Gunakan SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan untuk Mengolah Data Peserta

SIPP online atau Sistem Informasi Pelaporan Peserta adalah website pelaporan peserta online yang berfungsi untuk membantu perusahaan dalam mempermudah melakukan pengelolaan data kepesertaan yang berkaitan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Tujuan utama dari terciptanya SIPP Online adalah untuk membantu perusahaan besar yang memiliki karyawan dengan jumlah banyak dari ratusan hingga ribuan dalam mengelola data keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan karyawannya.

Website ini memiliki data berupa data perusahaan, karyawan dan penghitungan iuran BPJS Ketenagakerjaan yang lebih cepat dan akurat. Jadi jika Anda bekerja sebagai seorang HRD atau pihak yang mewakili perusahaan untuk mengelola BPJS Ketenagakerjaan maka SIPP Online adalah solusi utama untuk mempermudah pekerjaan Anda:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Cara Daftar SIPP Online Ketenagakerjaan

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh BPJS Ketenagakerjaan (@bpjs.ketenagakerjaan) pada

Untuk bisa melakukan registrasi di aplikasi atau website SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan, Anda harus mengungjungi alamat website https://sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id/ lalu ikuti prosedur dibawah ini:

  1. Klik tombol Daftar Login untuk memasuki form pendaftaran.
  2. Isi Data Perusahaan dan Identitas Pengguna.
  3. Masukkan NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan) dan Divisi. Jika NPP terdaftar, maka otomatis Nama Perusahaan akan terisi. Setelah selesai, klik Next.
  4. Berikutnya aplikasi akan menampilkan field Data User Login, lalu isi Email, Password, dan Ulangi Password, lalu klik Next.
  5. Data User KPJ akan muncul, berikutnya isi Data User KPJ yang berisi field tentang Nomor Peserta (KPJ), Nama Lengkap, Tanggal Lahir, dan Nomor Handphone.
  6. Kemudian klik Daftar.
  7. Setelah klik tombol Daftar, aplikasi akan menampilkan verifiksi nomor handphone dan akan mengirimkan One Time Password (OTP) ke nomor handphone yang sudah dicantumkan.
  8. Anda akan menerima email berisi link untuk aktivasi akun pada aplikasi SIPP.
  9. Klik link yang ada pada email tersebut.
  10. Kemudian Anda akan diarahkan ke aplikasi SIPP Online untuk melakukan login sesuai dengan email dan password yang sudah didaftarkan.

Baca Juga: Cara Daftar Ulang BPJS Kesehatan bagi Anda yang Status Kepesertaan PBI Dicabut

Kelebihan yang Ada pada Aplikasi SIPP Online

Berikut beberapa fitur yang ada pada SIPP Online yang bisa memudahkan pekerjaan para HRD untuk mengolah data kepesertaan karyawan pada BPJS Ketenagakerjaan:

  • Tambah Tenaga Kerja untuk memasukan data karyawan baru lebih cepat
  • Upload Tenaga Kerja Non Aktif untuk mutasi karyawan
  • Hitung Iuran untuk menghitung iuran setiap karyawan secara sekaligus sesuai dengan data yang telah diupload
  • Finalisasi untuk memeriksa dan mengoreksi kembali hasil penghitungan iuran dan sebagai langkah berikutnya untuk memilih channel apa yang diinginkan perusahaan untuk metode pembayaran.
  • Monitoring Iuran untuk menampilkan data iuran perusahaan dan data jumlah total iuran beserta status pembayarannya secara lengkap yang bisa digunakan sebagai pelengkap dalam laporan nanti
  • Laporan untuk mempermudah HRD dalam membuat laporan bulanan iuran BPJS Ketenagakerjaan karyawan, dan bisa langsung mendownload laporan langsung dari aplikasi.

Baca Juga: Cara Cepat Mengurus Kartu BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan yang Hilang dan Rusak

SIPP Online Ketenagakerjaan Menjamin Keamanan Data Karyawan

Homepage Website SIPP Online

Selain memiliki sistem online dan mudah diakses, berikut kelebihan lain dari SIPP Online adalah komponen sistem keamanannya yang bagus, sehingga pihak perusahaan tidak perlu khawatir mengenai informasi karyawan yang bocor atau isu keamanan data lainnya, berikut komponen yang ada di dalam SIPP Online:

  • One Time Pin

Untuk mengaktivasi akun SIPP Online. Pengguna diwajibkan memasukan PIN, dan PIN tersebut akan dikirim melalui SMS ke handphone dan email pribadi setiap kali pengguna mencoba masuk ke akun SIPPnya

  • Email Konfirmasi

Setiap calon pengguna akan mendapatkan email berisi link aktivasi melalui email pribadi yang bisa diaktifkan dengan memasukan PIN yang sudah dikirim melalui SMS tersebut.

  • Automatic Logout

Akun akan melakukan aktivitas logout secara otomatis jika website tidak mendeteksi aktivtas apapun pada akun selama 5 menit.

  • User ID dan Password

User ID dan password harus dimiliki pengguna jika ingin log in ke website SIPP online.

  • Firewall

Firewall untuk memastikan bahwa hanya pemilik akun lah yang bisa masuk dan log in ke platform dan website SIPP online

  • SL 128-bi Encryption

Setiap data yang ada di SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan akan dikirim melalui protokol secure socket layer (SSL) yang akan mengubah data menjadi kode rahasi menggunakan 128-bit ecryption ketika website akan mengirimkan data.

Sistem ini adalah sistem pengamanan data yang cukup canggih dan telah banyak digunakan oleh banyak negara untuk melindungi beberapa dokumen penting dan rahasia lainnya. Dengan SIPP Online, HRD tidak hanya lebih cepat dan tepat dalam melakukan penghitungan sampai membuat laporan tapi juga data karyawan akan lebih aman.

Baca Juga: Intip Saldo JHT Bisa Online, Ini Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lengkap