11 Rekomendasi Film Thriller Terbaik yang Seru dan Bikin Deg-degan

Thriller film cocok bagi kamu yang suka plot cerita seram, mengerikan, dan menegangkan, tanpa harus berkaitan dengan tema klenik atau genre horror/supranatural.

Penasaran dengan rekomendasi film thriller terbaik untuk ditonton di akhir pekan? Berikut deretan film thriller bagus yang bisa menambah seru waktu luangmu, yuk disimak.

Baca Juga: Diangkat dari Kisah Nyata, Begini Sinopsis Drama the Glory dan Rekomendasi Drakor Bertema Bullying Lainnya

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

Rekomendasi Film Thriller Terbaik

1. The Forever Purge (2021)

loader

Sumber: www.framerated.co.uk

Meramu unsur thriller, action, dan horror, film ini diarahkan oleh sutradara Everardo Valerio Gout. The Forever Purge mengisahkan Adela dan Juan, dua sejoli yang melarikan diri ke Texas akibat dikejar oleh gembong kartel narkoba paling besar di Meksiko.

Dalam pelariannya, pasangan itu lantas bekerja sebagai buruh tani di keluarga Tucker yang kaya. Suatu waktu, terjadi sebuah “pembersihan”. Namun setelah malam “pembersihan” itu selesai, pihak “pembersih” merasa Adela dan Juan pun harus dibunuh.

Keluarga Tucker tempat mereka bekerja pun jadi ikut terseret bersama mereka. Bagaimana kelanjutannya? Tonton di Netflix atau JustWatch.

2. Dangerous Lies (2020)

loader

Sumber: www.youtube.com

Film garapan Michael Scott ini dikemas dalam genre thriller, crime, mystery, dan drama. Kisah dimulai ketika Leonard Wellesley (Elliot Gould), seorang kakek tua kaya raya, hidup sebatang kara. Tak ada siapapun yang merawatnya, ia kemudian berjumpa dengan Katie (Camila Mendes).

Sebelumnya, Katie bekerja sebagai pelayan. Namun ia masih trauma akibat perampokan yang terjadi di tempat kerjanya (temannya terbunuh saat kejadian). Itulah sebabnya Katie mencari pekerjaan baru.

Mengetahui hal itu, Kakek Leonard hendak memberi Katie sejumlah uang. Katie menolaknya. Meski begitu, ia lantas meminta Adam, suaminya, untuk dipekerjakan saja di rumah Kakek Leonard sebagai tukang kebun. 

Kakek Leonard kemudian tutup usia. Sebelum meninggal, ia sempat menuliskan surat wasiat yang menyebutkan bahwa seluruh harta kekayaannya diwariskan kepada Katie. Kejanggalan tersebut tentunya berujung petaka bagi Katie. Saksikan film ini di Netflix. 

3. Let It Snow (2020)

loader

Sumber: bacaterus.com

Apa jadinya jika rencana snowboarding malah menjadi petaka? Itulah yang dihadapi oleh sepasang kekasih, Max dan Mia. Keduanya malah berseluncur di area yang terlarang.

“You shouldn’t go the black ridge”. Sebenarnya mereka sudah diperingatkan, tapi peringatan itu malah tak diindahkan. Alhasil, celakalah mereka karena menjadi target dari pembunuh berdarah dingin.

Mia pun berusaha mati-matian untuk keluar dari area gunung tempat snowboarding dan mencari bantuan. Let It Snow bertemakan unsur thriller, adventure, horror, gore, dan suspense. 

Digarap oleh Stanislav Kapralov, film ini menghadirkan Ivanna Sakhno, Tinatin Dalakishvili, dan Alex Hafner. Bagaimana ending dari Let It Snow? Saksikan filmnya di Netflix. 

4. Nobody Sleeps in The Woods Tonight (2020)

loader

Sumber: www.youtube.com

Bertema thriller, horror, fantasy, slasher, mystery, dan supranatural, film yang satu ini digarap oleh Bartosz M. Kowalski. Ceritanya, ada sekumpulan anak remaja yang melakukan trip ke sebuah hutan di pedalaman. 

Hal itu dilakukan untuk mengatasi situasi mereka yang kecanduan teknologi. Awalnya, mereka sanggup berkomunikasi satu sama lain dan hidup tanpa smartphone. Semuanya baik-baik saja sampai kelompok remaja itu dibagi untuk melakukan simulasi bertahan hidup di alam liar. 

Di situlah semua petaka dimulai—mereka mulai dibunuh dan dimakan hidup-hidup oleh makhluk mengerikan yang mengincar kumpulan remaja itu. Tanpa GPS dan kompas, apakah mereka dapat menyelamatkan diri? Tonton film Polandia yang menampilkan Julia Wieniawa-Narkiewicz ini di Netflix. 

