10 Film Keluarga Indonesia yang Cocok untuk Mengisi Akhir Pekan

Menonton film keluarga di rumah bisa jadi aktivitas seru untuk menikmati libur akhir pekan. Hal ini tidak hanya menghibur, tetapi juga bisa mengeratkan momen kebersamaan. Pasalnya, film yang mengisahkan kehidupan keluarga memiliki alur menarik dan makna berkesan.

Saat ini banyak film keluarga Indonesia yang telah mengisi layar kaca perfilman Tanah Air. Berbagai film tersebut diperankan oleh aktor dan aktris ternama sehingga mendapatkan rating dan jumlah penonton yang tidak sedikit.

Nah, kamu bisa mengajak keluarga untuk menghabiskan akhir pekan seru dengan menonton film keluarga terbaik di rumah. Jangan lupa siapkan kudapan, seperti camilan dan minuman favorit agar semakin seru. 

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Rekomendasi Film Keluarga Indonesia

Dunia perfilman Indonesia memiliki berbagai jenis film keluarga yang menarik untuk ditonton. Saat bosan dengan libur akhir pekan dan malas bepergian, kamu bisa memilih beraktivitas bareng keluarga di rumah saja, di antaranya adalah menonton film.

Film keluarga Indonesia dibalut dengan berbagai genre, mulai dari komedi hingga romantis. Kisah dan alurnya terasa ringan untuk dinikmati, tetapi pesan yang disampaikan sangat dalam dan bermakna. Berikut adalah sepuluh rekomendasi film keluarga Indonesia yang seru untuk ditonton.

1. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

loader

Film berjudul Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) rilis pada 2020 yang menceritakan tentang kehidupan keluarga. Film besutan Angga Dwi Sasongko ini diadaptasi dari buku karya Marchella F P dengan judul yang sama.

Tak hanya bukunya yang laku dipasaran, film keluarga tersebut berhasil menggaet lebih dari 2 juta penonton bioskop. Film ini diperankan oleh sederet aktris dan aktor kenamaan Indonesia, seperti Donny Damara, Susan Bachtiar, Rio Dewanto, Sheila Dara, dan Rachel Amanda sebagai pemeran utama.

NKCTHI menceritakan kisah kompleks dalam suatu keluarga dengan tiga orang anak. Berbagai drama dari sosok ayah, ibu, anak sulung, tengah, dan bungsu sangat lekat dengan realitas keluarga di Indonesia. Meski alurnya ringan, tetapi bisa memicu berbagai emosi sehingga banyak yang suka dengan film keluarga satu ini.

2. Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang

loader

Masih karya besutan Angga Dwi Sasongko, film keluarga berjudul Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang merupakan lanjutan dari film NKCTHI. Film ini mengisahkan sisi kehidupan anak tengah di NKCTHI, yakni Aurora yang diperankan Sheila Dara saat menjalani studi master di London, Inggris.

Saat Aurora sedang mengalami masalah percintaan an hilang arah untuk merampungkan studinya yang terlambat, sang kakak (Rio Dewanto) dan adiknya (Rachel Amanda) datang ke London untuk memastikan Ia baik-baik saja. 

Berbagai drama muncul saat pemikiran mereka tak sejalan. Namun, keeratan, kasih sayang, dan rasa pengertian kembali menyatukan ketiganya. Drama tersebut semakin lengkap dengan balutan romantisme dan persahabatan. 

Maka dari itu, tak heran jika film Jalan Yang Jauh Jangan Lupa Pulang berhasil menguras emosi penonton. Terlebih, untuk mereka yang merupakan sosok anak tengah dalam keluarga kerap merasa sejalan dengan kisah Aurora.

3. Keluarga Cemara

loader

Bagi kamu yang lahir di tahun 1990-an pasti akrab dengan sinetron berjudul Keluarga Cemara. Nah, kini sinetron tersebut diadaptasi ke dalam film yang disutradarai Ismail Basbeth. Film keluarga ini menyuguhkan kisah keluarga berdarah sunda dengan tiga anak perempuannya.

Alur yang ringan dalam film Keluarga Cemara diperankan oleh Ringgo Agus Rahman (Abah), Nirina Zubir (Emak), Adhisty Zara (anak pertama), Widuri Putri (anak kedua), dan Niloufer Bahalwan (anak ketiga).

