Daftar Film Joko Anwar yang Keren dan Seru, Sudah Nonton yang Mana?

Joko Anwar populer sebagai sutradara, produser film, penulis skenario, dan aktor kawakan Tanah Air. Almamater Teknik Penerbangan Institut Teknologi Bandung ini telah terjun ke industri hiburan Indonesia sejak tahun 2002 dan identik dengan film horor serta thriller besutannya.

Film Joko Anwar bisa dibilang selalu remarkable dan menuai kesuksesan. Kepiawaiannya di dunia sinema telah dikenal hingga ke mancanegara. Tak dapat dipungkiri, beragam judul Joko Anwar film sering kali laris manis di pasaran.

Film garapan Joko Anwar sendiri terdiri dari berbagai genre yang menarik untuk disimak, seperti horror, comedy, action, dan thriller. Untuk kamu yang mau menonton semua karya dari suami Upi Avianto ini, jangan sampai ketinggalan. Berikut daftar film Joko Anwar terbaik sejak awal kariernya hingga sekarang.

Baca Juga: Daftar Film Ernest Prakasa yang Asyik untuk Ditonton

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Daftar Film Joko Anwar 2023

1. Virgo and The Sparklings

loader

Sumber: www.biem.co

Film Joko Anwar yang teranyar berjudul Virgo and The Sparklings. Film ini merupakan sekuel dari Gundala dan Sri Asih, serta bagian dari Semesta Bumilangit. 

Menariknya, film yang dilakoni oleh Adhisty Zara, Satine Zaneta, Ashira Zamita, Rebecca Klopper, dan lainnya ini sudah mendunia. Komik Webtoon dari film ini bahkan sudah dibaca hingga 195 juta kali dan dialihbahasakan ke dalam 30 bahasa.

Alkisah, Riani (Adhisty Zara) ialah seorang superhero yang masih belajar untuk mengendalikan kekuatannya. Selain dipusingkan oleh kehidupan percintaannya, ia juga terlibat persaingan sosial seperti remaja normal pada umumnya. 

Riani bersama teman-temannnya juga membentuk sebuah band yang makin terkenal. Namun, saat itulah Riani menyadari ada bahaya sedang mengintai dan membutuhkan dia serta kekuatan supernya agar bisa diselamatkan.

2. Perempuan Tanah Jahanam (Impetigore)

loader

Sumber: www.youtube.com

Rilis pada tahun 2019, film ini menghadirkan unsur klenik dan teror sadis dari penduduk sebuah kampung terhadap seorang wanita. Maya (Tara Basro) bersama Dini (Marissa Anita) pergi ke sebuah desa terpencil karena hendak mengunjungi rumah peninggalan keluarganya. 

Setibanya di sana, Maya menyadari misteri berbahaya yang disimpan penduduk desa. Garapan Joko Anwar yang satu ini juga sukses menyabet berbagai nominasi dan penghargaan bergengsi. 

Tembus lebih dari 1,7 juta penonton, film ini pun sukses tayang internasional, termasuk di Amerika Serikat dan Eropa. Perempuan Tanah Jahanam bisa disaksikan di GoPlay.

3. Gundala

loader

Sumber: www.kompas.com

Gundala (2019), superhero asli Indonesia, mengisahkan tentang Sancaka (Abimana Aryasatya). Ia adalah seorang anak yatim piatu yang ternyata mempunyai kekuatan petir. Kekuatan hebatnya itu digunakannya untuk melawan Pengkor, seorang bos mafia yang dikenal kejam. 

Serupa Marvel ataupun DC Universe, film Gundala ini merupakan salah satu proyek film superhero dari Bumilangit Cinematic Universe (BCU). Saksikan Gundala melalui Vidio serta Netflix. 

