Gojek PayLater, Gunakan Layanan Gojek Sekarang dan Bayar Nanti Aja!

Tak dapat dipungkiri jika layanan PayLater mulai booming belakangan ini dan banyak digandrungi oleh para pengguna layanannya. Penyebabnya tidak lain karena layanan tersebut menawarkan kemudahan dan cara pembayaran yang praktis, serta bebas digunakan tanpa memerlukan jaminan maupun kartu kredit.

Cukup banyak marketplace dan penyedia layanan transportasi yang sudah mencanangkan metode pembayaran tersebut. Tujuannya tentu untuk memudahkan kegiatan transaksi yang dilakukan oleh setiap pengguna layanan tersebut. Salah satunya adalah Gojek dengan layanan Gojek PayLater yang dimilikinya. 

Secara umum, layanan PayLater yang dimiliki oleh Gojek tersebut sedikit berbeda dengan layanan serupa. Pada layanan Gojek PayLater, penggunanya dapat memesan maupun menggunakan berbagai layanan yang ada di aplikasi kapan saja. Namun, untuk proses pembayarannya, pengguna dapat melunasinya sekali waktu, yakni di penghujung bulan saja.

Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi pengguna yang belum sempat mengisi saldo Gopay maupun yang tidak memiliki dana tunai saat menggunakan layanan Gojek. Nah, dengan fungsinya tersebut, tidak ada salahnya bukan untuk mulai memanfaatkan layanan tersebut? Untuk lebih jelasnya mengenai layanan Gojek PayLater, berikut adalah ulasannya. 

Apa Itu Gojek PayLater?

Layanan Gojek PayLater merupakan suatu metode pembayaran yang baru saja dicanangkan oleh perusahaan teknologi di bidang moda transportasi umum, Gojek. Melalui layanan tersebut, pengguna dapat memesan dan menggunakan berbagai layanan yang disediakan oleh Gojek kapan saja dan dibayar sekali pada akhir bulan.

Layanan tersebut merupakan hasil dari kerjasama Gojek dengan Findaya, sebuah fintech yang sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK. Pengguna dapat memilih layanan Gojek PayLater sebagai salah satu alternatif dari metode pembayaran.

Cara kerjanya juga cukup sederhana, yakni mirip dengan metode pembayaran pascabayar atau biasa disebut juga dengan post-paid. Mulai dari layanan GoFood, GoCar, GoRide, GoSend, GoPulsa, dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan metode pembayaran PayLater ini. Layanan tersebut juga memiliki saldo limit yang menjadi penanda batas maksimal nominal transaksi yang bisa dilakukan oleh penggunanya.

Namun, perlu diketahui jika layanan Gojek PayLater tidak bisa digunakan oleh sembarang pengguna atau pelanggan Gojek. Hanya pengguna terpilih yang sudah mengajukan permohonan layanan ini yang bisa menggunakannya. Dalam kata lain, layanan Gojek PayLater tidak serta-merta aktif pada setiap akun dari pengguna aplikasi Gojek. 

Keuntungan dari Menggunakan Layanan Gojek PayLater

  1. Bebas Menggunakan Layanan Gojek Saat Uang di Kantong Menipis

    Keuntungan utama dari layanan Gojek PayLater adalah kebebasan dalam menggunakan layanan yang disediakan Gojek tanpa perlu takut saldo Gopay atau uang tunai tidak cukup. Pasalnya, layanan PayLater tersebut memperbolehkan penggunanya untuk melakukan proses pembayaran dari semua layanan yang telah digunakan di akhir bulan berjalan. 

    Artinya, seluruh kegiatan transaksi, service transportasi, dan lain sebagainya akan ditagih biayanya saat tanggal tua (maksimal tanggal 1 di bulan berikutnya). Jadi, bagi pengguna yang belum memiliki dana masih tetap dapat menggunakan layanan Gojek tersebut. 

  2. Bebas Bunga Hanya PayLater Fee

    Keunggulan selanjutnya adalah pengguna tidak dibebankan oleh bunga, alias bebas bunga. Hal ini tentu dapat menjadi nilai tambah dari pengguna yang takut nilai tagihan akan membengkak saat datang hari untuk melunasinya. Jadi, layanan Gojek PayLater tidak membebani penggunanya dengan sistem bunga tersebut.