Keluarga mereka mengalami masalah perekonomian di Jakarta sehingga terpaksa pindah ke kampung halaman Abah. Mereka memulai hidup dari nol dengan malakoni usaha rumahan agar perekonomian kembali stabil.

Baca Juga: Rekomendasi Film dan Series Netflix yang Cocok untuk Menemani Keseharian

4. Cek Toko Sebelah

loader

Selanjutnya ada rekomendasi film keluarga berjudul Cek Toko Sebelah. Karya yang ditulis dan disutradarai  Ernest Prakasa ini tayang di bioskop pada 2016 lalu. Ernest mengangkat kisah kehidupan sehari-hari keluarga keturunan Tionghoa di Indonesia yang berbisnis toko sembako.

Kisah seorang ayah dengan dua anak laki-lakinya dengan drama konflik sederhana yang umum terjadi. Chew Kin Wah (Koh Afuk) berperan sebagai ayah, Dion Wiyoko (Yohan) yang merupakan anak sulung, dan Ernest (Erwin) sebagai anak bungsu.

Konflik dimulai saat Koh Afuk sakit-sakitan dan kewalahan untuk menjalankan usaha miliknya. Ia pun mengamanatkan Erwin untuk menggantikan dirinya bertanggung jawab di toko. Saat itulah konflik sengit kakak beradik muncul, ketika Yohan merasa selalu dinomor duakan dengan sang adik.

5. Sabtu Bersama Bapak

loader

Film Sabtu Bersama Bapak merupakan salah satu film keluarga terbaik yang wajib ditonton. Lagi-lagi, film keluarga satu ini diadaptasi dari novel best seller karya Adhitya Mulya dengan judul yang sama. Novel maupun filmnya sukses menggetarkan hati untuk meneteskan air mata.

Film tersebut menceritakan ketulusan seorang bapak kepada istri dan anak-anaknya, bahkan hingga dirinya telah tiada. Sosok bapak dalam film tersebut yang diperankan oleh Abimana Aryasatya sangat lekat dengan gambaran bapak idaman.

Saat tahu dirinya akan segera meninggal, ia menyiapkan berbagai hal untuk istri (Ria Irawan) dan dua putranya (Arifin Putra dan Deva Mahenra). Bahkan saking sayangnya, ia membuat banyak rekaman video yang berisi sapaan dan nasihat untuk kedua putranya yang ditonton setiap hari Sabtu.

Ternyata saat dewasa, berbagai petuah sang Bapak memang menjadi pegangan untuk anak-anaknya menjalani hidup. Salah satunya, dalam menjaga hubungan dengan sang Ibu, saudara kandung, dan pasangan.

6. Miracle in Cell No.7

loader

Siapa yang tak tahu film populer Miracle in Cell No. 7? Ini merupakan film keluarga terbaik yang berasal dari Korea Selatan (Korsel). Kini Miracle in Cell No. 7 sudah diremake di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Menyimpan berbagai emosi dalam kisahnya, film tersebut wajib ditonton bersama keluarga. Kisah yang disuguhkan adalah kebersamaan anak dan bapak dengan keterbatasan kecerdasan. Keduanya terpisah saat sang bapak dituduh melakukan kriminalitas sehingga dipenjara serta hukuman mati.

Film keluarga Miracle in Cell No. 7 versi Indonesia diperankan oleh Vino G Bastian (Bapak Dodo Rozak), Graciella Abigail (Kartika kecil), dan Mawar Eva de Jongh (Kartika Dewasa). Cerita dalam film ini berhasil mengacak-acak emosi penonton dengan rasa senang, sedih, haru, dan tawa.

7. Ali & Ratu-ratu Queens

loader

Film keluarga berjudul Ali & Ratu-Ratu Queens muncul pada 2021 untuk mengobati kerinduan masyarakat dengan perfilman Indonesia saat pandemi Covid-19. Film ini mendapat jutaan penonton sehingga menjadi film keluarga terbaik yang meraih berbagai nominasi di Festival Film Indonesia (FFI).

