Mengenal Hanamasa dan Tips Sukses Memulai Bisnis AYCE

Hanamasa merupakan salah restoran yang mengusung konsep All You Can Eat (AYCE) sukses di tanah air. Buka lebih dari tiga dekade silam, restoran yang satu ini memang mampu bertahan dan bahkan bisa mendapatkan banyak pelanggan dari tahun ke tahun. 

Nama Hanamasa sendiri berasal dari bahasa Jepang, yakni Hana yang berarti “Bunga” dan Masa yang berarti “Terus Berkembang”, dengan begitu Hanamasa bisa diartikan sebagai Bunga yang Terus Berkembang. 

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Sejarah Perkembangan Hanamasa di Tanah Air

loader

Hanamasa dibuka pertama kalinya di Jepang oleh pendirinya Mr. Yasiro Ono. Mendapat pasar yang bagus dan sukses di negeri asalnya, Mr. Yasiro kemudian melebarkan sayap bisnis restoran ini ke beberapa negara lainnya, yakni Korea, China, Mongolia, dan juga Indonesia. 

Gerai pertama Hanamasa di negara asalnya menawarkan sajian daging segar berkonsep AYCE yang cukup diminati. Hanya dalam waktu yang singkat saja, restoran ini begitu populer dan sukses membuka sekitar 200 gerai yang tersebar di Negeri Sakura tersebut. 

Kesuksesan tersebutlah yang membuat Mr. Yasiro melakukan ekspansi Hanamasa ke berbagai negara dan diawali dari Taiwan. Di tanah air sendiri, restoran ini bernama PT Adi Boga Cipta (Hanamasa) yang juga merupakan anak usaha dari PT Trinugraha Thohir (TNT). 

Gerai Hanamasa pertama di Indonesia berdiri tahun 1987 di Jalan Mahakam, Kebayoran Baru, Jakarta. Dengan pengalaman bisnis yang sangat panjang, Hanamasa mampu bertahan dan kini sudah memiliki lebih dari 30 gerai yang di Tanah Air dan tersebar di berbagai kota besar. 

Hadir dengan konsep AYCE, Hanamasa menawarkan beragam menu pilihan yang terbilang lengkap, mulai dari beragam appetizer lezat, hingga main course serta desert yang menggoda selera. Semua makanan lezat ini tentu akan sepadan dengan Hanamasa harga yang sangat masuk akal. 

Selain itu, Hanamasa sendiri juga sangat menjaga kenyamanan konsumennya. Mereka memiliki layanan lainnya yang membuat Hanamasa harga tersebut menjadi sepadan, termasuk layanan reservasi dan juga outside catering bagi pelanggan yang membutuhkan. 

Baca Juga: Mau Bisnis Makanan Korea Street Food? Begini Cara Mulainya

Syarat dan Harga Franchise Hanamasa 

Berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk membuka franchise Hanamasa: 

  1. Menyiapkan modal franchise sesuai dengan ketentuan Hanamasa harga yang sudah ditetapkan oleh perusahaan tersebut.
  2. Memiliki pemahaman dan pengalaman bisnis, terutama terkait bisnis industri makanan serta minuman.
  3. Memiliki lokasi bisnis yang tepat untuk mendirikan restoran, di mana lokasi ini haruslah strategis dan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Hanamasa.
  4. Wajib mengikuti semua standar operasional yang telah ditetapkan oleh perusahaan Hanamasa. 
  5. Wajib mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Hanamasa, sehingga bisa memahami dengan baik semua hal terkait franchise Hanamasa. 
  6. Memiliki komitmen jangka panjang dalam bisnis restoran yang akan dijalankan. 

Terkait dengan besaran/ Hanamasa harga franchise untuk restoran Hanamasa sendiri, perusahaan ini tidak pernah mempublikasikan informasi tersebut kepada masyarakat. Namun pada dasarnya, Hanamasa sendiri membuka peluang besar bagi pebisnis yang ingin bergabung di franchise mereka. 

