Rekomendasi Game Balap Motor di Android yang Seru untuk Melatih Koordinasi Mata dan Tangan

Saat ini, ada berbagai jenis game yang bisa dimainkan lewat smartphone. Mulai dari puzzle game, action game, real time strategy, simulasi, atau yang dapat memacu adrenalin seperti racing game. Jika suka racing game, selain game balap mobil, kamu juga bisa mencoba game balap motor untuk dimainkan di ponsel pintar. 

Sama seperti bermain game balap mobil, permain diajak untuk memacu kecepatan motor di lintasan. Bukan cuma soal kecepatan, tetapi pemain juga harus bisa melakukan manuver di setiap belokan dengan benar agar tidak terjatuh. 

Baca Juga: 22 Game Offline Seru yang Anti Boros Kuota

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Rekomendasi Game Balap Motor di Android

loader

Bermain Game Balap Motor di Android

Game balap motor juga banyak jenisnya. Ada yang dibuat ala MotoGP, balapan di jalan, hingga menjadi bagian dari geng motor. Berikut beberapa game balap motor yang bisa kamu unduh dan mainkan di smartphone. 

  1. Real Moto

    loader

    Melintasi jalan sirkuit layaknya pembalap profesional menjadi konsep dari Real Moto. Pemain bahkan bisa memilih mode bermain, yaitu GP Mode dan GP Campaign. Keduanya sama-sama menyuguhkan model balapan motor yang seru dan menegangkan. 

    Ada 11 jenis motor yang bisa dipilih pemain agar bisa ikut kompetisi. Pemain juga bisa memodifikasi motor, baik mesin dan body, sesuai dengan selera serta kebutuhan. 

    Untuk ukuran game balap motor di smartphone, grafik Real Moto cukup baik. Dreamplay juga membuat game ini lebih realistis dengan menambahkan efek suara yang mirip suasana balap motor. 

  2. Top Bike: Street Racing and Moto Drag Rider

    loader

    Selain di lintasan, game balap motor juga mengambil latar jalanan perkotaan. Khusus drag race, Top Bike juga menyediakan lintasan lurus agar kontestan bisa mengadu kecepatan dalam format side view.

    Pemain bisa melakukan kustomisasi hingga upgrade motor. Pada area Motorcycle Dealer, pemain juga bisa membeli jenis motor sesuai keinginan, mulai dari dirt bike, choppers, spider-style, dan four-wheelers

    Top Bike menyediakan empat mode yang bisa dimainkan, yaitu, Boss Battles, Street Race, Ranking Race, dan Most Wanted Race. Jadi, pemain tidak ada merasa bosan dan bisa menjadi yang tercepat di setiap mode. 

  3. Death Moto 3

    loader

    Bukan cuma siapa yang finis tercepat, Death Moto 3 menantang pemain untuk bisa bertahan hidup hingga akhir pertandingan. Inilah keseruan game balap motor yang dihadirkan oleh WEDO1.COM.

    Sekilas, game ini mirip dengan Road Rash, sebuah game 90-an yang sempat populer. Konsep bermainnya pun sama, yaitu pemain harus menyiapkan motor tercepatnya sambil menghindari beberapa tantangan yang ada di jalan. 

    Tak cuma itu, pemain juga harus menyiapkan senjata, seperti pistol, pedang, dan roket, untuk melawan kontestan lain. Pada akhirnya, pemain yang bisa bertahan hidup sampai garis finish adalah pemenangnya. Menegangkan sekali, ya!

  4. Traffic Rider

    loader

    Game yang membuat kamu mengendarai motor sejauh dan secepat mungkin dengan berbagai macam rintangan di jalan raya yang padat. Dibesut oleh Soner Kara, Traffic Rider sukses meraup lebih dari 5 juta unduhan di PlayStore.

    Traffic Rider juga merupakan game balap motor yang menyuguhkan career mode bagi pemain. Mode ini berisikan lebih dari 70 misi yang dapat dituntaskan oleh pemain.

    Jadi dibandingkan kebut-kebutan di jalan raya dalam dunia nyata, lebih baik main Traffic Rider yang membuat kamu kebut-kebutan dalam dunia game. 

  5. MotoGP Racing 22

    loader

    Pecinta balap motor pasti sudah tidak asing lagi dengan ajang MotoGP. Kadang kala penggemar bahkan ingin merasakan bagaimana bila mereka menjadi pembalap MotoGP. 

    MotoGP Racing 22 merupakan game balap motor yang dapat membuat pemain merasa seperti pembalap MotoGP. Selain balapan dengan apik, game ini juga menyediakan fitur upgrade yang bisa dibeli para pemain melalui uang yang diperoleh dari kemenangan balapan.

    Dikembangkan oleh WePlay Media LLC, game balap motor satu ini telah sukses meraih 10 juta pengunduh dan mendapat kesan positif dari para pemain. 

    Itu dia rekomendasi game balap motor yang seru untuk dimainkan di smartphone Android. Semuanya menyajikan keseruan dan tantangan yang berbeda-beda. Kira-kira, kamu akan unduh yang mana?