Aktor muda tampan Iqbaal Ramadhan (Ali) menjadi pemeran utama dalam film tersebut. Selepas Ayahnya meninggal, Ali pergi ke New York, Amerika Serikat, seorang diri untuk mencari sang Ibu yang meninggalkannya sejak belasan tahun.

Bukan pelukan hangat dan tumpahan rindu yang didapatkannya. Ia justru menelan respons pahit ketika pertama bertemu Ibunya. Meski demikian, ia justru mendapatkan kasih sayang dari keluarga baru dari para Ibu-ibu penghuni Queens yang ditemuinya sejak awal di New York.

Baca Juga:  Pecinta Horor Merapat, Intip Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaru 2023 yang Seram Plus Menegangkan

8. Ngeri-Ngeri Sedap

loader

Dibalut dengan komedi, film keluarga Indonesia berjudul Ngeri-Ngeri Sedap juga menyimpan sirat makna yang begitu dalam. Rilis pada 2022, film ini merupakan garapan sutradara Bene Dion Rajagukguk yang mengisahkan kehidupan keluarga Batak.

Kisah Ngeri-Ngeri Sedap dimulai dengan keluh kesah sang ibu atau Mamak Domu (Tika Panggabean) yang merindukan ketiga putranya di rantau. Namun, ketiga anaknya enggan berlama-lama di rumah karena sang Ayah atau Pak Domu (Arswendy Beningswara Nasution) selalu beda pendapat dengan pilihan hidup mereka.

Keempat anak dalam film tersebut, yakni Domu (Boris Bokir Manullang), Gabe (Lolox), Sahat (Indra Jegel), dan Sarma (Gita Bhebhita Butar-Butar). Meski berunsur komedia, rasa haru tak luput dari film keluarga Indonesia yang satu ini.

9. Sejuta Sayang Untuknya

loader

Kembali dengan rekomendasi film keluarga yang mengisahkan kasih sayang seorang Ayah. Kini ada film Sejuta Sayang Untuknya yang rilis pada tahun 2020. Film ini diproduseri sekaligus diperankan aktor legendaris Deddy Mizwar (Aktor Sagala) sebagai sang ayah yang beradu akting dengan aktris muda Syifa Hadju (Gina).

Film ini bercerita kasih sayang tulus yang begitu besar dari Ayah untuk putrinya Gina. Selepas istrinya meninggal saat melahirkan Gina, sang Ayah menjaga dan merawat Gina hingga tumbuh dewasa.

Meski hidup dengan segala keterbatasan, tidak melunturkan tanggung jawab serta kasih sayang ayah kepada Gina. Begitu pula dengan Gina, yang terus berjuang menjadi siswi berprestasi untuk membanggakan ayahnya.

10. Orang Kaya Baru

loader

Ingatkah dengan film keluarga Indonesia yang booming pada awal 2019 lalu? Ya, film keluarga berjudul Orang Kaya Baru dengan genre drama komedi. Diceritakan kisah keluarga sederhana dengan tiga anak yang hidup pas-pasan.

Meski demikian, keluarga tersebut mengutamakan kebersamaan dan pendidikan terhadap anak-anaknya. Tak tanggung-tanggung, film ini diperankan oleh Lukman Sardi (Bapak), Cut Mini (Ibu), Derby Romero (Duta), Raline Shah (Tika), Fatih Unru (Dodi).

Semua berubah ketika Bapak meninggal dan ternyata meninggalkan sejumlah harta yang cukup banyak untuk istri dan anak-anaknya. Mereka akhirnya hidup dengan serba berkecukupan. Meski demikian, uang ternyata melunturkan kebersamaan di antara mereka.

Menonton Film Keluarga dapat Mengeratkan Kebersamaan dalam Keluarga

Itulah sepuluh rekomendasi film keluarga Indonesia yang bisa jadi tontonan seru untuk mengisi akhir pekan di rumah. Berbagai drama dan konflik dalam film-film tersebut dapat mengeratkan kembali kasih sayang antar anggota keluargamu. 

Yuk, ajak keluarga kamu nonton film di rumah saja saat libur akhir pekan nanti. Biar makin lengkap, tata ruang keluarga agar makin nyaman dan siapkan camilan favorit.

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Catat Rekomendasi Film Komedi Indonesia 2023 yang Kocak dan Seru