    Melainkan, Gojek PayLater menggunakan metode biaya langganan (PayLater Fee) bagi penggunanya. Sistem atau metode biaya langganan tersebut maksudnya adalah pengguna diharuskan untuk membayar sejumlah uang selama masih aktif menggunakan layanan tersebut. Saat dalam satu bulan pengguna tidak menggunakan layanan Gojek PayLater sama sekali, maka beban biaya langganan tersebut juga tidak perlu dibayarkan. 

    Nah, bagi pengguna baru dari layanan tersebut, biaya langganan di bulan pertama akan digratiskan oleh Gojek. Jadi, pengguna baru dapat mendapatkan keuntungan tambahan dari layanan Gojek PayLater ini, sekaligus merasakan manfaatnya. 

Tahapan Registrasi dan Aktivasi Gojek PayLater

loader

Sumber: gojek.com/blog/gojek/paylater

Tidak membutuhkan tahapan yang panjang untuk bisa menjadi salah satu pengguna dari layanan Gojek PayLater. Seluruh pengguna aplikasi Gojek dapat mengajukan permintaan penggunaan layanan tersebut asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan. 

Secara umum, ketentuan untuk bisa menjadi pengguna layanan Gojek PayLater adalah:

  1. Seorang warga negara Indonesia atau WNI yang telah memiliki KTP. 
  2. Berusia lebih dari 21 tahun. 

Jika kedua persyaratan tersebut terpenuhi, maka pengguna dapat mengupgrade akun Gopay agar bisa memiliki layanan Gojek PayLater.

Untuk mengupgrade akun Gopay, pengguna diharuskan untuk mengunggah foto KTP dengan jelas serta foto selfie dengan memegang kartu identitas atau KTP yang digunakan. Setelah itu, memerlukan beberapa waktu agar permintaan upgrade akun Gopay tersebut disetujui.

Biasanya, pengguna yang sering menggunakan layanan dari Gojek dan menyelesaikan transaksi dengan saldo Gopay lebih mudah mendapat persetujuan upgrade akun. Oleh sebab itu, jika ingin bisa segera menggunakan layanan Gojek PayLater, pastikan untuk sering menggunakan layanan Gojek dan bertransaksi dengan Gopay. 

Untuk mengetahui apakah akun Gopay telah memiliki fitur PayLater atau tidak, pengguna dapat melihatnya pada menu PayLater. Jika sudah ada menu tersebut Anda dapat mengklik “Aktifkan PayLater”. Pada halaman tersebut, pengguna juga dapat menemukan segala informasi mengenai layanan Gojek PayLater jika sudah berhasil mengaktivasinya. 

Agar bisa dengan tepat menggunakan layanan tersebut, pastikan untuk mengetahui segala ketentuan penggunaannya. Dengan begitu, layanan Gojek PayLater dapat dimanfaatkan dan digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna. 

Cara Menggunakan Layanan Gojek PayLater 

Pada dasarnya, cara menggunakan layanan Gojek PayLater tidak jauh berbeda dengan penggunaan saldo Gopay yang selama ini dilakukan pengguna. Untuk menggunakan layanan tersebut, pengguna dapat mengklik tombol opsi pembayaran pada halaman check out pasca selesai melakukan orderan Gojek atau layanan lainnya. 

  1. Aplikasi Gojek

    loader

    Sumber: gojek.com/blog/gojek/paylater

    Ada beragam opsi pembayaran yang bisa dipilih, namun, pastikan pengguna mengklik opsi PayLater untuk bisa menggunakan layanan tersebut. Setelah itu, akan muncul notifikasi Cobain PayLater bagi pengguna yang baru pertama kali menggunakan dan mencoba layanan tersebut. 

    Klik Pesan agar pesanan layanan yang akan dilakukan dengan layanan Gojek PayLater bisa diproses. Dengan begitu, pengguna telah berhasil melakukan pembelian atau transaksi layanan dengan metode pembayaran Gojek PayLater. Pastinya, jangan lupa untuk melakukan pembayaran dari segala transaksi yang telah dilakukan dalam kurun waktu satu bulan agar layanan tersebut bisa terus digunakan. 

