Daebak dan Bikin Ngakak, Yuk Intip 9 Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaru untuk Bersantai di Akhir Pekan

Sejak merebaknya Korean Wave alias Hallyu di dunia, musik K-Pop hingga film dan drama dari Negeri Ginseng kian digandrungi banyak orang. Tak terkecuali juga di Indonesia. Banyak dari kita yang mencicipi kuliner khas Korea hingga mengonsumsi film dan dramanya, termasuk film komedi Korea.

Hallyu atau Korean Wave sendiri merupakan fenomena sosial di mana kultur Korea Selatan merebak secara dramatis dan menjadi makin populer di skala internasional. Menyebarnya budaya Korea ini sudah terjadi sejak tahun 1990-an.

Hallyu makin menjadi-jadi setelah terjalinnya hubungan diplomatis antara Korea Selatan dengan China di tahun 1992. Ada banyak genre film dan drama Korea Selatan yang makin digemari dan ini termasuk film Korea komedi.

Untuk kamu yang doyan nonton dan senang terpapar dengan Hallyu, berikut daftar rekomendasi film komedi Korea terbaru dan drama komedi terbaik yang keren dari Negeri Ginseng.

Baca juga: Penuh Laga, Berikut Kumpulan Rekomendasi 10 Film Korea Action Terbaik yang Menegangkan

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaik 2023

  1. Strangers Again (Can We Be Strangers?)

    loader

    Strangers Again (Sumber: hancinema.net)

    Serial drama bergenre Romantic Comedy terbaru ini rilis di tahun 2023. Drakor Strangers Again bercerita tentang Oh Ha-Ra (diperankan oleh Kang So-Ra), seorang janda cerai yang berprofesi sebagai pengacara. Ia adalah seorang pengacara yang khusus menangani perceraian.

    Oh Ha-Ra mempunyai mantan suami bernama Ku Eun-Beom (Jang Seung-Jo), yang juga bekerja sebagai pengacara. Karena sama-sama pengacara, keduanya bertemu lagi tanpa sengaja sewaktu sedang mengurus pekerjaan mereka.

    Masalahnya, biar bagaimanapun mereka adalah mantan pasutri yang pernah berumah tangga di masa lalunya. Alhasil, keduanya masih sering terbawa perasaan yang lantas menimbulkan berbagai kejadian lucu.

    Bagaimana kelanjutan kisah mereka? Bagi kamu yang penasaran, film komedi Korea terbaru ini bisa disaksikan di Vidio.com, saluran ENA dan Genie TV.

  2. Delivery Man

    loader

    Delivery Man (Sumber: idntimes.com)

    Rekomendasi komedi selanjutnya yang tak kalah menarik ialah Delivery Man. Tontonan ini mengusung sejumlah genre, termasuk Comedy, Fantasy, Romance, Mystery, hingga Supranatural. Drama ini bercerita mengenai Seo Young Min (Yoon Chan Young) yang bekerja sebagai supir taksi.

    Pada suatu hari, ia mengalami hal yang aneh. Pasalnya, Seo Young Min tiba-tiba bisa melihat hantu. Sejak itu, sang supir taksi tak hanya mengantarkan manusia saja, ia juga harus berhadapan dengan para penumpang hantu.

    Oleh sebab itu, Young Min memutuskan untuk membantu si hantu dan menyibak penyebab kematiannya. Film komedi Korea ini bisa kamu tonton melalui platform streaming VIU.

  3. Love To Hate You

    loader

    Love To Hate You (Sumber: imdb.com)

    Salah satu film Korea komedi lainnya yang keren untuk ditonton ialah Love To Hate You. Fresh from oven, tayangan yang satu ini juga rilis di tahun 2023 dan berkisah tentang Yeo Mi-Ran (Kim Ok-Vin).

    Ia adalah seorang pengacara baru yang bekerja di Firma Hukum Gilmu. Spesialisasinya adalah masalah-masalah dalam industri entertainment. Mi-Ran kemudian berjumpa dengan Nam Gang-Ho (Yoo Teo), seorang aktor tersohor di panggung hiburan Korea Selatan.

    Awalnya, mereka berdua jelas mempunyai pemikiran serta prinsip hidup yang bertolak belakang. Namun siapa sangka jika benih cinta malah tumbuh di antara mereka. Bagi kamu yang penasaran dengan kelanjutannya, silakan tonton di Netflix.

