Lebih Dekat dengan Google Meet, Ini Keunggulan dan Cara Gunakannya untuk WFH

Pandemi virus Korona yang terjadi di seluruh dunia selama 2 tahun memaksa semua orang untuk mengurangi aktivitas apa pun yang biasa dilakukan di luar ruang. Termasuk bekerja dan belajar, semuanya harus bisa dilakukan dari rumah masing-masing dengan kebijakan yang dikenal dengan istilah Work from Home atau WFH.

Untungnya, kemajuan teknologi masa kini telah mampu menunjang kebutuhan masyarakat agar bisa melakukan beragam aktivitas dari dalam rumah secara online dan jarak jauh. Contohnya, hampir semua karyawan kantoran saat ini telah memanfaatkan aplikasi konferensi video online saat diharuskan untuk meeting, ataupun belajar mengajar bagi siswa sekolah dan mahasiswa. 

Salah satu aplikasi konferensi video yang cukup populer dan banyak digunakan adalah Google Meet. Layanan besutan perusahaan raksasa di bidang teknologi, Google, ini memang memiliki fitur dan fasilitas yang lengkap, serta bisa digunakan dengan praktis juga simpel.

Sebagai layanan yang amat penting bagi mayoritas pekerja saat ini, kamu tentu perlu memahami apa itu Google Meet, keunggulan, dan cara menggunakannya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Google AdSense: Pengertian, Cara Kerjanya, dan Panduan untuk Memanfaatkannya

Apa Itu Google Meet?

loader

Google Meet adalah...

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Google Meet adalah aplikasi komunikasi video besutan Google. Aplikasi yang juga biasa disebut dengan Gmeet ini merupakan bentuk inovasi dari 2 layanan Google yang telah ada sebelumnya, yaitu Google Chat dan Google Hangouts, yang telah dihentikan operasionalnya pada akhir tahun 2019 lalu.

Praktis, Google Meet dapat digunakan melalui komputer dan juga smartphone, serta bisa diunduh secara gratis. Dengan beragam fitur dan keunggulan yang dimilikinya, tak mengherankan jika Google Meet ini menjadi salah satu aplikasi video conference paling populer dan memiliki jumlah pengguna yang sangat tinggi. 

Fitur Utama yang Diberikan oleh Google Meet

Sebagai aplikasi yang terlahir dari inovasi, Google Meet tentu memiliki berbagai keunggulan dan fitur utama yang menutup kekurangan dari layanan sebelumnya. Tentu saja fitur yang diberikan oleh aplikasi ini bermanfaat untuk mempermudah aktivitas konferensi video secara online, baik yang dilakukan oleh perorangan ataupun perusahaan dengan skala pengguna yang besar sekalipun.

Berikut adalah beragam fitur utama yang bisa diandalkan dari aplikasi Google Meet.

  • Mampu mengundang pengguna hingga 100 orang di setiap panggilannya pada layanan Google Meet jenis G Basic Suite, lalu 150 orang pada layanan jenis G Suite Business, serta 250 orang pada layanan jenis G Suite Enterprise.
  • Memiliki kemampuan untuk tergabung pada sebuah rapat melalui aplikasi smartphone, baik iOS atau Android, maupun via situs di komputer.
  • Fitur untuk menjalankan rapat secara online melalui nomor dial-in. Ketika menggunakan fitur dial-in, password atau kata sandi dari pengguna layanan Google Meet jenis G Suite Enterprise akan terlindungi.
  • Adanya integrasi pada aplikasi Google Calendar agar mampu menjalankan panggilan meeting dengan sekali klik.
  • Fitur berbagi layar agar lebih mudah dalam mempresentasikan dokumen, spreadsheet, dan sebagainya.
  • Panggilan terenkripsi antara seluruh peserta yang tergabung.
  • Teks tertutup dengan bantuan teknologi AI atau Artificial Intelligence.
  • Aplikasi yang ringan membuat pengguna tak perlu ragu aplikasi Google Meet akan menghabiskan terlalu banyak kapasitas penyimpanan pada perangkat.

Baca Juga: Kenalan dengan Google Suite dan Segala Manfaat yang Diberikannya

Sederet Kegunaan Google Meet untuk Aktivitas WFH

Google Meet adalah aplikasi yang mampu menawarkan beragam manfaat dan kegunaan yang amat penting dibutuhkan oleh karyawan yang sedang melakukan WFH. Tidak hanya untuk keperluan WFH, aplikasi ini juga berguna untuk menunjang aktivitas pembelajaran secara online bagi siswa ataupun mahasiswa. 

Dengan beragam fitur yang ditawarkannya, ada sederet kegunaan Google Meet yang mampu mengakomodasi aktivitas WFH dan belajar dari rumah, antara lain sebagai berikut.

  1. Menunjang Aktivitas Meeting atau Belajar Online Kapan Pun dan Di Mana Pun

    Sebagai layanan konferensi video berbasis online yang bisa diakses melalui komputer dan smartphone, kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Meet kapan pun dan di mana pun. Asalkan ada perangkat yang terhubung ke internet, kamu bisa menggunakan aplikasi ini saat dibutuhkan untuk keperluan bekerja atau belajar. 

    Walaupun sedang berada di rumah, ruang publik, atau tempat lainnya, siapa saja bisa langsung terhubung ke aplikasi ini dengan mudah dan praktis. Terlebih ada layanan Google Workspace yang mampu menunjang aktivitas pembelajaran secara online dengan lebih optimal. Selain itu, Google Meet juga membolehkan penggunanya untuk merekam serta menyimpan video pertemuan online ke Google Drive agar mampu mengaksesnya kembali jika diperlukan. 