Jika berminat dan merasa mampu memenuhi semua persyaratan di atas, maka tidak ada salahnya untuk segera menghubungi pihak manajemen perusahaan tersebut untuk mendapatkan informasi Hanamasa harga dan segera memulai bisnis AYCE ini secepatnya. 

Tips Sukses Memulai Bisnis AYCE 

loader

Konsep All You Can Eat (AYCE) memang bukan sesuatu yang baru lagi di tanah air, namun tetap masih memiliki peminat yang besar. Hal inilah yang membuat bisnis AYCE juga semakin menjanjikan dan masih berkembang pesat di berbagai kota di tanah air. 

Bukan hanya dalam restoran mewah atau skala besar yang berada di mall atau pusat perbelanjaan saja, konsep AYCE juga meluas ke segmen pasar lainnya. Saat ini, ada banyak pebisnis yang menjalankan konsep AYCE ini dalam skala yang lebih kecil, menu yang ditawarkan juga cukup beragam, namun tetap enak. 

 Hal ini tentu bisa menunjukkan bagaimana konsep bisnis AYCE sendiri bisa diterapkan pada semua skala bisnis, sebab ada banyak peminatnya. Jika tertarik terjun ke dunia bisnis kuliner, maka tidak ada salahnya menjadikan konsep yang satu ini sebagai pilihan. 

Berikut ini adalah beberapa tips mudah yang bisa diterapkan untuk membuat bisnis AYCE menjadi sukses: 

1. Pilih Lokasi Bisnis yang Strategis

Lokasi selalu menjadi salah satu penentu kesuksesan sebuah bisnis, termasuk bisnis AYCE. Dalam bisnis yang satu ini, sangat penting untuk memilih lokasi yang benar-benar strategis dan berada tepat di pinggir jalan, agar orang mudah untuk menemukannya. 

Pilihlah lokasi bisnis yang berdekatan dengan kawasan kampus maupun area perkantoran. Selain itu, lokasi yang selalu menjadi tempat nongkrong atau dikenal luas sebagai kawasan untuk menikmati wisata kuliner juga bisa menjadi pertimbangan saat memilih lokasi bisnis AYCE. 

2. Tawarkan Menu AYCE yang Sesuai dengan Vibe Lokasinya

Masih berkaitan dengan poin di atas, jangan lupa untuk menyesuaikan menu makanan serta minuman dengan vibe lokasi itu sendiri. Hal ini akan mempermudah untuk mendatangkan banyak konsumen dalam bisnis yang baru dirintis tersebut nantinya. 

Sesuaikan juga pilihan menu ini dengan berbagai makanan/ restoran yang ada di sekitar lokasi bisnis. Misalnya: jika di lokasi tersebut sudah banyak restoran berkonsep Korea, maka akan lebih baik untuk menghindari berbagai tema tersebut dalam menu AYCE yang ditawarkan. 

3. Tawarkan Beragam Paket Menarik

Tawarkanlah beragam paket AYCE yang menarik kepada pelanggan, sehingga mereka lebih mudah tertarik dan melakukan pembelian. Selain itu, siapkan juga paket non AYCE bagi pelanggan yang tidak menyukai konsep makan tersebut, agar bisnis ini bisa menyasar lebih banyak pelanggan sekaligus. 

4. Berikan Menu Pendamping yang Menarik

Selain berbagai menu utama, jangan lupa untuk menawarkan berbagai menu pendamping/ side dish yang menarik bagi pelanggan. Kebanyakan pelanggan tidak hanya akan tertarik pada menu utama saja, namun juga beragam menu pendamping lainnya. Aneka sayuran dan makanan pendamping seperti mie, es krim dan yang lainnya bisa jadi pertimbangan.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Food Truck, Kisaran Modal dan Pilihan Mobilnya

5. Pasang Harga yang Masuk Akal

Meski menginginkan keuntungan yang besar, hindari untuk menerapkan harga yang mahal pada menu AYCE yang ditawarkan. Penting untuk menyesuaikan harga makanan dengan kualitas makanan itu sendiri. Lakukan perhitungan dengan teliti dan terapkanlah harga yang masuk akan pada setiap menu yang ditawarkan. 