  4. Bora Deborah

    loader

    Bora! Deborah (Sumber: sumedang.jabarekspres.com)

    Untuk kamu yang sedang mencari referensi film komedi Korea, Bora Deborah yang rilis 2023 ini juga bisa dicoba. Alkisah, Yeon Bo-Ra (Yoo In-Na) ialah seorang dating coach dan penulis dengan nama pena Deborah. Sayangnya, bukunya yang bercerita tentang cinta tak begitu laku di pasaran.

    Suatu waktu, hidup mempertemukan Bo-Ra dengan Lee Soo-Hyeok (Yoon Hyun-Min). Lee Soo-Hyeok berprofesi sebagai perencana penerbitan, dengan tipe kepribadian yang berseberangan dengan Bo-Ra.

    Bagi Lee, cinta itu perkara yang sukar. Sementara itu, Bo-Ra justru menyikapi cinta dengan cara yang bertolak belakang. Oleh karenanya, Lee tak begitu menyukai sikap Deborah yang seolah paling tahu segalanya tentang cinta.

    Bagaimana kisah lengkapnya? Bagi kamu yang penasaran, bisa saksikan sendiri kelanjutan Bora Deborah di bilibili.tv.

  5. Crash Course In Romance

    loader

    Crash Course In Romance (Sumber: asianwiki.com)

    Rekomendasi film Korea komedi selanjutnya berjudul Crash Course In Romance (2023). Dikisahkan, tokoh bernama Nam Haeng-Seon (Jeon Do-Yeon) yang dikenal sebagai atlet nasional. Karena atlet, ia memiliki stamina yang tidak terbatas serta pribadi yang positif dan penuh motivasi.

    Namun, jalan hidup membuatnya harus memilih menjalankan usaha toko lauknya. Hal itu dikarenakan Nam Haeng-Seon harus merawat keponakan yang disayanginya seperti anak kandungnya sendiri. Belakangan, mantan atlet tersebut bertemu Choi Chi-Yeol (Jung Kyoung-Ho).

    Choi Chi-Yeol diketahui berprofesi sebagai guru private yang sangat beken. Perlahan, hubungan mereka berdua makin berkembang dengan romantis. Bagi kamu pecinta Hallyu yang penasaran, saksikan kisah selengkapnya di Netflix.

  6. Heavenly Idol

    loader

    Heavenly Idol (Sumber: asianwiki.com)

    Film Korea komedi romantis 2023 ini menampilkan Kim Min-Kyu dan mengisahkan tentang seorang idol bernama Wo Yeon Wo. Ia adalah member dari grupnya, Wild Animal. Namun grup ini tidak begitu populer di industri entertainment Korea Selatan.

    Sang idol Wo Yeon Wo belakangan dirasuki tubuhnya oleh seorang malaikat bernama Pontifex Lembrary. Konflik dan hal-hal lucu segera terjadi karena sang malaikat tak bisa menyanyi apalagi menari. Namun, justru tingkah polosnyalah yang malah menarik perhatian publik.

    Alhasil, grup Wild Animal yang tadinya melempem pun makin naik daun. Popularitasnya kian meningkat karena sang malaikat. Dan seiring dengan berjalannya waktu, Pontifex Lembrary pun menjadi makin nyaman berada di tubuh Wo Yeon Wo, sang idola.

    Perubahan Wo Yeon Wo yang drastis dengan sejumlah tingkahnya yang lucu akan sangat menghibur dan mengundang tawa. Untuk menyaksikan Heavenly Idol, kamu bisa mengakses VIU atau lewat Vidio.com.

  7. The Love In Your Eyes

    loader

    The Love in Your Eyes (Sumber: asianwiki.com)

    Drakor komedi ini rilis di tahun 2022 dan menghadirkan sejumlah bintang keren, seperti Bae Noo-Ri, Baek Sung-Hyun, Jung Su-Hwan dan Choi Yoon-Ra. Alkisah, ada seorang single mother yang bernama Young Yi. Ia harus memberi nafkah anak-anaknya setelah suaminya tercintanya tutup usia.

    Pada saat yang bersamaan, rupanya kornea mata almarhum suaminya sudah didonorkan kepada Kyun Jun. Kyun Jun ialah cucu dari keluarga kaya raya.

