Gaji Pas-pasan? Begini Tips Menghemat Uang Belanja

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat uang belanja. Tentunya, bukan dengan cara mengirit sampai menyiksa diri sendiri. Melainkan lebih ke mengurangi gaya hidup setiap bulan agar gaji berapapun cukup untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan. 

Berikut beberapa tips menghemat uang belanja yang bisa Anda aplikasikan langsung dalam mengelola gaji bulanan. Semoga membantu, ya!  

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Tips Menghemat Uang Belanja 

1. Cek stock kebutuhan yang masih ada

kebutuhan
Cek stock kebutuhan yang masih ada

Pertama-tama, coba lakukan pengecekan terhadap stok barang atau kebutuhan yang masih ada. Mulai dari bumbu jadi maupun olahan, beras, minyak goreng, dan lain-lain karena biasanya masih ada beberapa yang tersisa dari penggunaan bulan sebelumnya.

Jika stok barangnya sudah habis, Anda bisa catat dalam “daftar barang yang akan dibeli”. Jadi, barang yang dibeli cuma sebatas yang ada dalam daftar saja, sehingga tidak mubazir.

Cara ini sangat membantu dalam mengontrol arus pengeluaran, sehingga uang untuk alokasi suatu biaya bisa dialokasikan untuk membiayai kebutuhan lain yang tak kalah penting.

2. Hindari melihat-lihat barang diskon

Jujur saja, kebiasaan melihat barang-barang diskon menjadi penyebab belanja berlebihan. Mumpung lagi diskon, jadi lebih baik dibeli sekarang dan dipakai nanti. apalagi barang tersebut belum tentu diskon besok atau seminggu kemudian. Kira-kira seperti itulah ilustrasinya.

Membeli barang diskon memang paling ampuh mengurangi pengeluaran. Namun, Anda harus bijak dalam membeli agar tidak terkesan konsumtif.

Jika kebetulan barang yang dibutuhkan lagi diskon, maka belilah seperlunya. Jika barang lain yang diskon, lebih baik tidak dibeli apalagi kalau barang tersebut kurang bermanfaat.

Baca Juga: 4 Manfaat Kartu Kredit Untuk Transaksi Belanja Bulanan

3. Bandingkan harga barang

bandingkan
Bandingkan harga barang

Hal lain yang tak kalah penting diperhatikan adalah membandingkan harga barang yang ingin dibeli. Barang yang sama sekalipun bisa berbeda harga karena dijual di tempat yang berbeda. Contohnya, harga gula pasir di minimarket yang tentunya lebih mahal dibandingkan di warung. 

Maka dari itu, jangan pernah malas untuk membandingkan harga. Meskipun perbedaan harganya cuma Rp 500 per produk, jika barang yang dibeli mencapai 10, maka akumulasi bedanya Rp 5.000. Cukup lumayan, ‘kan?

Cara ini tidak hanya berlaku saat membeli barang di toko atau minimarket, tapi juga barang online. Sehingga penghematan yang dilakukan menjadi maksimal.

4. Coba belanja sendirian

Ketika berbelanja bersama orang lain, maka barang yang dibeli biasanya lebih banyak. Sebab, orang tersebut sering kali “meracuni” Anda saat berbelanja. Mengatakan kalau barang ini bagus, jadi ujung-ujungnya beli padahal di awal tidak ada plan untuk membelinya.

Sebisa mungkin belanjalah seorang diri. Selain lebih hemat, bisa lebih cepat juga karena Anda hanya fokus untuk membeli barang keperluan sendiri saja. Jika memang memungkinkan, lebih baik belanja online saja. Terlebih lagi jika Anda sibuk bekerja atau harus menjaga anak di rumah.

5. Manfaatkan promo yang diberikan cuma-cuma

promo
Manfaatkan promo

Pusat perbelanjaan, seperti fresh market atau supermarket sering kali memberikan promo cuma-cuma kepada konsumen. Promo ini bisa berupa potongan harga, buy 1 get 1, atau tebus murah. Manfaatkan promo ini dengan baik untuk menghemat pengeluaran.

Promo ini biasa diberikan menjelang akhir pekan, akhir bulan, atau saat hari-hari besar. Makanya, coba lebih sering cek promosinya dari website atau katalog supermarket. 

Namun ingat, hindarilah belanja konsumtif. Meskipun suatu barang lagi promo, tapi kalau tidak penting, sebaiknya jangan dibeli agar pengeluaran terkendali.

6. Sharing barang atau bahan makanan

Khusus untuk perantau atau anak kos-kosan, tidak ada salahnya untuk sharing bahan makanan dengan sesama anak kos. Cara ini ampuh untuk memangkas pengeluaran karena biayanya dikover oleh dua orang sekaligus.

Tapi memang, Anda harus pintar-pintar mencari teman untuk sharing karena tidak semua orang adil. Terkadang ada orang yang egois dan ingin untung sendiri.

Baca Juga: 8 Cara Pintar Kelola Belanja Bulanan

7. Budidaya sayur-mayur sendiri

tanam

Jika ingin lebih hemat, tak ada salahnya untuk membudidaya makanan sendiri. Misalnya saja sayur bayam, kangkung, bawang, atau cabai yang bisa ditanam di halaman belakang rumah. Mengurus tanaman ini cukup simpel, jadi tidak butuh waktu dan tenaga yang banyak.

Setelah beberapa waktu, bisa dipanen dan langsung dikonsumsi, jadi tidak perlu beli di pasar atau supermarket lagi. Lebih hemat, bukan?

Jika panennya melimpah, bisa dijual kepada tetangga, warung, atau pedagang keliling. Lumayan uangnya bisa untuk tambah-tambah ke dapur.

Pandai Mengelola Gaji Jadi Kunci

Menghemat uang belanja sebenarnya tidak sulit, cuma butuh kedisiplinan yang tinggi dalam mengelola gajinya agar semua kebutuhan tercukupi dengan baik. Di samping itu, kendalikan pula nafsu belanja agar pengeluaran tidak melebihi budget yang sudah ditentukan. Semoga tips-tips menghemat uang belanja di atas bisa melengkapi tips belanja hemat yang selama ini diterapkan, ya!

Baca Juga: Daftar Belanja yang Tepat Bisa Bikin Belanja Lebih Hemat