10 Film dengan Makna Kehidupan Mendalam, Beri Motivasi dan Inspirasi yang Menggugah Perasaan

Mempelajari makna tentang kehidupan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi ketika orang tersebut memiliki masalah yang tengah dihadapinya. Namun pasti ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan guna memetik pesan dari makna kehidupan dan menjadikannya sebuah pembelajaran, salah satunya adalah dari sebuah film.

Kini, film tentang kehidupan sudah banyak disuguhkan dengan berbagai macam tema dan cerita yang diangkat. Dari sebuah tontonan, kalian tidak hanya merasa terhibur, namun juga bisa memetik sebuah pelajaran untuk tetap semangat hidup dan memaknai kehidupan dari sisi yang lebih baik lagi.

Buat kalian yang masih bingung memilih mana yang wajib ditonton, berikut ini rekomendasi film-film tentang makna kehidupan yang kaya pesan dan dipelajari dalam menjalani hidup;

Baca Juga: 10 Film Barat Bagus yang Paling Menginspirasi, Penuh Motivasi dan Mengharukan!

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

  1. The Pursuit of Happyness (2006) 

    loader

    The Pursuit of Happyness menjadi rekomendasi film yang mengusung cerita tentang makna kehidupan, karena jika menontonnya kalian akan disuguhkan mengenai perjuangan seorang ayah untuk anaknya terutama dalam hal ketidakstabilan ekonomi dalam keluarganya. Seorang ayah yang tidak pernah menyerah untuk mencari pekerjaan demi menghidupi anaknya.

    Maka dari itu, ketika menontonnya, kamu akan mendapatkan sebuah pelajaran bagaimana memaknai kehidupan dari perjuangan seorang ayah untuk anaknya tersebut. Film ini pun dibintangi oleh seorang ayah dan anak sungguhan, yakni Will Smith dan Jaden Smith. 

    Diketahui, The Pursuit of Happyness diadaptasi dari memoar terlaris pada 2006 yang ditulis Gardner dengan Quincy Troupe. Ketika ditayangkan, film ini mendapatkan banyak respons atau ulasan positif dari kritikus, dan bahkan mengantarkan Will Smith ke Oscar dan Golden Globe untuk nominasi Aktor Terbaik.

  2. A Beautiful Mind (2001)

    loader

    Salah satu film tentang kehidupan terbaik selanjutnya adalah A Beautiful Mind yang merupakan biografi tentang seorang matematikawan bernama John Nash. Namun saat itu, ia didiagnonis mengidap shizofrenia, dan harus dirawat di sebuah rumah sakit untuk menjalani sejumlah pengobatan dan melawan dilusi paranoid yang disebabkan penyakitnya itu.

    Meski harus mengalami penyakit itu, ia lambat laun mulai bangkit dan bertahap belajar untuk mengelola kondisinya hingga bisa bekerja kembali di bidang matematika. Bahkan, ia berhasil meraih nobel dalam bidang ekonomi dan matematika.

    Fokus pada film ini adalah pada Kesehatan mental dan bagaimana pengaruh terhadap orang-orang yang ada di sekitar. Maka dari itu, A Beautiful Mind cocok menjadi rekomendasi terbaik tontonan film tentang makna kehidupan.

  3. Miracle in Cell No. 7 (2013)

    loader

    Film tentang makna kehidupan satu ini dapat menguras perasaan kalian jika menontonnya meski dikemas dengan dialog-dialog komedi. Bagaimana tidak, Miracle in Cell No. 7 mengisahkan mengenai seorang ayah bernama Lee Yong Go yang cacat mental harus dipenjara karena dituduh melakukan pelecehan seksual dan juga membunuh seorang anak kecil.

    Dalam film itu, Lee Yong Go memiliki seorang putri bernama Ye Sung yang cerdas hingga pada saat dewasa menjadi seorang pengacara dan akhirnya bisa membuktikan kalau ayahnya tidak bersalah. Film ini cocok jika ingin mendapatkan makna kehidupan dari perjuangan seorang anak untuk ayahnya itu.

  4. Like a Star on Earth (2007)

    loader

    Film yang juga dikenal dengan judul Taare Zameen Par ini mengisahkan mengenai seorang anak laki-laki berusia 8 tahun bernama Ishaan Nandkishore Awasthi yang dianggap pembuat masalah dan malas hingga tidak disukai oleh teman dan guru. Namun, ia justru memiliki bakat di bidang melukis, tetapi sering diabaikan dan tidak diperhatikan oleh orang tuanya.

    Akhirnya Ishaan bertemu dengan seorang guru seni yang berjuang dan menemukan masalah apa yang sebenarnya ada pada Ishaan. Perjuangan tersebut membuktikan kalau Ishaan memiliki prestasi di bidang artistik, dan sudah seharusnya para orang tua untuk tidak menekan anaknya menjadi yang diinginkan, namun lebih memahami apa yang sebenarnya ada dalam diri anak tersebut.

  5. Children of Heaven (1997)

    loader

    Film tentang kehidupan ini memiliki makna dan pesan agar kita bisa lebih bersyukur atas apa yang dimiliki. Pasalnya, Children of Heaven menceritakan dua orang anak kakak-beradik bernama Ali dan Zahra yang hidup dengan kemiskinan dan tinggal di pinggiran Kota Teheran.