6. Tentukan Batasan Waktu Makan dengan Tepat 

Jangan lupa untuk menentukan batasan waktu makan yang tepat, sebab ini akan sangat menentukan kesuksesan bisnis AYCE itu sendiri. Pada umumnya, bisnis AYCE akan menerapkan waktu makan sekitar 60 menit sampai 120 menit, tergantung pada menu dan juga kebijakan restoran itu sendiri. 

7. Sediakan Menu Paket Take Away dan yang Lainnya 

Bisnis AYCE juga bisa dikembangkan dengan lebih maksimal, sehingga bisa mendatangkan lebih banyak angka penjualan. Tidak hanya makan di tempat saja, sediakan juga menu yang bisa di take away, delivery atau bahkan frozen yang bisa dikirim/ dibawa pulang oleh para pelanggan. 

8. Tunjukkan Menu Termurah di Display Paling Depan 

Penawaran harus terlihat sangat menarik, sehingga pelanggan tidak ragu untuk mencoba. Letakkanlah menu paling murah pada display paling depan yang mudah untuk dilihat pelanggan. Tak masalah jika mereka memesannya, namun penjualan yang besar bisa didapatkan dari berbagai side dish lainnya yang ditawarkan di sana. 

9. Sediakan Alat Makan yang Tepat dan Mudah Digunakan 

Tak harus mengusung konsep mewah, berbagai peralatan makan bisa saja dipilih yang biasa saja. Hal ini tidak masalah, selama masih layak dan bisa digunakan dengan mudah dan baik oleh pelanggan. Selain memudahkan mereka, cara ini juga akan mengurangi biaya belanja peralatan makan dalam bisnis AYCE.

10. Siapkan Lahan Parkir yang Luas

Jangan lupa untuk menyiapkan lahan parkir yang luas, agar pelanggan tidak bermasalah dengan urusan yang satu ini. Hal ini sangat penting, mengingat konsep makan ini juga akan membutuhkan waktu makan yang cukup lama dan tentu saja akan membuat setiap kendaraan parkis dalam waktu yang cukup lama juga. 

Strategi Pemasaran agar Bisnis AYCE Sukses 

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran untuk membuat bisnis AYCE sukses besar: 

  • Terapkan batas waktu makan yang tepat, sehingga pelanggan tidak makan terlalu banyak ketika berada di restoran. 
  • Tawarkan side dish yang mengandung banyak karbo, sehingga pelanggan cepat kenyang dan memakan daging dan seafood lebih sedikit.  
  • Bedakan harga makanan untuk anak kecil serta lansia, sebab kedua usia ini biasanya makan dalam jumlah yang lebih sedikit dari orang dewasa. 
  • Terapkan denda jika pelanggan tidak menghabiskan makanan mereka, sehingga pelanggan tidak membuat makanan terbuang dengan sia-sia. 
  • Terapkan sistem self service yang bisa menghemat biaya untuk membayar tenaga kerja.

Pahami dan Jalankan Bisnis AYCE dengan Tepat 

Hanamasa merupakan salah satu restoran AYCE sukses dan mampu bertahan selama beberapa dekade belakangan. Konsep makan yang satu ini memang cukup diminati dan bisa menjadi peluang bisnis yang cerah. Mulai pelajari dan pahami konsep AYCE dengan baik, sehingga rencana membuka bisnis makanan tersebut bisa berjalan dengan sukses.

Baca Juga:  10 Tips Bisnis Frozen Food ini Bikin Jualan Laris Manis