5. Hush (2016)

loader

Sumber: www.imdb.com

Hush mengemas tema horror, thriller, crime, mystery, slasher, dan psychological jadi satu. Film garapan Mike Flanagan ini bercerita tentang Maddie Young (Kate Siegel) yang berprofesi sebagai penulis. Waktu masih remaja, ia terkena meningitis sehingga Maddie pun harus rela kehilangan pendengarannya sekaligus menjadi bisu.

Maddie yang ingin menyepi karena butuh fokus menulis lantas pindah ke rumah yang indah di tengah hutan. Maddie sendiri hanya mempunyai seorang teman bernama Sarah (Samantha Sloyan), tetangga terdekat dari tempat tinggalnya. 

Suatu ketika, seorang psikopat mengincar dan menyambangi rumahnya. Psikopat itu telah lebih dulu menghabisi nyawa Sarah. Namun sayangnya, Maddie yang tuna rungu tak bisa mendengar teriakan tetangganya itu. 

Mengetahui korbannya menyandang disabilitas, psikopat itu lantas menganggap Maddie sebagai sasaran empuk dan mainan barunya. Dibintangi oleh Kate Siegel, Emma Graves, dan Michael Trucco, kamu yang demen film psikopat bisa saksikan film Hush di bilibili.tv.

6. Passengers (2016)

loader

Sumber: www.imdb.com

Film Passengers ini rilis tahun 2016 dan memadukan genre thriller, drama, romance, dan sci-fi. Film ini dibintangi Chris Pratt dan Jennifer Lawrence. Jangan tertukar dengan Passengers (2008), film bergenre thriller/drama berjudul sama yang menampilkan Anne Hathaway dan Patrick Wilson, ya.

Film Passengers yang satu ini bercerita tentang Jim dan Aurora. Keduanya adalah penumpang pesawat luar angkasa yang sedang dalam perjalanan menuju rumah baru. Jim dan Aurora yang tadinya mati suri, malah bangun lebih awal dari waktu yang telah dijadwalkan.

Mereka kemudian menemukan fakta bahwa bahaya besar tengah mengintai kapal tersebut. Nasib 5.000 orang penumpang lainnya yang masih tertidur kini berada di tangan mereka. Untuk kamu yang penasaran bagaimana kelanjutannya, tonton Passengers di Netflix atau Catchplay.

7. Black Swan (2010)

loader

Sumber: cinemapoetica.com

Bertemakan thriller, psychological, dark fantasy, dance, dan drama, Black Swan berkisah tentang gadis penari ballet ambisius. Diperankan oleh Natalie Portman, penari ballet ini rela melakukan segala hal demi sebuah peran besar yang akan ditampilkan di depan banyak orang.

Walaupun awalnya ia digambarkan berkarakter lemah, namun lama kelamaan sikap kompetitif dan ambisiusnya malah mengubahnya menjadi sosok yang sadis dan delusional. Berkat aktingnya yang hebat sebagai tokoh utama, Natalie Portman bahkan sukses menyabet Best Actress dari Academy Award karena film ini. Saksikan Black Swan di Disney+ Hotstar dan JustWatch.

8. Panic Room (2002)

loader

Sumber: www.imdb.com

Panic Room berkisah tentang Meg Altman (Jodie Foster) yang baru bercerai dari suaminya. Ia lantas pindah rumah dan memboyong putri semata wayangnya, Sarah (Kristen Stewart) yang masih berusia 11 tahun. 

Mereka membeli mansion yang luas dan besar di New York. Pemilik sebelumnya ialah seorang konglomerat yang bahkan menambahkan satu ruangan aman (panic room) berlapis baja untuk menghindari penyusup dan perampok. 

Sialnya, ketika dua ibu dan anak itu menempati mansion itu, sekelompok pencuri datang menyambangi mereka. Komplotan penjahat itu hendak mencuri ratusan lembar obligasi yang nilainya mencapai ratusan juta Dollar. 

Sang ibu lantas membawa putrinya untuk bersembunyi dalam panic room. Apakah akhirnya mereka bisa selamat dan keluar hidup-hidup dari ruangan tersebut? Mengombinasikan thriller, action, crime, family jadi satu, saksikan film seru ini di Catchplay, Netflix, dan JustWatch.

9. Entrapment (1999)

loader

Sumber: www.hotstar.com

Virginia ‘Gin’ Baker (Catherine Zeta-Jones) ialah penyidik asuransi yang menangani sebuah kasus pencurian lukisan berharga. Gin langsung mencurigai bahwa Robert (Sean Connery), seorang pencuri kelas kakap, adalah pelakunya.