  2. Desain Interface Simpel, Tapi Tetap Fungsional 

    Manfaat utama dari aplikasi Google Meet adalah membantu karyawan dan pekerja agar bisa melakukan meeting secara online setiap saat dibutuhkan melalui fitur video call. Tidak perlu khawatir bingung memanfaatkan aplikasi ini, Google mendesain antarmuka atau interface aplikasi ini dengan simpel, unik, tapi tetap fungsional.

    Tujuannya agar semua pengguna mampu menggunakan layanan ini dengan mudah dan efisien, atau dalam istilahnya user friendly. Jadi, tidak ada alasan peserta Google Meeting kesulitan menggunakan layanan ini hingga akhirnya harus melewatkan pertemuan yang penting. 

  3. Kemudahan Moderator untuk Kontrol Peserta 

    Kegunaan lainnya yang tak kalah penting dari Google Meet adalah kemampuannya dalam memudahkan moderator mengontrol peserta meeting. Melalui fitur moderator ini, kamu bisa melakukan mute, pin, mematikan fitur chat, maupun menghapus peserta guna meminimalkan gangguan yang tidak perlu. Manfaat yang satu ini bisa sangat berguna saat melakukan konferensi atau belajar online dengan jumlah peserta yang banyak dan berisiko terdapat “penumpang gelap”.

Pilihan Paket Layanan Google Meet

Untuk layanan gratisnya, Google Meet menawarkan layanan video konferensi berbasis online dengan jumlah peserta maksimal 25 orang. Jumlah tersebut bisa dibilang cukup banyak. Namun, bagi perusahaan yang besar, jumlah tersebut sering kali tidak cukup dan perlu ditambah lagi.

Tidak perlu bingung, Google Meet menyediakan paket layanan yang dibanderol dengan harga terjangkau dan sesuai kebutuhan penggunanya. 

Paket

Harga

G Suite Basic 

(jumlah peserta mencapai 100 orang)

Rp90 ribuan per bulan 

G Suite Business

(jumlah peserta mencapai 150 orang)

Rp180 ribuan per bulan

G Suite for Enterprise

(jumlah peserta mencapai 250 orang + fasilitas berbagi video via live streaming ke 100 ribu penonton serta menyimpan rekaman konferensi online pada Google Drive dengan gratis)

Rp380 ribuan per bulan

Cara Menggunakan Google Meet

loader

Cara Menggunakan Google Meet

Pada dasarnya, Google Meet bisa digunakan pada komputer atau smartphone yang telah terpasang aplikasi ini dan terkoneksi ke jaringan internet. Mudah saja, berikut adalah cara menggunakan Google Meet pada smartphone dan komputer.

  • Cara Gunakan Aplikasi Google Meet pada HP atau Smartphone

    Dirasa lebih praktis, bisa digunakan kapan saja dan di mana saja dengan mudah, sebagian orang mungkin lebih memilih menggunakan Google Meet melalui HP atau smartphone. Agar bisa menggunakan aplikasi ini, kamu perlu mengunduhnya dulu melalui Google Playstore atau AppStore secara gratis. 

    Lalu, setelah aplikasi terpasang pada perangkat, lakukan pendaftaran akun, atau log in jika sudah memiliki akun Gmail. Jika sudah terdaftar dan akun telah masuk, kamu bisa melakukan konferensi atau meeting secara online melalui fitur video conference atau chat. Caranya dengan: 

    1. Memilih opsi New meeting atau Join with a code. 
    2. Mengikuti tahapan selanjutnya sesuai dengan opsi yang dipilih. 
    3. Layanan dari Google Meet ini sudah siap untuk digunakan. 
  • Cara Gunakan Google Meet pada Komputer atau Laptop

    Tidak jauh berbeda dengan di smartphone, Google Meet juga bisa diunduh secara gratis pada perangkat laptop atau komputer di laman resminya. Lalu, untuk menggunakan fitur video conference, klik opsi Join or Start a Meeting. Dari situ, kamu perlu membuat kode rapatnya terlebih dulu beserta judul dari pertemuan atau meeting, dan mengundang partisipan yang ingin diajak. 

    Kemudian, situs bakal meminta akses pada fitur kamera dan mikrofon perangkat. Setelah itu, pilih Join Now agar tergabung pada ruang konferensi virtual tersebut, dan presentasi bisa dilihat di layar perangkat. Apabila ingin mengundang atau mengajak lebih banyak peserta, kamu hanya tinggal copy paste link video conference tersebut dan mengirimkannya ke orang yang dituju, atau langsung memasukkan peserta melalui alamat e-mail.

Aktivitas Bekerja dan Belajar Online Tak Terganggu Berkat Google Meet

Pandemi yang sudah berlangsung selama hampir 2 tahun memaksa masyarakat untuk mengubah hampir semua rutinitas sehari-harinya. Salah satu yang paling tampak adalah keharusan untuk bekerja atau belajar secara online dari rumah, atau istilahnya Work from Home

Untungnya, saat ini aktivitas tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan efektif melalui aplikasi Google Meet. Nah, setelah mengetahui apa itu Google Meet, fungsi, fitur utama yang ditawarkan, dan kegunaannya, kamu pasti siap untuk menjalani pekerjaan dari rumah dengan tanpa hambatan, bukan?

Baca Juga: Lebih Canggih dari Zoom, Facebook Luncurkan Fitur Video Call sampai 50 Orang