4. Orang Kaya Baru

loader

Sumber: www.liputan6.com

Film yang diluncurkan tahun 2019 ini bercerita tentang keluarga sederhana yang mendadak jadi tajir melintir lantaran mendapat warisan. Lukman Sardi, Derby Romero, Cut Mini, Raline Shah, hingga Fatih Unru berakting dengan apik dalam film ini.

Ketika belum kaya raya, hidup mereka sekeluarga sebenarnya kompak dan bahagia. Namun ironisnya, keluarga mereka justru dihadang berbagai masalah setelah punya banyak uang. 

Orang Kaya Baru tak hanya mengandung unsur komedi yang menyegarkan, film ini juga mengusung pesan moral bahwa “tak seharusnya uang yang banyak mengubah arti sebuah keluarga”. 

Film ini tidak disutradarai oleh Joko Anwar. Meski begitu, ia bertindak sebagai penulis skenarionya. 

Berkat film ini, nama Joko Anwar masuk nominasi Skenario Asli Terbaik di Festival Film Indonesia 2019. Orang Kaya Baru yang bergenre drama/comedy ini bisa ditonton di Netflix, We TV, dan Vidio.

5. Pengabdi Setan (Satan’s Slave)

loader

Sumber: www.omtelolet.com

Disebut sebagai pendongkrak bangkitnya film horor Indonesia, Pengabdi Setan yang rilis tahun 2017 ini mendulang kesuksesan yang luar biasa. Di bioskop, film ini paling banyak disaksikan pada tahun 2017 dengan lebih dari 4,2 juta penonton.

Alkisah, ibu meninggal. Setelahnya, bapak harus pergi ke luar kota untuk bekerja. Namun anak-anak mereka, termasuk tokoh yang diperankan oleh Tara Basro, merasa ibu masih berada di rumah. 

Alur cerita semakin menyeramkan saat terungkap bahwa ibu ternyata datang untuk menjemput. Film Joko Anwar yang satu ini bisa disimak di Netflix, iFlix, VIU, dan juga Disney+ Hotstar.

6. A Copy of Mind

loader

Sumber: www.imdb.com

Rilis di tahun 2015 lalu, A Copy of Mind menampilkan romansa antara dua tokoh utama bernama Sari (Tara Basro) dan Alex (Chicco Jerikho). Rencananya, film ini menjadi awal dari trilogi. Kedua film lanjutannya akan berjudul Jakarta: A Copy of My Heart dan A Copy of My Soul.

Kendati tidak ada plot twist, namun alur cerita di film ini mengalir dengan manis sekaligus pahit lantaran sangat realistis. Karena film ini menggambarkan betapa kerasnya kehidupan di ibukota. 

Selain dinominasikan dalam Horizons Best Film 72nd Venice International Film Festival, film ini juga meraih sejumlah penghargaan Tanah Air. Saksikan selengkapnya sampai tamat di Bioskop Online dan Netflix.

7. Modus Anomali

loader

Sumber: www.liputan6.com

Modus Anomali diluncurkan pada tahun 2012 lalu dan menampilkan Rio Dewanto, Surya Saputra, Hannah Al Rasyid, Marsha Timothy, dan lainnya. Film bergenre thriller ini bercerita tentang pasangan suami istri yang pergi berlibur di sebuah forrest cabin bersama kedua anak mereka.

Namun keluarga itu dikejutkan dengan kehadiran seorang tamu yang tak diundang. Apa yang selanjutnya terjadi? Akses film Modus Anomali dan saksikan di Netflix. 

8. Pintu Terlarang

loader

Sumber: www.imdb.com

Film Pintu Terlarang yang ditulis dan disutradarai Joko Anwar ini tayang perdana di bioskop Tanah Air pada 2009. Film yang dibintangi Fachri Albar, Marsha Timothy, dan Henidar Amroe ini diangkat dari novel berjudul sama, karya Sekar Ayu Asmara. 

Dengan nuansa dark psychological yang kental, film ini berkisah tentang Gambir (Fachri Albar), pematung sukses dengan hidupnya yang serba sempurna. Namun rahasia demi rahasia gelap dalam hidup Gambir mulai mencuat dan terus muncul ke permukaan.

