Galau Gak Mudik Lebaran? Lakukan 7 Kegiatan Ini Biar Gak Mati Gaya

Momen puasa dan Lebaran tahun ini akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ya, karena pandemi corona atau Covid-19, libur Lebaran kali ini bakal tetap di rumah aja. 

Toh, pemerintah sudah mengeluarkan imbauan tidak mudik Lebaran. Cuti bersama Idul Fitri pun direvisi. Digeser ke akhir tahun. 

Umat muslim di Indonesia diimbau untuk melakukan sholat tarawih dan Ied di rumah. Tak ada jabat tangan, begitupula tatap muka. Silaturahmi saat Hari Raya nanti secara online. Melalui video call. 

Walhasil, libur Lebaran dihabiskan di rumah aja tanpa berkunjung ke rumah tetangga dan saudara, jalan-jalan ke tempat rekreasi. Jadi mending staycation manja di rumah. 

Meski hanya berada di rumah saat libur Lebaran, kamu tetap bisa melakukan aktivitas seru nan menyenangkan untuk mengusir bosan. Berikut ulasannya, seperti dikutip dari Cermati.com:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Menamatkan Buku atau Novel Favorit

baca novel

Berhubung tidak bisa ke mana-mana, termasuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat, lebih baik manfaatkan waktu libur Lebaran di rumah untuk menamatkan buku atau novel yang sudah dibeli. 

Inilah saat yang tepat buat me time, membaca. ‘Melahap’ buku-buku maupun novel yang masih tersegel rapi di rak atau lemari. Mumpung ada waktu. 

Kalau nanti sudah bekerja kembali dan imbauan di rumah aja atau status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dicabut, kamu tidak akan punya waktu untuk membaca. Sibuk lagi beraktivitas secara normal. 

2. Nonton Drama Korea (Drakor) Maraton

nonton drakor

Libur Lebaran staycation di rumah aja, jangan sampai mati gaya. Nonton film favorit maupun drama korea pilihan bisa jadi ‘obat’ galau. Kamu bisa menontonnya secara maraton. 

Menikmati film maupun drakor hingga berseri-seri atau puluhan episode tanpa terganggu pekerjaan. Jadi lebih menghayati, karena tidak diburu waktu. Pasti akan sangat mengasyikkan bukan?

3.  Memasak Makanan Favorit atau Membuat Kue

memasak

Jika biasanya kamu membeli makanan jadi untuk Lebaran karena tidak ada waktu memasak, kini bisa dilakukan sendiri di rumah. Masak menu khas Lebaran, seperti opor ayam, daging rendang, sambal goreng ati, dan lainnya. 

Buat juga kue kering atau kue basah sebagai teman cemilan nonton film maupun membaca novel. Libatkan anak dan suami untuk memasak bersama, bila kamu sudah berkeluarga.

Baca Juga: Jangan Galau Mudik Dilarang, Silaturahmi Jalan Terus Pakai Cara Ini

4. Membuat Karya Menarik

konten menarik

Jika kamu senang atau hobi fotografi, mengedit foto, membuat konten di Instagram atau YouTube, merajut, menjahit, menulis, bahkan melukis, jangan sia-siakan waktu berharga ini. 

Asah hobimu dengan membuat karya menarik. Siapa tahu ada yang tertarik, dan akhirnya bisa menghasilkan uang. Lumayan kan, liburan berfaedah. 

Daripada cuma tidur-tiduran di rumah, lebih baik lakukan kegiatan positif yang membuat tubuh bergerak dan otak berpikir. Biar gak stres dan jenuh di rumah. 

5. Karaokean

karaoke

Karaoke bisa jadi pilihan aktivitas seru ketika libur Lebaran di rumah aja. Apalagi buat kamu yang senang sekali menyanyi. Buat suasana ruang keluarga seperti berada di tempat karaoke, dan mulai bersenandung menyanyikan lagu-lagu kesukaanmu. Jangan lupa ditemani cemilan kue buatanmu. Makin hobah deh.

Baca Juga: Sabar, Ini Ujian! Berikut Cara Menjalankan Puasa Ramadhan saat Pandemi Corona 

6. Buat Aktivitas Permainan Seru 

aktivitas seru

Libur Lebaran di rumah aja dapat disiasati dengan membuat permainan seru. Misalnya bermain monopoli, mencari harta karun di rumah, berkemah, adu cepat tiup bola, bermain congklak, main game nintendo atau playstation, dan permainan lainnya. 

Mainkan bersama anak-anak atau keluarga di rumah. Murah meriah dan menambah kekompakan. Paling penting, anggota keluarga dapat bergembira bersama dan sejenak melupakan gadget. 

7. Belanja online

belanja online

Aktivitas lain mengisi libur Lebaran adalah berbelanja online. Siapa sih yang tidak suka belanja online? Tapi ingat ya, belanja online boleh-boleh saja asalkan dilakukan secara bijak. Artinya tidak berlebihan. 

Belilah barang atau keperluan yang memang kamu butuhkan. Contohnya bahan-bahan makanan untuk dimasak selama di rumah aja, barang yang dibutuhkan mendesak karena sudah rusak. 

Jangan nafsu belanja karena tergiur promo spesial Lebaran. Uang THR atau gajimu bisa ludes seketika. Berbelanjalah sesuai kebutuhan dan kemampuan bujet mu. 

Keuntungan Libur Lebaran di Rumah Aja

Jangan sedih, staycation di rumah aja pas libur Lebaran bisa memberimu keuntungan. Di antaranya:

  • Lebih murah dan menghemat biaya liburan
  • Tidak khawatir dengan jatah cuti terbatas
  • Menambah kekompakan dan keharmonisan antar anggota keluarga

Bahagia Itu Sederhana Kok!

Mendapatkan kesenangan, kegembiraan, rasa suka cita, tidak harus dengan liburan ke luar kota atau luar negeri. Staycation di rumah aja pun bisa membuatmu menemukan arti dan makna kebahagiaan. Bahagia itu sederhana, ketika kamu masih dapat berkumpul bersama keluarga atau orang-orang terkasih.

Baca Juga:  Mudik Lebaran 2020 Resmi Dilarang, Awas Ada Denda hingga Rp100 juta