  2. Online atau Offline Merchants

    loader

    Sumber: gojek.com/blog/gojek/paylater

    • Lanjut ke penggunaan layanan Gojek PayLater pada online atau offline merchants, pengguna dapat mengklik menu Bayar di aplikasi Gopay.
    • Scan QR Code milik merchant.
    • Setelah itu, isi nominal pembayaran dan konfirmasi.

    loader

    Sumber: gojek.com/blog/gojek/paylater

    • Pada halaman pembayaran, pilih opsi PayLater.
    • Masukkan PIN Anda dan transaksi selesai dilakukan. 

Cara Pembayaran Tagihan Gojek PayLater

Penggunaan layanan Gojek PayLater akan terus meningkatkan total tagihan jika penggunanya terus melakukan pembayaran dengan metode tersebut. Untuk bisa membayarnya, pengguna harus bisa melunasinya sebelum tanggal jatuh temponya yakni di tanggal 1 di bulan berikutnya. 

Jika melebihi batas waktu tersebut, pengguna diharuskan untuk membayar denda sebanyak 2000 Rupiah yang terus bertambah setiap harinya. 

Proses pembayaran tagihan layanan Gojek PayLater tidaklah sulit.

loader

Sumber: gojek.com/blog/gojek/paylater

  • Pengguna bisa menuju halaman Gopay dan memilih menu PayLater.
  • Dalam halaman tersebut, pengguna bisa melihat adakah tagihan layanan yang harus dilunasi. Jika ingin, pengguna bisa mengklik Total Tagihan guna melihat rincian dari setiap transaksi yang telah dilakukan menggunakan layanan Gojek PayLater.
  • Pastikan saldo Gopay di aplikasi Anda cukup atau sesuai dengan jumlah tagihan. Proses pembayaran bisa dilakukan dengan mengklik tombol Bayar Tagihan atau Make Repayment yang ada pada halaman transaksi.
  • Tagihan akan terlunasi saat transaksi tersebut berhasil dilakukan. 

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Menggunakan Layanan Gojek PayLater

Sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan Gojek PayLater, ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh penggunanya, seperti:

  • Tetap Bisa Mendapatkan Promo dan Menggunakan Voucher: Transaksi yang dilakukan menggunakan layanan tersebut tetap bisa mendapatkan potongan harga, promo, maupun kode voucher sama halnya dengan penggunaan GoPay seperti biasa.
  • Tidak Ada Bunga: Perlu diingat pula jika layanan tersebut tidak membebankan bunga bagi penggunanya. Melainkan, ada biaya langganan yang harus dibayarkan selama pengguna memanfaatkan layanan tersebut pada bulan berjalan. 
  • Jangka Waktu Sebelum Dikenakan Denda: Pengguna juga harus rela membayar denda saat telat membayar tagihan layanan di tanggal yang telah ditentukan sebesar 2000 Rupiah setiap harinya. Karena ada jangka waktu 5 hari pasca melewati jatuh tempo, perhitungan nilai denda akan mulai dihitung sejak tanggal 6 di bulan selanjutnya. Jadi, agar tagihan tidak kian menumpuk, pastikan untuk disiplin dalam melunasi tagihan dari penggunaan layanan tersebut. 

Manfaatkan Layanan PayLater dengan Bijak

Adanya layanan Gojek PayLater pada dasarnya adalah untuk mempermudah kegiatan transaksi yang dilakukan oleh penggunanya. Namun, layanan tersebut tetap berisiko untuk membuat penggunanya merasa terlalu dimanja dan banyak melakukan transaksi hingga total tagihan yang harus dibayar membludak.

Agar hal tersebut tidak terjadi, usahakan untuk tetap bijak dalam memanfaatkan layanan PayLater. Pastikan untuk selalu memeriksa jumlah tagihan yang harus dibayarkan di akhir bulan agar tidak melebihi kemampuan finansial Anda. Dengan begitu, layanan Gojek PayLater tidak akan menimbulkan masalah keuangan yang berlarut-larut.

Baca Juga Artikel PayLater Lainnya: