermunculan seiring waktu yang mampu menarik perhatian para pegiatnya. Namun, di antara banyaknya topik tentang crypto, pembahasan tentang cara untuk mendapatkan aset digital tersebut secara gratis menjadi yang paling menarik untuk diulas.

Kenyataannya, mendapatkan aset crypto secara cuma-cuma bukanlah isapan jempol belaka. Pasalnya, ada beragam platform dan aplikasi yang memberikan mata uang crypto tersebut secara gratis kepada para penggunanya. Salah satunya adalah sebuah laman situs atau aplikasi yang dikenal dengan sebutan Faucet. 

Walaupun begitu, dengan tingginya risiko penipuan dan scam pada aplikasi dengan keuntungan seperti ini, kamu harus memahami dulu tentang apa itu Faucet dan cara kerjanya. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan tersebut, simak penjelasan tentang Faucet, jenis, dan beragam manfaatnya berikut ini.

Baca Juga: Alpha Finance, Platform DeFi CrossChain yang Ingin Menghadirkan Token ALPHA ke Beragam Blockchain

Selengkapnya tentang Faucet Crypto

loader

Faucet Crypto adalah sebuah platform berupa laman situs ataupun aplikasi yang membagikan token crypto secara gratis. Tentunya, token crypto yang dibagikan oleh platform ini berjumlah kecil, namun bisa didapatkan berulang kali oleh para penggunanya. Caranya dengan mengerjakan berbagai macam tugas dan misi yang tersedia dalam platform tersebut, mulai dari menonton video maupun iklan produk, bermain game, melakukan registrasi pada sebuah layanan, hingga mengerjakan captcha atau kuis. 

Terkait besaran atau nominal koin crypto yang bisa didapatkan oleh pengguna pun berbeda. Umumnya, besarnya hadiah yang diberikan bergantung dari tingkat kesulitan pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan. Kemudian, hadiah tersebut akan dikirimkan dan disimpan pada wallet digital milik pengguna yang terdapat pada platform tersebut. 

Tentunya, pengguna dapat melakukan penarikan atau pencairan token crypto yang telah dikumpulkannya selama ini. Dalam catatan, nominal penarikan aset telah mencapai batas minimalnya yang telah ditentukan oleh pihak platform. 

Bisa dibilang, layanan ini merupakan salah satu metode untuk mengenalkan aset digital ini agar semakin populer di kalangan masyarakat awam. Ketika segala hal yang berhubungan dengan crypto masih tergolong baru, terdapat beberapa pihak yang berusaha untuk mengenalkan jenis aset tersebut ke publik. 

Caranya bisa dengan membagikannya secara gratis seperti yang dilakukan oleh Faucet Crypto ini. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar ada lebih banyak orang yang mau menyempatkan diri dalam mengenal dan mempelajari tentang aset digital tersebut sekaligus berinvestasi. 

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Beragam Jenis Token di Faucet Crypto

Ada beragam jenis dan contoh dari Faucet Crypto yang bisa dilakukan oleh penggunanya. Berikut diantaranya.

Jenis Faucet Crypto Penjelasan
Bit Faucet atau Bitcoin Faucet

Jenis yang pertama adalah Bit Faucet atau bisa juga disebut sebagai Bitcoin Faucet. Cara ini sebenarnya telah lama dikenalkan oleh Gavin Andresen di tahun 2009. Jenis ini memberi imbalan pada pengguna yang mampu menyelesaikan pekerjaan atau tugas ringan dengan 5 keping token BTC. 

Saat itu, aset crypto sendiri masih bisa dibilang sebagai hal yang baru. Oleh karena itu, Gavin memilih untuk membagikan mata uang crypto tersebut sebagai upaya untuk mengenalkannya pada masyarakat di dunia. 

Di samping itu, di waktu tersebut masih belum tersedia wadah atau platform penukaran aset crypto seperti sekarang ini. Pembelian satu keping token Bitcoin sendiri bisa dibilang amat sulit kala itu sehingga membagikannya secara gratis dapat menjadi ide yang sangat bagus untuk mempopulerkannya. 

Akan tetapi, sayangnya, pemberian hadiah berupa Bit Faucet telah sangat rendah. Bahkan, pemberian imbalan dengan jenis token ini sudah menganut satuan berupa jenis token Satoshi. Bagi yang belum tahu, 1 keping koin Satoshi bernilai hanya sekitar 0,00000001 token BTC dan bisa didapatkan ketika pengguna menyelesaikan misi berupa mengeklik tautan, captcha atau sebagainya.
Ethereum Faucet

Jenis yang kedua adalah Ethereum Faucet yang secara teknis memiliki cara kerja mirip dengan Bit Faucet. Yang membedakan hanyalah imbalan yang diberikan, yaitu token ETH atau Ether sehingga tugas dengan hadiah token ini dianggap cukup menjanjikan dan menarik untuk digarap.

Terlebih, saat ini ada cukup banyak situs atau aplikasi yang bisa diakses dan memberikan tugas dengan hadiah berupa token tersebut. Pastinya, cek dulu kredibilitas dan keamanan dari situs atau aplikasi yang bersangkutan agar terhindar dari risiko penipuan maupun semacamnya.

Litecoin Faucet Selanjutnya ada pula jenis Litecoin Faucet atau bisa juga disebut sebagai LTC. Jenis token ini bisa didapatkan dengan gratis melalui beberapa cara yang tak jauh berbeda dengan kedua jenis yang telah dijelaskan sebelumnya. Umumnya, kamu perlu menyelesaikan pekerjaan maupun tugas yang diberikan oleh situs atau aplikasi khusus agar bisa mendapatkan jenis token ini dengan jumlah yang ditentukan oleh tingkat kesulitannya.
Bitcoin Cash Faucet Yang terakhir, sesuai namanya, kamu juga bisa mendapatkan jenis token berupa Bitcoin Cash dengan menyelesaikan seluruh tugas atau misi yang diberikan. Setelah tugas berhasil diselesaikan, token ini akan dikirimkan ke digital wallet atau dompet digital milik pengguna yang bersangkutan.

Baca Juga: Mengenal Perpetual Protocol atau PERP, Proyek Mata Uang Crypto Berupa DEX Produk Berjangka Ethereum

Beragam Manfaat Penggunaan Bit Faucet 

loader

Tentunya, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan Faucet Crypto ini. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat umum dari penggunaan Bit Faucet.

1. Memudahkan Pengguna Mendapat Token BTC

Dengan menggunakan Bit Faucet, kamu tidak harus menghabiskan waktu dan tenaga, serta perangkat yang mahal agar bisa menambang token BTC atau crypto lainnya. Agar bisa mendapatkan token tersebut pun tak lagi membutuhkan modal yang begitu besar sehingga membuat langkah pertama untuk memulai aktivitas ini tak kunjung dilakukan.

Bahkan, melalui penggunaan layanan ini, kamu bisa mendapatkan koin BTC dengan lebih cepat dan hemat biaya. Alasannya karena pengguna hanya diharuskan untuk melakukan tugas atau pekerjaan tertentu untuk dapat memperoleh token tersebut sesuai ketentuan dan nominal yang telah ditentukan oleh platform.  

2. Meminimalkan Risiko Transaksi BTC

Apabila kamu pernah melakukan dan turut bergabung pada aktivitas jual beli aset digital, khususnya mata uang crypto, kamu pasti memahami jika hal tersebut sangat berisiko untuk dilakukan. Apalagi jika menjalani kegiatan trading Bitcoin yang memiliki volatilitas dan tingkat fluktuasi yang bisa sangat ekstrim di waktu-waktu tertentu. 

Untuk itu, bagi yang masih pemula, memperoleh token BTC atau aset crypto lain secara gratis bisa menjadi langkah awal yang paling bijak dan tepat untuk diambil. Walaupun jika melihat dari tingkat keuntungannya juga tidak besar, paling tidak kamu bisa terhindar dari risiko kerugian yang signifikan hingga mampu berimbas buruk terhadap kondisi finansial. Memanfaatkan layanan Faucet Crypto ini tentu bisa menjadi solusi untuk mengantisipasi risiko tersebut jika ingin terjun ke dunia aset digital ini.

3. Mengenalkan tentang Cara Menggunakan BTC dengan Gratis

Faucet juga bisa dijadikan sebagai cara yang tepat untuk melindungi pengguna crypto, khususnya yang masih pemula dari risiko kerugian masif. Karena token yang dimilikinya didapatkan secara gratis, pada dasarnya tak ada kerugian nyata yang diterima oleh pengguna crypto tersebut saat nilainya menurun. 

Di samping itu, karena token dikirimkan langsung ke digital wallet miliknya, pengguna secara tak langsung sudah mengetahui tentang bagaimana cara mendaftar dan membuat layanan tersebut. Hal tersebut sekaligus berlaku pula pada proses transaksi BTC tanpa ada beban biaya. 

Yang terpenting, ketika memutuskan untuk mendapatkan mata uang crypto secara gratis melalui Faucet, pastikan dulu situs atau aplikasi yang menawarkannya terpercaya dan kredibel. Pasalnya, ada cukup banyak situs Faucet yang palsu dan hanya berniat untuk menipu penggunanya saja. 

Tentunya, taruh rasa curiga saat ada layanan yang menawarkan hadiah dengan nominal yang terlampau tinggi dari aktivitas yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Pasalnya, hal tersebut bisa saja hanyalah merupakan akal-akalan dari oknum penipu untuk menjebak korbannya. Pun sebaliknya, pastikan hadiah yang diberikan tetap sepadan dan tidak terlalu kecil agar keuntungan yang didapatkan tetap menjanjikan.

Gratis dan Mudah Dijalani, Jadikan Faucet Sebagai Sarana Mengenalkan Diri dengan Crypto

Itulah penjelasan tentang apa itu Faucet Crypto, cara kerja, hingga manfaat yang diberikannya. Intinya, Faucet mampu dijadikan sebagai sarana untuk mendapatkan token crypto tertentu secara gratis hanya dengan melakukan tugas atau pekerjaan tertentu. Sehingga, cara tersebut bisa menjadi sarana untuk orang awam agar lebih mengenali tentang dunia crypto. 

Baca Juga: Investasi Kripto vs Saham, Mana yang Lebih Menguntungkan?