7 Fitur Penting yang Wajib Ada dalam Mobil Keluarga

Memilih mobil keluarga bukanlah perkara yang mudah, karena kamu harus mempertimbangkan banyak faktor. Mulai dari ukuran mobil, ketersediaan kursi, keamanan, kenyamanan, fitur, hingga harganya.

Apalagi jika anggota keluarga terbilang banyak, maka kapasitas mobil dan kenyamanan hingga ruang bagasi yang besar menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan.

Saat ini ada banyak jenis mobil keluarga yang beredar di pasaran, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Untuk itu, kamu perlu tahu apa saja fitur-fitur yang dimiliki agar sesuai dengan kebutuhan keluarga. Nah, agar tak salah pilih, berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Baca Juga: Mobil Listrik: Rekomendasi, Kisaran Harga dan Tips Perawatannya

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Fitur Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Mobil Terbaik untuk Keluarga 

loader

Mobil yang cocok untuk keluarga

  1. Kondisi Mesin

    Hal pertama saat memilih mobil keluarga adalah dari segi performa mesinnya. Pastikan untuk memilih mobil keluarga yang memiliki performa mesin responsif. Hal ini tentu akan membuat perjalanan jauh bersama keluarga akan menjadi jauh lebih aman dan nyaman. 

    Mobil dengan mesin yang memiliki performa dan kinerja terbaik akan membuat penumpang semakin nyaman di perjalanan. Dukungan mesin yang maksimal mampu membuat mobil semakin bertenaga dan mampu menyalip kendaraan lain hingga menaiki tanjakan dengan mudah.

    Memilih mobil dengan mesin responsive tentunya sangat penting guna memastikan perjalanan bersama dengan keluarga jadi lebih lancar. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli mobil keluarga, pastikan performa mesinnya lebih dulu, ya.

  2. Irit Bahan Bakar

    Faktor selanjutnya yang harus kamu pertimbangkan ketika ingin memilih mobil untuk keluarga adalah konsumsi bahan bakarnya. Pastikan mobil yang dipilih hemat bahan bakar, supaya tidak terlalu boros biaya saat digunakan sehari-hari nantinya.

    Selain nyaman dan memiliki performa responsif saat digunakan ketika berkendara jauh, mobil yang irit bahan bakar tentu akan membuat pengeluaran lebih aman. Sehingga tidak perlu bolak balik mampir pom bensin, kamu pun juga bisa menggunakannya untuk kebutuhan harian. Contohnya untuk antar jemput anak-anak sekolah, mobilitas kerja ke kantor maupun ojek online.

  3. Fitur Keamanan yang Diusungnya

    Ketika berkendara bersama dengan keluarga tercinta, penting sekali untuk memperhatikan sistem keselamatan mobil tersebut. Hal ini adalah poin yang sangat penting untuk meminimalisir resiko dari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Untuk fitur keselamatan yang wajib ada dalam mobil dan perlu diperhatikan adalah airbag, seatbelt, hingga sistem pengeremannya. Contoh lainnya untuk sistem keamanan yang bisa kamu pertimbangkan seperti keyless entry, airbags dual front & side, hill start assist, dan sejenisnya.

    Tanpa adanya fitur keamanan yang mumpuni, tentu akan membuat mobil keluarga kurang ideal. Jadi pastikan mobil yang akan dibeli memiliki beberapa fitur penting tersebut, ya.

  4. Kenyamanan Bagian Kabin

    Fitur penting lainnya yang tak boleh luput dari perhatian ketika memilih mobil keluarga adalah kenyamanan bagian kabinnya. Pastikan mobil yang digunakan memberikan kenyamanan penuh bagi seluruh anggota keluarga. Kabinnya juga harus luas dan lega supaya lebih nyaman ketika membawa seluruh anggota keluarga, adanya armrest juga jadi nilai plus.

    Selain kabin yang lega, pilih mobil yang memiliki jok yang empuk dan nyaman. Pastikan juga bagian bagasi mobil punya area cukup luas untuk menampung lebih banyak bawaan.

  5. Dilengkapi dengan Teknologi Canggih Terbaru

    Supaya kegiatan mengemudi jadi lebih menyenangkan, akan lebih baik jika menggunakan mobil yang dilengkapi dengan teknologi canggih yang komplit. Dengan begitu, kenyamanan berkendara bersama keluarga akan semakin optimal.

    Sebaiknya pilih mobil yang punya head unit dan dilengkapi entertainment tools lainnya serta mendukung Smartphone Connection.

    Selain fitur entertainment-nya, kamu juga bisa mempertimbangkan fitur pendukung lainnya yang tak kalah penting. Seperti Engine Start dengan remot serta Auto Lock Walk-Away, dan lain sebagainya.

  6. Tampilan Desainnya yang Menarik dan Futuristik 

    Terkadang bagi sebagian orang, kenyamanan saja tidak cukup ketika memilih mobil untuk keluarga. Dimana mobil tersebut juga harus punya tampilan yang menarik. 

    Untuk masalah tampilan ini memang sifatnya sangat subjektif, mengingat selera setiap orang untuk mobil keluarga impian bisa berbeda-beda. 

    Sebagai rekomendasi, coba pilih mobil yang memiliki tampilan yang modern, sporty, dan futuristik supaya kamu bisa tampil lebih percaya diri. Pastikan, desain mobil tersebut sesuai dengan karakter kamu sebagai pemiliknya.

  7. Fleksibel

    Pastikan juga mobil keluarga tersebut cukup fleksibel ya dan memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan kompartemen-kompartemen kecil. Misalnya memiliki space untuk menyimpan banyak botol air minum, atau kursi bagian ketiga yang bisa dilipat 50/50 sehingga bagasinya terasa jauh lebih lega. 

    Fleksibilitas ini tentunya sangat penting dimiliki sebuah mobil keluarga. Supaya seluruh anggota keluarga yang naik dalam mobil tersebut bisa mendapatkan lebih banyak kenyamanan dan kemudahan. 

    Kursi yang bisa dilipat ini merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan karena mempengaruhi space dalam mobil.

  8. Baca Juga: Cara Mudah Menjaga Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Pilih Mobil yang Nyaman untuk Semua Anggota Keluarga 

Memilih mobil keluarga bukanlah perkara yang mudah, jadi coba pertimbangkan fitur diatas, ya. Fitur-fitur yang bisa sangat menentukan kenyamanan dan keselamatan penumpang, hingga kemudahan pengoperasian mobil tersebut.

Pastikan untuk jangan lupa mempertimbangkan semua faktor yang ada supaya bisa mendapatkan mobil keluarga terbaik sesuai idaman.

Baca Juga: Menyingkap Serba-Serbi Mobil Hidrogen—Kelebihan, Kekurangan, hingga Harganya