    Baca Juga: 15 Daftar Game Online Gratis dan Ringan di PC

Bermain Game Balap Motor Bisa Melatih Koordinasi Mata dan Fokus

Bermain game, khususnya yang membutuhkan ketelitian dan fokus seperti game balap motor, membantu melatih koordinasi antara otak dan otot tangan. Alasannya, karena pemain harus menekan tombol dengan timing yang pas agar motor bisa belok sesuai lintasan.

Hal itu pun harus dilakukan selama pertandingan berlangsung. Apalagi, biasanya game balap motor harus diselesaikan setidaknya 3 lap dalam satu kali pertandingan atau babak. Tentunya dibutuhkan konsentrasi yang baik.

Dalam sebuah penelitian, bermain game balap motor di personal computer (PC), misalnya, membantu tubuh terbiasa untuk multitasking. Hal ini karena tangan harus tetap memencet keyboard secara konstan, sementara mata terus menatap ke layar. Kebiasaan ini dapat meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata. 

Selain itu, saat bermain game balap motor, otak juga dilatih untuk berpikir kreatif. Kemampuan ini dapat diasah ketika harus memodifikasi motor agar tampilannya lebih menarik. Ditambah harus melakukan set up engine agar motor bisa melaju dengan baik. 

Contoh lain, ketika bermain game balap motor dengan konsol seperti Play Station (PS). Sama seperti pada PC, bermain game balap motor lewat PS pun menuntut pemain untuk melakukan koordinasi yang baik antara mata dan tangan. 

Bahkan, biasanya game balap motor di PS akan lebih kompleks ketimbang di PC dan smartphone. Misalnya, ketika ingin menggunakan item, maka kamu harus memencet tombol tertentu untuk mengaktifkannya. 

Tombol yang ditekan biasanya berada di area atas controller. Tak jarang juga aktivasi item harus dilakukan dengan menekan dua tombol secara bersamaan. Tentunya hal ini membutuhkan koordinasi yang baik. 

Tak hanya itu, beberapa orang berpendapat bahwa bermain game balap motor lebih sulit ketimbang mobil. Sebab, pada dunia nyata, pusat gravitasi pada motor selalu berubah-ubah. Hal ini juga berlaku pada dunia game.

Untuk berbelok, tombol navigasi harus ditekan secara presisi. Jika, tidak, sudah pasti motor akan terjatuh. Meski awalnya sulit, lama kelamaan kamu pasti bisa menguasai game balap motor dengan baik. 

Bukan Sekadar Seru-seruan

Hobi bermain game sering dianggap negatif oleh sebagian orang. Tak sedikit orang yang suka bermain game dianggap tidak mau berbaur dengan lingkungan sekitar atau antisosial.

Padahal, bermain game membantu kamu untuk mengembangkan kemampuan sosial. Misalnya, bermain game membuka pintu pertemanan baru dengan orang yang memiliki kegemaran yang sama. 

Hal itu dapat membantu membangun relasi dengan orang lain dari berbagai latar belakang dan bidang. Contohnya, jika aktif bermain game online, kamu berkesempatan mendapat teman baru dari berbagai daerah, bahkan dari negara lain. 

Dengan menambah teman dalam game, otomatis kamu akan berkoordinasi dengan mereka ketika in game untuk membicarakan strategi dan hal lain. Kemampuan kerjasama yang diperlukan akan terasah perlahan-lahan. 

Jika sudah akrab dengan teman online, kamu bisa ikut komunitas dari game yang dimainkan bersama. Pengembang game sering mengadakan gathering untuk menyatukan pemainnya dalam sebuah event. Kesempatan ini sangat baik untuk membangun relasi. 

Selain membangun relasi, bermain game juga diakui banyak orang membantu memahami bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Hal ini karena hampir semua game menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Jadi, ketika bermain game, mau tidak mau, kamu harus mempelajari bahasa Inggris untuk memahami instruksi dalam game. Secara otomatis, perbendaharaan kosa kata bahasa Inggris akan semakin banyak jika semakin sering bermain game

Jika kamu sudah memiliki banyak teman dan kemampuan bahasa Inggris meningkat setelah bermain game, rasa percaya dirimu pasti akan meningkat. Beberapa penelitian membenarkan hal ini, yaitu bahwa bermain game dapat meningkatkan rasa optimistis dan self-esteem. 

Rasa percaya diri itu akan tumbuh ketika berhasil menyelesaikan pertandingan dengan baik. Apalagi jika strategi yang digunakan bisa berjalan dengan baik sesuai rencana dan membawa kemenangan. 

Dengan manfaat yang didapatkan dari bermain game, kamu bisa membawa pengaruh baik ini ke dalam kehidupan sehari-hari. Manfaatkan kemampuan yang kamu dapatkan dari bermain game untuk meningkatkan kehidupan sosialmu. 

Tanpa disadari, banyak hal baik yang didapatkan dari bermain game. Namun, kamu harus tetap menyeimbangkan antara kewajiban dan hobi agar kehidupan yang dijalani tetap seimbang. Jadi, masih mau bilang kalau bermain game hanya wasting of time

Baca Juga: Mau Beli HP Baru, Baiknya Pilih Kredit atau Cash?