Pintu Terlarang meraih banyak penghargaan, termasuk Penyunting Gambar Terbaik dan Sinematografi Terbaik dari Festival Film Indonesia 2009. Untuk kamu yang belum menonton film ini, silakan mengakses Netflix.

9. Dead Time: Kala (Kala)

loader

Sumber: www.kompas.com

Tayang di tahun 2007, film Dead Time: Kala atau Kala berlatar belakang di tahun 1950. Kala menghadirkan Janus (Fachri Albar), seorang jurnalis yang tengah menelusuri sebuah kasus di tengah kekacauan negaranya. 

Namun di sisi lain, ia juga mengidap penyakit unik. Akibat penyakit ini, Janus kerap tertidur tanpa mengenal waktu. Bagaimana kelanjutan kisah Janus? Film ini bisa ditonton dengan mengakses Disney+ Hotstar.

10. Janji Joni

loader

Sumber: www.hotstar.com

Janji Joni rilis pada tahun 2005 dan menjadi salah satu film drama komedi yang diarahkan dan ditulis Joko Anwar. Janji Joni bercerita tentang Joni (Nicholas Saputra) yang berprofesi sebagai pengantar roll film. Ia tak pernah telat dan selalu tepat waktu dalam mengantarkan roll film ke bioskop. 

Suatu ketika, Joni berjumpa dengan perempuan cantik (Mariana Renata). Joni tidak menanyakan siapa nama perempuan itu. Perempuan itu pun hanya akan memberitahu namanya jika Joni tepat waktu mengantar film. 

Namun sepertinya seluruh kota malah menghalangi misi Joni untuk mengantarkan roll film dengan tepat waktu. Film Janji Joni ditulis Joko Anwar saat masih kuliah di tahun 1998 lalu. Film ini bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

11. Arisan!

loader

Sumber: twitter.com

Karya Joko Anwar yang diluncurkan pada 2003 silam ini sempat disebut kontroversial. Film ini mengisahkan tentang Sakti (Tora Sudiro) yang berprofesi sebagai arsitek sukses. Namun masalahnya, ia tak yakin dengan seksualitasnya sendiri. 

Sakti kemudian bertemu Nino (Surya Saputra) yang adalah seorang gay. Dari situ, Sakti menyadari dirinya lebih menyukai laki-laki. Dalam film yang juga menampilkan Rachel Maryam, Cut Mini, dan Aida Nurmala ini, Joko Anwar menjadi penulis naskah bersama Nia Dinata. 

Walaupun mengundang kontroversi, nyatanya banyak yang menyebut film Arisan! sebagai salah satu film terbaik Indonesia. Film Joko Anwar ini bisa disaksikan di Netflix.

Baca Juga: Pecinta Horor Merapat, Intip Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaru 2023 yang Seram Plus Menegangkan

Siksa Kubur (Grave Torture) Akan Tayang di Tahun 2024 Mendatang

Demikianlah rekomendasi dan daftar film garapan Joko Anwar. Karena tangan dingin dan kejeniusannya, Joko Anwar telah meraih penghargaan Sutradara Terbaik untuk A Copy of My Mind (2015) dan Perempuan Tanah Jahanam (2020). 

Selain itu, pria kelahiran Medan, 3 Januari 1976 ini juga menerima penghargaan Penulis Skenario Terbaik 2008 (fiksi, bersama Mouly Surya). Sejumlah awards tersebut dianugerahi oleh Festival Film Indonesia.

Untuk film buatan Joko Anwar lainnya yang akan tayang adalah Siksa Kubur (Grave Torture). Diperkirakan rilis tahun 2024, film horor ini akan menjadi versi layar lebar dari short movie garapan Joko Anwar pada tahun 2012 silam.

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Catat Rekomendasi Film Komedi Indonesia 2023 yang Kocak dan Seru