5 Gaya Hidup Sehat yang Wajib Diterapkan di Masa New Normal

Setahun lebih sudah kita berada dalam masa Pandemi Covid-19. Selama beberapa waktu belakangan, penerapan new normal mulai dilakukan secara besar-besaran. Jika dikutip dari pernyataan Wiku Adisasmito selaku Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, new normal merupakan perubahan perilaku yang dilakukan dalam beraktifitas dengan tetap menjaga penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Setiap orang perlu mempersiapkan diri untuk new normal ini dengan cara yang tepat, tentunya termasuk kamu juga. Tak hanya dari segi kesehatan saja, kamu juga perlu mempersiapkan berbagai hal penting lainnya. Terapkan gaya hidup yang lebih sehat dan bisa mendukung tetap menjalani hidup yang baik dan memadai selama masa pandemi ini. Hal ini penting, agar tetap bisa menjalani kehidupan yang berkualitas baik dan sehat.

Berikut ini adalah beberapa gaya hidup sehat yang perlu diterapkan di masa new normal.

Baca juga: Peluang Bisnis dari Tren Gaya Hidup Sehat

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Gaya Hidup Sehat di Era New Normal

loader

Gaya Hidup Sehat

  1. Utamakan dan Selalu Jaga Kesehatan

    Kesehatan selalu menjadi poin penting di dalam kehidupan, terutama di masa-masa pandemi ini. Jika selama ini tidak begitu memperhatikan kesehatan, pastikan kamu berubah mulai sekarang. Ini masa pandemi, risiko terkena virus dan penyakit lainnya makin tinggi dari sebelumnya. Penting untuk menjaga kesehatan lebih ekstra lagi, kamu memahami risiko dan bisa menghindari semua risiko kesehatan tersebut dengan baik.

    Alokasikan sejumlah dana untuk mengakses layanan asuransi kesehatan. Ini sebagai bentuk perlindungan, jika sewaktu-waktu risiko kesehatan terjadi pada diri kamu. Pilih produk asuransi kesehatan yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan kesehatan. Hal ini akan memungkinkan kamu mendapatkan layanan asuransi yang tepat dan lebih maksimal.

  2. Tingkatkan Kebersihan dan Ikuti Prokes

    Jaga kebersihan sepanjang waktu, terutama ketika berada di luar rumah. Ada banyak kebiasaan baru yang harus dilakukan di masa pandemi ini, seperti menggunakan masker selama beraktivitas di luar rumah dan ketika flu/batuk, mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir, membawa dan memakai hand sanitizer ketika beraktifitas di luar rumah, dan yang lainnya.

    Lakukan berbagai kebiasaan baru dengan cara yang tepat di masa pandemi. Kamu juga harus mematuhi semua protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Hal ini bukan hanya membantu kamu menghindari paparan virus Covid-19, tetapi juga memberi kesempatan untuk membatasi penyebaran virus tersebut kepada orang-orang di sekitar kamu juga.

  3. Kelola Keuangan dengan Cermat

    Selain kesehatan tubuh, kamu juga harus menjaga kesehatan keuangan selama masa pandemi ini. Berbagai kebutuhan yang baru akan muncul di masa pandemi, termasuk kebutuhan membeli vitamin dan berbagai kebutuhan pendukung kesehatan lainnya. Semua ini akan membuat pengeluaran menjadi lebih tinggi, bahkan bisa saja meningkat dalam jumlah yang cukup besar.

    Pastikan mengelola keuangan dengan lebih cerdas dari sebelumnya. Pangkas semua pengeluaran yang tidak begitu penting, seperti budget belanja baju atau bahkan budget hiburan. Alokasikan uang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan pokok dan juga hal lainnya yang mendukung kesehatan. Selain itu, simpanlah lebih banyak uang ke dalam pos tabungan, sebab kamu tidak akan pernah tahu apa saja yang akan terjadi besok terkait dengan kondisi keuangan.

  4. Tingkatkan Dana Darurat

    Dana darurat selalu menjadi komponen penting di dalam keuangan, terutama di masa-masa pandemi ini. Jika selama ini belum mempersiapkan dana darurat, pastikan segera mengadakan pos ini di dalam keuangan. Namun, jika selama ini kamu sudah mulai menyimpannya, pastikan jumlah dana darurat memadai dan sesuai dengan kebutuhan. Tingkatkan dana darurat dengan cara mengalokasikan lebih banyak uang ke dalam pos penting ini sekarang juga. Makin cepat menyiapkan dana darurat, maka akan makin aman kondisi keuangan, apalagi jika jumlahnya sudah memadai.

  5. Cari Penghasilan Tambahan

    Tingginya kebutuhan di masa pandemi, harus diimbangi dengan jumlah pemasukan yang memadai. Hal ini penting, bahkan meski tidak termasuk orang yang kondisi keuangannya tidak terdampak. Mulailah mencari penghasilan tambahan untuk keuangan, agar bisa menyimpan lebih banyak uang setiap bulannya. Hal ini bisa dilakukan dengan memulai pekerjaan sampingan atau bahkan bisnis kecil-kecilan di luar pekerjaan utama. Pilih pekerjaan atau bisnis yang tepat, agar bisa lebih mudah untuk menjalankannya.

Baca juga: Terapkan 6 Gaya Hidup Sehat ini Agar Tetap Positif di Masa Pandemi

Tetap Sehat di Masa New Normal Pandemi Covid-19

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan penerapan new normal di masa pandemi ini. Pastikan siap dan menjalani new normal dengan cara yang tepat, agar kesehatan tetap terjaga dengan baik. Patuhi prokes dan terapkan gaya hidup yang bisa membuat new normal tetap berjalan dengan sehat dan menyenangkan sepanjang waktu.

Baca juga: 25 Cara Hidup Sehat