Kelebihan dan Cara Memiliki Green Card di Amerika Serikat

Siapa yang sekarang sedang berencana untuk tinggal ke luar negeri? Baik untuk study atau untuk urusan bisnis ke negara lain, kelengkapan dokumen amat penting. Terlebih jika negara tujuan kamu adalah Amerika Serikat (AS).

Selai visa, salah satu dokumen yang tidak kalah pentingnya adalah Kartu Izin Tetap atau Lawful Permanent Resident Card alias Green Card. Pemerintah AS mengeluarkan Green Card sebagai dokumen identifikasi kepada warga negara asing yang ingin tinggal atau bekerja secara permanen.

Green Card juga memberikan status hukum sebagai penduduk tetap di AS. Artinya, kamu memiliki hak untuk tinggal di Amerika tanpa batasan waktu. Meski berstatus permanen, Green Card perlu diperpanjang setiap sepuluh tahun sekali

Namun, perlu diingat, pemegang Green Card memang memiliki status penduduk tetap, tapi bukan warga negara. Untuk mengurus kewarganegaraan harus dilakukan dengan proses terpisash dan prosedur yang lebih panjang.

Pemilik Green Card memiliki sejumlah hak dan kewajiban tertentu yang telah ditetapkan dalam regulasi khusus. Beberapa hak pemilik Green Card seperti diizinkan untuk tinggal, bekerja, belajar, perlindungan hukum, dan layanan kesehatan di AS.

Di sisi lain, pemilik Green Card wajib membayar pajak penghasilan dan mematuhi hukum negara tersebut. Jika melanggar kewajiban ini, kepemilikan Green Card bisa dicabut dan terancam dideportasi. 

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perjalanan
Pilih Tujuan
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Polis
-

Keuntungan Memiliki Green Card di Amerika Serikat (AS)

loader

Banyak orang yang rela mengurus dokumen sebagai syarat dalam pengajuan Green Card. Terlebih bagi mereka yang sudah lama di AS, kepemilikan Green Card akan sangat penting untuk menjamin keselamatan dan kemakmuran selama di sana.

Misalnya, kemudahan untuk berpindah ke negara bagian AS, menerima bantuan, hingga memiliki tempat tinggal permanen. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Bebas Keluar Masuk AS

Pemilik Green Card dapat memiliki kehidupan yang baik selama tinggal AS. Tak hanya itu, akses untuk keluar dan masuk negara juga lebih mudah saat tiba di bandara ketimbang menggunakan visa. Peraturan ini berlaku dalam waktu 12 bulan.

Tidak hanya untuk diri sendiri, kamu juga bisa mempermudah anggota keluarga untuk datang ke AS berkat Green Card. Peraturan ini berlaku untuk delapan orang anggota keluarga, termasuk pasangan, anak, orang tua, dan saudara.

2. Dapat Bantuan dari Pemerintah

Pemilik Green Card berhak menerima tunjangan federal selama tinggal di AS. Adapun bantuan yang diberikan berupa jaminan pendidikan sehingga kamu dapat menekan biaya administrasi perkuliahan.

Selain tunjangan pendidikan, pemilik Green Card juga berhak menerima bantuan sosial jika sudah tinggal dalam waktu yang lama.

3. Bebas Bekerja

Jika memiliki Green Card, kamu dapat melamar di berbagai bidang atau usaha. Bahkan, pemilIk Green Card memiliki peluang kerja lebih besar ketimbang pemegang biasa.

Setelah bekerja selama 10 tahun di AS, pemilik Green Card dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan tunjangan sosial, seperti bantuan keuangan jika cacat, pengangguran, pensiun, dan jaminan sosial lainnya.

4. Mudah Mengajukan Pinjaman di Bank

Selain mendapatkan bantuan pendidikan, kamu juga lebih mudah mengajukan pinjaman jika memiliki Green Card. Selain itu, bunga yang diberikan uga lebih rendah.

Sebagai contoh, jika kamu meminjam uang di bank untuk membeli rumah, maka bunganya hanya sekitar 3 hingga 4 persen saja. Namun, jika tidak memiliki Green Card, bunga yang dikenakan bisa mencapai 7 persen

5. Boleh Memiliki Tempat Tinggal Permanen

Pemerintah mengizinkan pemilik Green Card untuk tinggal di negaranya dan memiliki hunian permanen. Hal ini tidak berlaku untuk warga negara asing biasa yang hanya boleh menyewa.

Namun,kepemilikan rumah akan dipertanyakan jika kamu terlalu lama meninggalkan AS, misalnya lebih dari setahun atau jika kamu secara teratur keluar negeri selama lebih dari enam bulan. Hal ini akan membuat urusan di imigrasi akan lebih sulit ketika kamu kembali ke AS.

Itulah enam keuntungan memiliki Green Card jika kamu tinggal di AS. Jika kamu sudah tinggal lama dan berencana menetap di sana, sebaiknya pertimbangkan untuk mengajukan Green Card ke pihak terkait.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan Covid Amerika Serikat, Syarat Masuk Amerika Serikat 2023, dan Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik

Kewajiban Pemilik Green Card

Dengan banyaknya keuntungan yang dimiliki, tak heran jika banyak warga dari negara asing yang mengajukan Green Card. Tujuannya, agar dapat hidup yang layak selama tinggal di AS.

Meski demikian, setiap keuntungan yang didapatkan juga harus mempertimbangkan kewajiban yang harus dipatuhi.

Adapun beberapa kewajiban pemilik Green Card adalah:

  • Tidak memiliki hak suara dalam pemilihan presiden
  • Dikenakan wajib pajak
  • Tidak dapat membuat anggota keluarga memiliki Green Card dengan lebih mudah
  • Kepemilikan Green Card tidak dapat dipindahtangankan dan tidak bisa diberikan kepada keturunan yang lahir di luar AS.
  • Tidak dapat bekerja di bidang politik
  • Tidak dapat memiliki paspor AS
  • Jika pemilik Green Card meninggalkan AS secara permanen selama 8 tahun atau lebih, akan dikenakan pajak ekspatriat dan pajak keluar. Aturan ini juga berlaku bagi warga AS yang melepaskan kewarganegaraannya.
  • Tidak kebal dar hukum deportasi. Namun, pemegang Green Card dilindungi dari aturan deportasi jika undang-undang berubah
  • Green Card harus diperpanjang setiap 10 tahun sekali.

Itulah beberapa kewajiban yang harus ditaati oleh pemilik Green Card. Perlu diingat, aturan tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Khawatir Sulit Mendapatkan Visa Amerika? Ikuti Cara Mudahnya Berikut Ini

Cara Mendapatkan Green Card

loader

Setelah memahami kewajiban dan bersedia mentaati seluruh aturan yang berlaku, kamu dapat segera mengajukan permohonan Green Card. Ada beberapa cara yang dapat “mempermudah” dalam mendapatkan Green Card. Simak penjelasannya.

1. Menikah dengan Warga AS

Menikah dengan warga AS merupakan cara “mudah” untuk bisa mendapatkan Green Card. Namun, kamu tetap harus melewati serangkaian proses pendaftaran dan penyerahan beberapa dokumen.

Adapun dokumen yang perlu dipersiapkan mulai dari formulir I-130 (bukti pernikahan dengan warga AS), I-130A (informasi tambahan), I-485 ( permohonan Green Card), I-864 (pernyataan tentang imigran), I-693 (laporan medis), dan I-765 (permintaan izin kerja). Selain itu, kamu juga harus melalui wawancara dengan pihak terkait.

2. Meminta Suaka Politik

Jika seseorang merasa terancam keselamatannya karena masalah ras, agama, dan politik, mereka dapat mengajukan permohonan suaka ke AS. Dalam beberapa kasus, penerima Green Card adalah para pengungsi dari negara konflik.

Proses pengajuan suaka harus dilengkapi dengan pengisian formulir I-589. Pengajuan juga harus disertai dengan bukti yang dapat dipercaya, seperti bekas penganiayaan dan semacamnya.

3. Memiliki Keluarga di AS

Kamu bisa mengajukan permohonan Green Card jika ada kerabat dekat yang tinggal di AS. Cara ini kerap dilakukan pasangan, anak, dan saudara kandung. Namun, pemilih Green Card hanya boleh membawa anak dan saudara kandung yang belum menikah.

Untuk diketahui, pemerintah telah menentukan batasan jumlah orang yang boleh datang ke Amerika Serikat setiap tahunnya. Adapun batasan tidak boleh melebihi 480.00 orang per tahun

4. Mendapatkan Visa Kerja H-1B

Visa ini hanya bisa didapatkan oleh tenaga bantu yang telah memenuhi syarat dari di negara lain dan dibutuhkan oleh AS. Mereka harus sudah memiliki penawaran kerja dari spesialis yang memiliki perusahaan di AS.Visa kerja H-1B memiliki bayas kuota yang telah ditetapkan oleh pemerintah AS, yaitu 100.00 orang per tahun.

5. Mendapatkan “Visa Bakat”

Selain visa kerja, Green Card juga akan diberikan jika kamu memiliki Visa O1 atau visa bakat, Jenis visa ini diberikan jika seseorang memiliki keahlian di bidang kreatif dan ilmiah, seperti aktor, seniman, dan ilmuwan.

Untuk membuktikan kontribusi di bidang tersebut, pemohon harus melengkapi dokumen dengan surat penghargaan atau pemberitaan media. Visa O1 sendiri masuk kategori visa non-imigran, Artinya, pemerintah AS tidak menetapkan batasan kuotanya

6. Berinvestasi dalam Ekonomi AS

Cara terakhir untuk mendapatkan Green Card adalah dengan berinvestasi untuk ekonomi AS. Namun, tentu saja nilai investasi yang dibutuhkan tidak sedikit, yaitu setidaknya US$900.000. Selain itu, kamu harus mampu menciptakan paling sedikit 10 lapangan kerja untuk masyarakat AS.

Kamu dapat berinvestasi secara mandiri atau melalui pusat regional khusus. Hal yang paling penting dari investasi adalah dapat membuktikan bahwa kamu dapat penghasilan secara legal.

Itulah enam cara yang dapat kamu pilih jika ingin memiliki Green Card. Selalu perhatikan perubahan atau pembaruan terkait persyaratan permohonan Green Card yang diberlakukan oleh pemerintah AS.

Pentingnya Memiliki Green Card di AS

Memiliki Green Card di AS dapat membantu kamu memiliki kehidupan yang lebih baik. Sebelum mengajukan permohonan, sebaiknya teliti kembali persyaratan serta hak dan kewajiban jika memiliki Green Card.

Jika sudah memiliki Green Card, gunakan sebaik-baiknya, seperti untuk melanjutkan pendidikan dan bekerja di AS. Jangan lupa untuk memperpanjang Green Card setidaknya tiga bulan sebelum masa lakunya habis.  

Baca Juga: Menghitung Biaya Hidup di Kota Besar di Amerika Serikat