Gak Selamanya Ngenes, Ini 8 Keuntungan Finansial Buat Para Jomblo

Mblo, jomblo, gak usah sedih tanpa pacar. Hidup sendiri gak selamanya sepi. Masih ada keluarga, teman, sahabat setia mendampingimu dalam susah dan senang. 

Siapa bilang jadi jomblo, bernasib ngenes. Ada keuntungan yang bisa kamu dapat meski menyandang status lajang. Berikut keuntungan jomblo dari segi keuangan:

Baca Juga: BLT Subsidi Gaji Cair, Sebaiknya Dipakai Untuk Apa?

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Bisa hemat pengeluaran 

Mengatur Keuangan
Bisa hemat pengeluaran

Keuntungan finansial pertama buat jomblo adalah bisa menghemat pengeluaran. Kamu gak perlu menggelontorkan banyak uang untuk berkencan, menraktir pacar di restoran atau kafe mahal, membeli kado pas hari ulang tahunnya.

Gajimu ya dipakai buat memenuhi kebutuhan hidup sendiri. Kamu dapat berhemat lebih banyak uang.

2. Menabung lebih banyak

Dari penghematan uang tersebut, kamu dapat menabung dengan jumlah yang jauh lebih besar ketimbang punya pacar. Apakah itu mengumpulkan uang untuk DP rumah, membuka usaha, melanjutkan pendidikan, atau lainnya.

Misalnya anggaran hiburan kalau punya pacar mencapai Rp 1 juta per bulan, tetapi karena kamu jomblo, bisa dihemat menjadi Rp 200 ribu saja.

Kemudian kamu menabung setiap bulan Rp 800 ribu atau lebih. Maka dalam 5 tahun (60 bulan), tabungan yang terkumpul sebesar Rp 48 juta. Sudah bisa buat setoran DP rumah bukan?

3. Menyenangkan keluarga

Daripada gajimu habis untuk hura-hura bareng pacar, lebih baik dikasih ke orangtua atau untuk menyenangkan keluarga.

Kalau jomblo, kamu dapat memberi uang bulanan ke ibu, bapak, bahkan membantu orangtua untuk biaya pendidikan adik-adik. Kalau adikmu lulus dengan hasil memuaskan, kamu juga kan yang bangga?

Anggaran hiburan yang sudah kamu catat dalam daftar pengeluaran pun dapat dialokasikan untuk keluarga. Misalnya mengajak keluarga makan bersama di restoran dalam rangka merayakan hari ulang tahunmu.

4. Tak melupakan investasi 

Investasi

Kalau punya pacar, uangmu bakal habis untuk pacarmu. Apalagi jika kamu bucinnya kebangetan. Pastinya kamu tidak punya bujet investasi.

Keuangan stabil, tidak besar pasak daripada tiang saja sudah bersyukur. Tetapi kalau kamu jomblo, kamu bakal punya uang lebih banyak untuk investasi.

Investasi adalah cara tepat untuk mengembangkan uangmu. Jadi selain tabungan, investasi akan menolongmu di masa tua. Masa depan keuanganmu bakal cerah, karena kamu sudah mempersiapkan sejak dini. Bukan cuma gonta ganti pacar, duit ludes, hari tua merana.

Baca Juga: 6 Hal yang Bisa Membuat Uang Terpakai dengan Tidak Sia-Sia

5. Bebas dari utang 

Pacaran hanya menuntutmu mengeluarkan lebih banyak uang. Apalagi kalau jadi budak cinta alias bucin, demi menyenangkan pacar, kamu rela utang sana sini.

Duh, jangan sampai deh. Mending jadi jomblo, risiko berutang sangat kecil. Kartu kreditmu bakal aman, tagihannya tidak membengkak untuk menraktir pacar setiap pekan.  

6. Ada waktu untuk kerja sampingan

Fotografer
Ada waktu kerja sampingan

Keuntungan jadi jomblo lainnya adalah bisa lebih produktif karena kamu tidak perlu memikirkan waktu untuk pacar. Tidak dituntut selalu ada untuk pacar. 

Jadi kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk bekerja sampingan. Mendapatkan penghasilan tambahan. Apakah itu menjadi freelancer, driver ojek atau taksi online, barista, jualan online, dan lainnya.

Kamu dapat lebih fokus meniti karier. Memperbanyak pundi-pundi uang. Tidak ada yang bisa komplein, karena statusmu jomblo.

7. Tidak perlu tampil sempurna di setiap kesempatan 

Biasanya kalau pacaran, ingin menjadi yang sempurna di mata pasangan. Maka dari itu, kamu tidak bisa menjadi diri sendiri.

Tampil rapi, wangi agar pasangan tidak berpaling ke hati pria atau wanita lain. Minimal sebanding dengannya. Untuk berpenampilan seperti itu, butuh uang.

Sementara kalau jomblo, tidak perlu ribet memikirkan penampilan. Kamu bisa tampil apa adanya. Bahkan tidak perlu beli baju baru setiap bulan karena tidak ada tuntutan untuk tampil sempurna.

8. Aset bertambah 

KPR
Aset bertambah

Inilah enaknya jadi jomblo, peluang aset kamu bertambah lebih besar dari uang yang kamu kumpulkan.

Gaji atau uang yang harusnya digunakan untuk makan, nonton, beli hadiah, atau jajan kopi bareng pacar, bisa ditabung kalau kamu jomblo.  

Tabungan tersebut bisa buat beli aset, seperti rumah, tanah, apartemen, mobil, motor, atau merintis bisnis.

Mumpung Jomblo, Atur Keuangan agar Hidup Mapan

Gunakan masa muda dan status jomblomu untuk giat bekerja, menabung, dan berinvestasi. Atur uangmu sedemikian rupa, buat alokasi anggarannya dengan baik.

Sebaiknya pisahkan rekening berdasarkan kebutuhannya untuk menghindari pemakaian pada pos-pos yang tidak sesuai jalur. Dengan demikian, keuangan lebih mudah dikontrol.

Jadi begitu kamu punya pacar dan ingin menikah, hidupmu sudah mapan secara finansial.

Baca Juga: Mantapkan 6 Hal Ini Sebelum Kamu dan Doi Menikah