    Young Yi dan Kyun Jun pun berjumpa. Dan Young Yi langsung jatuh cinta pada Kyun Jun lantaran kornea mata mendiang suaminya. Bagi kamu yang ingin tahu kelanjutannya, saksikan melalui iQiyi, VIU, dan We TV.

  8. King The Land

    loader

    King The Land (Sumber: kpopmap.com)

    Drakor Rom-Com ini juga sayang jika dilewatkan. Dijadwalkan tayang Juni 2023, King The Land dibintangi oleh Lee Junho 2PM dan Yoona Girls Generation (SNSD). Sinopsis drama ini mengisahkan tentang kehidupan konglomerat (chaebol) tersohor bernama Gu Woon.

    Punya segalanya, Gu Woon ialah salah satu pewaris dari King Group. Pria tampan dan cerdas ini selalu hidup bergelimang harta dalam kemewahan. Meski tampak seolah sempurna, kelemahannya ialah aspek percintaan—karena untuk urusan yang satu ini, ia sering gagal dan tak beruntung.

    Takdir kemudian mempertemukan Gu Woon dengan Cheon Sa Rang, seorang manager di hotel King milik keluarganya. Sa Rang terbilang murah senyum, namun ekspresi itu palsu dan tidak tulus. Karena ternyata, Sa Rang hanya berusaha memenuhi tuntutan profesinya saja.

    Tak tahan melihat senyum palsu itu, Gu Woon bertemu dengan Sa Rang pada suatu ketika. Akhirnya, mereka berdua mencoba mendapatkan kebahagiaan agar bisa tersenyum dengan tulus bersama-sama. Untuk menontonnya, akses Netflix atau Vidio.com.

  9. Strong Woman Gangnam Soon

    loader

    Strong Woman Gangnam Soon (Sumber: layar.id)

    Masih ingat dengan drakor Strong Woman Do Bong Soon (2017) yang dibintangi oleh aktor tampan Park Hyung-Shik? Ya, ini adalah sekuel dari drama tersebut. Diceritakan, sepupu jauh Do Bong Soon juga punya superpower, ia bernama Kang Nam Soon.

    Bukan hanya Kang Nam Soon saja yang kuatnya luar biasa, ibu dan neneknya pun mempunyai kekuatan yang sama. Ia harus menghadapi kejahatan narkoba yang terjadi di area Gangnam, Seoul. Penuh komedi dan gelak tawa, tontonan yang satu ini juga cocok untuk disimak sembari rebahan di VIU, iQIYI atau Vidio.com.

Baca juga: Suka Film Laga? Simak Rekomendasi 13 Film Action Terbaik yang Dijamin Seru untuk Ditonton

Menonton dan Tertawa Meningkatkan Kesehatan dan Banyak Manfaatnya

Demikianlah daftar rekomendasi seputar film komedi Korea terbaru dan terbaik yang bisa dijadikan alternatif untuk bersantai di waktu senggang. Menonton bukan hanya sekadar hiburan semata, apalagi membuang waktu tidak jelas. Sejumlah penelitian kesehatan justru membuktikan sebaliknya.

Menonton film dan drama dapat meningkatkan kesehatan mental seseorang. Selain bermanfaat untuk mengatasi stres, menambah kebahagiaan, mengeluarkan emosi yang terpendam, sarana rekreasi dan sebagai ajang relaksasi, kamu juga bisa mendapat manfaat positif lainnya dari kegiatan yang satu ini.

Melalui tontonan film dan dramanya, kamu bisa mendapatkan banyak pembelajaran sosial terkait budaya Korea Selatan. Tanpa disadari, menonton dapat memperluas wawasan seputar kultur Korea—mengingat budaya/ kultur merupakan landasan utama dalam tatanan kehidupan suatu bangsa dan negara.

Terlebih, menurut halaman Sehatq, dengan menonton film komedi dan tertawa, kamu bisa mendapat segudang efek positif. Tertawa bermanfaat untuk menurunkan hormon kortisol penyebab stres, meningkatkan kemampuan belajar, menjaga kesehatan otak, hingga menambah daya ingat.

Tak ketinggalan, jika kamu suka bahasa asing, kamu bisa sekalian belajar Hangul—bahasa yang digunakan orang Korea Selatan. Selamat tertawa-tawa menonton film komedi Korea, ya, guys. Annyeong!

Baca juga: 10 Film Barat Bagus yang Paling Menginspirasi, Penuh Motivasi dan Mengharukan!