6 Hal Penting yang Harus Dilakukan ketika Merayakan Lebaran

Lebaran merupakan hari kemenangan bagi umat muslim yang sudah ditunggu-tunggu selama satu bulan. Pada momen ini, seluruh umat berbahagia dengan melakukan silaturahmi kepada rekan, sanak saudara, maupun tetangga.

Karena merupakan hari yang spesial, tidak heran jika semua orang ingin tampil sebaik mungkin. Mulai dari pakaian baru, rumah bersih yang siap menerima tamu, hingga sajian makanan lezat yang beraneka ragam. Semua hal yang ada di hari Lebaran dibuat sebaik mungkin agar berkesan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Untuk membuat momen Lebaran makin berkesan dan tidak terlupakan, ada beberapa hal penting yang wajib kamu lakukan. Penasaran apa saja hal yang tidak boleh terlewatkan di hari Lebaran? Berikut ulasannya.

1. Membaca Takbir di Malam Lebaran

loader

Membaca Takbir di Malam Lebaran

Takbir merupakan salah satu hal yang paling identik dengan hari raya Idulfitri. Jika kamu ingin merasakan momen Lebaran yang berkesan maka membaca takbir di malam Lebaran tidak boleh dilupakan. Takbir biasanya dikumandangkan pada malam Lebaran setelah salat Isya hingga pagi hari sebelum dimulainya salat Id.

Takbir pada malam Lebaran bisa kamu dengarkan mulai dari media seperti televisi atau radio hingga masjid di dekat rumah. Tidak perlu datang ke masjid, kamu bisa mengucapkan takbir di mana saja termasuk di rumah. Kamu tetap bisa menghayati setiap kalimat takbir meskipun dengan suara yang tidak keras.

2. Menampilkan Diri Sebaik Mungkin

Sebelum melaksanakan salat Id di masjid, kamu harus mempersiapkan diri dengan baik termasuk dengan busana atau tampilan. Tampillah sebaik mungkin dengan menggunakan busana terbaik, aksesoris dan parfum yang wangi, dan lain sebagainya yang mendukung penampilanmu.

Tidak perlu menggunakan baju baru, kamu bisa memakai baju lama yang sudah disetrika dengan rapi. Baju apa saja bisa dipakai asalkan sopan dan terlihat masih pantas untuk dikenakan. Selain itu, gunakanlah pakaian yang kamu anggap nyaman. Jangan memaksakan diri untuk mengenakan sesuatu yang tidak nyaman.

3. Melaksanakan Salat Id

loader Melaksanakan Salat Id

Salat Id memang menjadi ibadah sunah yang tidak wajib dilakukan oleh para muslimin dan muslimah. Namun momen Lebaran akan terasa kurang jika kamu tidak melaksanakan salat sunah yang hanya dilaksanakan satu tahun sekali ini. Di samping itu, pada momen salat Id, kamu juga bisa sekaligus berjumpa dan bersilaturahmi dengan tetangga.

Banyak yang berkata bahwa ketika berangkat dan pulang salat Id, akan lebih baik jika kamu melewati jalanan yang berbeda. Bahkan banyak yang menyebutkan hal ini sebagai amalan sunah.

Pasalnya, jika kamu melewati jalan yang berbeda akan ada lebih banyak orang yang berpapasan sehingga bisa sekaligus bermaaf-maafan dan bersilaturahmi di tengah perjalanan.

4. Memberi Hadiah

Memberi hadiah merupakan tradisi lain yang selalu ada pada hari Lebaran. Hadiah yang diberikan biasanya adalah uang tunai dengan nominal yang beragam. Kebanyakan orang yang menerima hadiah adalah anak kecil yang masih sekolah, sedangkan yang memberi hadiah adalah mereka yang sudah bekerja.

Kebahagiaan dari anak-anak yang mendapatkan hadiah tersebut menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang dewasa yang memberikannya. Selain itu, hadiah ini juga bisa menjadi salah satu hal yang mempererat hubungan antara anak yang mendapatkan hadiah dengan orang dewasa yang memberikannya.

Meskipun begitu, momen kebersamaan antara keluarga besar yang sudah lama tidak berkumpul juga menjadi hadiah tak ternilai di hari Lebaran.

5. Menikmati Makanan Lezat

loader

Menikmati Makanan Lezat

Makanan yang lezat sudah menjadi tradisi yang tidak bisa ditinggalkan pada perayaan hari Lebaran. Pada hari spesial ini biasanya tersedia berbagai makanan lezat baik itu makanan berat ataupun ringan. 

Makanan yang pasti ada pada perayaan hari Lebaran adalah opor dan juga ketupat. Meskipun rasanya seperti opor dan ketupat di hari biasa namun kebersamaan yang terjadi membuat opor dan ketupat tampak berbeda sehingga tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Makanan lezat yang disajikan tersebut juga bisa dinikmati oleh rekan, tetangga, atau sanak saudara yang berkunjung sehingga tambah berkesan. Setelah menikmati makanan yang lezat, kamu harus bersyukur atas limpahan rezeki yang telah didapatkan di hari Lebaran.

6. Berkunjung ke Rumah Sanak Saudara

Hal terakhir yang wajib kamu lakukan di hari Lebaran agar momen yang didapatkan berkesan adalah dengan berkunjung ke rumah sanak saudara, teman, atau tetangga. Kunjungi seluruh rumah yang ada dan berikan salam dengan baik. Manfaatkan momen Lebaran untuk saling bermaaf-maafan atas segala hal yang mungkin pernah menjadi kesalahan masing-masing.

Selain sanak saudara yang dekat dengan rumah, Lebaran juga menjadi momen yang tepat untuk berkunjung ke rumah sanak saudara yang jauh. Dengan begitu, ikatan silaturahmi tetap bisa terjalin dengan baik meskipun jarang bertemu karena rumah yang jauh.

Buat Momen Lebaran Tak Terlupakan

Itulah 6 hal yang harus kamu lakukan di hari Lebaran agar momen yang didapatkan lebih berkesan. Jadikan Lebaran sebagai momen untuk kembali fitrah dengan meminta maaf dan memaafkan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu yang ingin mendapatkan momen terbaik di hari Lebaran.