    Suatu saat, sepatu yang dimiliki Zahra hilang setelah diperbaiki. Karena menyadari orang tuanya miskin dan tidak memiliki uang untuk membeli yang baru, akhirnya Ali dan Zahra saling bertukar sepatu setiap hari demi tetap bisa bersekolah.

  6. Laskar Pelangi (2008)

    loader

    Film yang diadaptasi dari novel dengan judul sama dan disutradarai oleh Riri Riza ini merupakan salah satu tontonan yang dapat memberikan makna kehidupan para penontonnya. Pasalnya, Laskar Pelangi menceritakan tentang anak-anak di Pulau Belitung yang harus bersekolah dengan fasilitas dan gedung yang tidak layak dan hampir ditutup.

    Namun anak-anak tersebut tetap semangat menimba ilmu dan bersekolah dengan fasilitas yang kekurangan, dan akhirnya justru berhasil menorehkan prestasi. Film ini dinilai dapat memberikan makna kehidupan, terutama kepada anak-anak agar bisa belajar dengan giat dan tekun, apalagi mendapatkan fasilitas sekolah yang baik.

  7. Mencari Hilal (2015)

    loader

    Satu lagi film tentang seorang ayah dan anak laki-lakinya yang memiliki pesan dan makna soal kehidupan, yakni berjudul Mencari Hilal. Awal dari cerita pada film ini adalah ketika seorang ayah bernama Mahmud yang ingin berkelana mencari hilal usai mengetahui pemerintah menghabiskan Rp9 miliar untuk menentukan hilal.

    Meski sempat terhalang Kesehatan, namun Mahmud akhirnya berkelana dengan ditemani oleh anak laki-lakinya yang memiliki pandangan sangat jauh berbeda dengan dirinya. Makna kehidupan di film ini adalah bagaimana memahami sesama manusia dan satu dengan yang lain.

  8. Imperfect (2019)

    loader

    Film tentang kehidupan selanjutnya masih datang dari genre drama dengan judul Imperfect yang dibintangi oleh Jessica Mila dan Reza Rahadian. Film tersebut tidak hanya membahas mengenai percintaan antara dua pemeran utama tersebut, namun terdapat pesan yang bisa dipetik dalam karya yang digarap oleh Ernest Prakasa ini.

    Makna kehidupan yang bisa dipetik dari film ini adalah bagaimana mencintai dirinya, terutama bentuk tubuhnya yang disebut jauh dari standar kecantikan, yakni langsung alias kurus. Dalam film ini juga mengajarkan bagaimana bersyukur dan tetap mengutamakan kebahagiaan untuk diri sendiri.

  9. The Wrestler (2008)

    loader

    Film tentang kehidupan seorang pegulat ternama bernama Randy ‘The Ram; Robinson yang berjudul The Wrestler ini layak menjadi salah satu tontonan kalian. Pasalnya, film tersebut mengisahkan The Ram yang harus berjuang untuk menghidupi dirinya dengan bertarung di atas ring meski tubuhnya sudah tidak mampu lagi melakukan itu.

    Ketika mengalami masalah pada fisik dan kesehatannya, Randy sempat memutuskan untuk berhenti dari dunia gulat dan memulai hidup baru dengan mencari penghasilan bekerja paruh waktu di sebuah supermarket. Namun, ia lebih merasa dihormati ketika bergulat di atas ring daripada kehidupan barunya tersebut.

  10. Yuni (2021)

    loader

    Tak melulu dari Hollywood, film tentang kehidupan lainnya yang bisa kalian tonton dan sarat akan makna adalah Yuni. Film ini mengisahkan tentang perjuangan seorang perempuan bernama Yuni yang ingin melawan stigma wanita di lingkungannya, yakni tidak perlu berpendidikan tinggi, dan disegerakan untuk menikah.

    Dalam garapan sutradara Kamila Andini, film ini mampu memperlihatkan bagaimana permasalahan-permasalahan dan stigma yang kerap menghantui seorang perempuan. Yuni dikemas secara apik sehingga layak ditonton terutama untuk kalian para perempuan yang ingin menjalani kehidupan tanpa budaya patriarki.

    Film ini dibintangi oleh sejumlah aktor dan aktris tanah air, seperti Arawinda Kirana, Kevin Ardilova, Dimas Aditya, Marissa Anita, Neneng Wulandari, hingga Asmara Abigail. Yuni pun banyak mendapatkan penghargaan, salah satunya di Festival Film International Toronto hingga Festival Film Indonesia.

    Baca Juga: 25 Film yang Wajib Ditonton untuk Nambah Motivasi

Film Mana yang Beri Makna Terdalam Buat Hidup Kamu?

Itulah deretan film yang memiliki pesan atau makna-makna tentang kehidupan, dengan tujuan agar ketika penonton menyaksikannya maka akan dapat memetik pembelajaran yang berguna untuk kehidupannya, seperti misalnya semangat menjalani hidup, inspirasi dan juga motivasi. 

Film-film tentang kehidupan di atas tidak melulu berasal dari Hollywood, namun adapula karya tanah air yang menyuguhkan cerita dengan pesan dan makna mendalam. Dari rekomendasi film-film di atas mana yang pernah memberikan makna dan pesan terhadap hidupmu?

Baca Juga: 7 Film Ini Punya Nilai-Nilai Kehidupan yang Tinggi, Cocok untuk Anak Muda!