Ingin menyingkap kebenarannya, Gin lantas menyamar menjadi partner-in-crime Robert untuk mencuri artefak kuno. Namun belakangan, Robert yang curiga lantas mengonfrontasi Gin. Kepada Gin, ia mengatakan bahwa dirinya ialah pencuri ulung, sedangkan pekerjaannya sebagai penyidik asuransi hanyalah kedok belaka. 

Jadi, manakah kebenaran yang sesungguhnya? Film thriller, crime, action, dan romance ini bisa ditonton melalui Catchplay, Netflix, atau Disney+ Hotstar.

10. Volcano (1997)

loader

Sumber: www.hotstar.com

Apa jadinya jika ternyata gunung berapi di bawah kota Los Angeles, California, bangun dari tidurnya dan meletus tiba-tiba? Inilah alur dari film Volcano. Meski terbilang lawas, Volcano menjadi salah satu film thriller bagus dan legendaris untuk ditonton. 

Melebur thriller, tragedy, adventure, action, disaster, horror, drama, dan sci-fi, Volcano mengisahkan dua orang geolog, Michael Roark dan Amy. Mereka harus beraksi memperingatkan semua orang bahwa bencana yang tak terduga akan datang. 

Seluruh kota mulai terbakar lahar panas dan membuat semakin banyak korban berjatuhan. Malahan, letusan kedua diperkirakan akan lebih parah dan mengakibatkan kerusakan fatal. Bagaimana kelanjutannya?

Film garapan Mick Jackson ini dibintangi Tommy Lee Jones, Anne Heche, Gaby Hoffmann, dan lainnya. Untuk kamu yang belum menontonnya, saksikan di Disney+ Hotstar, JustWatch, dan bilibili.tv.

11. Speed (1994)

loader

Sumber: www.themoviebuff.net

Film thriller lawas dan legendaris ini bisa kamu saksikan di Netflix maupun Disney+ Hotstar. Mengangkat tema thriller, action, dan adventure, dikisahkan ada seorang polisi New York bernama Jack Traven (Keanu Reeves). Suatu waktu, Jack menangani kasus pembajakan lift di sebuah gedung. 

Ternyata, pelakunya ialah seorang pensiunan polisi, Howard (Dennis Hopper). Aksi gila Howard ini berhasil diatasi oleh Jack. Namun, permainan Howard masih berlanjut. Jack harus menyelamatkan seluruh penumpang di dalam bus yang telah dipasangi bom oleh si pensiunan polisi. 

Yang menjadi masalah, bom akan meledak jika kecepatan bus itu kurang dari 50km/jam. Untuk menyelamatkan seluruh penumpang dan bom tidak meledak, Jack memutar otak dan dibantu oleh Annie (Sandra Bullock). Annie ialah salah satu penumpang yang kemudian harus mengendarai bus dengan kebut-kebutan.

Yang menarik, setelah puluhan tahun berlalu, terungkaplah fakta bahwa Sandra Bullock dan Keanu Reeves ternyata memang saling naksir satu sama lain saat syuting film ini. Mereka berdua mengakuinya secara terpisah saat wawancara dalam beberapa talk show

Kedua superstars ini memilih jalan masing-masing dan tidak bersama dalam kehidupan nyata. Meski begitu, banyak fans mereka dari seluruh dunia yang menyukai chemistry Keanu dan Sandra dalam film Speed.

Baca Juga: Suka Film Laga? Simak Rekomendasi 13 Film Action Terbaik yang Dijamin Seru untuk Ditonton

Nonton Film Thriller/Horror Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan Mental

Demikianlah rekomendasi film thriller terbaik yang bisa dijadikan pilihan untuk bersantai nonton di akhir pekan. Tak banyak yang tahu, menurut sejumlah artikel kesehatan, menonton film thriller/horror ternyata dapat bermanfaat bagi kesehatan mental.

Menonton film thriller/horror tak hanya bisa membantumu menghadapi ketakutan. Kegiatan ini juga membantumu mengembangkan rasa percaya diri bahwa kamu mampu mengatasi tekanan dari ketakutanmu.

Bahkan, sejumlah ahli kejiwaan menggunakan film thriller/horror sebagai terapi (sinematerapi) pada penderita gangguan kecemasan (OCD) yang dirawat. Terlepas dari hal itu, menonton film selalu menjadi hiburan seru yang membantu rileks asalkan tidak berlebihan. Apapun pilihan filmnya, selamat menonton!

Baca Juga: Daftar 10 Film Animasi Terbaru 2023, Ada yang Sekuel Lanjutannya Lebih dari 20 Tahun!